Bahasa Indonesia

Jenis Komik: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Ciri-Ciri Komik
Written by Ananda

Jenis Komik – Kawan-kawan pasti sudah familiar dengan komik. Betul sekali bacaan bergambar itu merupakan hiburan bagi kawan-kawan di manapun berada. Bahkan tahu tidak penggemar komik bukan saja dari anak-anak, namun orang dewasa juga suka membaca komik.

Sama seperti film yang dibuat tidak lepas dari konteks sosial, komik pun demikian. Komik memegang peran penting dalam kehidupan masyarakat. Dari media komik ajaran kehidupan diajarkan dan dilestarikan kepada setiap generasi.

Secara tegas komik dibuat dengan berbagai konteks sosial, ekonomi dan politik, pada masa-masa yang berbeda, karena dia berkesimpulan bahwa mengkaji komik akan memberi gambaran mengenai mentalitas suatu bangsa. Komik selalu mengikuti perkembangan zaman dari dulu hingga sekarang.

Pengertian Komik

Sekarang komik tidak hanya dicetak dalam bentuk kertas saja. Namun perkembangan teknologi komik diproduksi dan didistribusikan melalui CD Rom. Bahkan sekarang ini juga bisa didapatkan melalui daring melalui layanan langganan. Tapi belum banyak yang tahu apa itu Komik? Jenis Komik? Fungsinya.

1. Wil Eisner

Bahwa komik adalah bentuk seni; seni berturutan. gambar-gambar dan lambang-lambang lain yang terjukstaposisi (berderetan/bersebelahan, istilah yang sulit dalam sekolah seni) dalam urutan tertentu, bertujuan untuk memberikan informasi dan/ atau mencapai tanggapan estetis dari pembaca.

2. Muhammad Natsir Setiawan

Komik secara umum adalah cerita bergambar dalam majalah, surat kabar, atau berbentuk, yang pada umumnya mudah dicerna dan lucu.

3. Marcel Danesi

Komik adalah narasi yang dibuat melalui beberapa gambar yang diatur di dalam garis-garis horizontal, strip atau kotak (panel), dan teks verbal dari kiri ke kanan (runtut).

4. Franz dan Eisner

Susunan cerita yang bergerak melalui gambar-gambar yang ditampilkan secara berurutan. Lebih dari itu gambar-gambar yang ada dipadukan dengan kata-kata pamungkas.

5. Scout Mc Cloud

Komik adalah sekumpulan gambar statis (tidak bergerak) disusun rapi dan berhubungan antar gambar satu dengan lainnya. Cara menghubungkan antara gambar satu dengan lainnya menggunakan teknik bercerita.

Ciri-ciri Komik

Kawan-kawan pecinta komik disini juga ada lho ciri-ciri yang bisa kamu kenali lebih lanjut. Apa saja itu ciri-cirinya yuk kita bahas.

1. Perpaduan Cerita dan Bahasa

Secara penampilan komik memiliki dualisme yang bisa kawan kawan amati. Komik memiki ciri khas pada kombinasi antara gambar (visual) dan teks. Keduanya saling bekerja sama menciptakan kreatifitas yang membuat para pecinta komik selalu ingin membaca.

2. Mengaduk Emosi Pembaca

Gaya penceritaan yang memikat ditambah dengan gambar manjadi daya tarik tersendiri. Komik enggak afdhol kalau tidak ada gambarnya. Namun kenapa harus ada cerita?

Ya gaya penceritaan yang mengaduk emosi pembaca sangat diperlukan sebagai alur dalam komik. Gambar menjadi penegasan terhadap emosi yang ada pada penceritaan.

3. Memakai Bahasa Percakapan

Gaya bahasa yang digunakan dalam penceritaan komik juga unik. Uniknya gaya bahasa yang digunakan tidak begaya tulisan. Sebaliknya gaya bahasa pada komik menggunakan bahasa percakapan.

Jadi walaupun mungkin pembahasan berat mengenai politik, percintaan, konflik sosial dan sebagainya, komik tetap ramai peminatnya.

4. Bertema Kepahlawanan

Ciri khas yang dapat dikenali lagi adalah komik selalu bertemakan tentang kepahlawanan. Segmentasi pasar yang memang banyak sekali dari anak-anak terutama membuat komik mengangkat tema-tema heroik.

Selain agar tetap eksis, tujuannya agar anak-anak punya semangat dan daya juang dalam melakukan kebaikan. Bahkan tidak hanya ranah itu saja, melainkan pada ranah pemikiran dan filosofis.

5. Penggambaran Karakter Tokoh

Teknik penggambaran tokoh yang sangat brilian adalah ciri khas daripada komik. Hampir semua komik yang dibuat selalu menciptakan tokoh kepahlawanan yang dikenang oleh pembaca komik.

Seperti halnya yang sudah kita kenal tokoh Kepahlawanan di komik DC dan MCU. Komik DC seperti The Flash, Aquaman, Deadstroke, Deadpool, Iron Man, The Atom, Ant Man, Vision, Red Tornado, Green Arrow dan Hawkeye serta masih banyak lagi. Belum komik-komik yang berasal dari negara lain seperti Jepang atau bahkan dalam negeri sendiri seperti Bima X.

6. Mengundang Gelak Tawa

Humor adalah kekuatan besar yang ditawarkan oleh komik. Karakteristik yang mendarah daging ini menjadi ciri khas karya komik. Tidak mengherankan banyak sekali yang suka komik karena memang untuk menghibur siapa saja.

Jenis-jenis Komik

Ada banyak jenis komik yang biasanya dibuat. Setiap jenis memiliki tujuan dan ideliasasinya sendiri mengapa komik itu dibuat. Namun perbedaan jenis satu dan lainnya berguna juga untuk memberi banyak pilihan pada pembaca.

1. Komik Strip

Jenis komik ini disebut juga dengan komik potongan. Karena hanya memuat beberapa panel saja. Lebih tepatnya hanya ada 3 sampai 6 panel saja dibuat. Komik jenis ini banya terdapat pada media online. Kamu dapat menghabiskan komik Strip hanya beberapa menit. Hal ini memang dikarenakan cerita yang diangkat juga tidak berat.

2. Komik Buku

Berbeda dengan komik Strip yang hanya menampilkan 3 sampai 6 panel saja, komik buku bisa sampai ratusan panel. Banyaknya panel pada komik ini karena penceritaannya yang lebih kompleks. Sehingga butuh banyak panel untuk menggambarkan cerita.

Komik buku bisa saja dibuat dalam beberapa series. Bisa sampai berpuluh series dalam satu jenis komik buku. Walau komik ada yang berkelanjutan sampai seperti tidak ada tamatnya, ada juga komik yang hanya selesai satu buku.

3. Komik Humor dan Petualangan

Komik humor dan petualangan banyak diminati oleh anak-anak. Oleh karena komik jenis ini menawarkan kelucuan bagi anak-anak. Baik dari teks-teks percakapan yang sering mengundang gelak tawa. Sense of humor sangat tinggi hingga disebut sebagai komik humor.

Sedangkan untuk komik petualangan seringkali menceritakan pertarungan antara protagonis dan antagonis. Petualangan menakjubkan berupa seperti pencarian, pembelaan, perjuangan perkelahian atau pun aksi yang lain yang termasuk jenis petualangan. Komik petualangan seringkali berakhir dengan kemenangan dari si protagonis yang berhasil mengalahkan sang antagonis.

4. Komik Biografi dan Ilmiah

Komik Biografi biasanya menceritakan seorang tokoh legendaris yang semasa hidupnya memiliki keteladanan hidup. Kisah kehidupan tokoh yang ditampilkan melalui gambar berkisah.

Sementara itu komik ilmiah menceritakan tentang suatu penemuan ilmiah. Gaya penulisan kisah komik biasanya merupakan percampuran antara ilmiah dan narasi. Contoh komik yang berisi campuran dari komik dan narasi antara lain penemuan listrik, penemuan lampu, penemuan telepon dan lain sebagainya.

5. Komik Edukasi

Komik jenis ini bertemakan tentang edukasi tentang suatu hal. Biasanya sangat bersifat informatif karena memang bertujuan memberi tahu kepada yang lain tentang suatu pengetahuan. Misalnya saja pengetahuan tentang bagaimana pendidikan seks di usia dini.

6. Komik Promosi (Iklan)

Komik yang dibuat untuk kepentingan promosi sebuah produk barang atau jasa. Promosi yang dilakukan dengan menggunakan komik tentu saja dikemas dalam bentuk gambar visual berurutan.

Namun di dalam komik menyertakan iklan produk barang dan jasa. Tujuannya agar pembeli atau pengguna jasa tahu bagaimana kegunaan sebuah produk barang dan jasa. Banyak sekali yang menggunakan komik sebagai tempat mengiklankan produk mereka sendiri.

7. Komik Wayang

Komik berusaha untuk melestarikan budaya Nusantara khususnya Jawa terkait dengan dunia pewayangan. Cerita yang dibuat seputar pewayangan seperti Mahabharata, Ramayana, Pandhawa Lima, Semar, Petruk, Gareng, dan sebagainya.

8. Komik Silat

Komik jenis ini berkisah tentang pertarungan antar jagoan silat. Genrenya termasuk petualangan. Kebanyakan ditandai dengan banyaknya adegan laga atau Action dalam komik ini. Seperti yang kawan kawan tahu bahwa Naruto, One Piece, Dragon Ball dan lain sebagainya termasuk dalam kategori komik silat.

9. Komik Tahunan

Komik jenis ini muncul tiap setahun cuma sekali. Karena muncul atau terbitnya cuma sekali dalam setahun biasanya komik yang ditunggu-tunggu kehadirannya. Kualitas komik Tahunan tinggi dan bergengsi sehingga hanya muncul setahun sekali.

10. Komik online

Komik yang terbit secara terus menerus di media online. Akses terhadap komik online menggunakan sambungan internet. Hal ini dikarenakan diterbitkan di sebuah website yang isinya komik online.

Perkembangan teknologi seperti sekarang ini memungkinkan membaca komik dimana dan kapan saja. Hanya berbekal smartphone yang ada di genggaman kawan kawan bisa menikmati komik online.

Fungsi Komik

Komik memiliki fungsi dalam kehidupan manusia baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Setidaknya ada empat fungsi dari adanya komik sebagai berikut:

1. Menghibur

Komik dibuat pada dasarnya untuk menghibur siapa Saja. Tidak peduli anak-anak, remaja, orang dewasa tetap fungsi komik adalah menghibur. Hiburan yang ditawarkan oleh komik adalah sekumpulan gambar statis yang memiliki alur cerita yang unik.

2. Mencerdaskan

Komik selain berfungsi sebagai penghibur, juga sebagai alat untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dari komik yang berlatar sejarah tokoh misalnya, mengajarkan kecerdasan bagi peminat komik. Selain itu pula banyak pembuat komik menyalurkan pengajaran di komik. Hal ini tentu saja komik menjadi berperan penting dalam mencerdaskan anak-anak sebuah negeri.

3. Mengabarkan

Ya, komik berfungsi sebagai penyalur suatu informasi kepada orang yang belum tahu. Dari komik yang dibuat, peminat komik mendapatkan informasi baru tentang suatu hal. Komik memang bersifat informatif namun dengan penyampaian yang lebih unik.

4. Melatih Sinkronisasi

Adanya komik bagi si pembuat komik maupun peminat ternyata sangat keren. Hal ini dikarenakan komik mengajak menyatukan antara teks abstrak dan visualisasi statis yang real sesuai dengan alur cerita. Komik melatih otak untuk melakukan terus Sinkronisasi ide dalam setiap percakapan teks dan gambar.

5. Mengisi Hari dengan Bahagia

Tidak bisa dipungkiri bahwa komik telah mengisi masa kanak-kanak yang mengasyikkan dan penuh kebahagiaan. Ketika kecil hanya dengan membaca komik saja kawan kawan sudah merasa senang sekali. Dulu ingat sekali bukan kawan kawan selalu menunggu edisi terbaru tentang komik Doraemon yang terbit secara berkelanjutan? Ia adalah momen-momen yang penuh kebahagiaan bukan?

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Komik dan Manga Favorit di Gramedia Digital 
  2. Rekomendasi Komik Lokal Indonesia yang Nggak Kalah Seru 
  3. Pengertian Komik: Jenis, Perkembangan, Genre, dan Contoh 
  4. Komik One-Shot Seru yang Harus Dikoleksi

Contoh-contoh Komik

Berikut ini adalah contoh komik yang sudah kawan kawan ketahui tentang pengertian, ciri-ciri, jenis hingga fungsinya. Sekarang kawan-kawan inilah contoh komik berdasarkan jenis-jenisnya.

1. Komik Edukatif

Ciri-Ciri Komik

sehatnegeriku.kemkes.go.id

2. Komik Biografi

Ciri-Ciri Komik

m.webtoons.com

3. Komik Petualangan

Ciri-Ciri Komik

bp-guide.id

4. Komik Wayang

Ciri-Ciri Komik

kaorinusantara.or.id

5. Komik Humor

Ciri-Ciri Komik

merdeka.com

Jadi begitulah kawan kawan pembahasan tentang pengertian komik sampai kepada contoh-contohnya seperti di atas. Oh iyaa bagi kawan kawan yang pengen punya buku komik bisa cek rekomendasi buku-buku di bawah ini.

Banyak lho buku komik yang tersedia di gerai Gramedia. So, buruan koleksi buku komik kesukaan kawan kawan biar bisa terus happy dan terus meningkatkan literasi.

Ciri-Ciri Komik

Plants vs Zombie Komik Dinosaurus Buah Dinosaurus yang Ajaib

Buku komik dinosaurus ini sangat cocok untuk kebetulan yang punya adik kecil atau yang punya keponakan. Atau kawan kawan yang kebetulan suka dengan dunia petualangan bisa lho beli buku komik ini.

Ciri-Ciri Komik

Detektif Sains Anak CSI

Buku komik petualangan detektif selalu melatih otak untuk ikut berpikir memecahkan masalah. Kawan kawan bisa langsung memilikinya disini ada beberapa series yang tentunya menarik dan menghibur.

Ciri-Ciri Komik

Shalahuddin Al-Ayyubi: Rahim Sang Pembebas

Buat kawan kawan yang suka dengan biografi para ulama zaman dahulu, bisa banget miliki buku ini. Buku komik yang bercerita tentang kehidupan sosok Shalahuddin Al Ayyubi. Langsung saja cek biar enggak kehabisan buku komiknya.

Ciri-Ciri Komik

Aku Suka Sains Antariksa

Selanjutnya buku komik yang cocok buat kawan kawan yang suka menjelajah ruang angkasa. Buku komik yang mengangkat tema sains luar angkasa ini bagus untuk meningkatkan imajinasi tanpa batas. Yuk buruan beli buku komiknya!

Ciri-Ciri Komik

Vitamin: Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Tidur?

Menjaga kesehatan dengan tidur? Bagaimana tuh? Yuk kepoin langsung gimana caranya. Buku komik ini mengajak kawan kawan sekalian untuk mengamati apa yang terjadi dalam tubuh tatkala kita sedang tidur. Biar kawan kawan semua tambah bersyukur.

Ciri-Ciri Komik

Komik dari Twit-nya Raditya Dika

Komik tentang Raditya Dika. Salah satu komika kondang yang sukses menjalankan karirnya. Bagi kawan-kawan yang ngefans dengan kak Radit wajib banget buat punya buku ini. Soalnya selain cerdas dia juga lucu.

Ciri-Ciri Komik

Komik Petualangan Sains: Ekspedisi Laut

Indonesia sangat terkenal dengan lautannya yang luas. Buku komik ini sangat cocok buat dibaca anak-anak atau kawan-kawan yang ingin mengenali Dunia laut melalui gambar berkisah. So, mau nunggu apalagi gitu lho. Saatnya mengenali dunia laut seisinya agar kita bisa menjaga alam.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien