Bahasa Indonesia

Jenis dan Struktur Teks Prosedur Lengkap Dengan Contohnya!

struktur teks prosedur
Written by M. Hardi

Struktur teks prosedur – Grameds kalau belanja online seringnya beli apa? Gadget, buku, mainan, jajanan, baju, atau skincare? Apapun barangnya, kamu pasti pernah menemukan petunjuk penggunaan, cara membuka kotak, cara memasangkan barang, atau mungkin imbauan dan larangan di kotak paket dan bungkus barangnya, bukan? Nah fyi aja, semua itu merupakan macam-macam teks prosedur.

Yup, dalam artikel ini kita akan belajar struktur teks prosedur, pengertiannya, alasan kamu harus belajar teks ini, sampai jenis dan contoh teks prosedur. Sebenarnya materi ini pernah dipelajari di SMP dan SMA, tetapi tidak ada salahnya kita mengulanginya lagi karena teks prosedur sendiri tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita.

Apa itu teks prosedur dan mengapa kamu harus mempelajarinya?

Singkatnya, teks prosedur merupakan sebuah teks yang ditulis untuk memudahkan pembacanya melakukan suatu kegiatan atau aktivitas secara berurutan dan jelas. Dikarenakan berkaitan dengan kegiatan, biasanya teks ini memuat banyak kalimat perintah. Seperti yang dijelaskan oleh Kosasih dalam buku Jenis-Jenis Teks : Fungsi, Struktur & Kaidah Kebahasaan.

https://www.gramedia.com/products/smpmts-jenis-jenis-teks-fungsi-struktur-kaidah-kebahasaan?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Teks prosedur ini dapat membantu Grameds memahami hal-hal yang belum kamu ketahui, misalnya cara menggunakan barang-barang tertentu atau melakukan sebuah kegiatan yang cara penggunaannya masih belum jelas.

Contohnya seperti buku petunjuk penggunaan yang ada di dalam paket pembelian smartphone, laptop, mesin cuci, atau kulkas. Buku ini biasanya memuat informasi-informasi soal barang tersebut dan bagaimana cara mengoperasikannya.

Selain itu, bisa juga pada panduan memasak yang ada di bungkus-bungkus bumbu instan. Dengan adanya panduan ini, semua orang bisa memasak makanan bahkan buat yang belum pernah menyentuh dapur sama sekali.

Lebih jauh lagi, teks prosedur juga bisa digunakan untuk memelihara suatu budaya. Sejak dulu, nenek moyang kita mengajarkan budaya melalui petunjuk lisan atau teks tertulis, tapi umumnya diajarkan secara lisan, sih.

Misalnya cara melakukan tarian tradisional, memburu hewan sesuai dengan adat yang berlaku, atau membangun rumah dengan teknik-teknik tertentu. Semuanya diwariskan dari satu generasi ke generasi lain dengan teks prosedur.

Karena teks prosedur ini punya peran yang cukup penting dalam hidup manusia, maka Grameds harus mempelajarinya. Dengan begitu, kamu bisa mengajarkan suatu keterampilan atau budaya kepada orang lain sehingga ilmu yang kamu miliki bisa bermanfaat.

Bisa jadi suatu hari nanti kamu akan mengajarkan cara menulis buku yang baik, atau mungkin cara membuat nasi goreng spesial pakai telur, atau bahkan cara membaca buku yang efektif, atau kegiatan lain yang kamu kuasai.

Struktur Teks Prosedur

struktur teks prosedur

Sumber: Unsplash.com

Nah, sebelum kamu mengajarkan cara melakukan suatu aktivitas atau kegiatan pada orang lain, Grameds perlu belajar cara membuat teks prosedur terlebih dulu dan memahami struktur teks prosedur merupakan langkah yang paling awal. Sebab, tanpa mengetahui strukturnya, kamu akan kesulitan membuat teks prosedur yang lengkap dan jelas.

Ada beberapa pendapat soal struktur teks prosedur ini. Ada yang mengatakan strukturnya terdiri dari tiga bagian, tapi ada juga yang bilang empat bagian. Namun pada dasarnya kedua pendapat ini memiliki inti yang sama. Jadi apa saja struktur teks prosedur ini? Berikut penjelasannya.

Judul

Struktur teks prosedur yang pertama adalah judul. Judul dalam teks prosedur bisa merupakan nama benda atau sesuatu yang akan kamu buat (es krim), dan bisa juga cara melakukan sesuatu (cara membuat es krim yang enak).

Apapun bentuknya, judul yang baik harus memenuhi beberapa syarat. Pertama, judul harus relevan dengan isi tulisan. Kedua, berbentuk frasa. Ketiga, ditulis dengan singkat, jelas, dan bukan kiasan. Terakhir tidak mengandung makna ganda.

Tujuan

Berikutnya adalah tujuan. Di bagian ini biasanya terdapat informasi mengenai hasil akhir yang akan dicapai setelah semua langkah atau tahapan dilakukan. Selain itu, ada juga yang menambahkannya dengan informasi singkat mengenai topik yang akan dibahas.

Bagian tujuan umumnya ditulis dalam bentuk pernyataan singkat yang terdiri dari beberapa paragraf dan di dalamnya terdapat kata-kata yang dapat menarik perhatian pembacanya, seperti “mudah dilakukan” atau “bermanfaat, indah, cepat”, dan sebagainya. Dengan kata-kata tersebut, penulis berusaha menangkap minat pembaca kepada kegiatan atau produk yang akan dituliskan panduannya.

Bagian ini biasanya ditempatkan di bagian awal sebuah teks prosedur. Akan tetapi, sifatnya opsional. Ini berarti, Grameds boleh tidak menggunakan kalimat pengantar yang menjelaskan tujuan penulisan teks prosedur. Namun sebagai gantinya, kamu harus membuat judul yang menjelaskan tujuan tersebut.

Untuk lebih jelasnya, tengok dua contoh teks prosedur di bawah ini:

Contoh teks prosedur 1:
struktur teks prosedur

Contoh teks prosedur 2:

struktur teks prosedur

Sumber: gramedia.com

Dalam teks prosedur yang pertama, kamu bisa menemukan kalimat pengantar yang berisi penjelasan tujuan dari teks prosedur tersebut. Sementara dalam teks yang kedua, tujuan penulisannya tersirat di dalam judul.

Artinya, penulisan tujuan dan kalimat pengantar di bagian awal bersifat opsional. Namun, akan lebih baik lagi jika Grameds menambahkannya. Selain itu, menggunakan gambar di awal teks juga bisa menjadi cara untuk menjelaskan tujuan penulisan teks prosedur.

Material atau Bahan-bahan

Kemudian, yang ketiga adalah material atau bahan-bahan. Di bagian ini, biasanya penulis akan menjelaskan mengenai bahan-bahan yang akan digunakan, peralatan, atau material lain yang dibutuhkan untuk melaksanakan langkah-langkahnya yang dijelaskan. Bentuknya bisa berupa rincian, daftar, atau paragraf. Dan biasanya ditulis secara rinci agar pembaca mendapatkan hasil yang baik.

Bagian material atau bahan biasanya digunakan oleh pembaca teks prosedur untuk menentukkan apakah akan menjalankan langkah-langkah yang ada di dalam teks tersebut atau tidak. Sebab, pembaca tentu ingin tahu apakah material atau bahan yang dibutuhkan mudah didapatkan atau tidak.

Contoh bagian material atau bahan-bahan dalam teks prosedur adalah sebagai berikut:

Contoh 1:
struktur teks prosedurContoh 2:struktur teks prosedur

Sama seperti sebelumnya, bagian material atau bahan-bahan ini juga sifatnya opsional. Sebab kadang-kadang sebuah teks prosedur tidak membutuhkan bagian ini. Biasanya teks prosedur yang tidak memiliki bagian material atau bahan adalah teks prosedur yang menjelaskan cara melakukan sesuatu. Contohnya seperti cara memformat flashdisk di bawah ini:

struktur teks prosedur

Dalam teks prosedur yang menjelaskan cara memformat flashdisk di atas, bagian material atau bahan-bahan sengaja dihilangkan karena pembaca pasti sudah mempunyai atau mengetahui bahan-bahan yang diperlukan, yaitu flashdisk dan komputer.

Langkah-langkah / Tahapan

Selanjutnya adalah bagian langkah-langkah atau tahapan. Di bagian ini terdapat langkah yang perlu dilakukan oleh pembaca secara runtut dan selengkap mungkin. Tujuannya agar pembaca mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Bagian ini bisa ditulis dengan bentuk uraian paragraf dengan menggunakan kata-kata tertentu seperti “pertama, kedua, ketiga”. Selain itu, bisa juga ditulis dalam bentuk penomoran di setiap langkahnya.

Bagian langkah-langkah atau tujuan adalah bagian paling penting dari sebuah teks prosedur dan menjadi syarat wajib yang tidak bisa dihilangkan sama sekali dan di dalamnya penulis bisa menggunakan kata penghubung waktu, urutan, tujuan, atau menggunakan kalimat perintah, larangan, dan saran.

Contoh 1:
struktur teks prosedurContoh 2:

struktur teks prosedur

Sumber: gramedia.com

Dari dua contoh teks prosedur di atas, kamu bisa melihat bahwa penulisan bagian langkah-langkah atau tahapan bisa menggunakan dua cara, tetapi keduanya sama-sama menjelaskan setiap langkahnya secara rinci, sehingga pembaca tidak akan merasa kesulitan untuk mengikutinya.

Penutup

Terakhir, ada bagian penutup yang biasanya berisi ucapan selamat mencoba, good luck, dan sejenisnya. Ada juga penulis yang menekankan kesimpulan dari aktivitas atau kegiatan yang dibahas dalam teks prosedurnya.

Nah, untuk membantu kamu memahami struktur teks prosedur, kamu bisa membaca buku Jenis-Jenis Teks Analisis Fungsi. Struktur. Dan Kaidah yang ditulis oleh Dr. E. Kosasih, M.Pd. Dalam buku ini, masing-masing teks diulas dan dikaji berdasarkan struktur dan kaidahnya.

https://www.gramedia.com/products/jenis-jenis-teks-analisis-fungsi-struktur-dan-kaidah?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Jenis-jenis Teks Prosedur dan Contohnya

struktur teks prosedur

Sumber: Unsplash.com

Setelah memahami strukturnya, berikutnya kamu perlu mengetahui jenis-jenis teks prosedur. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui mana jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Seperti yang dijelaskan dalam buku 22 Jenis Teks Dan Strategi Pembelajarannya Di Sma-Ma/Smk karangan Dr. E. Kosasih, M.PD dan Drs. Endang Kurniawan, M.PD.

https://www.gramedia.com/products/22-jenis-teks-dan-strategi-pembelajarannya-di-sma-masmk?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Teks prosedur sendiri bisa dibagi menjadi dua, pertama berdasarkan isi dan tujuannya lalu yang kedua berdasarkan kerumitannya. Berdasarkan isi dan tujuannya, teks prosedur memiliki dua jenis, yaitu teks prosedur yang menggunakan alat/bahan dan teks prosedur untuk melakukan suatu aktivitas atau kegiatan.

Sementara berdasarkan kerumitannya, ada tiga jenis teks prosedur, yaitu sederhana, kompleks, dan protokol.

Teks Prosedur yang Menggunakan Alat/Bahan

Teks prosedur jenis ini biasanya memuat peralatan atau bahan-bahan yang diperlukan oleh pembaca agar dapat mengikuti setiap tahapan yang ada di dalam sebuah teks prosedur. Contohnya seperti cara membuat puding karamel, cara membuat kue, dan sebagainya.

struktur teks prosedur

Sumber: resepkoki.id

Teks Prosedur untuk Melakukan Suatu Aktivitas atau Kegiatan

Jenis teks prosedur ini biasanya digunakan untuk menjelaskan cara sesuatu bekerja atau cara melakukan sesuatu secara manual. Misalnya cara menggunakan mesin cuci otomatis, cara menyalakan komputer, cara memainkan game tertentu, dan sejenisnya.struktur teks prosedur

Sumber: aquajapan.id

Teks Prosedur Sederhana

Ini adalah jenis teks prosedur yang isinya terdiri dari beberapa langkah dan setiap prosesnya mudah untuk diikuti serta dipraktikan. Contohnya seperti cara membuat akun instagram, cara membuka pengaturan hp, dan yang lainnya.struktur teks prosedurTeks Prosedur Kompleks

Jenis teks prosedur kompleks biasanya mempunyai arahan-arahan yang detail dan terdiri dari banyak langkah untuk setiap tahapannya. Untuk menyelesaikan setiap tahapannya, Grameds harus benar-benar memperhatikan setiap arahan dengan teliti. Jenis teks ini biasanya digunakan untuk aktivitas yang melibatkan banyak pihak atau membutuhkan banyak dokumen.

struktur teks prosedurTeks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah jenis teks prosedur yang langkah atau tahapannya bisa dilakukan secara acak dan tidak harus terpaku pada urutannya. Artinya kamu bisa memilih langkah yang akan dilakukan pertama kali. Yang penting, tujuan akhirnya harus sama.struktur teks prosedurSeperti dalam membuat mie instan di atas. Saat memasak mie instan, kamu bisa mulai dengan memanaskan air terlebih dulu hingga mendidih, atau memasak air bersamaan dengan mie-nya, atau mulai dengan menuangkan bumbunya terlebih dulu. Yang manapun pilihannya, kamu akan bisa memasak mie instan dengan baik.

Demikian pembahasan tentang struktur teks prosedur, semoga bermanfaat untuk Grameds. Jika ingin mencari buku-buku tentang teks, maka kamu bisa menemukannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien