in

Cara Membuat Lontong Plastik Mudah dan Praktis

Cara Membuat Lontong Plastik – Salah satu hal yang menyenangkan ketika berkumpul bersama keluarga adalah dengan makan bersama dan menceritakan hal-hal tentang update kehidupan masing-masing. Suasana menyenangkan yang hadir bersama keluarga juga akan membuat kita merasa nyaman, bukan?

Hal yang sangat ditunggu-tunggu saat ada momen kebersamaan bersama keluarga pastinya adalah menu makanan yang akan disajikan oleh tuan rumah. Biasanya makanan yang akan disediakan adalah lontong sayur, sate dan lontong, dan aneka makanan yang lainnya.

Ada juga yang hanya menyediakan makanan kering atau snack sebagai teman berbincang ditemani dengan minuman yang menyegarkan. Namun, tak jarang ada juga tuan rumah yang menyediakan keduanya. Baik hidangan dengan makanan yang berat, maupun hidangan dengan makanan ringan.

Semua tergantung bagaimana kondisi dan acara yang sedang berlangsung pada saat itu. Pada umumnya, semua sanak saudara akan berkumpul ketika ada acara besar, seperti ulang tahun, perayaan hari raya tertentu, seperti lebaran, imlek, atau hari-hari yang lainnya.

Namun, ada beberapa menu spesial yang tak jarang juga selalu hadir dalam momen tersebut. Salah satunya adalah lontong. Lontong ini dapat kamu padu padankan dengan berbagai jenis makanan yang ada di seluruh Indonesia. 

Contohnya, kamu bisa memadukannya dengan lodeh santan. Mungkin ini adalah pasangan lontong dan sayur yang sudah biasa bagi sebagian orang. Ada pun yang memadupadankannya dengan kuah soto bening yang biasa dipakai untuk soto mie pada umumnya. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mencocokan soto dengan aneka kari. 

Selain itu, lontong juga identik dengan gado-gado, lebaran, dan momen cap go meh, bukan? Nah, kalau di rumah kamu, kira-kira apa makanan yang akan disediakan saat berkumpul bersama keluarga? Yap! Apapun makanannya jika dimakannya sama keluarga, pasti akan terasa sangat menyenangkan, bukan?

Tahukah kamu kalau saat ini ada lontong yang bisa dimakan secara instan? Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi yang pesat, banyak sekali orang yang merasa sulit dengan proses pembuatan lontong yang sedikit lama dan membutuhkan usaha lebih.

Lontong instan ini dapat kamu dapatkan di beberapa supermarket besar yang ada di Indonesia. Jika ditanya rasanya akan seperti apa? Ya, rasanya sama seperti lontong pada umumnya. Hanya bedanya kamu akan lebih praktis saat ingin memakan lontong. Karena tanpa perlu repot dan membuang waktu, kamu sudah bisa memakan lontong yang di beli di supermarket.

Biasanya, orang-orang tua dulu, membuat lontong menggunakan daun kelapa atau daun pisang. Namun, saat ini lontong juga bisa dibuat menggunakan plastik loh. Meskipun banyak pro dan kontra terhadap penggunaan plastik saat memasak lontong ini, tetapi orang-orang tetap menggunakan plastik sebagai salah satu wadah untuk pembuatan lontong tersebut.

Lontong adalah sebuah makanan yang berasal dari olahan beras yang biasanya dimasak dan dibungkus dengan daun pisang, daun kelapa, atau plastik. Pilihan daun yang digunakan memang akan memengaruhi cita rasanya lontong. Selain itu, penggunaan daun yang tepat akan membuat lontong menjadi lebih wangi loh. 

Daun pisang dan daun kelapa tentunya adalah salah satu bahan yang lebih ramah lingkungan. Namun, ada kalanya orang-orang merasa kesulitan saat mendapatkan daun kelapa atau pisang. Ada pula dari mereka yang sering kehabisan daun kelapa atau pisang, sehingga pembuatan lontong tidak mencapai batas yang diinginkan.

Dari hal ini, mereka mulai berinisiatif untuk menggunakan plastik sebagai pengganti daun pisang dan daun kelapa. Artikel kali ini akan membahas lebih lanjut tentang cara pembuatan lontong yang mudah dan sederhana menggunakan plastik.

 Kamu tidak perlu khawatir akan keamanannya, karena langkah-langkah di bawah ini adalah langkah yang aman untuk kesehatan. Meskipun lontong harus dibungkus menggunakan plastik. Lalu, susah nggak sih cara membuat lontong plastik yang enak? 

Tidak. Maka dari itu, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak dan bahas bagaimana pembuatan lontong dengan plastik secara mudah dan sederhana dengan bahan yang mudah ditemukan di sekitar kamu. Simak dan baca selengkapnya artikel ini, kemudian jangan lupa kamu praktekkan juga ya di rumah. Selamat membaca!

Di bawah ini adalah cara untuk membuat lontong plastik yang pasti akan berhasil dan aman buat kesehatan kamu. 

100 RESEP sop & soto indonesia
100 RESEP sop & soto indonesia

Bahan yang dibutuhkan 

Kira-kira apa saja sih bahan yang harus kamu siapkan untuk memulai proses memasak lontong plastik? Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan.

  • Beras putih: 1 kg 
  • Garam: 1 sendok teh
  • Daun pandan: 2 lembar dan diikat simpul
  • Air untuk merebus

Setelah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan. Kamu juga memerlukan beberapa alat di bawah ini untuk membantu kamu selama proses memasak lontong. Berikut adalah daftarnya.

  • Plastik untuk membungkus: siapkan 6 lembar plastik tebal yang memiliki jenis LLDPE, HDPE, PP, dan OPP 
  • Panci: dengan ukuran yang cukup besar, pastikan semua lontong akan bisa terendam di dalam air saat proses memasak.

Cara membuat

Setelah semua bahan dan alat yang dibutuhkan sudah kamu persiapkan dan dapat digunakan. Mari kita mulai proses membuat lontong plastik yang enak dan sederhana tanpa gagal. Hal yang perlu kamu lakukan adalah pastikan bahwa plastik yang kamu gunakan adalah jenis plastik yang sudah di sebutkan di atas ya.

Sajian Resto Selera Indonesia - Lontong & Ketupat
Sajian Resto Selera Indonesia

Mengapa demikian? Hal ini karena, plastik yang disebutkan di atas adalah plastik yang sudah direkomendasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan atau biasa disebut dengan BPOM. Mereka melihat kekhawatiran masyarakat tentang penggunaan plastik pada makanan. Oleh karena itu, BPOM bertindak dan merekomendasikan jenis plastik LLDPE, HDPE, PP, dan OPP.

Tanpa basa-basi lagi, mari kita simak proses dari awal hingga akhir pembuatan lontong plastik. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membolongi plastik yang telah direkomendasikan oleh BPOM yang kamu siapkan sebelumnya. Kamu bisa membolongi plastik dengan jarum atau lidi. Namun, pastikan bahwa lobang yang kamu buat harus lebih kecil dari beras. Hal ini dikarenakan agar beras yang dimasukan ke dalam plastik tidak berhamburan keluar. 
  • Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan beras bersih. Kamu dapat mencuci beras putih seperti layaknya kamu ingin memasak nasi putih biasa untuk makan. 
  • Setelah beras dicuci dengan bersih dan di tiriskan dari airnya. Silahkan isi plastik yang sudah dilubangi sebelumnya dengan beras bersih tersebut. Kamu bisa mengira-ngira memasukan beras sekitar 100 gram per kantong. 
  • Setelah beras terisi ke dalam plastik tersebut. Tutup dengan rapat plastik dan bentuklah menjadi seperti memanjang atau segi empat. Bentuk ini sebenarnya bisa kamu sesuaikan dengan keinginan kamu. Namun, biasanya adalah segi empat atau memanjang.
  • Langkah selanjutnya adalah menutup rapat plastik dengan menggunakan perapian.  Perapian dalam proses ini bukanlah seperti api unggun. Tetapi api kecil yang berasal dari lilin untuk merapatkan ujung plastik agar beras tidak keluar lagi dari plastik tersebut.
  • Setelah semua plastik yang berisi beras tertutup dengan rapat. Ambillah panci yang sekiranya akan kamu gunakan untuk merebus plastik berisi beras tersebut. Setelah itu, tata plastik berisi beras dalam panci dan pastikan semuanya nanti akan tertutup dan terendam dengan air ya. 
  • Kemudian, isilah panci berisi semua plastik dan beras dengan air matang atau air yang kamu gunakan khusus masak sampai semua plastik berisi beras terendam. Kemudian, masukan daun pandan yang sudah diikat simpul ke dalam panci.
  • Jangan lupa untuk memberikan sedikit garam dalam panci tersebut. Mengapa garam dibutuhkan? Agar lontong yang dihasilkan memiliki rasa yang khas tidak hambar.
  • Langkah selanjutnya adalah tutup panci dan masak selama sekitar 20 sampai 30  menit. Waktu yang digunakan untuk merebus lontong plastik itu tergantung dari jenis beras dan besar lontong yang kamu gunakan. Jadi, kamu bisa mengira-ngira ya, Grameds. 
  • Sesekali ketika kamu sudah mendekati waktu 20 sampai 30 menit, kamu boleh mengeceknya dan memastikan bahwa lontong sudah matang, empuk, dan bisa diangkat. Ketika kamu sudah merasa bahwa lontong sudah matang, maka kamu bisa mengangkatnya dan meniriskannya dari air yang mendidih tersebut.
  • Setelah meniriskannya, diamkan sebentar sebelum lontong disajikan. Saat lontong sudah sedikit lebih dingin atau hangat. Maka, ini adalah saat yang tepat untuk menyajikannya.
  • Tahapan terakhir adalah ketika kamu sudah siap menyajikannya. Saat akan disajikan, kamu bisa membuang plastik tersebut dan memotong lontong sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan.
  • Setelah itu, kamu siap memakannya.

Bagaimana nih? Proses di atas sangat mudah bukan? Saat kamu mengikuti semua langkah di atas, akan dipastikan bahwa lontong yang kamu buat akan berhasil dan sangat enak. Jadi, apakah kamu siap untuk mencoba membuat lontong plastik di rumah?

Selain itu, di bawah ini adalah beberapa tips tambahan yang bisa kamu gunakan dan pertimbangkan saat membuat lontong plastik di rumah. Mari kita simak dan bahas tips untuk pembuatan lontong plastik.

Tips tambahan

Berikut ini adalah tips yang dapat kamu lakukan saat membuat lontong plastik di rumah.

  • Tips yang pertama adalah dengan memastikan bahwa plastik yang kamu gunakan adalah plastik yang tebal dan memiliki titik leleh yang sangat tinggi, agar plastik tidak meleleh saat proses pemasakan lontong. Hal Ini juga dilakukan agar menghindari senyawa berbahaya yang ada di dalam plastik ikut tercampur ke makanan (lontong) dan ikut termakan oleh manusia. Maka dari itu, pastikan dulu jenis plastiknya ya.
  • Tips yang kedua adalah dengan menggunakan takaran beras yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kamu. Takaran beras bisa disesuaikan kebutuhan kok dan tidak harus selalu mengikuti resep. Kamu juga bisa mencari tahu cara membuat lontong plastik dengan takaran sendok, agar kamu lebih mudah. Hal yang harus kamu ketahui adalah intinya isilah beras ke dalam plastik yang telah dilubangi sebanyak setengah volume maksimal dari plastik tersebut. Jangan lebih, karena beras akan mengembang menjadi nasi dan membuat plastik pecah.

Itu adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebelum melakukan proses pembuatan lontong plastik di rumah. Semoga tips tersebut dapat membantu kamu memahami tentang proses lengkap pembuatan lontong plastik di rumah ya. 

Membuat lontong dengan menggunakan plastik memanglah sangat mudah dan bahan serta alat dapat ditemukan dimana saja. Namun, ada baiknya jika kamu tidak terlalu sering menggunakan plastik untuk pembuatan lontong.

Saat kamu memiliki dan bisa mendapatkan daun pisang atau daun kelapa, kamu lebih baik menggunakan kedua pilihan daun tersebut. Jadikan lah plastik sebagai alat bantu atau alat darurat saat kamu sedang membuat lontong.

Hal ini dikarenakan meskipun plastik yang digunakan sudah rekomendasi dari BPOM tetapi tetap saja, alangkah lebih baik jika sebisa mungkin menghindari penggunaan plastik saat membuat lontong. Dengan memakai daun pisang atau daun kelapa, lontong yang dihasilkan akan lebih khas dan memiliki aroma yang luar biasa loh.

Kamu bisa merasakan aroma yang membuat lontong semakin wangi dibandingkan saat menggunakan plastik. Selain itu, bentuk lontong yang menggunakan daun pisang atau daun kelapa akan terlihat lebih cantik dan rapi untuk disajikan. Ada kesan bersih dan menjaga kesehatan saat kamu menggunakan daun pisang atau kelapa. 

Jadi, pakailah plastik untuk membuat lontong saat di kondisi yang terdesak dan darurat. Namun, jika kamu bisa mendapatkan daun pisang atau daun kelapa, hal ini akan lebih baik dan disarankan. Kira-kira kamu akan menggunakan daun pisang atau kelapa? Atau malah kamu akan tetap menggunakan plastik nih?

Pembuatan lontong yang sangat mudah akan membuat kamu bisa menyiapkan makanan lain yang digunakan untuk lengkapi lontong loh. Sambil menunggu lontong matang, kamu bisa menyiapkan bumbu untuk pembuatan sayur atau kuah kari sebagai pendamping lontong.

Rekomendasi Makanan Pendamping Lontong

Berikut ini adalah makanan yang bisa kamu sajikan bersama lontong. Beberapa makanan itu adalah sayur lodeh, kuah soto ayam atau daging sapi, kari ayam, opor ayam, bumbu kacang gado-gado, bumbu kacang pada sate dan sate ayam. 

Selain itu, jangan lupa siapkan sambal, bawang merah goreng yang garing, dan kerupuk untuk melengkapi menu lontong kamu. Dengan menu lengkap seperti itu, semua orang yang memakannya akan merasakan kehangatan dan kesederhanaan yang bisa membuatnya meningkatkan energi dan kebahagiaan loh.

Sajian Resto Selera Indonesia - Lontong & Ketupat
Sajian Resto Selera Indonesia

——

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang pembuatan lontong dan beberapa tips memasak lontong dengan plastik di rumah, serta ada beberapa rekomendasi makanan yang bisa dijadikan sebagai makanan pendamping lontong yang cocok untuk disajikan saat momen keluarga berkumpul dan berbincang.

Tak lengkap dengan makanan pendukung lainnya. Momen yang bahagia harus diabadikan dengan situasi yang sangat pas. Apa lagi jika itu adalah momen yang hanya bisa dirayakan satu kali dalam setahun.

Kamu harus menyiapkan makanan yang lezat untuk mendapatkan momen kebersamaan itu dengan makanan yang mendukung. Kalau menurut kamu, apakah pembuatan lontong plastik ini adalah salah sesuatu hal yang menarik untuk dilakukan? 

Jika kamu ingin mencari informasi dan buku seputar cara memasak makanan, kamu bisa mendapatkan buku resepnya di Gramedia.com loh. Selain itu, Gramedia juga menyediakan buku best seller yang menarik tentang cerita fiksi, komik, novel, romance, horor dan lain-lain.

Jika ingin mencari buku tertentu yang kamu ingin kan dengan mudah, kamu bisa mengunjungi lama www.gramedia.com untuk mengecek ketersediaan dari buku yang kamu inginkan loh. Jadi, jangan lupa untuk mampir dan beli buku di Gramedia.com ya!

Selalu biasakan diri kamu untuk membaca agar kebiasaan membaca kamu semakin meningkat! Selamat Membaca, Grameds!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Mega