Bahasa Indonesia

Pengertian Kalimat Perintah dan Ciri-cirinya

pengertian kalimat perintah
Written by Lely Azizah

Pengertian Kalimat Perintah dan Ciri-cirinya – Buat kamu yang masih sekolah, tentu pernah kan belajar tentang kalimat perintah dan jenis kalimat lain di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tapi apakah kamu tahu, sebenarnya apa sih kalimat perintah itu? Apa saja jenis dan contohnya?

Di artikel kali ini, penulis akan membahas lebih lanjut mengenai definisi kalimat perintah, ciri-ciri, hingga contohnya. Untuk kamu yang masih sekolah, mungkin artikel kali ini akan sangat berguna ya.

Pengertian Kalimat Perintah

Kalimat perintah merupakan kalimat yang berisi tentang makna memerintah atau meminta seseorang untuk melakukan sesuatu. Orang yang diperintah harus melakukan sesuatu yang sesuai dengan yang diinginkan oleh orang yang memerintah atau si penutur. Jika disederhanakan lagi, kalimat perintah bisa diartikan sebagai kalimat yang isinya meminta atau memerintah orang lain untuk melakukan hal yang kita kehendaki.

Dalam Bahasa Indonesia, kalimat dibagi menjadi beberapa jenis. Mulai dari kalimat perintah, kalimat informasi, kalimat pertanyaan, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai kalimat perintah secara lebih detail.

Terdapat banyak sekali contoh dari kalimat perintah yang kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja contohnya? Informasi lengkapnya akan dijelaskan di bawah ini. Simak artikelnya sampai tuntas ya.

Jika dijabarkan secara umum, kalimat perintah merupakan sebuah kalimat yang dipakai untuk meminta orang lain untuk melakukan sesuatu hal yang kita inginkan atau kehendaki. Kalimat perintah juga biasa disebut sebagai kalimat imperatif.

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kamu pernah kan menggunakan dan juga mendengar kalimat perintah? Entah itu kalimat perintah dari orang tua atau kalimat perintah dari diri kamu sendiri untuk orang lain.

Kira-kira kalimat perintah apa yang biasanya kamu terima? Perintah untuk membersihkan rumah? Atau perintah untuk mengerjakan tugas? Setiap harinya, pasti kita akan mendengar dan melontarkan kalimat tersebut, tanpa kita sadari atau tidak.

Umumnya, kalimat tersebut digunakan dalam bahasa lisan maupun tulisan. Tapi kalau di zaman yang serba modern ini, kalimat ini bisa kita lontarkan melalui pesan singkat ya.

Bagi beberapa orang, mereka menganggap bahwa kalimat perintah identik dengan kalimat yang diucapkan dengan nada kasar atau keras. Padahal kenyataannya, kalimat tersebut bisa diucapkan dengan nada yang sopan, dan lembut.

Sedangkan jika kalimat tersebut diucapkan dalam bentuk tulisan, maka biasanya akan ditambahkan tanda baca di bagian akhir kalimat. Misalnya seperti tanda seru. Supaya kamu tidak bingung, di bawah ini penulis akan membahas mengenai ciri-ciri dan juga contoh dari kalimat perintah. Ciri-ciri dan contohnya sudah penulis rangkum dari berbagai sumber. Simak sampai selesai ya.

Ciri-ciri Kalimat Perintah

Sebelum membahas kalimat tersebut lebih dalam, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui dahulu ciri-ciri dari kalimat perintah. Hal ini bertujuan agar kamu bisa membuat dan membedakan kalimat perintah di dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu dalam bentuk lisan atau tulisan.

Di bawah ini adalah ciri-ciri kalimat perintah yang perlu kamu pahami, supaya kamu bisa menggunakannya dengan bijak.

1. Nada ucapan yang dilontarkan akan memiliki intonasi yang lebih tinggi di akhir kalimat. Apabila diucapkan dalam bentuk lisan, maka akan memiliki intonasi naik di bagian awal dan rendah di bagian akhir. Biasanya kata yang memiliki intonasi naik adalah kata dasar.
2. Kalimat perintah umumnya menggunakan pola kalimat inversi atau PS
3. Dalam pengucapannya, kalimat tersebut biasanya akan ditambahkan dengan imbuhan kan atau lah.
4. Jika diucapkan dalam bentuk tulisan, kalimat tersebut biasanya akan diakhiri dengan tanda seru (!). Hal ini bisa kamu temui pada pesan pendek atau SMS.

banner-promo-gramedia

Pengertian Kalimat Perintah dan Ciri-cirinya 1

Beli Buku di Gramedia

Jenis-jenis Kalimat Perintah

Kalimat perintah terbagi menjadi beberapa jenis, diantara yaitu kalimat perintah biasa, kalimat perintah berupa ajakan, kalimat perintah berupa larangan, kalimat perintah bentuk permintaan, kalimat perintah dalam bentuk sindiran, kalimat perintah untuk mempersilahkan, kalimat perintah dalam bentuk saran, dan yang terakhir yaitu kalimat perintah berbentuk informasi. Supaya lebih jelas, berikut adalah beberapa penjelasan lengkap mengenai berbagai jenis kalimat perintah beserta contohnya.

1. Kalimat Perintah Biasa

Jenis kalimat yang pertama yaitu kalimat perintah biasa. Kalimat ini adalah kalimat perintah yang berisi mengenai perintah yang diucapkan secara langsung untuk melakukan sesuatu. Kalimat tersebut biasanya digunakan dalam percakapan sehari-hari, entah itu secara ucapan atau lisan atau secara tertulis. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat perintah biasa yang mungkin pernah kamu gunakan.

– Buka pintu depan sekarang juga!
– Cepat habiskan sarapanmu!
– Cepat ganti baju sebelum temanmu datang!
– Bersihkan lantai dapur yang terkena saus!
– Cepat mandi sebelum kesiangan
– Cepat makan

2. Kalimat Perintah Ajakan

Kalimat perintah yang satu ini merupakan kalimat yang berisi mengenai ajakan kepada seseorang untuk melakukan suatu hal. Kalimat perintah ajakan ditujukan kepada seseorang agar mereka mau melakukan suatu hal yang kita inginkan. Kalimat ini umumnya ditandai dengan adanya kata ajakan, seperti ayo, mari, dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat ajakan yang bisa kamu digunakan.

– Ayo ikut aku ke sekolah
– Ayo belanja di toko merah
– Mari ikut kemah bersamaku
– Marilah ikut memancing dengan teman-teman
– Ayo tumbuhkan semangat untuk selalu menjaga alam
– Ayo buang sampah pada tempatnya
– Mari saling menghargai

3. Kalimat Perintah Larangan

Kalimat perintah yang satu ini umumnya ditujukan untuk melarang seseorang dalam melakukan sesuatu. Kalimat perintah larangan biasanya memiliki ciri-ciri yaitu menggunakan kata perintah “jangan”. Berikut ini merupakan berbagai contoh terkait kalimat perintah larangan.

– Jangan buang sampah sembarangan
– Jangan pernah memukul kucing
– Jangan mengambil barang yang bukan milikmu
– Jangan datang terlambat
– Jangan pakai sepatu itu
– Jangan lupa belajar

4. Kalimat Perintah Permintaan

Kalimat perintah jenis ini merupakan kalimat yang berisi tentang sebuah perintah yang ditujukan pada seseorang untuk melakukan suatu hal. Jenis kalimat ini dipakai untuk sebuah permintaan atau permohonan yang sangat diharapkan oleh orang yang memerintah supaya dilakukan. Kata yang biasanya dipakai dalam kalimat perintah permintaan yaitu “tolong”, “harap”, “mohon”, dan lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh dari kalimat perintah permohonan.

– Tolong ambilkan makanan di atas meja
– Tolong kasih kue ini ke teman kamu
– Harap mematuhi peraturan yang ada
– Harap berjalan di jalur kiri
– Harap hati-hati
– Mohon di dengarkan baik-baik
– Mohon dibaca sampai tuntas
– Mohon doanya
– Mohon kesediaannya

5. Kalimat Perintah Sindiran

Kalimat perintah jenis ini biasanya digunakan untuk menyindir seseorang. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat perintah sindiran yang ada dilingkungan kita.

– Ruangan kamu berantakan sekali (bermaksud untuk meminta agar dibersihkan
– Aduh, makanannya jauh sekali (bermaksud untuk minta diambilkan)
– Panas sekali, andai ada yang beli minum (bermaksud untuk meminta dibelikan minuman)

Pengertian Kalimat Perintah dan Ciri-cirinya 2

Beli Buku di Gramedia

6. Kalimat Perintah Mempersilahkan

Kalimat perintah jenis ini merupakan kalimat yang berisi tentang mempersilahkan. Kalimat tersebut bertujuan untuk meminta seseorang untuk melaksanakan suatu hal. Akan tetapi dengan bahasa yang lebih sopan dan halus.

Berikut adalah contoh kalimatnya.

– Semua peserta diharap memasuki ruangan
– Semua wisudawan dipersilahkan duduk
– Semua wisatawan diharapkan menggunakan masker
– Silahkan mengantre dengan tertib
– Silahkan mengambil roti yang ada di atas meja
– Silahkan keluar melalui pintu darurat
– Semua penumpang diharapkan tenang

7. Kalimat Perintah Saran

Kalimat perintah juga bisa berbentuk suatu saran. Kalimat ini merupakan kalimat yang berisi mengenai saran dengan cara meminta seseorang untuk melakukan hal yang kita inginkan. Jenis kalimat perintah yang satu ini ditandai dengan adanya kata sebaiknya atau seharusnya. Berikut adalah contoh kalimatnya:

– Sebaiknya kalian pergi dari tempat ini
– Seharusnya kamu menggunakan sepatu hitam
– Sebaiknya kalian semua pulang sebelum malam tiba
– Seharusnya kamu meletakkan tasmu disini
– Sebaiknya kalian segera meminta maaf
– Seharusnya kamu ada di barisan kedua

banner-promo-gramedia

8. Kalimat Perintah Informasi

Jenis yang terakhir adalah kalimat perintah berbentuk informasi. Kalimat tersebut merupakan kalimat yang diucapkan dalam bentuk penjelasan atau informasi. Jenis kalimat perintah ini kerap digunakan sebagai kalimat perintah yang diucapkan secara tidak langsung. Misalnya.

– Pak polisi meminta semua pengendara mematuhi rambu lalu lintas
– Ibu melarang anaknya mendaki gunung
– Ayah tidak mengizinkan anak laki-lakinya bertato
– Orang tua meminta anaknya agar selalu sopan
– Pak guru meminta agar murid-murid mematuhi peraturan

Contoh Kalimat Perintah

Setelah mengetahui terkait penjelasan mengenai pengertian kalimat perintah, ciri-ciri, dan juga jenis-jenisnya. Kini kita masuk pada bagian contoh kalimat perintah terlengkap. Dengan memahami contoh yang disajikan di bawah ini. Maka kamu akan semakin paham dan bisa digunakan sebagai media untuk menambah pengetahuan membaca dan memahami kalimat perintah.

Di bawah ini adalah beberapa contoh kalimat perintah yang berasal dari berbagai jenis kalimat yang sudah ada:

  1. Tutup kran setelah selesai digunakan
  2. Lepaskan semua gorden yang ada di jendela ruangan itu
  3. Buka semua jendela yang ada di lantai 2
  4. Ambilkan aku sedikit gula di dapur
  5. Periksa semua pekerjaan kalian dan pastikan tidak ada yang terlewat
  6. Pasang karpet ini di sudut ruangan
    7. Baca bukumu dan belajarlah
    8. Pakailah lampu belajar saat sedang membaca buku di malam hari
    9. Nyalakan lilin aroma terapi agar tidurmu lebih nyenyak
    10. Sapalah Ibumu meski hanya sebentar saja
    11. Taruh semua bungkus makanan di atas meja dapur
    12. Temuilah temanmu walaupun sedang tidak ingin
    13. Bakar semua sampah yang telah menumpuk
    14. Buang sampahmu di tempat yang seharusnya
    15. Jangan membuang bungkus plastik sembarangan
    16. Ayo kurangi penggunaan plastik
    17. Ayo selamat biota laut dari bahaya limbah batubara
    18. Kubur semua kenangan yang buruk
    19. Jangan terlalu mendekat ke panggung
    20. Berdoalah kepada Tuhan untuk kelancaran ujianmu
    21. Mintalah kepada Tuhan, dzat yang Maha Segalanya
    22. Parkirkan mobilmu dengan baik, agar tidak mengganggu pengunjung yang lain
    23. Ayo olahraga secara rutin, agar badan kita jadi lebih sehat
    24. Katakan sejujurnya atas apa yang kamu alami
    25. Katakan semuanya pada kami
    26. Kemas semua pakaian kamu dan pergi sekarang juga
    27. Minum obat tidurmu jika insomniamu kambuh
    28. Ayo budayakan membaca
    29. Sebaiknya kamu menggunakan pita di sebelah kiri
    30. Seharusnya kamu tidak datang kesini
    31. Mari budayakan gotong-royong dan saling membantu
    32. Ayo lestarikan kebudayaan dan tradisi masyarakat Indonesia
    33. Ayo belajar dengan giat agar nilaimu semakin tinggi
    34. Marilah basmi hama yang ada di kebun dengan cairan khusus serangga
    35. Ayo berantas nyamuk di lingkungan tempat tinggal kita
    36. Jangan membuang sampah sembarangan jika tidak mau banjir
    37. Hindari bermain HP ketika sedang makan
    38. Jangan injak rumput itu
    39. Jangan pernah minta bantuan kita lagi
    40. Ayo berangkat sekolah dengan bus
    41. Jangan ikut-ikutan tawuran pelajar, nanti tambah memanas
    42. Jauhkan anak perempuanmu dari pergaulan yang terlalu bebas
    43. Jaga sikapmu
    44. Jangan berdiri di depan pintu
    45. Habiskan semua makananmu
    46. Seharusnya kamu membeli roti untuk sarapan besok pagi
    47. Silahkan duduk di antrean kedua
    48. Jangan sampai anakmu kecanduan rokok dan game
    49. Didik anakmu agar kelak menjadi orang sukses
    50. Jauhkan anak-anak dari bahaya asap rokok
    51. Hentikan kebiasaan menunda sebuah pekerjaan
    52. Jangan tidur terlalu larut
    53. Jangan biasakan anak-anakmu bangun terlalu siang
    54. Mohon untuk mempertimbangkan potensi saya, sekali ini saja
    55. Tolong beri saya dan teman-teman kesempatan
    56. Tolong maafkan aku atas semua kesalahan yang pernah kuperbuat
    57. Tolong jauhi anak saya
    58. Semua penumpang harap tenang
    59. Tolong pinjami aku uang untuk membeli kebutuhan bulan ini
    60. Mohon ditindaklanjuti permohonan saya pekan lalu
    61. Mohon izinkan aku untuk resign dari pekerjaan ini
    62. Tolong jangan sakiti orang tuamu dengan perlakuan kasarmu
    63. Tolong hormati keputusan saya untuk mundur dari jabatan ini
    64. Mohon jangan terlalu ngelantur dalam menyampaikan pandangan Anda
    65. Sebaiknya kamu pergi dan melupakan semua kejadian yang terjadi hari ini
    66. Sebaiknya kamu meminta maaf kepada semua orang yang pernah kamu sakiti
    67. Seharusnya kamu yang berusaha, bukan malah teman-teman kamu
    68. Seharusnya pemerintah sigap dalam menyelesaikan semua permasalahan rakyatnya
    69. Andaikan ada minuman segar yang bisa kuminum
    70. Rapikan ruangan ini sekarang juga
    71. Tulisan Anda tidak bisa kami pahami
    72. Andaikan ada yang membawakan payung untuk melewati hujan ini
    73. Ibu menyuruhku membelikan aneka bumbu di warung depan rumah
    74. Ibu meminta aku agar selalu giat belajar
    75. Saya akan sangat bahagia apabila kamu mau menemaniku datang ke pernikahan temanku
    76. Ina meminta Ira untuk menunggunya di stasiun dekat pasar baru
    77. Kakak menyuruhku untuk membelikan camilan kesukaannya
    78. Romi menyuruhku untuk menemuinya di cafe biasa
    79. Para aktivis lingkungan menghimbau seluruh warga agar selalu menjaga kebersihan
    80. Dina meminta semua temannya agar meminta maaf padaku karena sudah mengejekku
    81. Bapak Kepala Desa diharapkan untuk memberikan penghormatan kepada tamu yang sudah hadir
    82. Jangan pernah menerima uang suap dari siapapun
    83. Ayo tegakkan hukum yang sudah ada
    84. Tunjukkan semua keahlianmu di depan saya
    85. Kumpulkan semua PR dari kelas 7
    86. Bawa hasil ujian kelas ini ke ruang guru
    87. Rajinlah bekerja agar kamu sukses
    88. Kumpulkan bekas botol minum ini dan berikan ke pemulung yang biasa lewat depan rumah
    88. Mohon berikan masukan tentang usaha baru saya
    89. Jangan pernah berlaku kasar kepada ayah dan ibu
    90. Ambil semua buku yang berserakan di lantai

Itulah penjelasan mengenai pengertian kalimat perintah, ciri-ciri, jenis, dan juga contohnya. Setelah membaca semua contoh yang telah disajikan. Manakah kalimat perintah yang sering kamu dengar atau ucapkan?

Baca juga : 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien