Bahasa Indonesia

Implikasi Adalah: Pengertian Hingga Contohnya Kehidupan Nyata

Written by Nandy

Implikasi adalah – Grameds seharusnya sudah memahami istilah “sebab-akibat”. Singkatnya, istilah tersebut mengacu kepada adanya suatu penyebab, baik itu peristiwa atau seseorang, yang menyebabkan terjadinya peristiwa lain. Peristiwa ini bisa bersifat baik atau buruk.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas sedikit mengenai implikasi, salah satu kata yang juga banyak digunakan untuk menjelaskan hubungan sebab-akibat. Di sini, Grameds akan difokuskan untuk mempelajari studi kasus hubungan sebab-akibat dari kata implikasi ini.

Jadi, kalian tidak akan mempelajari pengertian dari kata implikasi saja, melainkan juga mempelajari pada apa saja kata implikasi ini bisa diterapkan dalam studi kasus nyata. Semoga saja artikel ini bisa membawa manfaat bagi Grameds yang membutuhkan informasi mengenai topik ini.

Apa Itu Implikasi? 

Untuk mempelajari di mana saja implikasi bisa diterapkan, ada baiknya jika kita mempelajari definisi atau makna dari kata implikasi itu sendiri. Untuk itu, kita akan mencoba melihat definisi implikasi dari 2 jenis kamus, yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Kamus Oxford Bahasa Inggris.

Di KBBI, dijelaskan bahwa pada dasarnya implikasi adalah “keterlibatan atau keadaan terlibat”. Selain itu, kata implikasi dapat diartikan juga sebagai “yang termasuk atau tersimpul dan atau yang disugestikan, tetapi tidak dinyatakan”.

Sementara itu, kata implikasi pada Kamus Oxford Bahasa Inggris yang sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia memiliki arti sebagai “efek atau hasil yang mungkin dari suatu tindakan atau keputusan”, “sesuatu yang disarankan atau dinyatakan secara tidak langsung”, dan “fakta terlibat, atau melibatkan seseorang, dalam sesuatu, terutama kejahatan”.

Terlepas dari definisi terakhir yang terbilang cukup spesifik, Grameds bisa menyimpulkan bahwa implikasi dapat diartikan sebagai keterlibatan seseorang atau peristiwa yang menyebabkan hasil akhir tertentu. Oleh karena itulah dijelaskan tadi mengapa kata implikasi bisa termasuk ke dalam pengertian sebab-akibat.

Contoh Implikasi dalam Kehidupan Nyata

Setelah mempelajari definisi dari implikasi, sekarang kita akan mempelajari apa saja contoh implikasi di dunia nyata. Grameds akan mempelajari beberapa peristiwa yang pernah terjadi di dunia, dan melihat di balik hubungan sebab-akibat pada peristiwa terkait.

Peristiwa ini memiliki topik dasar yang berbeda, mulai dari olahraga, ilmu sosial, sains, politik dan lain sebagainya. Harapannya, Grameds bisa menemukan bahwa kata implikasi bisa digunakan dalam berbagai macam kasus dan peristiwa. Selamat membaca dan selamat belajar, Grameds.

Implikasi Polisi dalam Tragedi Kanjuruhan Malang

DetikSport

Peristiwa di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, yang terjadi pada 1 Oktober 2022 merupakan salah satu tragedi paling buruk dalam sejarah sepak bola dunia. Tercatat setidaknya 135 suporter tewas dan 583 mengalami luka ringan atau luka berat pasca pertandingan antara Arema Malang melawan Persebaya Surabaya.

Meskipun ada pernyataan bahwa suporter tewas karena tergencet dan jatuh dari tangga, fakta lain menyebutkan bahwa tidak sedikit suporter yang kehilangan nyawa karena terlalu banyak menghirup gas air mata yang ditembakkan polisi ke bangku suporter.

Di sini, ada implikasi atau dugaan keterlibatan bahwa polisi merupakan salah satu penyebab banyaknya suporter Arema Malang yang tewas di hari tersebut. Hingga saat artikel ini rilis dan ditulis, belum ada kepastian mengenai langkah lanjutan terkait cara agar peristiwa memilukan seperti ini tidak terulang lagi di masa mendatang.

Implikasi Masyarakat dalam Banjir di Jakarta

Media Indonesia

Banjir di Jakarta memang sudah menjadi peristiwa tahunan yang tampaknya akan sulit ditangani. Wajah di pemerintahan DKI Jakarta sudah sering bergonta-ganti, namun banjir masih menjadi salah satu masalah yang harus mereka hadapi dari tahun ke tahun dan sampai sekarang terlihat belum ada cara efektif untuk menangani hal ini.

Tidak sedikit masyarakat yang menyalahkan pemerintah DKI Jakarta karena gagal mengatasi banjir. Namun, dalam sejumlah kasus banjir, terlihat bahwa luapan sungai penyebab banjir dipenuhi oleh sampah dan merendam pemukiman warga yang tinggal di samping sungai.

Di sini, ada implikasi atau dugaan keterlibatan masyarakat Jakarta dalam menyebabkan banjir tahunan ini. Mereka masih sering membuang sampah ke sungai dan menyebabkan sungai meluap hingga banjir. Pembangunan rumah-rumah di tepi sungai juga bisa menyebabkan rumah mereka terendam ketika curah hujan deras.

Implikasi Kru Kapal dalam Tenggelamnya Kapal Titanic

Wikipedia

Kapal RMS Titanic merupakan salah satu kapal pesiar terbesar dan paling megah di awal abad ke-20. Naas, kapal yang saat itu memuat sekitar 2224 penumpang ini karam pada 15 April 1912. Setidaknya, 1500 penumpang Kapal Titanic  ditemukan tewas pada peristiwa karamnya kapal ini.

Diketahui Kapal Titanic karam setelah menabrak sebuah batu es berukuran raksasa sekitar pukul 23:40 waktu setempat. Setelah diselidiki, rupanya peristiwa menabraknya Kapal Titanic ke batu es ini tidak akan terjadi jika kru kapal mendengarkan arahan dari radio bahwa ada batu es di sekitar perairan di mana kapal sedang berlayar.

Di sini, ada implikasi atau dugaan keterlibatan kru kapal yang lalai dan memutuskan untuk abai terhadap peringatan tersebut. Karamnya Kapal Titanic disebut-sebut sebagai salah satu kecelakaan kapal paling buruk dalam sejarah manusia.

Implikasi Joe Biden dalam Berkuasanya Taliban di Afganistan

Deutsche Welle

Taliban adalah salah satu kelompok politik terbesar di Afganistan yang memiliki paham jihad dan islamis ekstrem. Kelompok Taliban sudah menjalankan pemberontakan terhadap pemerintahan Afganistan sejak tahun 2001, sebelum akhirnya bisa menguasai pemerintahan Afganistan secara utuh.

Keberhasilan Taliban menguasai pemerintahan Afganistan dikabarkan salah satunya akibat keputusan yang dibuat oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Joe Biden yang saat itu belum lama dilantik sebagai presiden, memutuskan menarik mundur tentara AS kembali ke tanah air mereka.

Di sini, ada implikasi atau dugaan keterlibatan Joe Biden yang terlalu gegabah mengambil keputusan, di mana saat itu keberadaan tentara AS-lah yang menjadi salah satu faktor sulitnya Taliban menembus pemerintahan Afganistan. Hingga saat artikel ini ditulis, Taliban masih menguasai pemerintahan Afganistan dan belum ada indikasi bahwa mereka akan mundur.

Implikasi Ratu Elizabeth dalam Keberadaan Persemakmuran Bangsa-Bangsa 

Britannica

Pasca meninggalnya Ratu Elizabeth II 8 September 2022 lalu, posisi tahta Kerajaan Inggris digantikan oleh putra tertuanya, yakni Charles III. Namun, transisi kepemimpinan ini menyebabkan banyak negara anggota Persemakmuran Bangsa-Bangsa yang ingin melepaskan diri dari asosiasi ini.

Meskipun masih belum terealisasi, rumor ini sudah berhembus kencang tidak lama setelah kematian Sang Ratu. Beberapa negara Persemakmuran Bangsa-Bangsa ini menilai kalau sudah saatnya mereka lebih independen dan tidak lagi bergantung dengan Inggris.

Di sini, ada implikasi atau dugaan keterlibatan Ratu Elizabeth dalam keberadaan Persemakmuran Bangsa-Bangsa. Negara anggota asosiasi ini menyatakan loyalitas mereka terhadap Sang Ratu dan bukan Sang Raja, sehingga mereka tidak merasa perlu mempertahankan status mereka. Meskipun demikian, belum diketahui pasti apakah hal ini akan terjadi atau tidak.

Implikasi Mao Zedong dalam Meninggalnya Puluhan Juta Orang di Tiongkok Karena Kelaparan

wikipedia

Voi

Tiongkok sempat mengalami sejarah kelam ketika negara tersebut harus menyaksikan rakyat mereka tewas satu per satu karena kelaparan, tepatnya pada sekitar tahun 1959 sampai 1961. Hal ini disebabkan karena saat itu, terdapat situasi kemarau dan gagal panen yang menyebabkan puluhan juta orang meninggal.

Sejarawan mengatakan kalau gagal panen ini salah satunya disebabkan karena adanya hama serangga yang memakan hasil panen petani di berbagai wilayah di Tiongkok. Semua ini bermula karena kebijakan Presiden Mao Zedong untuk membunuh semua hewan yang seharusnya membunuh hama serangga ini.

Di sini, ada implikasi atau dugaan keterlibatan Mao Zedong yang terlalu mudah membuat kebijakan tanpa memikirkan efek sampingnya. Akibatnya, populasi hama serangga meningkat drastis dan memakan hasil panen petani, karena tidak memiliki predator alami untuk membunuhnya.

Implikasi Mendur Bersaudara dalam Penyebaran Informasi Kemerdekaan Indonesia

kompas.com

Grameds yang paham betul sejarah Indonesia pasti sudah tahu kalau Indonesia menyatakan diri sebagai negara merdeka dan bebas dari penjajahan pada 17 Agustus 1945. Namun, faktanya kemerdekaan Indonesia tidak terdengar oleh negara lain sampai setahun mendatang.

Penjajah Jepang masih berusaha sekuat tenaga agar kemerdekaan Indonesia tidak tembus ke negara-negara lain. Namun, pada akhirnya, adalah sosok Frans Mendur, Alex Mendur dan rekan-rekannya yang menceritakan kepada dunia melalui foto-foto mereka bahwa Indonesia sudah merdeka.

Di sini, ada implikasi atau dugaan keterlibatan Alex Mendur, Frans Mendur dan rekan-rekannya dalam penyebaran informasi kemerdekaan Indonesia. Para fotografer jurnalistik ini bahkan sempat dikejar oleh penjajah Jepang untuk diambil fotonya. Hingga akhirnya, foto-foto ini berhasil disebarluaskan ke berbagai media dari negara lain setahun setelah diambil.

Implikasi Diego Maradona dalam Perpecahan Suporter Italia

pixabay

Diego Maradona adalah sosok legendaris dalam dunia sepak bola. Permainannya mampu menyihir siapapun yang menontonnya. Kiprahnya di berbagai kompetisi besar di dunia akan selalu ditunggu oleh penggemar, dan hal ini amat berlaku dalam turnamen Piala Dunia.

Pada Piala Dunia 1990, Diego Maradona yang membela Argentina, berhadapan dengan tuan rumah Italia dan bertanding di Kota Naples. Menariknya, ada sebagian suporter Italia yang malah mendukung tim lawan Argentina daripada mendukung negaranya sendiri.

Di sini, ada implikasi atau dugaan keterlibatan Diego Maradona dalam perbedaan dukungan ini. Diego Maradona, yang saat itu bermain untuk Napoli, klub dari Naples, sudah dianggap sebagai “Tuhan” di kota tersebut. Dan diketahui banyak dari suporter Italia ini yang merupakan penduduk Naples dan memutuskan untuk mendukung Argentina karena “Tuhan” mereka bermain di tim lawan.

Implikasi Manusia dalam Peningkatan Suhu Bumi

Unsplash

Planet Bumi, perlahan tapi pasti, terus menerus mengalami peningkatan suhu. Tercatat sejak memasuki tahun 1980-an, suhu Bumi mengalami kenaikan sebesar 0.32 derajat Celsius per tahunnya. Sebelum memasuki tahun tersebut, suhu Bumi hanya naik sebesar 0.14 derajat Celsius saja per tahunnya.

Penelitian mengungkapkan bahwa terdapat banyak sekali faktor yang menyebabkan meningkatnya suhu Bumi. Mulai dari asap polusi kendaraan, gas metana yang dihasilkan dari alam, sampai dengan berkurangnya pohon sebagai paru-paru dunia untuk menyerap beberapa gas berbahaya tersebut.

Di sini, ada implikasi atau dugaan keterlibatan manusia dalam meningkatnya suhu planet ini. Dikarenakan manusia yang terus meningkatkan penggunaan kendaraan bermotor dan justru mengurangi keberadaan pohon untuk kebutuhan lain, suhu Planet Bumi semakin meningkat dan kabarnya akan terus begitu.

Implikasi Cuaca dalam Ekosistem Makhluk Hidup

pixabay

Planet Bumi sudah eksis sejak miliaran tahun lamanya dan sudah pernah melewati banyak zaman dengan makhluk hidup yang berbeda di setiap zaman tersebut. Beberapa makhluk hidup yang hidup di periode berbeda ini adalah makhluk laut, dinosaurus, mamalia raksasa dan manusia.

Menariknya, banyak dari makhluk hidup ini yang tidak hidup di zaman atau periode yang sama. Seperti Dinosaurus misalnya, yang hidup di periode Mesozoikum tidak hidup berdampingan dengan mamalia raksasa dan manusia dari periode Senozoikum.

Di sini, ada implikasi atau dugaan keterlibatan cuaca dalam perbedaan makhluk yang hidup di tiap periode. Salah satu penelitian mengatakan Dinosaurus yang hidup di cuaca hangat tidak bisa menyesuaikan diri ketika suhu menurun, menyebabkan kepunahan mereka dan menjadi alasan mengapa semakin banyak mamalia yang hidup di dunia ini.

Implikasi Meteor dalam Punahnya Dinosaurus

National Geographic Kids

Masih dalam topik Dinosaurus, terdapat banyak sekali misteri yang menyelimuti reptil raksasa ini. Adapun yang paling sederhana adalah masih diperdebatkannya eksistensi Dinosaurus oleh sejumlah ilmuwan. Selain itu, alasan kepunahan Dinosaurus juga masih dipertanyakan banyak ilmuwan.

Selain karena alasan penurunan suhu yang sudah dijelaskan di atas, kabarnya meletusnya banyak gunung api di dunia juga menjadi salah satu penyebab punahnya Dinosaurus. Meskipun begitu, teori lain mengungkapkan bahwa ada benda asing yang menjadi penyebab utama punahnya reptil raksasa ini.

Di sini, ada implikasi atau dugaan keterlibatan meteor dalam kepunahan Dinosaurus. Hal ini dibuktikan adanya beberapa kawah meteor besar yang diduga menjadi pembunuh Dinosaurus, seperti yang ada di Arizona, Amerika Serikat. Meskipun begitu, masih perlu dibuktikan terkait benar atau tidaknya fakta ini dengan penelitian lebih lanjut.

Implikasi Musim Kemarau dalam Kelaparan Berkepanjangan di Afrika

pixabay

Meskipun pahit, kenyataannya adalah Benua Afrika memang dikenal sebagai benua miskin. Grameds sendiri mungkin juga sudah mengetahui bahwa di Benua Afrika, masih banyak orang-orang yang belum mendapatkan akses terhadap hal-hal pokok, khususnya makanan dan minuman.

Bencana kelaparan dan kekeringan selalu terjadi di Afrika. Meskipun begitu, hal ini dapat dikatakan sudah terlalu sering terjadi dan cukup sering terlihat sebagai headline di sejumlah media. Beberapa foto mengenai kelaparan di Afrika juga sudah sering tersebar di internet dan media sosial.

Di sini, ada implikasi atau dugaan keterlibatan musim kemarau terhadap bencana kelaparan berkepanjangan yang menimpa banyak penduduk di Benua Afrika. Hujan menjadi jarang turun karena musim kemarau yang tidak kunjung selesai ini, sehingga banyak wilayah di Afrika menjadi kering membuat warga sekitar kesulitan mencari air dan makanan.

Dengan ini, berakhir sudah artikel yang membahas mengenai implikasi. Grameds bahkan juga sudah mempelajari penerapan kata implikasi dalam beberapa peristiwa di dunia nyata. Semoga saja dengan ini, pemahaman Grameds terhadap kata terkait bisa semakin mendalam dan jelas.

Buku-buku dari Gramedia, #SahabatTanpaBatas, bisa kalian beli dan temukan di situs kami yakni gramedia.com. Kami berharap agar Grameds bisa selalu menemukan wawasan dan pengetahuan bermanfaat.

Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: M. Adrianto S. 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien