Profesi

Apa Itu Content Creator? Prospek Kerja dan Cara Menjadi Content Creator

Written by atap

Pengertian Content Creator – Besarnya perkembangan internet di Indonesia seiring dengan penambahan infrastruktur dalam teknologi kemudian membuat para pelaku bisnis memiliki keleluasaan dalam memilih suatu media dan format apa yang akan digunakan dalam penyampaian pesan terbaik kepada para konsumennya.

Salah satu format yang saat ini menjadi favorit para pemilik merek sendiri adalah endrosement via content creator. Hal ini dinilai lebih efektif sebab dapat menjangkau lebih banyak orang dengan kesamaan minat dengan target audiens yang sesuai dengan yang mereka kehendaki.

Ada banyak brand yang tertarik untuk menggunakan jasa content creator untuk melakukan promosi. Perannya sendiri dalam hal menciptakan konten menarik tentang produk yang akan diiklankan. Namun tak hanya itu konten yang mereka buat juga harus kreatif dan bermanfaat bagi para pengikutnya.

Seorang content creator kini tidak harus public figure atau selebritis yang sudah terkenal. Namun mereka yang menjadi terkenal karena keterampilan dan kreativitasnya dalam menciptakan sebuah konten sudah bisa menjadi seorang content creator. Simak lebih lengkapnya mengenai profesi ini, berikut Grameds:

A. Pengertian Content Creator?

Content Creator bertugas membuat konten baik berupa tulisan, gambar ataupun video yang akan ditampilkan pada berbagai media populer seperti YouTube, Snapchat, Instagram, dan masih banyak lagi. Kini konten tidak hanya terbatas pada gambar dan suara saja tetapi juga dalam bentuk tutorial, vloging, podcasting dan lain sebagainya.

Content creator bertugas mengumpulkan ide serta data, kemudian melakukan riset untuk membuat konsep yang akan dijadikan sebuah konten. Setelah itu, mereka akan menciptakan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan dalam memenuhi tujuan yang disepakati dari sebuat konten.

Pengetahuan yang dibutuhkan pada profesi ini sendiri diantaranya Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk alternatif untuk menginformasikan dan menghibur audiens melalui tulisan, lisan, maupun media visual.

Pengetahuan tentang teknik, peralatan, dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar, dan model dibutuhkan untuk menekuni profesi ini. Selain itu Seorang content creator juga dituntut untuk multitasking dalam berbagai hal, mulai dari soft skill hingga hard skill, memiliki kemampuan menulis bahasa iklan yang menarik, juga dapat berkolaborasi, sebab seorang content creator yang sukses tidak berdiri sendiri.

Mereka membangun jaringan dengan para content creator lainnya untuk membuat satu konten yang dapat dinikmati oleh para audiens. Seperti yang kamu lihat di YouTube saat ini, ada banyak content creator yang membuat konten secara bersama-sama. Mereka berkolaborasi untuk menambah jumlah subscriber di samping mempelajari keberhasilan konten masing-masing. Tanggung Jawab Profesi ini diantaranya:

  • Kumpulkan ide, data, serta melakukan riset dan membuat konsep untuk menghasilkan suatu konten yang menarik untuk khalayak
  • Riset Audiens untuk mengetahui berbagai kebutuhan audiens yang kamu miliki. FYI, Kreativitasmu harus terus mengikuti pola kebutuhan audiens, karenanya pahami audiensmu dengan sebaik mungkin
  • Sesuaikan konten dengan platform yang dipilih. Dalam hal ini seorang content creator bisa menghasilkan karya yang multi-platform
  • Tidak hanya bermodalkan kemampuan menulis, membuat konten video dan bahkan menjadi dubber. Seorang Content Creator harus mengerti hal-hal terkait SEO, sebab melalui manajemen SEO yang baik kontenmu akan dengan mudah ditemukan melalui mesin pencari google dan akan sangat berpengaruh terhadap traffic
  • Evaluasi ulang setiap konten yang telah ditayangkan, dan analisa konten seperti apa yang dibutuhkan dan disukai oleh para audiensmu
  • Usahakanlah untuk selalu update dengan segala hal yang terjadi di dalam industrimu. Misalnya, jika kamu adalah seorang Content Creator dalam kategori food vloging, maka pastikanlah kamu mengikuti tren cafe atau makanan yang sedang hits saat itu
  • Menghasilkan konten yang benar-benar sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan, juga berkualitas. Sebagai ahli pembuat konten, kamu harus mampu secara profesional menciptakan beragam konten dengan kualitas terbaik yang dapat kamu berikan kepada para audiensmu

Syarat menjadi content creator sendiri diantaranya Gelar sarjana dari jurusan Bahasa Inggris, Jurnalistik, Pemasaran (Marketing) atau bidang terkait lainnya. Pengalaman mengunggah konten ke berbagai sistem manajemen konten (Content Management System/CMS), seperti WordPress, Joomla, Drupal, Shopify, Wix, XSitePro, dan lain-lain. Pengalaman dalam membuat konten yang kuat dan menarik, dibuktikan dari portofolio.

Akan lebih bagus bila Anda punya pengalaman kerja sebagai Content Creator/Content Writer. Pemahaman baik tentang praktik SEO (Search Engine Optimization). Menunjukkan keunggulan dalam menulis, mengoreksi, dan mengedit. Keterampilan dalam hal penelitian (riset), organisasi, dan manajemen waktu yang sangat baik. Keterampilan mendengarkan dan komunikasi yang kuat. Kapasitas untuk bekerja secara mandiri dan kolaboratif. Kemampuan untuk bekerja secara efisien tanpa mengorbankan kualitas atau ketepatan.

B. Prospek Kerja Content Creator

Secara garis besar, tugas content creator adalah membuat konten yang disukai oleh audiens agar akun tetap berkembang. Untuk disukai audiens, konten harus bermanfaat atau menyenangkan untuk dilihat atau dikonsumsi. Khusus content creator untuk akun pribadi, biasanya mereka memilih suatu topik untuk mengembangkan konten mereka. Tentunya, menjadi content creator tidak instan, kamu harus memiliki ketekunan dan keahlian tertentu.Content creator bekerja untuk dirinya sendiri dan dapat bekerja darimanapun, baik dari rumah, cafe, studio dan lain-lain. Perbedaan antara Content creator yang satu dan yang lain sendiri terletak pada jenis konten dan media apa yang mereka gunakan, berikut beberapa diantaranya, sebagai gambaranmu Grameds:

1. Youtuber

Perubahan kebutuhan masyarakat akan media terlihat pada fenomena meningkatnya akses Youtube. Kini menjadi Youtuber bukan sekadar hobi namun sudah menjadi profesi. Biasanya semakin banyak subscriber, semakin tinggi pula penghasilan seorang youtuber. Tak heran jika profesi ini menarik minat banyak orang. Sudah tidak terhitung pula artis yang lahir dari jejaring Youtube ini. Untuk menjadi Youtuber sukses ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan, diantaranya:

  • Hal paling mendasar sebelum memulai karir YouTube adalah menentukan tujuan yang sebenarnya ingin kamu capai. Apakah video yang kamu buat untuk menghibur penonton (membuat sketsa), memberikan tips masak, kecantikan, membangun robot, atau hanya sekedar iseng ingin membagi keseharian (daily vlog) kamu kepada penonton? Bisa juga tujuan utama kamu adalah bekerja sepenuhnya sebagai YouTuber profesional.
  • Buat konten sesuai dengan keahlian, Setelah menentukan tujuan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan isi atau konten video. Konten tentu saja memiliki hubungan erat dengan tujuan yang sudah kamu tetapkan dan skill yang kamu kuasai.
  • Setelah menentukan strategi, sekarang saatnya kamu mempersiapkan alat untuk perang. Kualitas video merupakan salah satu poin penting yang harus kamu perhatikan karena sebagus apapun isi dari video kamu, kualitas video yang jelek nggak akan mengundang orang untuk melihat. Untuk menghasilkan video berkualitas, tentu saja kamu membutuhkan kamera yang bagus, lighting untuk kualitas visual yang menjanjikan, serta mic untuk kualitas audio yang jelas.
  • Di tahap selanjutnya, kamu membutuhkan sebuah laptop dan program yang tepat untuk memperbagus video yang sudah kamu rekam tadinya. Kamu bisa mencari beberapa referensi program untuk mengedit video yang menurut kamu mudah dan nyaman untuk digunakan.
  • Branding, Tahap ini bisa dibilang sebagai tahap yang paling sulit dalam perjalanan kamu menjadi seorang YouTuber sukses. Setelah video-video kamu berhasil di-upload di channel YouTube, kamu perlu memikirkan bagaimana caranya supaya lebih banyak orang yang mengetahui dan mengenal channel kamu.
Jadi Youtuber A-Z (Update Version)

Jadi Youtuber A-Z (Update Version)

Beli Buku di Gramedia2. Instagrammer

Selanjutnya content creator Instagram. Jika sebelumnya menggunakan media YouTube untuk menampilkan konten-konten yang dibuat, maka Content creator ini menggunakan media Instagram. Hampir sama dengan content YouTube, namun content Instagram berisi foto juga video durasi yang lebih pendek. Untuk penghasilannya biasanya mereka mendapatkannya dari endorse beberapa brand tertentu.

Cara memiliki banyak followers di instagram mudah saja Grameds, tentukan dulu tema instagrammu (apakah tentang travel, makanan, tips-tips, beuty fashion, piliha salah satu dan konsistenlah denga tema tersbeut), upload Foto Berkualitas Dengan Dasar Ilmu Fotografi, jangan asal ya. Untuk mendapatkan banyak like selain kualitas foto yang baik (kompoisi, warna, dan lainnya) terakhir jangan lupa sertakan caption yang menarik, dan informatif atau bermanfaat untuk orang lain. Tugas Instagrammer diantaranya:

  • Menghasilkan konten Instagram (visual dan caption) yang sesuai dengan konsep atau branding akun miliknya
  • Mengunggah feed Instagram secara berkala
  • Kebanyakan Instagrammer profesional juga berperan mengambil dan mengedit gambar atau video
  • Mempromosikan akun Instagram mereka
  • Bertanggung jawab atas isi Instagram mereka

Keterampilan yang dibutuhkan untuk profesi ini diantaranya kemampuan Berpikir Kritis, Menggunakan logika dan penalaran untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, ataupun pendekatan permasalahan yang ditangani.

Selain itu juga kemampuan Persuasi atau Membujuk orang lain untuk mengubah pikiran dan perilaku mereka. Kemampuan Menulis Mengkomunikasikan dengan efektif melalui tulisan yang sesuai dengan kebutuhan audiens Kreatif Kemampuan berimajinasi dan menciptakan ide-ide orisinil terutama terkait pekerjaan yang bersifat artistik.

Instagram Marketing untuk Pemula

Instagram Marketing untuk Pemula

Beli Buku di Gramedia3. Travel Blogger

Cerita perjalanan seseorang yang mengunjungi beberapa lokasi tempat, baik di Indonesia maupun di luar Indonesia, dan dicatat dalam sebuah blog, biasanya disebut Travel blog. Adapun orang yang menuangkan isi cerita dan yang mengalami perjalanan tersebut adalah seorang Travel blogger. Selain Food blogger yang kini menjadi profesi, Travel blogger termasuk dalam sebuah profesi, dimana orang tersebut pekerjaanya adalah berjalan-jalan atau travelling ke berbagai destinasi.

Awalnya pekerjaan seorang Travel blogger juga berawal dari Hobi jalan-jalan yang kemudian berubah menjadi Travel blogger yang berpenghasilan tentunya. Untuk pekerjaan ini, seorang Travel Blogger juga harus mempertahankan eksistensinya agar terus dapat berbagi cerita perjalanan secara update.

Bisa dibilang travel blogger adalah salah satu profesi yang paling digemari banyak orang. Selain menyalurkan hobi jalan-jalan, seorang travel blogger juga akan mendapat uang atau menikmati beragam fasilitas bepergian dengan tiket pesawat serta penginapan gratis. Menyenangkan bukan? Dengan semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan informasi seputar traveling, membuat profesi sebagai travel blogger kian menjanjikan.

Traveling Aja Dulu!

Traveling Aja Dulu!

Beli Buku di Gramedia

C. Langkah Menjadi Content Creator Sukses

Beberapa tugas menjadi content creator diantaranya Menulis, meninjau, mengedit, dan memperbarui konten untuk situs web, blog, materi pemasaran, dan platform lain sebelum dipublikasikan. Mempromosikan konten di jejaring sosial dan memantau sejauh mana engagement pengikut (seperti dilihat dari komentar, likes dan share).

Melakukan riset dan wawancara langsung (bila diperlukan) untuk mempelajari lebih lanjut tentang tren terkini, perkembangan, dan persepsi tentang materi pelajaran, dan mengkontekstualisasikan temuan tersebut. Membantu tim kreatif dengan desain materi promosi. Berkoordinasi dengan tim pemasaran dan desain untuk mengilustrasikan artikel.

Menggunakan media sosial untuk melibatkan konsumen, menanggapi pertanyaan atau keluhan, dan mempromosikan inisiatif perusahaan. Bekerja sama dengan departemen internal untuk menetapkan tujuan campaign produk, menyelesaikan tugas, serta mengidentifikasi dan memecahkan masalah.

Memantau metrik media sosial dan situs web perusahaan. Memanfaatkan metode SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan traffic website/situs. Melakukan penelitian keyword dan menggunakan pedoman SEO untuk optimalisasi konten. Menyarankan cara/strategi baru untuk mempromosikan penawaran perusahaan dan menjangkau konsumen.

Meneliti topik terkait industri atau bisnis yang dikembangkan oleh perusahaan. Mempersiapkan draf yang terstruktur dengan baik menggunakan pemrosesan kata digital dan platform penerbitan. Membuat dan mendistribusikan copy marketing untuk tujuan mengiklankan perusahaan dan produknya. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan agar bisa menjadi seorang content creator yang sukses, diantaranya:

  • Pilih Konten Sesuai Passion: Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih jenis konten yang sesuai dengan passionmu. Sebab, hal apapun yang dikerjakan dengan passion hasilnya pun akan menginspirasi banyak orang.
  • Buat Karya Original: Jika tertarik untuk masuk ke dunia ini, maka hal yang paling penting dilakukan adalah membuat karya yang original. Jadilah diri sendiri saat berkarya, dan jangan memplagirisasi karya orang lain.
  • Selalu update dengan hal-hal kekinian: Selalu updatelah dengan berita-berita terbaru. Dengan selalu mengikuti berita terkini, maka konten yang kamu buat pun akan lebih relevan dan dibutuhkan oleh masyarakat.
  • Seorang content creator andal juga harus up to date mengenai hal-hal yang terjadi di sekitar. Dengan mengetahui topik yang sedang ramai dibicarakan, kamu mungkin dapat menemukan ide konten yang relevan dengan tema dari channel buatanmu. Caranya sangat mudah, kamu dapat membaca portal berita, trend media sosial, hingga mengeksplor Google Trends.
  • Dalam membuat konten, tentunya seorang konten kreator harus menghasilkan konten yang orisinil. Konten yang orisinil dihasilkan dari kreativitas seorang konten kreator. Untuk mendapatkan ide konten, kamu dapat mencari referensi pada konten kreator lain pada platform yang sama atau platform yang berbeda. Jika kamu menemukan dirimu kesulitan mendapatkan ide konten, tak perlu khawatir! Kreatifitas kamu akan terasah seiring dari banyaknya konten yang kamu buat.

Apakah Grameds telah memahami tentang Profesi yang Sedang Hype di Kalangan Milenial saat ini yaitu Content Creator? Jika belum Grameds dapat membeli serta membaca buku “New Content Marketing” karya Iwan Setiawan & Yosanova Savitry. Buku ini tersedia dalam bentuk soft cover serta EBooknya, Grameds dapat membeli buku tersebut melalui Gramedia.com.

Gramedia akan selalu menjadi #SahabatTanpaBatas dengan selalu menyediakan buku berkualitas dan mudah diakses untuk Grameds sekalian.

Baca juga artikel terkait “Content Creator” :

1. Cepat Mahir Menjadi Youtuber Dan COntent Creator

Beli Buku di Gramedia

2. New Content Marketing

Beli Buku di Gramedia

Sumber: dari berbagai sumber



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien