in

11 Arti Warna dalam Psikologi dan Filosofinya

Arti warna sangatlah beragam, akan tetapi tidak tergantung pada penggunaannya. Warna adalah sebuah elemen yang paling dominan. Selain itu, warna juga termasuk aspek yang paling relatif di kehidupan, seperti dalam sebuah desain.

Persepsi pada warna akan melibatkan respon psikologi dan fisiologi dari manusia. Apabila ditinjau dari sisi psikologis atau emosi manusia, makna dan arti warna yang ada dapat menunjukan kesan perasaan pada sesuatu. Cahaya, objek, otak dan mata akan terlibat di dalam proses sensasi dan persepsi yang kompleks.

Setiap warna memiliki filosofi dan arti, bahkan secara psikologi. Apa arti warna yang ada disekitar kita? Berikut ini adalah beberapa arti warna yang ada di kehidupan sekitar kita.

1. Arti Warna Merah

arti warna merahMerah adalah warna yang terlihat berani. Warna merah sering dihubungkan dengan beberapa hal seperti kekerasan, api, bahkan peperangan. Selain itu, merah juga sering dihubungkan dengan gairah dan cinta.

Warna merah memiliki efek fisik terhadap manusia. Seperti meningkatkan tingkat pernapasan dan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, merah disebut juga dapat meningkatkan metabolisme manusia.

[algolia_carousel]

Sebenarnya, banyak orang mengaitkan arti warna merah dengan kemarahan. Tidak hanya itu, merah sering sekali dikaitkan dengan acara yang penting. Contohnya seperti karpet merah yang ada di sebuah acara-acara besar, seperti acara selebriti.

Beberapa orang juga mengartikan warna merah sebagai sesuatu yang menunjukkan bahaya. Alasan dari pendapat tersebut adalah karena terdapat lampu dan rambu berhenti yang menggunakan warna merah. Label-label peringatan juga sering kali menggunakan warna merah.

BACA JUGA: Macam-Macam Warna Merah

Sedangkan di luar dunia barat, arti warna merah ternyata berbeda. Contohnya di Tiongkok, merah adalah warna yang melambangkan sebuah kebahagiaan dan kemakmuran. Selain itu, warna merah juga menandakan sebuah keberuntungan.

Pada budaya timur lainnya, warna merah akan dipakai oleh pengantin wanita di hari pernikahan mereka. Sedangkan arti warna merah tentara berbeda di Afrika Selatan. Di Afrika Selatan, warna merah melambangkan situasi berkabung.

2. Arti Warna Kuning

arti warna kuningKuning adalah warna yang kerap sekali dianggap sebagai warna yang memiliki kehangatan. Arti warna kuning adalah sesuatu yang memberikan energi dan kecerahan. Hal tersebut berkaitan dengan sinar matahari.

Warna kuning juga melambangkan sebuah kebahagiaan. Akan tetapi, arti warna kuning yang justru sebaliknya adalah sesuatu yang terkait tipu daya. Beberapa lainnya juga menyebut bahwa kuning memiliki arti pengecut.

Warna kuning juga dikaitkan dengan sebuah harapan. Contohnya seperti yang terlihat pada beberapa negara. Ketika terdapat pita warna kuning yang dipajang oleh sebuah keluarga.

Biasanya, pita kuning tersebut ditujukan kepada mereka yang memiliki anggota keluarga yang sedang berada dalam sebuah perang. Warna kuning juga dapat dikaitkan dengan bahaya. Akan tetapi, tidak sekuat warna merah.

Pada beberapa negara di dunia, warna kuning ternyata memiliki konotasi yang cukup jauh berbeda. Contohnya di Mesir, kuning adalah warna yang melambangkan sesuatu yang berkabung. Sementara di negara Jepang, kuning adalah sebuah keberanian. Lain halnya dengan negara India, mereka menganggap bahwa kuning adalah warna bagi para pedagang.

Akan tetapi, jika di dalam sebuah desain terdapat warna kuning maka akan memberikan kesan ceria dan rasa bahagia. Warna kuning lembut umumnya dapat digunakan sebagai warna netral gender untuk para bayi dan anak kecil. Bukan seperti warna biru untuk laki-laki dan merah muda untuk perempuan.

Arti warna kuning muda juga memberikan kesan lebih tenang dan perasaan bahagia, dibandingkan dengan kuning cerah. Terkadang, warna kuning tua dan kuning emas terlihat sebagai sesuai yang antik. Hal itu membuatnya digunakan ke dalam desain yang menginginkan kesan permanen.

3. Arti Warna Oranye

arti warna oranyeWarna oranye adalah sebuah kombinasi antara warna kuning dan warna merah. Warna oranye ini seringkali memberikan kesan semangat. Selain itu, arti warna oranye juga dapat memberikan kesan sesuatu yang hangat.

Warna oranye adalah simbol dari optimisme  petualangan, kemampuan dan bersosialisasi. Warna oranye  juga dapat melambangkan sikap percaya diri. Warna peleburan dari dua warna ini sama sama memberikan efek yang hangat dan kuat.

Ada banyak orang yang sering menggunakan warna oranye dan kuning untuk memperingati suatu kenangan manis. Mengapa demikian? Karena kesan hangat dari warna oranye. Kesan tersebut dapat menarik perhatian seseorang. Tanpa adanya sebuah intimidasi atau menakut-nakuti seperti yang terlihat dari warna merah.

Oranye juga warna yang energik dan sangat cerah. Warna oranye ini sering dikaitkan dengan sebuah kreativitas. Jeruk sering dikaitkan dengan nama dan buah yang sama. Maka dari itu, jeruk dapat dikaitkan dengan hal-hal seperti vitalitas dan kesehatan. Sedangkan di dalam sebuah desain, warna oranye akan menarik perhatian tanpa disadari.

Ekologi Kesehatan Lingkungan
Ekologi Kesehatan Lingkungan

tombol beli buku

Tujuan menghadirkan ilmu ini, salah satunya untuk menimbulkan kesadaran, penghargaan, dan tanggung jawab manusia terhadap lingkungan secara menyeluruh. Dibandingkan dengan disiplin ilmu lain yang bersifat teoritikal, ilmu lingkungan lebih bersifat “Mission Oriented”. Artinya, kita semua memiliki tanggung jawab untuk turut terlibat dan mencoba untuk melakukan sesuatu terhadap masalah yang telah kita buat.

4. Arti Warna Hijau

arti warna hijauHijau adalah warna yang sangat identik dengan alam. Arti warna hijau dapat memberikan suasana yang terkesan santai. Dalam cara pandang ilmu psikologi, warna hijau adalah warna yang sangat membantu seseorang jika berada di dalam situasi sulit.

Contohnya ketika orang tersebut sedang tertekan. Warna hijau akan membuat seseo4ang menjadi lebig mampu yntuk menyeimvangkan emosi yang dirasakannya. Serta dapat memudahkan keterbukaan ketika sedang berkomunikasi.

Warna hijau adalah warna untuk aura orang yang memiliki tipe kepribadian plegmatis. Plegmatis adalah orang yang bersifat tidak emosional. Hal itu membuatnya cenderung selalu tenang.

Orang yang memiliki sifat plegmatis selalu dapat menjadi penengah ketika terjadi banyak perbedaan. Selain itu, mereka juga akan lebih memilih untuk menghindari masalah. Mereka akan menjauhkan diri dari hal-hal yang berbau konflik.

Hijau adalah warna yang membumi. Hal itu membuat arti warna hijau dapat menjadi pertumbuhan dan awal yang baru. Bisa juga menandakan sebuah kelimpahan dan pembaruan.

Di dalam sebuah desain, hijau bisa menjadi efek harmonisasi dan penyeimbang. Hijau adalah warna yang sangat stabil. Sesuai dengan stabilitas, alam, kekayaan dan pembaruan. Seperti warna hijau tua yang mewakili kemakmuran.

[algolia_carousel page=2]

5. Arti Warna Biru

arti warna biruDalam cara pandang ilmu psikologi, warna biru tua dapat merangsang pemikiran yang jernih. Sementara warna biru muda dapat membantu seseorang dalam menenangkan pikiran. Selain itu, warna biru dapat meningkatkan konsentrasi seseorang.

Hal tersebut dikarenakan warna biru dapat memberikan kesan yang profesional. Tidak hanya itu, warna biru juga dapat memberikan kesan kepercayaan. Warna biru diyakini daoat merangsang kemampuan seseorang dalam berkomunikasi.

Arti warna biru sering diidentikan dengan simbol kekuatan dan ekspresi artistic. Jika dikaitkan dengan sebuah tipe kepribadian, biru adalah warna bagi mereka yang memiliki sifat melankolis. Melankolis adalah seseorang yang tipe kepribadiannya membuat ia lamban dalam pembawaannya.

Selain itu, tipe melankolis akan membuat seseorang menjadi pendiam, murung, sayu bahkan terlihat sedih. Warna biru dengan cahaya yang dikurangi bisa memberikan nuansa sebuah ketenangan.

Biru sering digambarkan sebagai warna favorit banyak orang. Warna biru juga paling disukai oleh para pria. Berdasarkan hal itu, membuat warna biru terlihat tidak mengancam. Warna biru terkesan tradisional dan konservatif.

Warna biru ini menggambarkan sebuah perasaan dan pikiran yang tenang. Itu membuat warna biru sering digambarkan sebagai sebuah keamanan, ketenangan, ketertiban dan kedamaian. Akan tetapi, ternyata warna biru dapat menimbulkan sebuah perasaan sedih atau menyendiri.

6. Arti Warna Hitam

arti warna hitamWarna hitam adalah warna yang seringkali disukai anak-anak remaja. Hal itu karena jiwa muda, merupakan ajang yang penuh dengan misteri. Contohnya seperti dalam mencari jati diri mereka.

Di dalam dunia fashion, warna hitam juga kerap kali digunakan dalam menunjukkan kesan yang kurus dan langgeng.

Sebab, warna hitam adalah warna yang memberi kesan gelap, suram dan menakutkan. Akan tetapi, warna hitam akan memberikan kesan elegan dan mewah.

Seseorang yang suka warna hitam menandakan ja orang yang cuek. Selain itu, ia juga tidak akan memikirkan berbagai omongan orang yang ditujukan kepadanya. Untuk dirinya, asalkan mendapat kenyamanan maka ia akan melakukan apapun yang ia sukai.

Hitam adalah warna yang menyerap segala cahaya ke dalam spektrum warna. Menurut psikologi warna, terdapat banyak karakteristik dan asosiasi warna yang berbeda. Contohnya seperti arti warna hitam yang dikaitkan dengan sebuah kematian.

Warna hitam juga sering dikaitkan dengan duka di banyak budaya. Hal tersebut juga berkaitan dengan seksualitas dan ketidakbahagiaan. Tidak hanya itu, warna hitam juga melambangkan kecanggihan dan formalitas. Sedangkan di Mesir Kuno, warna hitam adalah warna yang melambangkan kelahiran kembali dan kehidupan.

7. Arti Warna Putih

arti warna putihWarna putih inu memiliki arti yang kontras dengan warna hitam. Arti warna putih erat kaitannya dengan kesan yang suci dan bersih. Selain itu, warna putih juga juga memiliki kesan terang dan ringan.

Warna putih diyakini memiliki kekuatan untuk meredakan rasa sakit. Hal tersebut membuat tak heran jika dunia kesehatan memiliki banyak warna putih, seperti rumah sakit. Sementara itu, warna putih dalam jumlah yang pas dapat memberi kesan kebebasan dan keterbukaan.

Akan tetapi, penggunaan warna putih yang berlebihan justru akan berdampak pada kesehatan. Seperti membuat kepala menjadi nyeri. Bahkan mata menjadi lelah.

Arti warna putih mewakili sifat kepolosan dan kemurnian. Warna putih cerah dapat menciptakan kesan yang luas atau menambah sorotan. Para desainer sering sekali menggunakan warna putih, tujuannya supaya ruangan tampak lebih lega dan besar.

Warna putih juga digambarkan sebagai sesuatu yang dingin, steril dan hambar. Seperti kamar yang dicat dengan menggunakan warna putih. Kamar tersebut akan terlihat luas, tetapi tidak ramah dan terkesan kosong.

Beberapa arti warna putih yang positif lainnya adalah kesegaran, kebersihan dan kesederhanaan. Warna putih tampak seperti batu tulis yang kosong. Melambangkan awal yang baru. Sedangkan dari sisi negatif, warna putih tampak dingin, terisolasi dan mencolok.

8. Arti Warna Ungu

arti warna unguWarna ungu adalah warna yang jarang ditemukan di alam. Hal itu membuat warna ungu sering dipersepsikan dengan sebuah imajinasi. Selain itu, arti warna ungu juga sebuah sisi misterius dan spiritualitas.

Itulah sebabnya mengapa penggunaan warna ungu dapat dianggap mampu menarik perhatian. Warna ungu dapat memancarkan kekuatan. Warna ungu juga tidak terlepas dari kesan lain.

Seperti independen, ambisius dan visioner. Arti warna ungu juga dapat berupa kemewahan dan kebijaksanaan. Sayangnya, penggunaan warna ungu yang berlebihan justru membuat kesan yang kurang teliti dan kesan kesendirian.

Warna ungu adalah kombinasi dari dua warna, yaitu biru dan merah. Di negara Thailand, arti warna ungu adalah suasana berduka untuk para janda. Ungu tua secara tradisional akan dikaitkan dengan kerajaan dan kekayaan.

Sedangkan untuk ungu terang seperti lavender memberikan kesan yang lebih romantis. Secara desain, warna ungu tua akan memberikan kesan mewah dan kaya. Ungu muda di artikel lebih lembut, dan diasosiasikan dengan musim semi dan romansa.

9. Arti Warna Coklat

arti warna coklatWarna coklat merupakah salah satu warna yang memiliki unsur bumi di dalamnya. Dominasi dari warna coklat adalah kesan yang aman, nyaman dan hangat.

Secara psikologi warna, coklat adalah warna yang akan memberikan kesan dapat diandalkan dan kuat. Arti warna coklat adalah sebuah kekuatan hidup dan pondasi kehidupan. Sayangnya, penggunaan warna coklat yang berlebihan dalam membuat kesan dominan yang kaku. Selain itu, penggunaan yang berlebihan akan membuat kesan kolot, tidak berperasaan dan sikap yang pesimis.

Coklat merupakan warna alami yang akan membangkitkan rasa kekuatan. Warna coklat juga terkesan dapat diandalkan. Warna ini juga dikaitkan dengan keamanan, ketergantungan, keselamatan dan ketahanan.

Akan tetapi, warna ini dapat menciptakan perasaan sedih, sepi dan terisolasi. Dalam jumlah yang besar, warna coklat bisa terkesan tampak luas. Seperti sebuah gurun luas tanpa sebuah kehidupan, coklat dapat memberikan kesan kosong dan garang.

Namun, warna coklat dapat meningkatkan perasaan nyaman, aman dan hangat. Coklat sering digambarkan secara alami, konvensional dan bersahaja. Selain itu, warna ini juga bisa melambangkan sesuatu yang canggih.

10. Arti Warna Pink

arti warna pinkMerah muda atau yang biasa disebut pink adalah campuran dari dua warna, yaitu warna merah dan warna putih. Akan tetapi, secara keseluruhan warna pink ini memiliki arti warna yang berbeda dari kedua warna asalnya tersebut.

Warna pink sering merepresentasikan prinsip feminim. Warna pink ini banyak disukai oleh para perempuan. Aura warna yang kuat ini akan memberikan nuansa peduli, romansa dan sesuatu yang lemah lembut. Arti warna pink ini sering dikaitkan dengan cinta.

100 Soneta Cinta
100 Soneta Cinta

tombol beli buku

11. Arti Warna Abu-abu

arti warna abu-abuArti warna abu-abu adalah warna yang memperlihatkan sebuah keseriusan. Tidak hanya itu, warna abu-abu juga memiliki rasa tanggung jawab. Arti warna abu-abu yang lain juga melambangkan sifat kemandirian.

Akan tetapi, warna ini juga memiliki pemaknaan yang abstrak. Seperti yang diketahui, abstrak adalah sesuatu yang tidak jelas. Warna abu-abu memiliki sifat yang stabil.

Sisi negatif dari arti warna abu-abu adalah sesuatu yang dominan dengan kesan membosankan. Selain itu, warna abu-abu yang berlebihan juga memiliki arti tidak komunikatif.

Itulah beberapa arti warna yang ada. Dalam perkembangannya, arti warna tentu dapat berubah. Akan tetapi, setiap warna tentu memiliki arti dan makna khasnya sendiri.

Warna Yang Pertama Aku Kenal
Warna Yang Pertama Aku Kenal

tombol beli buku

Mengenal warna dapat dimulai ketika seorang anak mulai mampu mengucap satu kata dalam tahap perkembangan bahasanya. Cerita sederhana dapat membangkitkan imajinasi anak tentang sebuah warna. Anak dibantu menemukan dan mencocokkan warna dalam cerita. Selamat bermain bunda bersama buah hati!

Temukan informasi menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih