in

Macam-Macam Warna Merah

Macam-macam warna merah – Bagi Anda yang menyukai warna merah, tahukah Anda apa saja macam-macam warna merah? Warna merah seringkali digunakan untuk mewakili keberanian. Namun, selain keberanian, warna juga melambangkan banyak hal lainnya. Grameds, pada kesempatan kali ini kita akan membahas warna merah hingga ke macam-macamnya.

Karakteristik Warna Merah

Tidak bisa dipungkiri bahwa warna merah merupakan warna yang terlihat mencolok sehingga mampu menjadi pusat perhatian banyak orang. Warna merah memancarkan kehangatan dan energi positif yang berhubungan dengan kebutuhan fisik serta semangat untuk terus menjalani hidup.

Merah melambangkan energi, aksi, keinginan, gairah, stimulus, motivasi, menarik perhatian, tegas, dan agresif. Karakteristik merah juga sering digunakan untuk melambangkan feminism dan maskulinitas.

Sejarah dan Budaya Warna Merah

Sejarah menyebutkan, selama ribuan tahun peradaban manusia berlangsung, warna merah membangkitkan emosi dan membuat seseorang lebih banyak membelanjakan uang.

Pada kehidupan prasejarah, banyak bangsa yang memberi kemuliaan pada warna merah. Pigmen warna merah yang digunakan pada lukisan-lukisan di gua diyakini dapat memberi kekuatan “menghidupkan”. Peradaban Mesir kuno menghubungkan warna merah dengan darah dan kekuatan untuk hidup, namun disi lain warna merah juga melambangkan kematian.

Peradaban Yunani kuno menggunakan warna merah untuk mewakili dewa perang, yang berarti menunjukkan kekuatan dan kekuasaan. Juga, warna merah melambangkan maskulinitas bagi budaya mereka.

Budaya China menganggap bahwa warna merah mendatangkan keberuntungan atau hoki. Para pengantin wanita akan mengenakan pakaian warna merah dengan harapan kehiduoan mereka setelah menikah dipenuhi dengan kemakmuran dan kekayaan.

Budaya India juga memberikan tempat spesial untuk warna merah. Hal ini dapat dibuktikan dengan penggunaan warna merah saat acara persembahan, acara doa, dan upacara pernikahan. Dalam budaya India, warna merah merupakan perlambang kemurnian, kekayaan dan kekuasaan, godaan, cinta, api, kesuburan, takut, dan keindahan.

Pengantin wanita di India mengenakan pakaian berwarna merah. Tidak hanya itu, di dahi pengantin wanita diberi tanda titik berwarna merah yang disebut bindi untuk melambangkan komitmen. Sementara di bagian tangannya terdapat pacar berwarna merah atau bubuk merah yang dinamakan sindoor.

Sementara itu, warna merah di negara Afrika Selatan bermakna berkabung atau duka. Lalu mengapa ada warna merah pada bendera negara penghasil emas tersebut? Warna merah di bendera melambangkan kekerasan dan pengorbanan untuk memperjuangkan kemerdekaan. Hal ini berefek pada banyak hal. Salah satunya lambing PMI yang berwarna putih dan merah, di Afrika Selatan beradaptasi menjadi warna putih dan hijau.

Bagi Anda yang ingin mengetahui manfaat warna merah pada buah dan sayuran, Anda bisa membaca lebih dalam di buku ini.

beli sekarang

Fakta Unik Warna Merah

Warna merah memiliki beberapa fakta yang bisa dibilang cukup unik. Apa aja sih fakta uninya? Di bawah ini akan kita bahas lebih detail ya, Grameds.

  1. Warna merah merupakan warna yang paling populer digunakan pada bendera negara-negara yang ada di dunia. Sekitar 77% dari semua negara yang ada di dunia menggunakan warna merah. Itu artinya sekitar 177 negara yang terdapat warna merah pada benderanya.
  1. Warna merah disepakati di dunia internasional sebagai tanda untuk berhenti.
  1. Di Eropa, ada wilayah yang disebut dengan distrik merah atau distrik lampu merah yang artinya wilayah prostitusi.
  1. Dari segi sejarah bahasa, warna merah merupakan warna ketiga yang awal-awal dikenal dalam bahasa setelah warna hitam dan putih.

Warna Merah dalam Psikologi

Setiap warna memiliki makna khusus dalam psikologi. Anda dapat dianalisa melalui ilmu psikologi berdasarkan warna kesukaan Anda. Meskipun tidak setiap orang yang menyukai warna merah memiliki sifat dan sikap seperti analisa psikologi, namun analisa tersebut dapat dijadikan referensi “rata-rata” dan tidak bisa dipukul rata. Berikut ini merupakan analisa dari ilmu psikologi bagi Anda yang menyukai warna merah.

  1. Anda yang menyukai warna merah boleh jadi memiliki energi fisik yang prima dan stamina yang kuat. Oleh karenanya, Anda menyukai olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh Anda.
  2. Anda adalah orang yang ambisius dan hal tersebut mendorong Anda untuk berjiwa kompetitif, selalu ingin menang, dan menjadi yang terbaik.
  3. Anda memiliki gairah yang begitu besar untuk banyak hal.
  4. Karena besarnya gairah tersebut, Anda cenderung kurang sabar sehingga sering menginginkan sesuatu dengan instan. Karenanya Anda bisa saja sering menyerah pada hal-hal yang berkaitan dengan kepuasan instan.
  5. Anda sangat ingin menjadi pusat perhatian dan karenanya Anda sering mendapatkan perhatian mereka. Hal tersebut tidak mengherankan sebab Anda memiliki dorongan dan energi yang menarik banyak orang.
  6. Pada umumnya, orang yang menyukai warna merah mempunyai keinginan untuk menjadi pemimpin. Sifat bawaan ingin menggerakkan orang untuk mencapai tujuan mendukung keinginan Anda tersebut.
  7. Menjelalahi petualangan dan mencari pengalaman yang berkaitan dengan fisik merupakan kesenangan Anda. Tempat baru dan pengalaman baru menjadi tantangan yang ingin Anda jelajahi.
  8. Tidak jarang orang yang menyukai warna merah cenderung agresif dan mudah marah, bahkan cenderung impulsif. Hal ini merupakan sisi negatif orang-orang yang suka warna merah.

Secara ringkas, rata-rata kelebihan orang-orang yang menyukai warna merah adalah memiliki semangat yang berapi-api, menarik perhatian, mempunyai energi yang besar, motivasi tinggi, tegas, dan lincah. Sementara itu, rata-rata kekurangan orang menyukai warna merah adalah intoleran, keras kepala, kebencian, brutal, dan kurang sabar.

Namun demikian, sekali penting untuk menjadi catatan bahwa analisa ini hanya secara umum. Setiap orang memiliki keunikan masing-masing yang tentunya tidak sama antara satu pribadi dengan pribadi lainnya. Sehingga paparan dalam sub bab ini tidak bisa disamaratakan ke semua orang yang menyukai warna merah.

banner-promo-gramedia

Aplikasi Warna Merah dalam Bisnis

Pada pembahasan sebelumnya, kita membahas bahwa warna merah adalah warna yang kuat, enerjik, dan menarik perhatian. Karena mudah menarik perhatian, tidak jarang warna merah digunakan dalam mempromosikan sebuah bisnis. Dengan warna merah yang mudah untuk menjadi pusat perhatian, siapapun yang menjadi target promosi tertarik untuk mempelajari lebih lanjut.

Enerjik yang terdapat dalam warna merah cocok untuk mempromosikan produk-produk olahraga, minuman berenergi, dan produk pria. Tidak hanya itu, warna merah juga mebangkitkan rasa lapar dan penasaran, sehingga warna merah sangat cocok digunakan untuk mempromosikan produk makanan.

Coba Grameds ingat, tidak sedikit produk makanan yang menggunakan warna merah. Sebut saja Mc Donald’s, Burger King, Coca-cola, Carl’s Jr, dan Red Bull. Perusahaan-perusahaan tersebut mempromosikan produk-produknya dengan warna merah yang dipadukan dengan warna cerah lainnya.

Namun demikian, tidak semua produk cocok dengan warna merah. Produk di bidang kesehatan dan kesejahteraan seperti klinik, spa dan refleksi, dan studio yoga disebut tidak cocok menggunakan warna merah. Sebagai catatan tambahan, warna merah yang terlalu banyak juga tidak baik karena justru dapat membangkitkan emosi siapapun yang melihat.

Oh ya Grameds, jika produk Anda berada di lingkungan retail , warna merah yang terlihat mencolok dan menarik perhatian dapat Anda pilih. Sebab di lingkungan retail, produk Anda akan dijejerkan dengan banyak produk lainnya. Tentunya dalam kesempatan tersebut, hal yang terpenting adalah bagaimana bisa mengundang perhatian calon pembeli.

Grameds, pemilihan warna berpengaruh pada merketing bukan? Nah untuk Anda yang ingin mempelajari marketing lebih jauh, buku sepertinya akan cocok menemani Anda.

beli sekarang

Macam-macam Warna Merah

Warna merah ternyata memiliki banyak jenis dengan tingkaatan skala Red, Green, and Blue (RGB) dan Cyan, Magenta, Yellow, and Black (CMYK) yang berbeda. Kombinasi warna merah dengan warna lain juga mempengaruhi jenis warna merah apa yang dihasilkan.

Di bawah ini, kita akan membahas macam-macam warna merah. Tidak hanya macam-macamnya saja, namun kita juga akan membahas kode warna, elemen warna pembentuknya, warna kombinasi, warna terdekat, dan letak warna.

1. Warna Merah Indian (Red Indian)

Warna merah Indian ini berasal dari suku Indian penduduk asli Amerika. Saat benua Amerika ditemukan oleh bangsa Eropa, bangsa benua biru tersebut berbondong-bondong menuju Amerika. Begitu mereka tiba, mereka menemui penduduk pribumi benua Amerika yang tubuhnya berwarna merah.

Warna merah tersebut berasal dari pewarna alami yang terbuat dari tanah liat yang mengandung hematit. Tanah liat tersebut juga mengandung zat besi dan aluminium. Warna merah yang ditampilkan suku Indian disebut warna merah Indian.

Warna Merah Indian kemudian diberi kode #cd5c5c dan berada dalam skala RGB 80.4% red, 36.1% green, and 36.1% blue. Sementara dalam skala CMYK, warna merah Indian terdiri dari 0% cyan, 55.1% magenta, 55.1% yellow, and 19.6% black. Anda dapat mengkombinasikan warna berkode #ffb8b8 dengan #9b0000 untuk menghasilkan warna merah Indian ini. Dan warna #cc6666 merupakan warna terdekat dengan warna merah Indian.

2. Warna Merah (Red)

Warna merah ini merupakan warna merah asli yang menjadi dasar bagi semua jenis warna merah. Warna merah ini memiliki kode #ff0000. Dalam skala RGB, warna merah terdiri dari 100% red, 0% green, and 0% blue. Dari susunan RGB ini dapat kita pahami bahwa warna merah murni tidak terdapat campuran warna hijau maupun warna biru.

Sementara dalam CMYK, warna merah terdiri dari 0% cyan, 100% magenta, 100% yellow, and 0% black. Jika Anda ingin mendapatkan warna merah murni, Anda tidak perlu mengkombinasikan warna merah dengan apapun. Hal ini disebabkan warna merah murni tidak memerlukan campuran lagi. Atau Anda dapat mengkombinasikan warna magenta asli dengan kuning asli.

3. Warna Merah Koral Cerah (Light Coral)

Warna merah koral cerah terinspirasi dari koral yang berwarna merah cerah. Warna dari koral yang cerah tersebut menjadi dasar bagi penamaan warna merah koral cerah. Warna merah koral cerah memiliki kode warna #f08080.

Sekilas warna merah koral cerah sejenis dengan warna pink atau merah muda. Namun warna ini agak sedikit gelap dan pucat. Dalam satuan RGB, warna merah koral terdiri dari 94.1% red, 50.2% green, and 50.2% blue. Sementara dalam satuan CMYK, warna merah koral tersusun atas 0% cyan, 46.7% magenta, 46.7% yellow, and 5.9% black.

banner-promo-gramedia

Untuk memperoleh warna ini, Anda dapat mengkombinasikan warna #ffffff dengan #e10101. Warna merah light salmon pink  merupakan warna terdekat dengan warna merah koral.

4. Warna Merah Salmon

Sebagaimana namanya, warna merah satu ini merupakan warna merah yang ditemukan pada daging salmon liar. Warna merah pada daging ikan salmon dikarenakan banyaknya pigmen merah yang dimakan oleh ikan salmon dari udang, krill, dan kepiting.

Warna merah salmon dikenal dengan kode warna #fa8072. Dalam satuan RGB, warna merah salmon tersusun atas 98% red, 50.2% green, and 44.7% blue. Sementara dalam satuan CMYK, warna merah salmon terdiri dari 0% cyan, 48.8% magenta, 54.4% yellow, and 2% black.

Untuk mendapatkan warna merah salmon, Anda perlu mengkombinasikan warna #ffffe4 dengan #f50100. Warna atomic tangerine red dengan kode warna #ff9966 merupakan warna yang terdekat dengan warna merah salmon.

5. Warna Merah Marun (Red Maroon)

Warna merah marun merupakan salah satu jenis merah tua yang cukup populer. Warna merah marun banyak dipilih sebagai atasan karena bisa membuat kulit kulit tampak cerah. Warna merah marun juga dikenal dengan merah manggis, merah pulasan, atau merun.

Meski terlihat agak mirip, warna merah marun berbeda dengan warna merah hati. Merah hati tampak lebih cerah dibanding warna merah marun. Dengan kode #800000, warna merah marun terdiri dari 50.2% red, 0% green, and 0% blue dalam satuan RGB. Sementara dalam satuan CMYK, warna merah marun tersusun atas 0% cyan, 100% magenta, 100% yellow, and 49.8% black.

Anda bisa memperoleh warna merah marun dengan mengkombinasikan warna #ff0000 dengan #010000. Warna merah crimson, stizza, atau yang juga dikenal USS cardinal adalah warna yang paling mirip dengan warna merah marun.

6. Warna Merah Darah (Blood Red)

Warna merah darah merupakan nama dari warna merah yang ada pada darah. Warna ini seperti warna merah cerah yang mendapatkan kadar oksigen tertentu.

banner-promo-gramedia

Warna merah darah dikenal dengan kode warna #880808 dengan tersusun atas 53.3% red, 3.1% green, and 3.1% blue dalam satuan RGB. Sementara itu, warna merah darah terdiri dari 0% cyan, 94.1% magenta, 94.1% yellow, and 46.7% black dalam CMYK.

Agar bisa memperoleh warna merah darah ini, Anda bisa mengkombinasikan warna #ff1010 dengan #110000. Sama seperti warna merah marun, warna yang paling mirip dengan warna merah darah adalah crimson, stizza, atau yang juga dikenal USS cardinal.

7. Warna Merah Cabe (Chilli Red)


Anda pasti tidak asing dengan warna cabe merah? Warna merah pada cabe merah tersebut merupakan nama dari warna merah jenis ini. Merah menyala namun sedikit agak gelap.

Warna merah cabe dikenal dengan kode warna #e32227. Meskipun demikian, penisbatan kode warna merah ini terkadang agak membingungkan karena warnanya agak mirip dengan beberapa kode warna lainnya.

Pada kode warna #e32227, warna merah cabe ini tersusun atas 89% red, 13.3% green, and 15.3% blue. Dilihat dari satuan CMYK, warna merah cabe tersusun atas 0% cyan, 85% magenta, 82.8% yellow, and 11% black. Anda bisa mengkombinasikan warna #ff444e dengan #c70000. Warna merah Persia atau Persian red yang dikenal dengan kode warna #cc3333 diklaim sebagai warna yang paling mirip dengan warna merah cabe.

Mengenal beragam jenis warna merah sangat penting bagi Anda yang profesinya di bidang desain grafis. Bagi Anda yang mendalami bidang desain grafis, buku ini untuk Anda.

beli sekarang

Grameds, pembahasan kita mengenai warna merah telah sampai pada ujungnya. Mulai dari karaketiristik, sejarah, budaya, fakta unik, pandangan dalam psikologi, aplikasi dalam bisnis, hingga maca-macam warna merah telah kita bahas tuntas.

Sebenarnya masih ada banyak jenis warna merah lainnya yang akan sangat panjang untuk kita bahas di sini. Untuk menjawab pembahasan-pembahasan yang belum tuntas, Gramedia menyediakan buku-buku terbaik kami untuk Anda. Gramedia siap menemani Anda dan menjadi #SahabatTanpaBatas Anda.

Penulis: Nanda Iriawan Ramadhan

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy