Technology

Sejarah Internet hingga Perkembangannya di Indonesia Saat ini

Written by Umam

Sejarah Internet hingga Perkembangannya di Indonesia Saat ini – Pada 11 Maret kemarin, internet atau dikenal pertama kali dengan istilah World Wide Web (www) ini tepat berumur 33 tahun. Hanya saja, sejarah internet sebetulnya telah dimulai sejak lima puluh tahun yang lalu. 33 tahun hanyalah catatan atau penghitungan sejak World Wide Web diakses dan dikhususkan untuk publik, tepatnya pada tahun 1989.

Setelah lebih dari tiga dekade melakukan berbagai perkembangan, internet berhasil menjadi kesatuan gaya hidup yang hampir selalu dibutuhkan oleh manusia sehari-hari. Kita tahu sendiri bahwa internet telah berhasil menjadi media bantu dalam mengerjakan hingga menghubungkan berbagai aktivitas manusia secara efektif, akurat, hingga efisien.

Selain itu, konsep kerja Internet adalah dengan menghubungkan berbagai jenis perangkat elektronik seperti komputer, laptop, maupun ponsel pintar dari pengguna ke dalam satu jaringan. Konsep ini berhasil menghubungkan pengguna di seluruh dunia untuk saling berinteraksi. Berkat konsep ini juga, sebutan online bisa diartikan sebagai ‘dalam jaringan’.

Internet dapat dianalogikan sebagai sebuah skema yang mengubah hampir semua gaya hidup masyarakat, misalnya saja seperti kebiasaan berkomunikasi hingga aktivitas perekonomian. Internet telah mengubah cara orang untuk mendapatkan berita, memesan transportasi serta makanan, membeli tiket, bahkan bekerja. Semua bisa dilakukan hanya dengan sentuhan jari.

A. Sejarah Internet

a. 1969 – Internet dicetuskan

Pada Oktober 1969, para peneliti di Universitas California di Los Angeles atau disingkat UCLA sedang berupaya untuk mengirimkan data dari satu komputer ke komputer yang lainnya. Para peneliti tersebut ingin mencoba mengirimkan tiga huruf dengan bunyi LOG ke komputer kedua dalam bentuk kode biner. Sementara itu, komputer kedua nanti akan menambahkan dua huruf lagi dalam bentuk yang sama, sehingga menjadi LOGIN.

Kesuksesan pengiriman data yang dilakukan pada penelitian tersebut telah berhasil melahirkan sebuah proyek yang diberi nama Advanced Research Projects Agency Network atau disingkat ARPANET. ARPANET sendiri akan dikembangkan dan ditujukan untuk keperluan Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Semenjak itu, sistem yang awalnya hanya digunakan untuk mengirimkan kode biner secara terbatas tersebut pun semakin bertumbuh. Sebagai pendahulu internet yang awalnya hanya menghubungkan 4 komputer, dalam kurun waktu satu tahun telah berhasil menghubungkan 13 komputer dalam satu jaringan. Hingga pada akhirnya, tepatnya pada 1981, jaringan ARPANET telah sukses menghubungkan sekitar 231 komputer.

b. 1971 – Surat elektronik pertama

Pada tahun 1971, orang Amerika Serikat yang bernama Ray Tomlinson untuk kali pertama mengirimkan surat elektronik menggunakan ARPANET. Berkat pengiriman surat elektronik pertama tersbeut, dicetuskanlah penggunaan simbol ‘@’ dalam alamat surel hingga sekarang. Simbol ‘@’ sebenarnya digunakan untuk melakukan pemisahan antara nama pengguna dengan jaringan yang sedang digunakan.

c. 1983 – Komunikasi antar jaringan

Sebelumnya, kita tahu bahwa dua buah perangkat komputer dapat berkomunikasi satu sama lain dalam satu jaringan perlu semacam ‘protokol’ dengan wujud rangkaian tahapan, yang ditentukan oleh pengatur komunikasi. Tepat pada tahun 1970, Robert Kahn bersama Vinton Cerf mencoba mengembangkan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP ini sendiri akan sangat memungkinkan dalam melakukan pertukaran data, tentu saja bukan hanya dalam komputer dengan jaringan yang sama, tetapi pada jaringan yang berbeda sekalipun.

Hingga saat ini, penggunaan TCP/IP masih digunakan oleh banyak perangkat. ARPANET sendiri berhasil melakukan adopsi terhadap teknologi ini tepat pada 1 Januari 1983. Hal ini pada akhirnya juga memungkinkan hubungan dengan beberapa jaringan komputer lain, misalnya seperti Universitas. Ditemukannya cara untuk menghubungkan antar jaringan ini, dapat menjadi poin utama bahwa wujud internet yang kita kenal dimulai dari sini.

d. 1990: Lahirnya WWW

Setelah TCP/IP berhasil dikembangkan untuk melakukan pertukaran data dengan jaringan yang berbeda, pada 12 Maret 1989, Tim Berners- Lee yang saat itu bekerja untuk lab fisika CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) berhasil mencetuskan WWW. Ia merupakan bagian yang menjadi pencetus sistem manajemen informasi yang terdesentralisasi.

Pada saat itu, CERN sendiri telah memiliki ribuan karyawan dan hampir selalu bertambah banyak masuknya karyawan baru. Dengan jumlah karyawan yang sangat banyak, tentu saja akan sangat sulit untuk mendapatkan informasi yang mungkin yang saling berkaitan, tetapi tidak diketahui. Hal ini dikarenakan tempat penyimpanan yang berbeda tempat.

Tim Berners- Lee mengusulkan untuk dibuat sebuah sistem koneksi hypertext sekaligus pencarian menggunakan kata kunci. Sistem dan pencarian tersebut nantinya akan dihubungkan dengan berbagai informasi terkait yang disediakan oleh organisasi tersebut.

Pada tahun 1990, Robert Cailliau dari Belgia datang untuk membantu Tim Berners- Lee dalam melakukan mengembangkan usulannya. Penemuan ini sendiri mengacu pada dua pilar, yaitu: bahasa pemrograman HTML untuk memungkinkan keberadaan website, dan protokol pertukaran hypertext HTTP untuk memungkinkan pengguna meminta, dan menerima laman yang diinginkan.

Sistem ini pada akhirnya disebarluaskan tepat pada April tahun 1993. Kemudian, semakin diterima oleh banyak orang dan populer seiring rilisnya Mosaic pada bulan November di tahun yang sama. Mosaic sendiri merupakan situs pencari atau lebih dikenal dengan search engine pertama di dunia. Jumlah situs yang dapat diakses pada Mosaic awalnya hanya beberapa juta di awal 1990, akan tetapi seiring waktu kemudian meledak menjadi 400 juta tepat pada tahun 2000.

e. 2000-an: Jejaring sosial, dan perangkat mobile

Setelah mulai populernya search engine, mulai memasuki abad ke 20, tepatnya tahun 2000. Internet mulai berkembang menjadi media jejaring sosial. Jejaring sosial ini mulai diciptakan kali pertama pada tahun 2003. Kemudian setahun berselang, seseorang yang sangat kita kenal di era ini baru saja membangun Thefacebook.com, ia adalah Mark Zuckerberg. Mark Zuckerberg sendiri menciptakan Thefacebook.com awalnya bertujuan untuk menghubungkan seluruh mahasiswa dari Harvard.

Namun, seiring berjalan waktu dan perkembangan internet, Facebook lambat laun tumbuh menjadi salah satu raksasa media sosial yang memiliki jumlah pengguna hingga sekitar 2,3 miliar orang dari seluruh belahan dunia.

Sementara itu, pada tahun 2007, Apple juga berhasil mengguncang dunia dengan inovasi ponselnya yang diberi nama, iPhone. iPhone sendiri memulai tren ponsel pintar yang kita kenal dan selalu kita gunakan saat ini. Kemudian, selama 10 tahun saja, layanan berlanggan untuk mobile broadband telah meningkat secara pesat yang awalnya dari 268 juta menjadi 4,2 miliar di seluruh dunia.

B. Pengertian Internet

Internet tentu sudah tidak menjadi istilah yang asing lagi bagi telinga masyarakat modern. Hal ini dikarenakan hampir segala aspek kehidupan saat ini memiliki hubungan yang kuat pada internet. Jaringan ini juga telah terbukti sangat bermanfaat untuk menghubungkan banyak orang dari berbagai wilayah tanpa batas, mulai dari lintas kota, provinsi, negara, bahkan juga lintas benua.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau disingkat KBBI, kata internet sendiri dapat diartikan sebagai sebuah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan berbagai perangkat seperti komputer dengan beberapa jenis fasilitas lainnya secara terorganisir ke seluruh dunia, baik melalui telepon atau jaringan satelit.

Sementara itu, dikutip dari buku Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2017, istilah internet berasal dari bahasa latin yaitu, inter, yang memiliki arti “antara”. Jika ditelisik dari bahasa setiap kata, maka dapat diambil definisi internet merupakan sebuah jaringan antara atau penghubung. Secara sederhana, definisi atau pengertian internet adalah sebuah jaringan dari berbagai komputer yang ada di seluruh dunia dan terkoneksi menggunakan protokol TCP/IP.

Internet bisa dikatakan seperti sebuah perpustakaan besar yang mampu memberikan segala jenis informasi untuk semua orang di seluruh dunia. Berbagai informasi yang bisa diakses oleh setiap orang tentunya sangat beragam, mulai dari bentuk tulisan, gambar, hingga format multimedia yang lain.

Membicarakan internet, tentu tidak bisa kita lepaskan dengan perkembangan dan sejarah dari komputer itu sendiri. Hal ini disebabkan dari komputer generasi pertama hingga komputer yang kita kenali sekarang, semua komponen mesinnya merupakan salah satu inspirasi lahir teknologi internet.

Fungsi internet sendiri bisa dibedakan berdasarkan cara pemakaiannya. Namun, fungsi internet yang paling utama yaitu menghubungkan berbagai perangkat satu ke perangkat lainnya. Seperti yang sudah disampaikan di atas, internet telah mengubah cara hidup manusia di dunia ini.

Sekarang ini, internet telah menjadi sistem jaringan teknologi paling luas di seluruh dunia. Hampir setiap orang yang hidup di bumi bisa saling berkirim dan memiliki akses untuk berbagai jenis informasi. Tentunya dengan catatan jaringan tersebut harus menggunakan standar Protokol Internet atau biasa disebut IP. Hal ini akan semakin lebih mudah setelah hadirnya layanan jaringan world wide web (www).

C. Perkembangan Internet

Setelah mengetahui pengertian dan sejarah internet dari proses terbentuknya hingga sekarang, pada bagian ini kita akan mulai membahas secara khusus tentang bagaimana perkembangan dari internet secara global. Seiring berjalannya waktu, internet telah berkembang dan selalu mengalami perubahan yang lebih baik, mulai dari segi cakupan, transmisi, kecepatan, dan penggunaan.

Apabila dilihat dari segi cakupan, internet sendiri meliputi skala wilayah atau batas tersedianya jangkauan akses pada suatu wilayah tertentu. Mayoritas negara pun saling berlomba untuk memperluas jaringannya dengan mengandalkan satelitnya. Satelit memiliki peran yang sangat penting untuk dapat menjangkau wilayah yang lebih luas.

Sementara itu, berdasarkan transmisi paket data yang digunakan. Saat ini, proses transmisi data yang dilakukan sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat daripada beberapa tahun sebelumnya. Hal ini tentu saja karena adanya dukungan yang kuat oleh berbagai teknologi terbaru yang lebih modern dan sesuai dengan konsep dan pengertian internet.

Kemudian, apabila dilihat dari segi kecepatan, banyak dari industri teknologi yang melakukan inovasi pada beberapa generasi jaringan. Mulai dari 2G, 3G, 4G, hingga yang terbaru saat ini yaitu, 5G. Internet 5G tentu bisa mulai digunakan oleh banyak orang apabila ada resources yang lebih lanjut dengan skala yang lebih besar bagi suatu negara.

Terakhir, perkembangan internet dapat dilihat dari segi penggunaannya. Pengembangan teknologi informasi hampir selalu mengalami perkembangan yang tidak pernah diprediksi. Pada akhirnya ada banyak sekali perubahan yang terjadi, mulai dari informasi, komunikasi bahkan juga perangkat yang digunakan. Apabila di awal pengembangan internet digunakan dan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan riset militer. Sekarang ini, internet telah memiliki cakupan yang lebih besar, misalnya seperti penggunaan untuk bidang pendidikan, sosial, politik, budaya, militer, komunikasi, informasi, bisnis, dan lain sebagainya.

D. Internet Menyebar ke Seluruh Dunia

Membahas persebaran internet dari Amerika Serikat hingga ke seluruh dunia tentu berkat diluncurkannya standar protokol TCP/IP. Pada tahun 1986, Amerika Serikat pun segera membentuk sebuah badan riset yang mampu menggantikan peran ARPANET, yakni National Science Foundation Network atau lebih sering dikenal dengan NSFNET. Pada saat itu, NSFNET pun sukses menghubungkan beberapa jaringan internasional dari beberapa negara.

Selanjutnya, persebaran jaringan komputer di beberapa negara besar pun sudah tidak bisa dibendung lagi. Jaringan internet yang awalnya hanya menghubungkan komputer untuk menampilkan informasi berbasis teks saja telah memiliki bentuk yang berbeda. Dimulai teapt pada tahun 1990, www sebagai layanan sejenis yang mampu dapat menampilkan bentuk grafis yaitu “www.” diluncurkan.

Pada buku Teknologi Informasi dan Komunikasi yang terbit pada tahun 2017 lalu, tepat pada tahun 1992 perangkat lunak bernama Viola dirilis oleh Pei Wei berhasil melakukan akses pada layanan “www.”.

Kemudian, setahun berselang, tepatnya pada tahun 1993, ada sistem komputer yang bisa menghubungkan secara langsung ke jaringan internet. Dengan syarat pengenal yang meliputi nama domain dan alamat IP berupa simbol numerik dan format tertentu. Berkat hal tersebut, InterNIC pun berdiri guna menjalankan layanan pendaftaran nama domain. Sebuah otoritas pemerintahan yang menggunakan layanan milik Amerika Serikat.

Hingga pada akhirnya, layanan akses internet bagi masyarakat umum baru bias disediakan oleh beberapa perusahaan seperti Compuserve, America Online, dan Prodigy selang setahun kemudian. Nah, baru sekitar periode tahun 1994, Indonesia mulai dapat mengakses internet untuk pertama kalinya.

E. Sejarah Internet di Indonesia

Menurut Onno W. Purbo dalam bukunya tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi, sejarah internet di Indonesia pada awalnya dimulai sekitar tahun 1990-an. Pada saat itu, internet lebih banyak diketahui sebagai Paguyuban Network. Beberapa nama yang memiliki jasa besar terhadap pembangunan internet di Indonesia, antara lain yaitu M. Samik-Ibrahim, Suryono Adisoemarta, Muhammad Ihsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto dan tentunya Onno W. Purbo.

Periode pembangunan jaringan internet di Indonesia sendiri terjadi sekitar tahun 1992 hingga 1994. Setiap tokoh tersebut hampir memberikan sumbangsihnya melalui keahlian dan dedikasinya dalam membangun jaringan komputer dan Internet di Indonesia.

Selanjutnya, internet di negara Indonesia lambat laun mulai mengalami perkembangan yang cukup baik. Berkat jasa dari beberapa nama sebelumnya, layanan ISP pertama di Indonesia diluncurkan dengan nama IPTEKNET pada tahun 1994. Sementara itu, pada tahun yang sama, PT IndoInternet atau IndoNet yang dipimpin secara paruh waktu oleh Sanjaya berhasil berdiri dan beroperasi.

IndoNet sendiri sebenarnya adalah ISP komersial pertama yang dimiliki oleh Indonesia. Pada awalnya, IndoNet memanfaatkan lisensi dari PT Lintas Arta. Pada saat itu, sambungan awal ke Internet dari IndoNet dilakukan dengan memakai metode dial-up.

F. Masyarakat Indonesia dan Internet

Perkembangan internet di Indonesia semakin tahun pun semakin menunjukan perkembangan yang cukup pesat. Sekarang saja, masyarakat Indonesia sudah bisa membuat akses internet dari berbagai jenis perangkat elektronik.

Menurut informasi dari databooks, per Juni 2021 lalu, penetrasi internet di Indonesia telah mampu mencapai peringkat ke-7 di Asia Tenggara. Berdasarkan data tersebut, jumlah pengguna internet di dalam negeri mencapai 212,35 juta jiwa dari seluruh jumlah penduduk yang diperkirakan mencapai sekitar 276,36 juta jiwa.

Perkembangan yang sangat cepat dari penggunaan internet di Indonesia tentu tidak bisa dilepaskan dari kemudahan untuk mengakses layanan tersebut. Ditambah lagi, ada banyak provider yang sering kali menawarkan berbagai paket kuota internet dengan harga cukup murah.

Terlebih lagi, di masa pandemi Covid-19 seperti ini, internet bisa dikatakan sebagai salah satu sarana yang mampu memberikan hiburan, informasi, dan berbagai penunjang kegiatan pembelajaran lainnya, baik untuk siswa maupun mahasiswa. Dengan demikian, internet telah menjadi hal yang tidak mungkin bisa dilepaskan lagi bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien