in

Asyiknya Membaca Ebook di Gramedia Digital yang Perlu Kamu Tahu

Asyiknya Membaca Ebook di Gramedia Digital – Pernah gak sih kalian selama pandemi covid-19 ini merasa sangat bosan karena hanya berdiam diri dan tidak bisa kemana-mana karena takut tertular virus atau menyebarkan virus? Hal seperti itu pasti sangat bosan sekali, sehingga terkadang kita ingin merasakan dunia luar dan beraktivitas seperti biasa lagi. Kebosanan itu suka membuat kita bingung harus melakukan kegiatan apalagi supaya rasa bosan ini hilang.

Namun, di sisi lain, dengan adanya pandemi covid-19, kita jadi lebih mengenal diri kita dan mengeksplor yang ada di dalam diri kita. Oleh karena itu, kita jadi menemukan berbagai macam kegiatan yang bertujuan untuk membuat diri menjadi bahagia. Kegiatan-kegiatan itu, seperti yang tadinya malas berolahraga jadi rajin olahraga, memiliki keahlian baru, hingga menemukan hobi baru berupa membaca buku. Membaca buku bisa membuat seseorang merasa lebih tenang dan senang sekaligus mendapatkan pengetahuan dan wawasan dari buku yang dibaca.

Zaman yang terus berkembang ke arah modern membuat teknologi menjadi canggih, sehingga hampir segala sesuatu bisa dilakukan melalui telepon genggam atau handphone. Banyak sekali kegiatan yang tadinya hanya bisa dilakukan pada suatu tempat, kini bisa dilakukan lewat handphone, seperti melakukan transaksi transfer uang, pembayaran listrik, hingga membaca buku. Kok bisa membaca buku ikut mengalami perkembangan teknologi yang semakin maju dan modern?

Tentu saja bisa, hal ini dapat dilihat dengan adanya perkembangan pada buku cetak yang berevolusi menjadi buku digital (ebook). Pada awal kemunculannya, buku digital (ebook) bisa dikatakan tidak cukup populer atau dipandang dengan sebelah mata. Namun, seiring berjalannya waktu, buku digital (ebook) mulai dikenal oleh banyak orang dan tak sedikit juga yang menggunakan buku digital (ebook) untuk menambah wawasan dan pengetahuannya.

Dengan adanya buku digital (ebook) yang terus mengalami perkembangan, maka sudah banyak orang yang menjadikan membaca buku sebagai hobi baru, apalagi ketika pandemi covid-19 melanda. Dengan membaca buku digital (ebook), rasa bosan karena harus berdiam diri di rumah perlahan akan menghilang dan digantikan dengan rasa bahagia sekaligus menambah wawasan.

Bagi kamu yang belum yakin untuk beralih dari buku cetak ke buku digital (ebook), bisa membaca artikel ini sampai habis. Di dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut tentang pengertian, kekurangan, dan kelebihan dari buku digital (ebook). Tak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui manfaat dari membaca buku digital di Gramedia Digital. Tunggu apalagi segera baca artikel ini sampai habis.

Apa itu Ebook?

Pada dasarnya ebook itu merupakan singkatan dari electronic book atau buku elektronik. Pengertian buku elektronik sama dengan oxford dictionaries yang menyatakan bahwa ebook adalah buku cetak yang dikonversikan ke dalam bentuk elektronik, sehingga bisa dibaca di perangkat elektronik, seperti handphone, laptop, komputer, tablet, dan sejenisnya. Oleh karenanya, kita bisa membaca ebook di mana saja karena bisa dibaca melalui handphone yang hampir dibawa setiap saat.

Meskipun electronic book lebih dikenal dengan singkatan ebook, tetapi bagi sebagian orang menyebut ebook dengan istilah buku digital. Apapun sebutannya, intinya sama yaitu buku elektronik yang bisa dibaca di beberapa perangkat elektronik. Saat ini, buku digital (ebook) ini sering sekali digunakan oleh mahasiswa dalam mencari tambahan informasi, baik itu untuk tugas kuliah, penelitian, atau skripsi. Beberapa mahasiswa sangat senang dengan kehadiran dari buku digital (ebook) ini karena tidak perlu repot-repot membawa buku.

Informasi yang ada di dalam buku digital (ebook) bukan hanya berupa tulisan saja, tetapi sebagian buku digital menggunakan informasi berupa gambar. Oleh sebab itu, sudah banyak sekali majalah atau koran yang mengalami perubahan menjadi elektronik atau bisa dibaca dari handphone, laptop, komputer, tablet, dan sejenisnya.

Kehadiran buku digital bisa dibilang mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan membaca buku secara konvensional (buku dicetak) menjadi membaca buku elektronik. Kebiasaan yang berubah ini merupakan suatu peristiwa yang wajar karena tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi yang semakin maju, sehingga industri buku pun harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

Dengan kehadiran buku digital, para orang tua jadi bisa memberikan pengetahuan kepada anaknya dengan mudah dan tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli buku. Begitu pun dengan para orang tua bisa mendapatkan informasi seputar anak dengan mudah, sehingga hubungan anak dan orang tua terjalin dengan baik dan menjadi lebih harmonis.

Namun, bagi sebagian orang beranggapan bahwa membaca buku melalui media elektronik seperti ada yang kurang, sehingga bisa dikatakan bahwa ada yang pro dengan kehadiran dari buku digital (ebook) dan ada yang kontra dengan adanya kebiasaan membaca buku digital bukan secara konvensional. Adanya perdebatan itu merupakan hal yang wajar karena setiap orang punya cara tersendiri untuk membaca suatu bacaan.

Hadirnya buku digital memberikan banyak sekali perubahan bukan hanya pada kebiasaan membaca buku, tetapi juga memberikan perubahan terhadap lingkungan. Lingkungan akan lebih terjaga karena penggunaan kertas untuk bahan baku mencetak buku menjadi berkurang. Pada dasarnya banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dengan kehadiran ebook ini.

Manfaat Membaca Ebook

Memang benar, bagi sebagian orang lebih memilih untuk membaca buku secara konvensional, tetapi sebenarnya ebook memiliki manfaat yang cukup banyak. Manfaat dari membaca buku secara digital ini bukan hanya akan bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga bisa memberikan manfaat kepada orang lain.

1. Tidak Akan Rusak

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya jika buku digital itu merupakan buku yang bisa terhubung dengan gadget, sehingga buku itu akan selalu awet karena tidak ada bentuk fisiknya. Buku yang tidak akan rusak itu berarti buku ini bisa dibaca kapan saja. Hal ini tentu saja berbeda dengan buku konvensional (cetak) yang bisa rusak, seperti kertas yang bisa robek, kertas menguning, muncul bercak-bercak pada kertas, dan lai-lain.

Selain itu, buku digital tidak perlu membutuhkan rak buku yang bisa mempersempit ruangan karena buku digital bisa disimpan di dalam aplikasi atau gadget kamu. Dengan kondisi yang masih bagus, kamu bisa membaca buku digital secara berulang-ulang tanpa harus memikirkan kerusakan yang terkadang mengganggu ketika membaca buku itu.

2. Tidak Perlu Repot Untuk Memberikan Tanda

Nah, manfaat yang kedua ini merupakan manfaat yang diidamkan-idamkan bagi pembaca buku, yaitu tidak lupa halaman terakhir yang dibaca. Betul sekali, dengan buku digital yang kamu baca, maka secara otomatis aplikasi akan menyimpan halaman yang kamu baca. Apalagi buku digital, koran digital, dan majalah digital yang dijual di Gramedia Digital, ketika sudah berlangganan, kamu akan tenang dan tidak cemas mencari halaman terakhir yang dibaca walaupun tiba-tiba keluar aplikasi.

Lain halnya dengan buku cetak yang di mana jika ketiduran kita bisa lupa halaman terakhir yang dibaca, sehingga cemas dan merasa kurang seru kalau membacanya dari awal. Selain itu, buku cetak harus diberi tanda agar tidak lupa, seperti melipat bagian buku yang membuat keindahan buku menjadi berkurang.

3. Mudah Dibawa dan Tidak Berat

Buku cetak yang berukuran besar akan sulit untuk sekali dibawa kemana-mana dan pastinya berat. Sudah berat, kemudian tidak fleksibel, maka buku cetak bisa dibilang mengganggu sedikit kenyamanan. Coba kamu beralih ke buku digital yang di mana tidak perlu repot-repot membawa buku, buku yang dibawa fleksibel, bahkan bisa masuk kantong celana, dan yang terpenting buku digital tidak berat, sehingga tak akan terasa capek ketika membawanya.

Dengan membaca buku digital, maka kenyamanan membaca buku akan tetap terjaga karena tidak perlu memikirkan, berat buku, ukuran buku, fleksibilitas, dan sebagainya. Jika, kenyamanan membaca buku sudah ada, maka isi dari suatu buku akan mudah dipahami dengan optimal.

4. Ramah Lingkungan

Buku konvensional (cetak) sudah pasti menggunakan bahan baku kertas yang di mana kertas berasal dari tumbuh-tumbuhan. Apabila terlalu banyak kertas yang digunakan, maka akan banyak tumbuhan yang harus ditebang untuk dijadikan bahan baku kertas, sehingga lingkungan bisa terancam. Oleh sebab itu, seiring dengan perkembangan zaman dan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan, maka hadirlah buku digital (ebook).

Kehadiran buku digital akan membuat penggunaan kertas pada buku menjadi berkurang, sehingga tidak banyan tumbuhan yang ditebang. Dengan kata lain, buku digital (ebook) sangat ramah lingkungan sekaligus menambah kenyamanan ketika membacanya karena tidak perlu memikirkan kerusakan lingkungan.

5. Informasi Bisa Didapatkan Lebih Cepat

Tak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya internet dan teknologi yang semakin lama semakin maju membuat penyebaran informasi menjadi lebih cepat. Apabila kita tertinggal informasi, maka akan dipanggil kudet (kurang update), pastinya tidak ingin dipanggil seperti itu. Oleh sebab itu, dengan kehadiran buku digital yang bisa terhubung ke perangkat elektronik, seperti handphone, laptop, komputer, dan tablet, informasi yang kita terima akan menjadi lebih cepat dan lebih update.

Terlebih lagi, jika kamu menggunakan aplikasi Gramedia Digital yang di mana bukan hanya informasi dari buku saja yang kamu ketahui, tapi informasi dari koran terbaru dan majalah terbaru bisa kamu dapatkan dengan mudah. Lebih asyiknya lagi, kamu tidak akan dibilang kudet.

6. Mempermudah Proses Belajar

Dalam proses belajar pastinya membutuhkan yang namanya informasi yang bisa berasal dari buku atau internet. Perpaduan buku dan internet sudah ada di dalam buku digital, sehingga bisa mempermudah proses belajar. Informasi yang diterima dari buku digital sangat fleksibel karena bisa didapatkan melalui handphone yang hampir semua orang memilikinya.

Kamu bisa mencari berbagai macam jenis buku yang bisa mempermudah proses belajar di Gramedia Digital. Di Gramedia Digital koleksi bukunya sangat banyak, sehingga informasi tambahan untuk belajar akan semakin mudah didapatkan.

Asyiknya Membaca Ebook di Gramedia Digital

Baca ebook di Gramedia digital

Toko buku yang menyediakan buku digital sudah cukup banyak. Namun, hanya sedikit toko buku yang bukan hanya menyediakan buku digital, tetapi juga menyediakan koran dan majalah dalam bentuk digital.

Gramedia Digital adalah toko buku yang menyediakan buku digital, koran digital, dan majalah digital, sehingga bagi kamu yang senang membaca pasti akan senang melihat kabar ini. Sementara itu, bagi kamu yang ingin menjadikan membaca sebagai hobi tidak ada salahnya untuk memiliki akun di Gramedia Digital.

Anda dapat mendapatkan aplikasinya di :

Ingin mengetahui betapa asyiknya membaca buku digital (ebook) di Gramedia Digital? Kamu bisa simak alasan mengapa membaca buku digital di Gramedia Digital itu sangat asyik.

1. Kamu Melihat Tampilan yang Keren

Membaca buku digital melalui aplikasi pasti akan sangat nyaman, jika tampilan dari aplikasi itu keren dan mudah digunakan. Semakin mudah aplikasi buku digital, kemungkinan besar semakin banyak yang membaca buku digital dan aplikasi buku digital semakin terkenal oleh banyak orang. Aplikasi Gramedia Digital sangat mengutamakan kenyamanan pembaca agar pembaca selalu ingin membaca buku digital lebih lama. Oleh karena itu, Gramedia Digital membuat aplikasi dengan user friendly, sehingga para pengguna tak kesulitan untuk menggunakannya.

2. Buku-Bukunya Selalu Update

Kalau soal update, Gramedia Digital jagonya. Kamu bisa melihat buku-buku terbaru yang ada di aplikasi Gramedia Digital. Selain buku-buku terbaru, kamu akan menemukan buku yang best seller, mulai dari novel hingga buku non fiksi. Buku-buku yang selalu update menandakan bahwa Gramedia Digital sangat ingin membuat penggunanya untuk mengetahui informasi-informasi terbaru dengan cepat dan mudah (hanya lewat handphone).

Dengan buku-buku yang selalu update para pengguna aplikasi Gramedia Digital merasa diperhatikan, sehingga para pengguna akan semakin betah untuk menggunakan aplikasi Gramedia Digital.

3. Bisa Membaca Buku dari Luar Negeri

Bagi sebagian orang membaca buku terbitan luar negeri secara langsung tanpa diterjemahkan akan lebih seru. Ingin membaca buku terbitan luar negeri tapi gak tahu baca di mana? Tenang saja, aplikasi Gramedia Digital bisa menjadi solusinya karena di aplikasi tersebut bukan hanya menyediakan buku terbitan dalam negeri saja, tetapi juga ada terbitan dari luar negeri. Tidak hanya itu, Gramedia Digital menyediakan buku terbitan bahasa Inggris ada yang fiksi dan non fiksi, sehingga penggemar buku terbitan luar negeri akan merasa senang.

4. Bisa Membaca Koran dan Majalah

Membaca koran dan majalah dari handphone? Betul sekali, kemudahan membaca suatu bacaan bukan hanya ditujukan pada buku saja, tetapi juga ditujukan kepada koran digital dan majalah digital. Adanya koran digital ini, kamu bisa membacanya di transportasi umum tanpa harus mengganggu orang lain. Informasi terbaru akan mudah diterima melalui koran digital yang terbit setiap hari. Aplikasi Gramedia Digital menjadi salah satu penyedia majalah dan korang digital, jadi kamu jangan ragu untuk menggunakannya.

5. Buku Lokal yang Cukup Banyak

Banyaknya penulis lokal menandakan bahwa ada banyak sekali karya-karya yang sangat bagus. Gramedia Digital menyediakan cukup banyak buku lokal yang bisa dibaca oleh penggunanya hanya melalui handphone. Kemudahan membaca buku-buku terbitan dalam negeri akan membuat diri kita merasa senang karena sudah ikut berpartisipasi dalam menghargai karya dari seorang penulis. Oleh sebab itu, segera download aplikasi Gramedia Digital biar kamu segera membaca buku lokal dari handphone.

6. Promo Menarik

Promo-promo menarik yang akan membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan aplikasi Gramedia Digital yang semakin asyik. Banyaknya promo di Gramedia Digital membuat kamu tak perlu takut kehabisan uang jajan. Promo menarik ini ada yang di bawah 100 ribu, lho. Masa iya, harga paket semurah itu disia-siakan. Jadi, segera daftarkan diri kamu di aplikasi Gramedia Digital.

7. Bisa Dibaca Kapan Saja dan di Mana Saja

Asyiknya membaca buku digital yang terakhir adalah bisa dibaca kapan saja dan di mana saja, seperti pada saat bekerja kemudian membaca buku di transportasi umum. Aplikasi Gramedia Digital yang menyediakan banyak sekali jenis bacaan akan menambahkan wawasan dan pengetahuan bagi penggunanya. Dengan demikian, jangan ragu untuk menjadi bagian dari Gramedia Digital.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Sumber: Dari berbagai macam sumber



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Restu