Bahasa Indonesia

Kalimat Deklaratif: Pengertian, Fungsi, Ciri-ciri dan Contohnya

teks deklarasi
Written by Nandy

Kalimat deklaratif adalah – Manusia merupakan makhluk sosial yang hidup dengan mengandalkan satu sama lain dengan sebuah sistem komunikasi. Dimana nantinya komunikasi yang dilakukan oleh manusia akan semakin mudah dan berjalan dengan lancar karena adanya bahasa.

Dalam buku yang berjudul Kesatuan Berbahasa (2010) karya Abdul Chaer menjelaskan jika bahasa adalah suatu lambing bunyi yang arvitrer dan digunakan oleh manusia sebagai suatu alat komunikasi maupun alat interaksi sosial.

Dalam bahasa terdapat berbagai macam rangkaian kata hingga akhirnya menjadi suatu kalimat dengan makna serta tujuan untuk disampaikan. Lalu, menurut Henry Guntur Tarigan dalam buku Pengajaran Sintaksis (1984) menjelaskan jika kalimat jenis respon diharapkan dapat dibagi menjadi beberapa jenis kalimat. Mulai dari kalimat deklaratif, kalimat interogatif serta kalimat perintah.

Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan tentang kalimat deklaratif secara lebih dalam. Jika kalian belum begitu paham mengenai kalimat deklaratif, tentunya penjelasan dalam artikel ini akan bisa sangat membantumu.

Pengertian Kalimat Deklaratif Secara Umum

teks deklarasi

pixabay

Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional di Indonesia. Tentunya mata pelajaran bahasa Indonesia menjadi salah satu materi yang akan diajarkan sejak bangku sekolah dasar hingga dalam lingkungan masyarakat. Selain itu, dalam pembelajaran bahasa Indonesia juga memiliki banyak topik pembahasan.

Salah satunya adalah jenis kalimat sekaligus contoh kalimatnya yang memang harus dipahami oleh para siswa. Misalnya adalah materi kalimat deklaratif yang memang sangat penting untuk dipelajari.

Keberadaan dari kalimat deklaratif memang sebagai salah satu jenis kalimat yang kerap digunakan untuk berkomunikasi antar manusia. Meskipun mungkin kalian tidak begitu tahu apa saja jenis kalimat dari kalimat yang kerap digunakan.

Namun, penting sekali lho bagi kita untuk tahu tentang jenis kalimat termasuk kalimat deklaratif. Salah satu tujuannya adalah agar kalian bisa berkomunikasi lebih baik.

Secara mudahnya, kalimat deklaratif adalah jenis kalimat yang didasarkan atas amanat wacananya. Itu artinya kalimat deklaratif akan dilihat dari segi makna yang diwujudkan yang didasarkan pada tanggapan dari pembaca atau pendengar.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kalimat deklaratif adalah jenis pernyataan yang selalu ringkas dan jelas. Dimana nantinya keberadaan dari kalimat deklaratif memiliki tujuan untuk memberitahu para pendengar tentang sesuatu yang diketahui oleh sumber atau orang yang berbicara.

Karena memiliki tujuan untuk memberikan informasi, maka kalimat deklaratif juga tidak membutuhkan adanya jawaban dari pendengarnya atau yang menerimanya.

FAIRUZUL MUMTAZ. S., M. HUM., Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi

Pengertian Kalimat Deklaratif Menurut Berbagai Ahli

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika kalimat deklaratif akan memberikan suatu informasi pada mereka yang menerima. Oleh karena itu, tak jarang beberapa orang menyebut kalimat deklaratif sebagai kalimat berita.

Berbagai macam informasi yang ada di dalam kalimat deklaratif adalah kejadian sesungguhnya yang memang terjadi dan tentunya apa yang disampaikan kepada khalayak umum merupakan suatu kejadian yang benar-benar terjadi. Selain itu penyampaian kalimat deklaratif biasanya akan berisi informasi lengkap, menyeluruh sekaligus detail.

Namun, tak jarang juga jika ada kalimat deklaratif yang isi di dalamnya adalah opini dari para pembicaranya. Kalimat deklaratif juga lebih kerap kita temui di percakapan sehari-hari, berita dalam TV, radio maupun media elektronik.

Selain bisa dijelaskan secara umum, pengertian dari kalimat deklaratif juga dijelaskan oleh beberapa ahli. Nah, untuk lebih memahami bagaimana pendapat para ahli mengenai pengertian kalimat deklaratif, maka kalian bisa membaca ulasan yang ada di bawah ini.

1. Dalam Buku Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis

Menurut buku Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis, kalimat deklaratif adalah suatu jenis kalimat yang didasarkan oleh amanat wacananya. Itu artinya kalimat deklaratif bisa dilihat dari markan yang akan diwujudkan dan tanggapan dari para penerimanya.

2. Tika Hatika Dalam Modul Kemendikbud Tema 6 Bahasa Indonesia

Tika Hatikah menjelaskan tentang kalimat deklaratif dalam Modul Kemendikbud Tema 6 Bahasa Indonesia adalah jenis kalimat yang berfungsi untuk memberikan informasi maupun berita tentang sesuatu. Oleh karena itu, kalimat deklaratif biasanya tidak akan memerlukan tanggapan seperti jawaban dari mereka yang menjadi pendengar atau pembaca.

3. M. Ramlan

  1. Ramlan memiliki pendapat jika kalimat deklaratif biasanya akan memiliki intonasi berita dan tidak memiliki kata tanya seperti apa, siapa, kenapa, di mana, dan sebagainya. Selain itu, kalimat deklaratif juga tidak berisikan tentang kalimat ajakan seperti kata ayo, jangan, mari, silakan, dan juga sebagainya.

Sedangkan dari segi intonasi kalimatnya, kalimat deklaratif biasanya lebih datar dan penulisannya juga akan diakhiri dengan tanda titik, sehingga terkesan tanpa adanya intensi apapun selain memberikan sebuah berita atau informasi.

Harimurti Kridalaksana, Harimurti Kridalaksana Masa-masa awal Bahasa Indonesia

4. Surono

Surono memiliki pendapat jika kalimat deklaratif adalah istilah dari kalimat berita. Dimana kalimat tersebut bisa dikatakan sebagai kalimat yang tidak memiliki penanda khusus seperti kalimat interogatif atau kalimat imperatif.

5. Alwi

Menurut Alwi, pengertian dari kalimat deklaratif adalah suatu kalimat yang dalam bentuk tulisannya akan diakhiri dengan tanda titik dan dalam bentuk lisannya akan ditandai dengan nada turun. Kalimat deklaratif biasanya akan digunakan oleh pembicara atau penulis untuk membuat suatu pertanyaan. Oleh karena itu, kalimat deklaratif juga akan berisikan berita bagi para pendengar maupun pembacanya.

6. Cook

Kalimat deklaratif menurut Cook adalah suatu kalimat yang dibuat untuk memberitahukan informasi tanpa mengharapkan respon tertentu.

7. Ramlan

Ramlan memiliki pendapat tentang pengertian kalimat deklaratif adalah suatu kalimat yang berfungsi untuk memberitahukan sesuatu kepada orang lain yang menjadikan tanggapan dari kalimat tersebut merupakan perhatian seperti yang tercermin pada pandangan mata yang menunjukkan adanya perhatian.

8. Rahadi

Rahadi menjelaskan jika kalimat deklaratif adalah suatu kalimat yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi seperti kejadian tertentu kepada mitra tutur, baik itu pembaca maupun lawan bicara yang menjadi pendengar.

9. Putrayasa

Putrayasa memiliki pendapat jika kalimat deklaratif adalah kalimat yang akan diakhiri dengan tanda titik serta akan diucapkan dengan nada turut di akhir kalimatnya.

Fungsi Kalimat Deklaratif

Setelah kalian mengetahui pengertian dari kalimat deklaratif secara umum maupun pengertian dari para ahli tentunya kalian bisa menyimpulkan jika kalimat deklaratif memiliki fungsi yang secara khusus untuk menyampaikan suatu informasi. Baik itu, informasi dalam bentuk opini maupun dalam bentuk fakta memang dapat disampaikan melalui kalimat deklaratif.

Oleh karena itu, fungsi yang dimiliki oleh kalimat deklaratif akan berbeda dengan jenis kalimat lain yang ada di dalam bahasa Indonesia. Sebab, secara umum kalimat deklaratif akan memiliki fungsi seperti memberikan informasi berita yang isinya untuk menyampaikan beberapa hal penting seperti fakta, pernyataan maupun pendapat.

Dengan adanya informasi yang disampaikan, para pembaca maupun pendengar akan bisa lebih mudah mengetahui informasi ataupun suatu peristiwa yang terjadinya sesuai dengan fakta yang ada. Jadi, dalam hal ini keberadaan dari kalimat deklaratif mampu membantu orang yang membawakannya dalam proses memberikan informasi dengan lebih mudah dan juga tetap berguna.

Selain itu, dengan menyampaikan informasi menggunakan kalimat deklaratif mampu menjadikan para pembaca maupun pendengarnya untuk bisa lebih mudah memahami informasi yang akan mereka terima. Hal ini karena kalimat deklaratif sudah didukung dengan adanya suatu struktur kalimat yang sesuai dengan proses menyampaikan informasi.

SRI HAPSARI WIJAYANTI Bahasa Indonesia Penilsan Dan Penyajian Edisi Revisi

Ciri Kalimat Deklaratif

Layaknya jenis kalimat lainnya, kalimat deklaratif juga memiliki ciri tertentu. Tentunya ciri dari kalimat deklaratif ini bisa menjadi karakteristik yang dimilikinya, sehingga menjadikannya berbeda dengan jenis kalimat lainnya.

Nah, bagi kalian yang belum tahu apa saja sih sebenarnya ciri yang dimiliki oleh kalimat deklaratif tak perlu bingung akan hal tersebut karena penjelasan di bawah ini bisa membantu kalian untuk lebih paham lagi.

1. Memiliki Sifat Informatif

Kalimat deklaratif adalah suatu kalimat yang memiliki sifat informatif. Dimana sifat informatif yang dimilikinya bisa menjadi ciri khas yang paling terlihat. Hal ini karena pada dasarnya kalimat deklaratif memiliki isi tentang informasi yang disampaikan kepada khalayak umum, baik itu pendengar maupun pembaca.

Informasi yang akan disampaikan pada kalimat deklaratif akan sesuai dengan fakta yang terkadang juga akan diberi tambahan opini dari penulis atau pembicara yang menyampaikan kalimat tersebut. Selain itu, informasi yang disampaikan dalam kalimat deklaratif juga dapat disampaikan secara langsung oleh pelaku atau orang lain sesuai dengan apa yang mereka lihat dari penyampaian berita tersebut.

Walaupun demikian, penyampaian informasi pada kalimat deklaratif akan dituntut untuk menuliskan atau menuturkan sesuai dengan apa adanya jika memang informasi tersebut datang dari orang lain atau sumber lain. Hal ini akan menjadikan kalimat deklaratif tidak memiliki suatu sifat sensasi karena jika hal tersebut terjadi, maka bisa dibilang jika fungsi dari kalimat tersebut akan hilang.

2. Adanya Sifat Tidak Memaksa

Ciri-ciri yang berikut dari kalimat deklaratif adalah sifatnya yang tak memaksa. Itu artinya dalam menyampaikan informasi melalui kalimat deklaratif, maka kalimat tersebut tidak boleh dibuat dengan adanya paksaan kepada orang lain. Baik itu bagi pembaca maupun pendengar yang memberikan tanggapan dan lain sebagainya termasuk reaksi dari penerima informasi yang ada di dalam kalimat deklaratif.

Oleh karena itu, bagi penerima informasi bisa juga memberikan ekspresi reaksi secara bebas sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Atau bahkan bisa juga tidak memberikan reaksi apapun terhadap informasi yang disampaikan oleh sumber. Karena dengan bagaimanapun, kalimat deklaratif memiliki fungsi hanya untuk memberikan informasi tanpa perlu adanya tanggapan khusus.

3. Tidak Perlu Adanya Respon

Sebelumnya telah dijelaskan jika kalimat deklaratif tidak memiliki sifat memaksa, maka tujuan dari adanya penyampaian kalimat deklaratif oleh pembicara atau penulis hanya untuk memberikan informasi tertentu. Hal ini akan menjadikan kalimat deklaratif tidak perlu memberikan respons, baik itu dalam bentuk jawaban atau opini dari pembaca atau pendengarnya.

Hal tersebut dapat terjadi karena dalam kalimat deklaratif sudah ada informasi yang disampaikan secara jelas, lugas serta tidak berbelit-belit, sehingga pemilik informasi hanya perlu menyampaikan informasi dan tentunya tidak perlu menuntut adanya tanggapan dari pembaca maupun pendengar. Tentunya, Anda juga tahu jika kalimat deklaratif juga disebut sebagai kalimat berita yang memang tidak memiliki keharusan untuk menerima tanggapan apapun.

4. Adanya Informasi Netral

Selain beberapa ciri seperti yang dijelaskan sebelumnya, kalimat deklaratif juga memiliki intonasi yang netral atau datar. Meski dalam kalimat deklaratif memiliki isi tentang informasi yang lugas dan tegas.

Namun, intonasi penyampaian kalimat deklaratif tidak akan dibuat menjadi naik turun. Biasanya akan menggunakan intonasi yang netral atau datar layaknya orang berbicara pada umumnya.

Dalam proses penyusunan kalimatnya, kalimat deklaratif biasanya hanya menggunakan tanda baca titik di bagian akhir serta menggunakan koma jika memang diperlukan. Dalam kalimat deklaratif tidak memiliki tanda baca komplek, baik tanda tanya maupun tanda seru.

Dengan demikian penggunaan intonasi juga akan netral serta datar dengan harapan agar para pendengar maupun pembaca bisa lebih memahami informasi yang disampaikan.

5. Diakhiri Dengan Tanda Titik

Karakteristik yang terakhir dari kalimat deklaratif adalah akan diakhiri dengan tanda titik (.). Itu artinya, kalimat deklaratif akan memiliki intonasi yang datar seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Selain itu, adanya tanda baca titik juga bisa menunjukkan kepada para pembaca jika tidak perlu memberikan sebuah respon ketika mengetahui informasi dalam kalimat deklaratif.

Contoh Kalimat Deklaratif

Setelah tahu semua informasi mengenai kalimat deklaratif. Berikutnya kita akan mencoba mempelajari beberapa contoh kalimat deklaratif. Beberapa kalimat yang ada di bawah ini merupakan contoh kalimat deklaratif yang dikutip dari berbagai sumber.

  1. Dia adalah temanku. Ia tidak bekerja, karena sakit.
  2. Tidak ada penguin di kutub utara. Jakarta adalah Ibukota Indonesia.
  3. Pemuda dari Desa Wonorejo mengadakan liga sepak bola di lapangan desanya yang akan mulai diselenggarakan minggu depan.
  4. Hari ini, seluruh siswa di Kota Malang pulang lebih cepat karena kabut tebal akibat erupsi Gunung Semeru.
  5. Nanti akan ku kirim surat melalui pos.
  6. Ibu belum kembali dari pasar sejak pagi tadi.
  7. Pembagian rapor dilaksanakan pada hari senin minggu depan.
  8. Kenaikan harga tahu dan tempe yang akan dimulai pekan depan membuat para pengrajin tahu dan tempe mogok kerja.
  9. Kereta maglev merupakan moda transportasi darat tercepat di dunia.
  10. Tsunami Aceh adalah bencana tsunami terbesar dalam sejarah umat manusia.
  11. Ibu memasak di dapur menggunakan penggorengan yang kemarin aku beli di swalayan.
  12. Ubur-ubur kotak Australia memiliki racun yang bisa membunuh 60 orang dewasa.
  13. Kecelakaan mobil yang terjadi di ruas Tol Cipularang memakan korban setidaknya 20 orang lebih.
  14. Acara konser yang berlangsung di Sumatera beberapa waktu lalu dihentikan paksa karena diduga melanggar aturan dan protokol kesehatan.
  15. Hingga saat ini, tim BASARNAS terus melakukan upaya evakuasi karena bencana banjir yang terjadi di Jawa Barat.
  16. Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang baik untuk mencegah penyakit kanker.
  17. Polisi sedang menyelidiki penyebab kebakaran yang melalap habis daerah tersebut.
  18. Beberapa orang membantu mengangkat pohon yang roboh di jalanan arteri di Yogyakarta karena angin puting beliung beberapa menit yang lalu.
  19. Pagi tadi terjadi kecelakaan lalu lintas karena kabut tebal yang menghalangi pandangan. Antibiotik ditemukan yang ditemukan oleh Alexander Fleming pada tahun 1928 berhasil menekan angka kematian akibat infeksi.
  20. Kakak lupa membawa kunci kantornya padahal sudah berangkat 15 menit yang lalu.
  21. Honey badger memiliki kulit keras namun elastis, sehingga ia bisa kabur dengan mudah dari cengkraman singa.
  22. Pembangkit listrik tenaga angin adalah sumber energi paling ramah lingkungan karena tidak menghasilkan emisi gas sama sekali.
  23. Kedatangan Menteri Sosial tadi pagi guna menyerahkan bantuan kepada para pelaku UMKM yang terdampak Covid-19.

Nah, itulah beberapa rangkuman tentang penjelasan kalimat deklaratif. Mulai dari pengertian kalimat deklaratif, fungsi, ciri yang dimilikinya hingga contoh dari kalimat deklaratif sudah tersedia di sini lengkap penjelasannya. Dari pembahasan di atas dapat dikatakan bahwa kalimat deklaratif adalah kalimat yang berisi informasi dan diakhiri dengan tanda titik.

Jika ingin mencari berbagai macam buku tentang tata bahasa, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik nuryanto

Sumber:

  • https://penerbitdeepublish.com/kalimat-deklaratif/#Pengertian_Kalimat_Deklaratif_Menurut_Para_Ahli
  • https://www.kompas.com/skola/read/2021/08/20/132831769/pengertian-kalimat-deklaratif-dan-contohnya


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien