in

11 Cara Meminta Maaf yang Unik

Cara Meminta Maaf Yang Unik – Momen yang paling membahagiakan dan mengharukan adalah ketika kamu bertemu dengan orang terdekat kamu dalam suatu acara. Salah satu momennya adalah saat lebaran. Biasanya anggota keluarga akan berkumpul dan saling melepas rindu satu sama lain. 

Dalam momen ini semua akan saling bertegur sapa untuk mengetahui keadaan dan situasi masing-masing. Serta, dalam momen lebaran atau bisa disebut juga dengan Idul Fitri adalah sebuah momen yang tepat untuk saling bermaaf-maafan kepada anggota keluarga. 

Oleh karena itu, mengirimkan kata-kata permintaan maaf biasanya kerap dilakukan. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar momen lebaran silaturahmi tetap terjaga. Selain itu, lebaran juga menjadi salah satu adat budaya yang begitu indah karena kebersamaannya yang begitu lekat.

Bagi umat muslim, khususnya di Indonesia, Idul Fitri biasanya menjadi sebuah momen yang tepat untuk meminta maaf pada sahabat, teman, dan keluarga. Tak heran jika banyak sekali yang mencari kumpulan kata-kata minta maaf menjelang momen lebaran tersebut.

Mungkin kamu atau keluarga kamu juga menjadi salah satu orang yang sedang merangkai kata-kata permintaan maaf yang sangat manis atau bijak di momen lebaran. Namun, dalam merangkai kata tentu saja tak mudah, dibutuhkan ketulusan hati dan juga referensi.

Oleh karena itu, sebagai salah satu referensi untuk kamu, pembahasan berikut ini akan membahas dan memberikan beberapa contoh quotes yang cocok yang bisa kamu gunakan di hari lebaran yang untuk ucapan minta maaf. Jika kamu penasaran, tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja simak artikel ini! Selamat membaca!

1. Mohon Maaf Lahir Batin

Saat ini, harta yang paling berharga di dunia ini adalah kesabaran. Sahabat yang paling setia adalah amal. Ibadah yang paling menawan adalah keikhlasan. Pekerjaan paling berat adalah memaafkan. Mohon maaf lahir batin ya.

Kata dan kalimat permintaan maaf ini sangat cocok untuk kamu berikan kepada orang-orang tersayang yang ingin kamu berikan menjelang Idul Fitri atau lebaran. Selain itu, kalimat di atas juga dapat kamu gunakan sebagai salah satu caption untuk unggahan kamu di media sosial loh.

Kalimat yang simpel dan sederhana dapat membuat pesan mohon maaf lahir batin yang kamu ingin sampaikan dapat diterima dengan baik oleh si pembacanya loh.

2. Saling Memaafkan

“Tidak ada kata yang lebih indah dari pada kata maaf. Tidak ada juga perbuatan yang memiliki keindahan seperti memaafkan. Saat momen ini, hati kamu dan kita semua akan dibersihkan dari noda dan kotoran. Selamat hari raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin.”

Tidak ada manusia yang sangat sempurna di dunia ini. Hal ini membuat stigma bahwa manusia memang sewajarnya untuk melakukan kesalahan. Akan tetapi, kamu tidak boleh berhenti pada stigma tersebut. Pada dasarnya, manusia dibekali dan diberikan hati serta pikiran untuk memikirkan serta merefleksikan kesalahannya. 

Manusia juga bisa berpikir untuk memperbaiki diri dan hati yang tulus untuk minta maaf. Jadi, mungkin ini adalah salah satu kalimat yang bisa kamu berikan kepada orang terdekat untuk meminta maaf dengan ketulusan hati kamu.

Kira-kira, kamu bakal pakai kalimat seperti ini atau tidak?

3. Ketika Takbir Berkumandang

“Takbir, tahmid, dan tahlil telah berkumandang di atmosfer bumi yang hangat. Memecah keheningan malam yang menakutkan. Mengantarkan rasa syukur kepada Sang Pencipta, sehingga besok pagi dapat menyambut hari indah yang fitri. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.”

Salah satu kalimat yang terkesan agak puitis, tetapi bisa menjadi pilihan kalimat yang bisa kamu gunakan untuk surat dalam kiriman paket loh. Selain itu, kalimat di atas juga bisa kamu gunakan untuk status media sosial kamu yang bertemakan lebaran.

Tak lupa, kalimat di atas bisa menjadi ucapan lisan kamu kepada keluarga terdekat yang sedang bersilaturahmi loh. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

4. Memaafkan Setulus Hati

“Aku tidak meminta dan menyuruh kamu untuk menjadi seperti awan. Hal ini karena aku takut kamu akan berubah menjadi mendung. Aku juga tidak akan meminta kamu untuk menjadi seperti bunga, karena aku takut kamu akan layu. Saat ini, satu hal yang aku pinta. Aku hanya mau kamu memaafkan aku dengan setulus hati. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon maaf lahir dan batin ya.”

Siapa yang membaca kalimat di atas sambil senyum karena malu? Yap! Kalimat di atas adalah kalimat yang ditujukan kepada orang terdekat yang memiliki hubungan romantis dengan kamu. Yap! Seperti pacar dan tunangan. 

Kalimat di atas, meskipun terkesan sangat gombal, tetapi ini bisa menjadi salah satu ungkapan permintaan maaf yang tulus loh. Namun, kamu harus mempertimbangkannya ya jika orang terdekat kamu kurang suka dengan suasana romantis yang sangat puitis gini.

Namun, kalimat di atas bisa kamu jadikan sebagai referensi pribadi untuk menuliskan kalimat permintaan maaf yang lebih baik. Jadi, apakah kamu akan mencoba membuat kalimat puitis dan romantis lainnya untuk meminta maaf saat momen lebaran ini?

5. Mari Saling Berbagi

“Meskipun harus selalu mencari dan hati ini masih sangat kosong dan sendirian, janganlah kamu bersusah hati ya, karena hari ini adalah hari istimewa, Idul Fitri. Semoga kamu dan semua orang yang sedang sendiri bisa saling berbagi dan menguatkan satu sama lain. Mohon maaf lahir batin ya”

Jika pada pembahasan sebelumnya, ada kalimat yang bisa kamu berikan kepada orang terdekat seperti kekasih dan tunangan. Bagaimana dengan mereka yang sampai saat ini menyandang status jomblo atau sendiri?

Tenang saja. Kalimat di atas adalah salah satu contoh yang bisa kamu gunakan untuk memberikan ucapan selamat lebaran dan permintaan maaf. Kamu juga bisa menggunakannya dalam caption di media sosial kamu loh.

Kalimat di atas cukup puitis. Meskipun terkesan sendirian, namun kalimat tersebut tetap bisa membuat kamu terasa hangat dan nyaman. Jadi, tidak usah khawatir ya para jomblo.

6. Kembali Suci

“Setiap jiwa akan kembali putih dan bersih seakan-akan telah terlahir kembali. Jutaan rasa syukur akan bergema di langit yang Ilahi. Semoga pada momen kemenangan ini, dapat menjadi kemenangan yang hakiki. Selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir batin.”

Kalimat di atas adalah sebuah pesan yang mengingatkan manusia untuk mengucap syukur atas kemenangan yang telah terjadi pada dirinya. Dimana semua orang telah dibersihkan dan dipulihkan sebagai manusia yang jauh dari dosa.

Oleh sebab itu, dengan kalimat di atas, kamu dapat memberikan pesan ini kepada teman dan sanak saudara kamu yang memiliki kepercayaan di luar muslim. Mengapa? Hal ini dikarenakan kalimat ini memiliki pesan general yang dapat dimaknai oleh semua orang.

Pastikan kamu juga bisa membagikan momen bahagia dalam hidup kamu dengan sesama kamu. Meskipun memiliki kepercayaan yang berbeda. Namun, alangkah lebih indah jika momen ini bisa dirayakan dan dinikmati bersama-sama bukan?

Jadi, apakah kamu pernah merayakan momen kemenangan bersama sahabat kamu yang berbeda kepercayaan? Jika pernah kamu hebat! Jika belum, mari pada momen kemenangan selanjutnya, kamu juga bisa mencoba untuk berbagi kebahagiaan ini.

7. Embun di Pagi Hari

“Sebening embun yang ada pada pagi hari, seputih kapas yang tanpa biji, maka seperti itu lah suasana hati. Semua memiliki harapan untuk selamanya merasakan hal ini dengan pribadi yang positif sepanjang harinya. Selamat Idul Fitri dan mohon maaf lahir batin!”

Ada kalanya momen yang indah seperti lebaran ini membawa suasana hati yang sangat tenang dan sejuk. Hal ini lah yang dimaksudkan oleh kalimat di atas. Penulis mengharapkan ketenangan, kehangatan, dan kenyamanan hati yang dirasakan saat momen indah Idul Fitri.

Dengan kalimat ini, kamu juga bisa menghibur orang lain yang mungkin sedang lelah dengan berbagai permasalahan baik kantor, pertemanan, tugas, dan lain-lain. Diharapkan dengan kalimat di atas, semua orang yang membacanya dapat merasakan ketenangan batin dan jiwa yang membuat mereka selalu berpikir positif meskipun momen lebaran Idul Fitri telah lewat.

8. Niat Tulus dan Suci

“Mata sering kali salah menatap sesuatu. Begitupun juga dengan mulut, ia sering salah menuturkan kata, dan hati sering kali memiliki prasangka yang salah. Maka dari itu, dengan niat hati yang tulus dan suci saya mengucapkan mohon maaf lahir dan batin.”

Tak dapat dipungkiri bahwa manusia terkadang sangat egois dan sering kali iri hati. Siapa pun pernah berprasangka buruk terhadap orang lain. Jika kamu pernah melakukan hal tersebut, entah itu kamu lakukan kepada sahabat atau keluarga kamu, kamu bisa menjadikan kalimat di atas sebagai kalimat yang tepat untuk meminta maaf.

Selain itu, kalimat indah yang sederhana ini juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu pesan untuk orang-orang yang ada di sekeliling kamu loh. Contohnya adalah ucapan untuk kelompok belajar, pekerjaan, kampus, dan lingkungan bermain kamu.

Kadang sering kali iri hati dan keegoisan muncul pada lingkungan tersebut. Jadi, kamu bisa menggunakan kalimat ini sebagai referensi yang bisa kamu gunakan saat lebaran nanti.

9. Memohon Diri

“Ada tikus yang memakan serabi, dimakannya saat pagi hari. Saat semua sudah tersusun dengan rapi, izinkan lah saya untuk memohon diri. Sekadar ingin mengucapkan selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin ya.”

Kalimat di atas memiliki keunikan, bukan? Apakah kamu dapat menemukan dimana keunikannya? Yap! Pantun. Kamu bisa menjadikan kalimat di atas sebagai referensi kamu dalam membuat kalimat permintaan maaf loh.

Biasanya kalimat ini bisa kamu gunakan untuk pemberian ucapan selamat Idul Fitri kepada sahabat dan orang yang sangat dekat dengan kamu. Sehingga momen kebahagiaan dan kelucuan dalam kalimat di atas dapat tersampaikan dengan sempurna.

Pantun dalam kalimat di atas juga bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk pembuatan pantun lainnya loh. Siapa tahu kamu malah memiliki kesenangan dalam membuat pantunkan? Kamu bisa menghibur banyak orang dengan ucapan kamu. 

Hal ini bisa menjadi doa dan harapan kamu juga kepada orang lain untuk menemukan kebahagiaan dan kesenangan selama bulan suci Idul Fitri tersebut. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba membuat pantun sebagai salah satu cara mengucapkan selamat dan mengucapkan permintaan maaf?

10. Mohon Bukakan Pintu Maaf yang Sebesarnya

“Bila kata hanya bisa merangkai dusta, bila langkah akan membekas lara, bila hati ini penuh dengan prasangka, dan bila ada langkah yang menggambarkan luka, mohon bukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya ya. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.”

Sengaja atau tidak, terkadang ada kalanya manusia itu membuat kesalahan yang bisa menyakiti dan merugikan orang lain. Namun, sering kali juga manusia bisa merefleksikan hal tersebut dan meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan dengan hati yang tulus.

Oleh karena itu, ini adalah kalimat yang cocok yang bisa kamu gunakan untuk diberikan kepada orang lain saat kamu ingin meminta maaf di hari raya Idul Fitri yang indah dan khusyuk tersebut.

11. Semoga Tuhan  Memberikan Berkat-Nya

“Semoga berkah Tuhan mengisi hidupmu dengan kebahagiaan dan membuka pintu sukses saat ini dan seterusnya. Selamat Lebaran, mohon maaf lahir dan batin ya.”

Bagi kamu yang bukan memiliki kepercayaan muslim. Mungkin ini adalah salah satu kalimat yang bisa kamu gunakan untuk kamu berikan kepada sahabat dan atau orang terdekat kamu yang sedang merayakan hari raya Idul Fitri.

Kalimat di atas bukan semata-mata hanya sebuah kalimat ucapan. Namun, kalimat di atas juga memiliki pengertian sebagai doa untuk orang yang menerima kalimat tersebut. Jadi, ini adalah kalimat yang bisa kamu gunakan.

—–

Di atas adalah pembahasan tentang kalimat dan kata-kata yang bisa kamu gunakan sebagai ucapan permintaan maaf kepada yang terkasih. Ucapan di atas sangat boleh kamu kopi dan paste, namun jika kamu ingin mengubahnya, hal tersebut tidak menjadi masalah.

Kamu bisa menjadikan 11 kalimat di atas sebagai referensi untuk kamu membuat ucapan selamat Idul Fitri dan kalimat permintaan maaf. Namun, tahukah kamu apa yang menjadi poin penting saat menulis dan mengucapkan kata-kata atau kalimat selamat dalam perayaan Idul Fitri?

Hal yang paling penting dan sangat utama adalah perasaan dan hati yang tulus untuk mengucapkannya. Saat orang tersebut membuatnya dari hati dan ada ketulusan, serta cinta dalam tulisannya, maka orang yang membacanya secara tidak sadar juga akan merasakan ketulusan dan perasaan cinta yang ingin kamu berikan loh.

Yap! Ini adalah kekuatan dari tulisan. Meskipun kamu tidak pandai dalam merangkai kata-kata, tetapi jika kamu menulisnya dari hati kamu yang paling dalam. Dijamin, orang tersebut akan terhanyut. Oleh karena itu, ucapkanlah selamat dengan ketulusan hati dan kebahagiaan yang berasal dari hati kamu ya.

Semoga dengan membaca artikel di atas, bisa membantu kamu dalam menemukan kalimat dan kata-kata yang cocok untuk kamu gunakan dan berikan kepada orang-orang terkasih selama momen lebaran Idul Fitri nanti ya.

Semoga artikelnya bermanfaat dan membantu ya. Selamat membaca!

Buat kamu yang ingin mencari informasi dari cerita-cerita best seller yang sedang booming, kamu bisa loh mendapatkan berbagai buku best seller tersebut di Gramedia.com. Semua buku tentang novel, komik, pengetahuan, dan yang lainnya tersedia lengkap di www.gramedia.com loh.

Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi laman dari Gramedia ya untuk mendapatkan informasi seputar buku yang kamu impikan. Selamat membaca dan salam hangat, Grameds!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Mega