in ,

Kenali Cara Belajar Efektif yang Bisa Diterapkan dengan Mudah

Sumber: Pixabay

Cara Belajar Efektif – Belajar tentunya menjadi hal yang wajib bagi para pelajar. Bahkan bisa dibilang bukan hanya wajib untuk pelajar saja, tetapi setiap orang wajib untuk belajar, seperti karyawan kantor, karyawan pemerintah, dosen, mahasiswa, dan sebagainya.

Contoh dari belajar ini sangatlah banyak, mulai dari mempelajari hal-hal baru untuk meningkatkan kemampuan, belajar untuk ikut tes CPNS, belajar untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri PTN. Jadi, dapat dikatakan bahwa setiap orang memang wajib untuk belajar atau membutuhkan aktivitas belajar.

Selain itu, belajar itu sendiri akan lebih mudah dipahami apabila dilakukan dengan efektif. Namun, terkadang masih ada sebagian orang yang belum mengetahui cara belajar efektif, sehingga kesulitan dalam memahami suatu materi. Lalu, bagaimana cara belajar efektif yang mudah diterapkan? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, Grameds.

Cara Belajar Efektif

cara belajar efektif
Sumber: Pixabay

Berikut ini adalah cara belajar efektif yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Belajar Efektif dengan Memahami Informasi

Saat kamu sedang belajar, sebaiknya pahami dulu informasi penting dari sebuah materi yang telah disampaikan. Informasi yang terorganisir dan masuk akal tentunya akan lebih mudah untuk dihafal. Jika kamu tak memahami materi yang dipelajari, maka bisa mencari materi lain yang kemudian menggunakan bahasa yang lebih mudah untuk dihafal.

Cara Belajar Efektif dengan Menghubungkan Informasi

Hubungkan informasi yang tengah kamu coba hafalkan. Lebih baik lagi, hubungkan informasi dengan informasi yang lebih sulit dengan materi-materi dari konsep lainnya. Tidak hanya itu, pikirkan juga tentang bagaimana cara menghubungkan materi tersebut. Untuk melakukan hal itu, kamu dapat mencatat inti-inti pelajaran pada sebuah catatan kecil, kemudian garis bawahi hal penting yang ada di dalamnya, kemudian buatlah mind map atau pemetaan yang akan menghubungkan materi.

Cara Belajar Efektif dengan Tidur Sejenak

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa apabila kamu ingin memproses serta menyimpan informasi dengan lebih baik, sebaiknya coba untuk tidur selama beberapa menit. Dengan melakukan tidur sejenak, kamu bisa menanamkan beberapa informasi yang berkaitan dengan pelajaran ke dalam memori.

Cara Belajar Efektif dengan Menggunakan Teknik Pengulangan

cara belajar efektif
Sumber: Pixabay

Setelah menguji dengan melakukan tes, cobalah juga untuk membuat konsep belajar dari memori kerja ke memori jangka panjang. Konsep ini diyakini bisa membuat informasi belajar menjadi lebih mudah untuk diingat dan diulang serta dipahami. Pengulangan secara rutin dan tegas kemudian akan membantu memasukkan informasi di dalam ingatan.

Untuk melakukan hal ini, kamu dapat membuat kartu yang berisi pertanyaan penting saat belajar. Kartu ini akan sangat bermanfaat untuk pengujian diri untuk kembali mengingat-ingat kembali informasi. Lebih baik lagi, berilah juga jarak waktu belajar serta teknik pengulangan. Misalnya, kamu dapat membuat kartu untuk mengingat materi penting setelah belajar selama 2 hari.

Cara Belajar Efektif dengan Membuat Pengelompokan Materi

Pengelompokan materi sebagai sebuah strategi menghafal yang sederhana. Misalnya, kamu hanya perlu untuk mengingat empat bunga yaitu bunga mawar, bunga melati, bunga kemboja, dan bunga anggrek. Lalu, cobalah untuk mencari berbagai macam cara untuk menghubungkan keempat bunga ini ke dalam memori. Contohny, dengan membuat singkatan nama MMKA (yaitu mawar, melati, kamboja, dan anggrek). Gunakan singkatan tersebut untuk mengingat nama-nama bunga.

Cara Belajar Efektif dengan Bicara Pada Diri Sendiri

cara belajar efektif
Sumber: Pixabay

Cobalah berbicara pada dirimu sendiri di depan cermin untuk latihan dalam mengingat informasi. Mungkin saja hal ini akan terlihat sedikit aneh, tetapi dengan berbicara pada diri sendiri kemudian menjadi alat memori yang efektif.

Cara Belajar Efektif dengan Membaca Ringkasan Materi Sebelum Tidur

Penelitian mengungkapkan bahwa tidur menjadi salah satu cara jitu yang akan membantu proses mengingat. Jadi, ketika kamu membaca kembali ringkasan materi sebelum tidur sangat dianjurkan. Selain itu jangan lupa untuk tidur dalam kurun waktu 7-9 jam per hari agar pikiran menjadi lebih segar ketika kamu terbangun.

Cara Belajar Efektif dengan Memberikan Jeda

Saat hendak menghadapi ujian, tentunya akan ada banyak materi yang harus dipelajari. Namun, jangan terlalu memaksakan diri karena hal ini ternyata justru kurang efektif. Sebaiknya berikanlah jeda di antara setiap sesi materi. Dengan kata lain, kamu harus mengistirahatkan otak, sehingga dapat kembali segar nantinya serta lebih siap untuk bekerja lagi.

Cara Belajar Efektif dengan Bersikap Kritis

Setelah memahami apa yang dipelajari, sebaiknya latihlah otak kamu supaya menjadi lebih kritis pada semua materi tersebut. Dengan aktif mencari tahu serta menganalisis kebenaran dari materi yang telah dipelajari, maka kamu bisa lebih mudah untuk berpikir kritis dan mampu menilai suatu hal serta lebih mudah dalam mengingat suatu materi. Bahkan, dengan melakukan hal ini, kamu juga akan memiliki perspektif yang lebih luas lagi.

Cara Belajar Efektif dengan Menyusun Target Belajar

cara belajar efektif
Sumber: Pixabay

Memiliki target waktu untuk dapat menguasai materi pelajaran tertentu kemudian akan membuatmu menjadi lebih tertantang. Oleh karena itu, sebisa mungkin susunlah juga jadwal belajar serta bagi waktu ini dengan baik. Saat kamu berhasil mencapai target, sebaiknya berilah diri sendiri hadiah kecil seperti saja dengan membeli camilan favorit. Dengan mendapatkan hadiah, kemudian akan timbul rasa puas di dalam diri, sehingga kamu akan kian berpacu dalam menaklukan target belajar berikutnya.

Cara Belajar Efektif dengan Berperan Menjadi Guru

Setelah belajar, berperanlah menjadi seorang guru. Jelaskan lagi materi yang telah kamu pelajari sebelumnya dengan gaya bahasa sendiri kepada dirimu sendiri. Kamu juga dapat meminta bantuan teman ataupun keluarga untuk dapat mendengarkan materi yang telah kamu pelajari.

Para pakar psikologi meyakini bahwa dengan mengulang kembali pelajaran adalah salah satu cara belajar yang paling efektif untuk mengingat semua. Sebab, ketika kamu menjelaskan kembali, kemungkinan ada beberapa hal yang kemudian terlewat. Namun justru inilah yang bisa menjadi patokan untuk kamu mengulang kembali pelajaran pada bagian tersebut.

0Cara Belajar Efektif dengan Menjadikan Belajar Sebagai Kebutuhan

Kebutuhan adalah suatu hal yang harus dipenuhi agar kamu dapat senantiasa bertahan hidup. Ketika belajar digunakan sebagai kebutuhan, maka kamu akan menjadi bersungguh-sungguh dalam melakukannya. Dengan begitu, belajar tidak lagi dilakukan dalam kondisi yang tertekan, tetapi kemudian juga dapat dilakukan dengan suka cita. Hasilnya, setiap materi yang dipelajari akan menjadi lebih mudah untuk diingat.

Cara Belajar Efektif dengan Belajar di Tempat yang Kamu Sukai

Tak dapat dipungkiri bahwa tempat belajar yang nyaman kemudian akan mempengaruhi mood seseorang saat belajar. Oleh karena itu, sebaiknya ubahlah ruangan belajar di rumah menjadi senyaman mungkin, seperti mengubah posisi serta penampilan ruangan dalam beberapa waktu untuk memberikan suasana baru yang lebih segar serta akan memberikanmu semangat.

Tidak hanya mengubah ruang belajar di rumah, tetapi kamu juga dapat mencari atmosfer berbeda dengan belajar di kafe, perpustakaan, ataupun di taman. Namun, kamu juga pastikan kalau keadaan ruangan tenang serta memungkinkan untukmu belajar dengan nyaman.

Cara Belajar Efektif dengan Buat Latihan Ujian

cara belajar efektif
Sumber: Pixabay

Sebelum menghadapi ujian sebenarnya, kamu dapat berlatih untuk menjawab soal-soal ujian secara mandiri. Hal ini juga akan mempersiapkan mental sebelum nantinya berhadapan langsung dengan soal-soal ujian yang sebenarnya. Cara ini merupakan salah satu variasi untuk dapat mencegah kejenuhan karena harus terus menerus membaca suatu materi pelajaran. Setelah kamu menyelesaikan ujian mandiri tersebut, jangan lupa juga untuk memeriksa jawabannya. Dengan begitu, kamu menjadi lebih mudah untuk mengetahui apa yang harus diperbaiki.

Cara Belajar Efektif dengan Menghindari Musik dengan Lirik

Saat sedang belajar hindari penggunaan musik dengan lirik karena akan menyebabkan pikiranmu terdistraksi, meski mendengarkan musik sendiri memang telah lama terbukti dapat membantu meningkatkan konsentrasi seseorang. Akan lebih baik, jika mendengarkan musik klasik saja agar pikiran menjadi lebih segar.

Cara Belajar Efektif dengan Berdiskusi

cara belajar efektif
Sumber: Pixabay

Belajar kerap kali dilakukan seorang diri. Namun, beberapa orang kemudian lebih menyukai gaya belajar secara berkelompok. Bila kamu adalah tipe ini, maka sebaiknya carilah teman yang dapat kamu ajak berdiskusi. Dari proses diskusi ini kamu akan mendapatkan lebih banyak hal yang mungkin tak akan kamu dapatkan saat belajar secara mandiri.

Cara Belajar Efektif dengan Teknik Visual dan Spasial

Gunakan metode belajar yang melibatkan panca indera. Misalnya saja kamu dapat menggunakan gambar, lagu, perasaan serta tubuh untuk mengingat informasi. Terdapat berbagai pendekatan yang dapat menggunakan teknik ini sebagai satu cara belajar yang menyenangkan dan kreatif. Teknik visual juga berguna untuk meningkatkan memori jangka panjang. Selain itu, kamu dapat berfokus dan memperhatikan informasi serta materi ketika belajar.

Teknik ini juga akan membantumu dalam mengingat keseluruhan detail. Misalnya, jika kamu ingin menghafal rumus segitiga, maka Lebih baik lagi, buatlah gambar segitiga kemudian tambahkan rumus di dalam gambar tersebut. Gunakan juga lagu dan jingle jika kamu ingin mengingat tabel periodik unsur kimia dengan panca indera, seperti gunakan tangan untuk mengingat jumlah perkalian

Kapan Waktu Terbaik untuk Belajar

cara belajar efektif
Sumber: Pixabay

Tidak hanya tubuh, otak manusia juga memiliki irama tersendiri, sehingga sudah terdapat waktu-waktu terbaik otak yang dapat kamu gunakan untuk belajar. Selama ini tak banyak orang yang mengetahui bahwa otak bisa dibilang mempunyai irama tertentu serta waktu terbaiknya.

Di waktu ini, merupakan waktu cukup efektif untuk belajar, sehingga materi belajar menjadi lebih mudah dipahami. Adapun beberapa waktu ideal untuk belajar, antara lain:

  • Jam 9–11 siang (Kreativitas): merupakan waktu yang paling produktif untuk melakukan aktivitas. Jadi, jika kamu memiliki tugas segera selesaikan pada waktu-waktu ini. Hal ini dikarenakan otak cukup mengeluarkan hormon stres sehingga kamu menjadi lebih fokus.
  • Jam 11–2 siang (Mengerjakan Tugas Sulit): merupakan waktu terbaik untuk mengerjakan tugas berat karena hormon tidur kemudian akan menurun tajam.
  • Jam 2–3 siang (Beristirahat): merupakan terbaik untuk beristirahat siang karena asupan darah ataupun oksigen ke otak kemudian agak berkurang. Jam ini kamu akan mengantuk jadi cobalah juga untuk beristirahat sebentar.
  • Jam 3 siang 6 sore (Kolaborasi): merupakan waktu otak benar-benar lelah jadi usahakan untuk melakukan kegiatan yang berbeda bersama teman agar menjadi lebih santai.
  • Jam 6 sore–8 malam (Tugas Pribadi): merupakan waktu terbaik untuk melakukan tugas pribadi karena otak masuk dalam tahap pemeliharaan.
  • Jam 8 – 10 malam (bersantai): merupakan saat yang tepat untuk kamu bersantai karena kamu mulai mengantuk yang disebabkan oleh adanya hormon melatonin yang meningkat.
    Jam 10 malam ke atas (Saatnya tidur): merupakan saat terbaik untuk tidur.

Mungkin masih ada yang bertanya kapan waktu terbaik untuk belajar. Adapun otak akan lebih mudah untuk fokus dalam belajar ketika masih dalam keadaa segar atau lebih tepatnya sekitar pukul 9-11. Selain itu, otak akan menjadi lebih berkonsentrasi ketika pukul 11-2 siang. Jadi, dapat dikatakan bahwa otak akan mampu fokus kurang lebih dalam kurun waktu 6-8 jam.

Pada dasarnya, setiap orang memiliki cara belajar efektifnya masing-masing, sehingga terkadang antara individu yang satu dengan individu lainnya memiliki cara belajar efektif yang berbeda. Hal ini sangatlah wajar terjadi karena kemampuan setiap orang dalam memahami suatu hal sangatlah berbeda.

Penutup

Demikian pembahasan tentang cara belajar efektif. Setelah membaca artikel ini sampai habis, semoga saja kamu jadi lebih mudah dalam menentukan cara belajar efektif.

Jika ingin mencari buku tentang kegiatan belajar, maka kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan
Sumber: Dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Cara Belajar Efektif

Kiat Melatih Konsentrasi Pikiran Anak

https://www.gramedia.com/products/kiat-melatih-konsentrasi-pikiran-anak?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kiat-melatih-konsentrasi-pikiran-anak?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Jika, kamu ingin memfokuskan perhatian anak maka harus terlebih dahulu mengetahui minat mereka.Buku ini berisi aktivitas menarik yang telah dicobakan pada anak serta dapat membantu anak dari segala usia menjadi lebih baik dalam memfokuskan dan memusatkan perhatian.Dengan menerapkan aktivitas dalam buku ini.

Kamu dapat meningkatkan kecerdasan anak,mendorong kepercayaan dirinya, meningkatkan kemampuannya untuk berkonsentrasi pada satu hal untuk jangka waktu yang lama,serta menunjukkan bahwa kamu peduli.Buku ini disusun oleh Barbara Sher-orang tua,guru,spesialis terapi permainan,dan terapis khusus anak-dan aktivitasnya dirancang khusus untuk mendorong anak memperluas kekuatan perhatiannya melalui cara yang akan membantu mereka seumur hidup.

Jadi kumpulkanlah anak-anak dalam kehidupan kamu bersiaplah untuk bersenang-senang saat membuka pikiran dan hati mereka bagi cara baru pembelajaran sekaligus meningkatkan kekuatan perhatian yang terpusat.

Merdeka Belajar dan Implementasinya

https://www.gramedia.com/products/merdeka-belajar-dan-implementasinya-merdeka-guru-siswa-merdeka-dosen-mahasiswa-semua-bahagia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/merdeka-belajar-dan-implementasinya-merdeka-guru-siswa-merdeka-dosen-mahasiswa-semua-bahagia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Merdeka belajar adalah kemerdekaan belajar. Merdeka belajar bermakna kemerdekaan belajar, yakni memberikan kesempatan belajar sebebas-bebasnya dan senyaman-nyamannya kepada anak didik untuk belajar dengan tenang, santai, dan gembira tanpa stres dan tekanan.

Merdeka belajar juga berarti memperhatikan bakat alami yang mereka punyai, tanpa memaksa anak didik mempelajari atau menguasai suatu bidang pengetahuan di luar hobi dan kemampuan mereka, sehingga masing-masing mereka mempunyai portofolio yang sesuai dengan kegemarannya.

Buku ini secara apik mengupas tuntas konsep merdeka belajar serta implementasinya dalam proses belajar-mengajar, sehingga tercipta kondisi yang merdeka di antara guru dan siswa hingga dosen dan mahasiswa. Pada akhirnya, proses belajar-mengajar pun menjadi sesuatu yang membahagiakan bagi semua pihak.

A-Z Merdeka Belajar + Kurikulum Merdeka

https://www.gramedia.com/products/a-z-merdeka-belajar-kurikulum-merdeka?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/a-z-merdeka-belajar-kurikulum-merdeka?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Merdeka belajar merupakan inovasi baru dari Kementrian Pendidikan yang banyak menjadi pembicaraan saat ini. Merdeka belajar adalah sebuah ide yang mengusung adanya kemerdekaan berpikir baik bagi guru maupun peserta didik dalam pembelajaran. Ide dari gagasan merdeka belajar dilandasi oleh esensi kemerdekaan berpikir untuk menciptakan suasana belajar yang bahagia tanpa dibebani dengan pencapaian skor atau nilai tertentu.

Buku ini membahas tuntas mengenai merdeka belajar, kurikulum merdeka, dan penerapan merdeka belajar mulai dari A sampai Z. Merdeka belajar ini diharapkan dapat memajukan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia untuk menyiapkan generasi hebat yang cerdas dan berkarakter menyongsong Indonesia Emas 2045.

BSD Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis

https://www.gramedia.com/products/bsd-kiat-jitu-anak-gemar-baca-tulis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/bsd-kiat-jitu-anak-gemar-baca-tulis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

“Bukan rahasia lagi bahwa membaca sangat berperan dalam kesuksesan seseorang. Negara Jepang dan Tiongkok contohnya. Kedua negara tersebut adalah negara yang sangat maju di kawasan Asia. Jepang dan Tiongkok memang sangat mendunia, terutama di bidang pendidikan.

Predikat tersebut bukan tanpa alasan. Para akademisi di negara-negara tersebut mampu menjadi yang terbaik dalam beberapa olimpiade Internasional. Kedua Negara, Jepang dan Tiongkok telah membuktikannya. Budaya Literasi dari PAUD sampai PERGURUAN TINGGI hendaknya dipupuk sejak anak usia prasekolah.”

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi