Bahasa Indonesia

Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, dan Contoh

teks deskripsi
Written by Elsya Islamay

Istilah deskripsi memang sudah tidak asing lagi. Jenis teks deskripsi ini bisa ditemukan di mana-mana. Ada banyak jenis-jenis teks di dalam sebuah tulisan. Pada dasarnya, deskripsi adalah menjabarkan tentang sesuatu. Namun bagaimana dengan penerapannya pada tulisan? apa yang membedakannya dengan jenis teks lainnya? Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang teks deskripsi beserta contohnya.

Pengertian Teks Deskripsi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, deskripsi adalah jenis tulisan yang menggambarkan atau menjelaskan tentang suatu hal, objek atau keadaan tertentu. Deskripsi juga bisa diartikan sebagai kaidah pengolahan data menjadi sesuatu yang bisa diutarakan dengan jelas dan tepat agar mudah untuk dipahami oleh orang lain.

Teks deskripsi adalah teks yang dimana ide utamanya merupakan penyampaian dengan menggambarkan objek, tempat dan peristiwa tertentu dengan sangat rinci. Dengan begitu, pembaca bisa seolah-olah merasakan baik secara fisik maupun emosi secara langsung dengan apa yang dijelaskan di dalam teks.

Secara etimologis, istilah deskripsi berasal dari bahasa latin yaitu ‘describere’ yang memiliki arti menggambarkan atau memberikan penjelasan mengenai sesuatu. Menurut Henry Guntur Tarigan, deskripsi adalah tulisan yang bisa menggambarkan sebuah cerita dengan tujuan mengajak pembaca supaya bisa memahami, merasakan dan menikmati sesuatu yang dibicarakan di dalam teks, seperti aktivitas, emosi dan lain-lain.

Menurut Gorys Keraf, deskripsi adalah suatu tulisan yang digunakan untuk menyampaikan hal atau objek yang dibicarakan sehingga pembaca bisa seperti melihat sendiri objek yang digambarkan tersebut secara langsung. Penulis teks deskripsi harus bisa memindahkan hasi perasaan, rincian wujud yang ditemukan pada suatu hal atau objek.

Menurut Felicia Nuradi, deskripsi merupakan tulisan yang memiliki tujuan untuk menggambarkan bentuk objek pengamatan, sifat, rasa dan corak dengan mengandalkan panca indra manusia dalam proses penjelasannya. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, deskripsi adalah suatu pemaparan, uraian atau penggambaran dengan kata-kata yang tertulis jelas dan rinci.

Dengan menulis teks deskripsi bisa jadi pembelajaran untuk penulis itu sendiri. Hal ini karena menulis teks deskripsi berarti membantu dalam melatih kepekaan karena penulis menjelaskan nyata suatu objek atau suasana tertentu. Selain itu, dengan menulis teks deskripsi bisa juga melatih kita untuk bisa melihat rinci dari unsur-unsur benda atau bentuk secara konkret.

Teks deskripsi juga memiliki tujuan yaitu untuk menggambarkan suatu hal yang berkaitan dengan pengalaman berdasarkan hasil pengamatan seluruh panca indera. Baik merasakan, mendengar, meraba dan melihat. Dari situ penulis bisa menciptakan daya khayal pembaca sehingga mereka bisa merasakan langsung apa yang dibahas di dalam teks.

Dalam menulis teks deskripsi, penulis dituntut untuk menggambarkan objek dengan sangat rinci. Hal ini karena teks deskripsi memiliki tujuan untuk menciptakan pengaruh panca indera pembaca sehingga bisa menghasilkan kesan tertentu berdasarkan imajinasi dari masing-masing pembaca.

Selain teks deskripsi, ada juga ranah lain yang berhubungan dengan deskripsi yaitu statistika deskriptif. Umumnya, statistika deskriptif ditujukan untuk penelitian. Buku yang ditulis oleh Syofian Siregar ini bisa membantu bagi orang yang ingin memahami statistik deskriptif hingga pemecahan masalahnya.

Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, dan Contoh 1

beli sekarang

Selain buku karya Syofian Siregar, statistika deskriptif juga dijelaskan oleh Sisi Silvia. Di dalamnya, Silvia menjabarkan tentang pemahaman statistika deskriptif dan juga cara membuat tabel dan grafik.

Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, dan Contoh 2

banner-promo-gramedia

beli sekarang

Ciri-ciri Tteks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki ciri-ciri yang bisa memudahkan pembaca untuk mengenali jenis teksnya. Berikut adalah ciri-ciri teks deskriptif:

  • Teks deskripsi berisi tentang penjabaran atau penggambaran pada suatu objek, misalnya benda, tempat, suasana dan lain-lain.
  • Teks deskripsi berisi tentang penjelasan yang melibatkan seluruh panca indera, penglihatan, pendengaran, penciuman, sampai perabaan.
  • Teks deskripsi berisi tentang pemaparan dari ciri-ciri fisik dan sifat suatu objek dengan secara rinci dan jelas.
  • Teks deskripsi membuat pembaca seolah-olah bisa merasakan bahkan mengalami langsung kejadian yang digambarkan di dalam teks.
  • Teks deskripsi umumnya berisi kata-kata khusus untuk menggambarkan objek dengan serinci mungkin. Misalnya menuliskan tentang warna, merah keabuan, biru keungu-unguan dan lain-lain.
  • Teks deskripsi juga bisa menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Misalnya, Pak Dadang adalah seorang kepala sekolah yang tegas.
  • Teks deskripsi mengandung kata sifat yang berguna untuk menggambarkan. Misalnya, dua kaos merah, seorang siswa rajin dan lain-lain.
  • Teks deskripsi bisa menggunakan kata kerja transitif dalam memberikan informasi suatu subjek. Misalnya, murid itu mengenakan seragam putih abu-abu.
  • Teks deskripsi mengandung kata kerja perasaan dan pendapat yang bertujuan untuk mengungkapkan pandangan pribadi si penulis terhadap subjek yang dituliskan. Misalnya, saya pikir blackie adalah anjing yang cerdas, saya yakin buku ini bisa menjawab masalah yang kamu miliki, dan lain-lain.
  • Teks deskripsi mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan misalnya, dengan kencang, di lapangan, di sore hari, dan lain-lain.
  • Teks deskripsi mengandung bahasa kiasan atau metafora. Misalnya, kulitnya putih seputih salju, mobil ini cepat seperti cheetah, dan lain-lain.

Struktur Teks Deskriptif

Teks deskripsi juga memiliki struktur dalam penulisannya, yaitu:

  • Judul: judul pada paragraf deskriptif setidaknya harus mengandung tiga aspek yaitu relevan, provokatif atau menarik dan juga singkat. Judul dari karangan melambangkan cerita yang merupakan sebuah ringkasan tersirat dari seluruh tulisan. Judul ini memiliki fungsi sebagai daya tarik minat dan suatu nama yang bersifat promosi.
  • Identifikasi: penentuan identitas dari orang, objek dan benda lainnya,
  • Klasifikasi: sebuah unsur penyusun dengan sistem dari suatu kelompok yang sesuai kaidah dan standar yang sebelumnya sudah ditetapkan.
  • Deskripsi: berisi gambaran-gambaran atau penjelasan tentang objek atau hal yang dibahas di dalam teks.
  • Kesimpulan: kesimpulan adalah penegasan pada hal yang dianggap penting. Kesimpulan bisa dicantumkan atau tidak.

Jenis-jenis Teks Deskriptif

Berdasarkan isi teksnya, teks deskripsi dibedakan lagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah jenis-jenis teks deskripsi.

  • Deskripsi subjektif: teks deskripsi subjektif merupakan teks deskripsi yang menggambarkan suatu objek berdasarkan atas kesan yang dimiliki oleh penulis tersebut.
  • Deskripsi Spatial: teks deskripsi spatial adalah teks deskriptif yang hanya menggambarkan objek seperti tempat, ruangan atau suatu benda.
  • Deskripsi objektif: teks deskripsi objektif adalah teks deskriptif yang menggambarkan objek sesuai dengan keadaan sebenar-benarnya, sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan tanpa ada embel-embel dari opini penulis.
  • Deskripsi imajinatif: teks deskripsi imajinatif adalah teks yang berisi tentang gambaran atau lukisan suatu tempat berlangsungnya suatu kejadian. Penggambarannya harus dilihat dari berbagai segi sehingga tempat tersebut bisa tergambar dengan jelas baik dalam pikiran pembaca maupun perasaannya.
  • Deskripsi faktual: teks deskripsi faktual adalah teks deskripsi yang menggambarkan suatu objek baik halal maupun orang dengan mengungkapkan identitasnya apa adanya, sehingga pembaca bisa membayangkan keadaan yang sebenar-benarnya.

Menulis Teks Deskripsi

Menulis teks deskripsi ada tahapan-tahapan yang bisa memudahkan penulis untuk menyusun teks deskripsi dengan baik. Berikut adalah tahapan-tahapan menulis teks deskripsi.

  • Pertama-tama penulis harus memilih topik yang ingin dijadikan sebagai dasar untuk penggambaran dalam teks.
  • Selanjutnya penulis harus mengamati objek yang ingin dideskripsikan.
  • Penulis juga harus mengumpulkan data-data seperti angka, grafik, ilustrasi atau statistik.
  • Selanjutnya, penulis menetapkan pola pengembangan paragraf yang sesuai.
  • Setelah itu, penulis menyusun kerangka paragraf yang terdiri dari gagasan awal.
  • Penulis mengembangkan kerangka paragraf menjadi suatu paragraf yang utuh dengan menggunakan kalimat yang padu dan juga logis.
  • Tahap yang terakhir adalah pemberian judul.

Bagi mahasiswa yang sedang menulis karya ilmiah dan bingung bagaimana menuliskan latar belakang yang persuasif bisa membaca buku karya Hafiz Gunawan.

Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, dan Contoh 3

beli sekarang

Contoh Teks Deskrisi

1. Teks deskripsi tentang hewan

Citah

Citah adalah hewan yang merupakan salah satu anggota keluarga kucing. Mereka adalah kucing besar asli dari Afrika dan Irang tengah. Citah menjadi hewan darat tercepat yang diperkirakan mampu berlari dengan kecepatan 80 hingga 128 km/jam.

Mereka memiliki tubuh yang dirancang untuk bisa berlari cepat, tubuhnya yang ringan, kakinya yang panjang dan kurus serta memiliki ekor yang panjang. Biasanya mereka memiliki panjang tubuh sampai 1,5 m.

Citah dewasa memiliki berat sampai 72 kg. Kepalanya berbentuk kecil dan bulat, memiliki moncong pendek dan garis-garis hitam yang terlihat seperti bentuk air mata. Warna kulitnya merupakan kuning kecoklatan sampai putih krem atau pucat dan sebagian besar ditutupi dengan bintik-bintik hitam yang memiliki jarak yang sama.

Citah hidup dalam tiga kelompok, betina dan anaknya, koalisi jantan dan jantan soliter. Betina citah menjalani kehidupan nomaden. Mereka mencari mangsa di wilayah jelajah yang luas.

Sedangkan pejantan citah lebih banyak menetap dan membangun wilayah yang kecil namun dengan mangsa yang berlimpah dan juga akses terhadap citah betina. Citah adalah hewan yang aktif di siang hari, terutama saat fajar dan senja.

Mereka hewan yang bisa memakan mangsa mulai dari ukuran kecil hingga sedang, bahkan sampai 40kg. Mereka lebih menyukai mangsa yang berukuran sedang seperti impala, dan rusa. Citah biasanya mengintai mangsa mulai dari jarak 60-70 m, menyerbu ke arahnya lalu menjegalnya selama pengejaran.

Setelah itu mereka akan menggigit tenggorokannya hingga mangsanya mati. Betina citah hamil dalam kurun waktu tiga bulan dan bisa melahirkan tiga sampai empat anak. Anak citah ini sangat rentan dimangsa oleh hewan lainnya seperti hyena atau singa. Anak citah akan disapih pada usia empat bulan dan mulai mandiri pada usia 20 bulan.

2. Teks deskripsi tentang seseorang

Michael Jackson

Michael Joseph Jackson, atau yang lebih akrab disapa MJ, lahir pada 29 Agustus 1958 adalah seorang penyanyi, penari dan penulis lagu dari Amerika. Ia dijuluki sebagai Raja pop, ia juga dianggap sebagai salah satu tokoh budaya paling penting pada abad ke-20.

Selama meniti karir dalam empat dekade, kontribusinya pada musik, tari dan mode, membuatnya menjadi tokoh global dalam budaya populer. Michael Jackson juga mempengaruhi seniman baik di bidang musik dan artis visual.

Dia adalah orang yang mempelopori gerakan tarian yang cukup rumit seperti moonwalk, dan robot. Pria yang wafat pada tahun 2009 ini menjadi salah satu artis musik yang paling banyak mendapat penghargaan dalam sejarah musik.

Anak kedelapan dari keluarga Jackson, Michael Jackson pertama kali membuat debut profesionalnya pada tahun 1964 dengan kakak laki-lakinya Jackie, Tito, Jermaine, dan Marlon sebagai anggota Jackson 5.

Jackson memulai karir solonya pada tahun 1971 saat di Motown Records, dan menjadi bintang solo dengan album 1979 Off the Wall. Video musiknya, “Beat It”, “Billie Jean”, dan “Thriller” dari album Thriller 1982-nya, dikreditkan dengan memecahkan hambatan rasial dan mengubah media menjadi bentuk seni dan alat promosi.

banner-promo-gramedia

Dia membantu mendorong kesuksesan MTV dan terus berinovasi dengan video di album Bad (1987), Dangerous (1991), dan HIStory: Past, Present and Future, Book I (1995). Thriller adalah salah satu albumnya yang menjadi album terlaris sepanjang masa, sementara Bad adalah album pertama yang menghasilkan lima single nomor satu Billboard Hot 100 AS dengan “I Just Can’t Stop Loving You”, “Bad”, “The Way You Make Me Me Feel”, “Man in the Mirror”, dan “Dirty Diana”.

Dari akhir 1980-an, Jackson menjadi sosok yang penuh kontroversi dan spekulasi karena perubahan pada penampilannya, hubungan, perilaku dan gaya hidupnya. Pada tahun 1993, ia pernah dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak seorang teman keluarga.

Namun, gugatan itu diselesaikan di luar pengadilan sipil, dan Michael Jackson tidak didakwa karena kurangnya bukti dalam kasus tersebut. Pada tahun 2005, ia diadili dan dibebaskan dari tuduhan pelecehan seksual anak lebih lanjut dan beberapa tuduhan lainnya.

Pada tahun 2009, saat mempersiapkan serangkaian konsernya Michael Jackson meninggal karena overdosis propofol yang diberikan oleh dokter pribadinya, Conrad Murray. Murray kemudian dihukum karena pembunuhan tidak disengaja.

Michael Jackson adalah salah satu artis musik terlaris sepanjang masa, dengan perkiraan penjualan lebih dari 400 juta rekaman di seluruh dunia. Dia memiliki 13 single nomor satu Billboard Hot 100, lebih banyak dari artis pria lainnya di era Hot 100, dan merupakan artis pertama yang memiliki single sepuluh besar di Billboard Hot 100 dalam lima dekade berbeda.

Penghargaannya termasuk 15 Grammy Awards, Juno Award, enam Brit Awards, Golden Globe Award, dan 39 Guinness World Records, termasuk “Artis Paling Sukses Sepanjang Masa”.

Induksi Jackson termasuk Rock and Roll Hall of Fame dua kali, Vocal Group Hall of Fame, Songwriters Hall of Fame, Dance Hall of Fame (satu-satunya artis rekaman yang dilantik), Black Music and Entertainment Walk of Fame dan Hall of Fame Musik Rhythm dan Blues.

Pada tahun 2016, tanah milik Michael Jackson menghasilkan $825 juta, jumlah tahunan tertinggi untuk seorang selebriti yang pernah dicatat oleh Forbes.

3. Teks deskripsi tentang tempat Positano

Positano adalah sebuah desa dan komune di Pantai Amalfi di Campania Italia. berkat posisinya, Positano memiliki iklim yang sangat sejuk, bertipe Mediterania; musim dingin di Positano juga sangat hangat dengan suhu minimum yang hampir tidak pernah turun di bawah 6 °C derajat.

Positano memiliki musim panas yang panjang, hangat dan cerah tetapi sering disegarkan oleh angin laut. Berkat suhu yang sejuk dan keindahan pemandangannya, Positano telah menjadi destinasi liburan sejak zaman Kekaisaran Romawi, terbukti dengan ditemukannya sebuah vila di teluk.

Ciri khasnya adalah banyaknya anak tangga yang berasal dari atas desa, anak tangga itu menghubungkan distrik atas dengan daerah lembah. Pantai utama di Positano adalah Spiaggia Grande, Fornillo, La Porta, Fiumicello, Arienzo, San Pietro, Laurito dan Remmese.

Baca juga :

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

banner-promo-gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien