Bahasa Indonesia

Cara Mencari Kalimat Utama: Pengertian, Ciri, dan Contoh

pengertian dan cara mencari kalimat utama
Written by Lely Azizah

Cara Mencari Kalimat Utama – Pernahkah kamu membaca sebuah tulisan yang panjang berisi beberapa informasi yang disampaikan oleh seorang penulis dengan suatu tujuan tertentu? Sebuah tulisan biasanya terdiri dari banyak kalimat yang terangkum dalam beberapa paragraf yang masing-masing berisi informasi penting untuk diperhatikan pembaca.

Di dalam sebuah paragraf terdapat beberapa hal penting yang harus dicermati dengan baik oleh para pembaca. Hal-hal tersebut yaitu terkait dengan keberadaan kalimat yang berisi pokok pikiran dan beberapa kalimat yang merupakan keterangan dari lanjutan dari hal tersebut. Pokok pikiran sebagai sebuah kalimat utama adalah inti dari sebuah tulisan.

Pengertian Kalimat Utama

Dilihat dari asal katanya, kalimat utama berarti kalimat yang memuat inti dari sebuah penggalan cerita atau paragraf yang memuat semua isi. Didalamnya memuat ide pokok, ide utama, gagasan pokok, gagasan utama, atau pokok pikiran. Kalimat utama dalam sebuah paragraf biasanya hanya ada satu kalimat. Karena memuat keseluruhan isi dari penggalan cerita, maka dari itu sifatnya menjadi umum. Ketika seseorang tahu dimana letak pokok kalimat, ia akan tahu sebenarnya apa yang hendak diulas dari tulisan tersebut.

Apabila sebuah paragraf tidak memiliki kalimat utama, maka bisa dikatakan paragraf tersebut tidak bagus dan akan menimbulkan kerancuan. Dengan adanya kalimat utama, maka akan memicu munculnya kalimat-kalimat lain yang berisi penjelasan lebih rinci mengenai informasi tertentu. Keberadaannya menjadi penting karena bisa dijadikan dasar untuk mengembangkan kalimat selanjutnya yang merupakan kalimat penjelas atau kalimat khusus. Materi ini biasanya ditemui pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan cukup penting karena biasanya juga diujikan untuk beberapa tes tertentu. Beberapa tes yang dimaksud seperti ujian nasional atau tes kemampuan dasar dalam seleksi CASN (Calon Aparatur Sipil Negara).

Ciri-ciri Kalimat Utama

Berikut ini beberapa ciri dari kalimat utama yang harus kamu pahami agar dengan mudah mengidentifikasinya.

1. Harus Berdiri Sendiri

Sebuah kalimat dapat dikatakan sebagai kalimat utama ketika dapat ada kaitan dengan kalimat sebelum atau setelahnya. Dengan kata lain tidak ada kata konjungsi didalamnya seperti ini, itu, tersebut, dan lain sebagainya. Konjungsi antar kalimat juga bukan sebagai ciri-cirinya seperti di sisi lain, di samping itu, sementara itu, dan sebagainya. Namun, untuk beberapa konjungsi antar kalimat berikut ini bisa terdapat dalam sebuah kalimat utama untuk menunjukkan suatu simpulan yaitu oleh karena itu dan dengan demikian. Jadi, tidak selalu konjungsi antar kalimat bukan sebagai ciri-ciri kalimat utama.

Didalamnya juga terdapat pokok pikiran atau inti permasalahan yang jelas tanpa memerlukan kalimat lanjutan. Justru kalimat utama merupakan jembatan untuk mengembangkan kalimat penjelasan yang lebih rinci untuk dijabarkan. Sehingga keberadaan kalimat penjelasan sebenarnya mengikuti di belakang. Hadirnya kalimat penjelas sebenarnya merupakan pelengkap dari kalimat utama, walaupun jika tidak ada kalimat penjelas hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun kalimat penjelas tidak bisa berdiri sendiri karena ia harus terkait dengan kalimat lainnya.

2. Bersifat Umum

Inti yang disampaikan dari kalimat utama berisi informasi umum. Didalamnya juga terdapat permasalahan atau gagasan yang dapat dijelaskan lebih detail atau lebih rinci pada bagian setelahnya. Karena berisi hal-hal yang sifatnya umum, maka terkait contoh, fakta, data, uraian, atau opini bukanlah poin yang terletak dalam kalimat utama.

3. Memuat Permasalahan atau Ide Tertentu

Kalimat utama merupakan pengantar dari sebuah cerita yang memuat permasalahan atau ide-ide yang dikemukakan oleh penulisan. Dengan adanya permasalahan yang muncul, maka ada pengembangan lebih lanjut yang menjelaskan permasalahan tersebut untuk diuraikan dalam kalimat-kalimat penjelas. Letaknya ada di bagian lain dalam paragraf yang dimaksud.

Cara Mencari Kalimat Utama: Pengertian, Ciri, dan Contoh 1

Beli Buku di Gramedia

Cara Mencari Kalimat Utama

Kemudian bagaimana cara agar kita dapat menentukan mana kalimat utama dengan jelas pada sebuah tulisan yang kita baca. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Temukan Kunci Utama

Kunci yang harus kamu temukan ketika mencari sebuah kalimat utama ada dalam kalimat itu sendiri. Apabila menemukan frasa yang berisi petunjuk, maka dapat dipastikan bahwa kalimat tersebut bukan berposisi sebagai kalimat utama. Frasa itu merupakan penjelasan dari inti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya. Teknik terpenting yang bisa kamu gunakan adalah cermat dalam membaca setiap bagian agar lebih mudah dalam mencarinya.

2. Cari Kalimat penjelasan

Sesuai dengan namanya, kalimat utama berisi ide pokok atau gagasan utama yang berarti ia dapat berdiri sendiri. Perhatikan keberadaan setelah kalimat pertama dan sebelum kalimat akhir dalam penggalan paragraf. Jika ternyata setelah kalimat awal merupakan penjelasan, maka kemungkinan itu merupakan kalimat utama. Sebaliknya, jika diawal paragraf berisi penjelasan beberapa hal-hal khusus maka kalimat utama berada pada bagian akhir.

3. Perhatikan Rujukan pada Kalimat Penjelas

Kata rujukan menjadi cara lain untuk menemukan mana inti sebuah cerita dalam suatu paragraf. Apabila terdapat rujukan, perhatikan asal rujukan yang dimaksud yang mungkin menunjukkan keberadaan atau letak dari kalimat utama. Rujukan sebagaimana yang dimaksud biasanya ada pada bagian awal atau bagian akhir kalimat.

banner-promo-gramedia

Perbedaan Kalimat Utama

Dilihat dari perbedaannya, kalimat utama terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu paragraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran.

1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di posisi awal atau di depan. Karena bersifat induktif, maka pola informasi yang disampaikan yaitu dari hal-hal yang bersifat umum menuju hal-hal yang bersifat khusus. Pada awal paragraf, kalimat utama berperan sebagai unsur yang umum sedangkan unsur khusus ada di bagian kalimat penjelasnya. Kalimat penjelas disini biasanya berisi informasi seputar contoh, bukti, fakta, atau rincian-rincian.

2. Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah kebalikan dari paragraf deduktif, yaitu kalimat utama justru berada di bagian akhir atau di bagian belakang paragraf. Pola informasi yang disampaikan pun juga terbalik, yaitu dari hal-hal yang bersifat khusus menuju hal-hal yang bersifat umum.

Awal paragraf bukan berperan sebagai kalimat utama, namun sebagai kalimat penjelas karena memuat sifat khusus. Di akhir paragraf, kalimat utamanya memuat sifat umum yang sebelumnya telah disampaikan di awal-awal. Karena berada di akhir, kalimat utama di paragraf induktif biasanya merupakan sebuah simpulan dari suatu pembahasan pada awal kalimat.

Perkembangan paragraf induktif menjadi bervariatif karena dapat terbagi menjadi tiga, yaitu pola sebab akibat, pola generalisasi, dan pola analogi. Pola sebab akibat artinya kalimat didalamnya memuat informasi seputar sebab akibat mengapa sesuatu bisa terjadi . Pola generalisasi bermakna ulasan yang dijelaskan dalam bahasan paragraf yang memuat informasi tertentu. Sedangkan pola analogi merupakan pola dimana suatu paragraf memuat informasi yang merupakan perumpamaan dari suatu hal.

3. Paragraf Campuran

Selain bersifat deduktif dan induktif, sebuah paragraf bisa bersifat campuran. Adapun bersifat campuran yaitu perpaduan antara paragraf deduktif dan paragraf induktif. Karena campuran, maka kalimat utama ada dua, yang pertama berada di awal paragraf dan kedua berada di akhir. Pola yang dibentuk juga merupakan perpaduan keduanya, yaitu dari umum menjadi khusus dan menjadi umum lagi.

Cara Mencari Kalimat Utama: Pengertian, Ciri, dan Contoh 2

Beli Buku di Gramedia

Kalimat utama di awal merupakan pernyataan yang berisi hal-hal umum yang akan dibahas oleh penulis. Sedangkan bagian akhir merupakan simpulan dari informasi yang telah disampaikan awal dan di tengah. Keberadaan dua kalimat utama tidak boleh saling bertolak belakang. Justru keduanya harus terkait satu sama lain. ketika ada di bagian akhir, maka ia merupakan penegasan kalimat utama yang disampaikan di awal paragraf.

Contoh Kalimat Utama

Untuk lebih memahami bagaimana cara menemukan kalimat utama dalam sebuah paragraf, berikut ini beberapa contoh dan penjelasannya.

1. Contoh 1

Persiapan yang matang dan mental yang kuat merupakan kunci meraih sebuah kesuksesan, bukan hanya di satu bidang tetapi untuk semua bidang. Hal ini yang harus dimiliki dan menjadi prinsip dari seorang atlet agar dapat mencapai prestasi yang setinggi-tinggi sesuai dengan event yang diikutinya.

Termasuk Eko Yuli Irawan, atlet angkat besi Indonesia yang sukses mempersembahkan medali perak pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020 beberapa waktu yang lalu. Jika bukan karena persiapan yang baik, tidak mungkin ia bisa mempersembahkan prestasi gemilang itu untuk tanah air. Meski sempat terkendala karena pandemi covid-19 yang menyerang seluruh penjuru dunia, ia sama sekali tidak pantang menyerah dalam mempersiapkan diri. Ia berlatih dengan begitu keras selama berada di dalam negeri walaupun tidak bisa menguji kemampuan dirinya dengan beberapa atlet lain. Padahal kalau tidak ada pandemi, ia bisa mengukur sejauh mana kemampuannya dibandingkan dengan rivalnya dari negara lain.

Pembahasan :

Paragraf di atas bila disimak secara singkat termasuk ke dalam paragraf deduktif, sebab kalimat utamanya berada di awal paragraf. Kalimat awal tersebut dapat berdiri sendiri dan bila tidak disertai dengan kalimat penjelas hal tersebut tidak terlalu bermasalah. Kalimat utama di awal berisi penjelasan seseorang harus mempunyai persiapan dan mental yang kuat untuk bisa meraih kesuksesan untuk semua bidang. Setelahnya berisi penjelasan mengenai seorang atlet juga harus mempunyai prinsip yang demikian agar dapat memperoleh prestasi tertinggi yang dapat dipersembahkan. Dijelaskan pula bahwa Eko Yuli Irawan seorang atlet angkat besi dari Indonesia bisa meraih kesuksesan karena semangat pantang menyerah yang dimilikinya.

2. Contoh 2

Sepak bola dan uang merupakan dua hal yang saling terkait bak dua sisi koin yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Industri sepak bola bagi beberapa pebisnis yang ulung merupakan sumber pendapatan yang sangat bernilai di era modern seperti sekarang ini. Beberapa konglomerat rela menggelontorkan dana yang terbilang tidak sedikit untuk bisa menginvestasikannya di klub sepak bola yang ada di beberapa negara.

Mulai dari Roman Abramovich yang membeli klub Inggris yaitu Chelsea, hingga Nasser El-Khelaifi yang mengakuisisi klub Prancis PSG dengan harga yang tidak sedikit. Mereka rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit jumlahnya sebagai bentuk investasi jangka panjang untuk meningkatkan pundi-pundi kekayaan yang telah dimiliki. Oleh karena itu, di masa yang akan datang bentuk investasi dapat merambah ke segala bidang termasuk olahraga sepak bola.

Pembahasan :

Kalimat utama dari paragraf yang telah disajikan berada di akhir kalimat yaitu investasi di masa depan akan merambah ke semua bidang, salah satunya adalah sepak bola. Hal ini ditunjukkan dengan kata “oleh karena itu” yang merupakan simpulan sehingga paragraf tersebut termasuk dalam kategori induktif. Bagian awal berisi kalimat penjelasan yang menyebutkan hubungan antara sepak bola dengan uang saling tidak dapat dipisahkan walaupun memiliki berbeda.

Kalimat selanjutnya menjelaskan lebih rinci, disebutkan bahwasanya sepak bola bagi sebagian investor merupakan lahan investasi yang cukup menguntungkan sampai rela mengeluarkan dana yang besar. Semua kalimat dari awal sampai sebelum kalimat terakhir merupakan penjelasan dan bagian akhir menyimpulkan semua penjelasan yang telah dipaparkan.

3. Contoh 3

Banyak kegiatan yang tidak disadari oleh sebagian orang termasuk dalam aktivitas olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Banyak bentuk olahraga yang dapat dilakukan ketika anda sibuk dan tidak punya waktu olahraga, salah satunya manfaatkan tangga di tempat kerja sebagai media untuk berolahraga.

banner-promo-gramedia

Kurangi penggunaan lift agar anda rutin naik turun anak tangga sehingga secara tidak langsung aktivitas itu terhitung sebagai bentuk olahraga. Selain itu, jalan kaki ke tempat makan di luar kantor ketika beristirahat juga termasuk aktivitas olahraga lain yang dapat dilakukan. Ajaklah beberapa kawan-kawan agar secara beramai-ramai jalan kaki sebagai upaya anda untuk mengajaknya berolahraga dan mengurangi bepergian menggunakan kendaraan bermotor. Oleh karena itu, banyak kegiatan yang tidak disadari oleh sebagian orang sebagai bagian dari olahraga yang bisa lakukan agar tubuh tetap dalam kondisi fit.

Bila disimak dengan cermat, penggalan paragraf di atas termasuk paragraf campuran sebab ada dua kalimat utama yang disajikan pada bagian awal dan bagian akhir. Pada paragraf awal dijelaskan bahwa banyak kegiatan yang tidak disadari orang yang merupakan bagian dari olahraga yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Kemudian bagian akhir dipertegas bahwa dengan melakukan aktivitas yang tidak disadari oleh sebagian orang, itu termasuk cara menjaga tubuh tetap dalam keadaan yang fit. Bagian tengah merupakan penjelas yang berisi beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh mereka yang tidak memiliki cukup waktu dalam berolahraga. Dengan memanfaatkan aktivitas di tempat kerja, maka olahraga tetap dapat dilakukan.

Cara Mencari Kalimat Utama: Pengertian, Ciri, dan Contoh 3

https://www.gramedia.com/products/ensiklopedia-saintis-junior-bumi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Menulis bagi beberapa orang mungkin adalah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Namun, menuangkan ide, gagasan, dan isi pikiran dalam bentuk tulisan tidak segampang apa yang ada di benak masing-masing individu. Banyak orang yang sanggup berbicara di depan umum, tapi ketika menuangkan apa yang dibicarakan dalam bentuk tulisan sulit dilakukan. Ketika bisa menulis pun, harus bisa menguasai kaidah-kaidah penggunaan kalimat utama dalam tulisan tersebut, lebih-lebih pada karya ilmiah. Keberadaannya akan sangat penting karena berkaitan dengan informasi penting yang berguna untuk dapat dipahami oleh pembacanya sehingga dapat meningkatkan pengetahuan.

Jika kamu berencana menjadi seorang penulis, penting untuk memahami keberadaan kalimat utama dalam tulisan yang akan kamu hasilkan nanti. Keberhasilan seorang penulis terletak pada pembacanya, sebab karyanya nanti yang akan dinikmati oleh mereka. Ketika pembaca paham maksud dari tulisan tersebut, dapat dikatakan penulis berhasil. Sebaliknya, ketika pembaca bingung memahami tulisan tersebut, maka penulis gagal menghasilkan karya yang baik dan berkualitas.

Dengan mempelajari penggunaan kalimat utama dalam karya tulis baik itu ilmiah atau bukan, penulis akan lebih mudah mengembangkan idenya. Di sisi lain, alur pikir yang hendak disampaikan dapat dengan mudah dipahami antara satu bagian dengan bagian yang lain. Sehingga akan membentuk satu cerita yang komprehensif dan berkesinambungan. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel terkait :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
banner-promo-gramedia