Rekomendasi Komik Lokal Indonesia yang Nggak Kalah Seru

Rekomendasi Komik Lokal Indonesia yang Nggak Kalah Seru

. 8 min read

Dari usia muda sampai tua, semua suka baca komik. Tiap halamannya penuh gambar, jalan ceritanya ringan, menarik, dan juga asik. Hal itu yang membuat komik selalu jadi pilihan semua kalangan untuk mengisi waktu luang.

Mungkin, sekarang ini Grameds semua lebih banyak membaca manga atau komik Jepang, dan komik-komik dari luar negeri lainnya. Tapi, tahukah kamu kalau kita juga punya komik lokal yang nggak kalah keren dengan ceritanya yang seru loh!

Pamor komik Indonesia memang pernah menurun, namun sekarang ini, sudah banyak kreator dan komikus Indonesia yang giat kembali menelurkan karya-karyanya, yang kualitasnya pun nggak kalah apik dibanding komik luar.

Sebut saja, seri Jagabumi yang jadi penggebrak kembalinya pahlawan super asli Indonesia. Ada seniman bernama Sweta Kartika dengan cerita-cerita horornya yang selalu ditunggu penggemar, Faza Meonk dengan karakter Si Juki yang kocak, atau Kak Annisa dengan cerita Pasutri Gaje yang sangat populer, baik lewat digital maupun cetak.

Artwork dari komik lokal Indonesia nggak kalah bikin mata kita berbinar ketika membacanya. Ceritanya pun terasa lebih relate, karena mengambil latar dan budaya yang ada di Indonesia.

Nah, udah nggak sabar baca komik lokal Indonesia? Berikut Admin rekomendasikan komik Indonesia yang ceritanya super seru!

Rekomendasi Komik Lokal Indonesia

Seri Jagabumi

Seperti yang sudah Admin katakan sebelumnya, seri Jagabumi jadi penggebrak kembalinya pahlawan super Indonesia. Seri Jagabumi jadi pengantar dalam menceritakan kisah Jagat Bumilangit. Komik inilah yang jadi rumah dari karakter-karakter, seperti Si Buta dari Gua Hantu, Gundala, Sri Asih, dan ribuan karakter super lainnya yang asli Indonesia.

jagaBeli dan Baca Sekarang!

Semenjak film Gundala hadir pada tahun 2019 lalu, komik Jagabumi kian diminati para penggemarnya. Seri ini sudah hadir hingga 5 volume, dengan rangkaian kisah pertarungan, konflik sosial, dan sarat akan muatan sejarah Indonesia.


Baca juga: Komik Jagabumi yang jadi Pengantar Jagat Bumilangit


Ada yang baru dari Jagat Bumilangit. Komik ini menjadi bagian dari seri Si Buta dari Gua Hantu. Komik Mata Malaikat, baru saja rilis awal Agustus 2021. Menceritakan tentang Runtah, bocah laki-laki yang sering dikucilkan karena buta, namun ayah angkatnya tidak tinggal diam dan ingin mendidiknya menjadi kuat dan mampu melindungi diri sendiri.

Sementara itu, ibunya malah menyimpan niat jahat untuk menyingkirkan Kasrip, sang ayah angkat Runtah. Setelah mengetahui segalanya, Runtah pun bersumpah untuk membalaskan dendam ayahnya dan menuntunnya ke jalan kegelapan.

mataBeli dan Baca Sekarang!

Volt 1: Lahirnya Sang Legenda

Masih dengan komik superhero asli Indonesia, kali ini ada karya Marcelino Lefrandt dan Aswin McSiregar dengan pahlawan berkekuatan listrik dan kostum warna birunya bernama Volt. Gambar dalam komik ini mempunyai gaya Western, namun sarat akan pendidikan dan kebudayaan Indonesia.

Berawal karena Ruben, anak laki-laki yang tak sengaja membangunkan kekuatan pada batu mustika putih. Keselamatan Ruben pun juga terancam, karena mengetahui perbuatan jahat dari sekumpulan penjahat. Volt muncul dari Kekuatan Putih pada batu itu, dan mencoba menegakkan kebenaran dan keadilan di negeri ini.

Ada banyak unsur budaya lokal, penuh dengan aksi, petualangan, dan juga komedi yang menyegarkan!

komikBeli dan Baca Sekarang!


Baca juga: Komik Volt Hadir Kembali dengan Format Baru dan Bonus Cerita Tambahan


My Pre-Wedding

Berawal dari Webtoon Pasutri Gaje yang begitu populer, Annisa Nishifani akhirnya mengeluarkan komik My Pre-Wedding, yang menjadi prekuel atau cerita sebelum sang tokoh menjadi pasangan suami istri. Cerita pasangan PNS dari dua kelurahan yang bersebelahan ini bikin semua pembaca ikut baper sendiri, karena kelakukan Adimas yang sweet banget ke Adelia.

myBeli dan Baca Sekarang!

Adimas mantap ingin melamar Adelia, padahal Adelia tidak pernah dekat dan akrab dengan Adimas. Walaupun Adimas ganteng dan laki-laki yang mapan, Adelia tetap bingung dan nggak percaya dengan lamaran itu. Tak perlu menunggu lama untuk kisah kelanjutan pasangan ini, My Pre-Wedding Vol.2 dikabarkan akan segera hadir sebentar lagi!

Their Story

Kalau yang ini, bisa membawa kamu kembali bernostalgia pada masa SMA. Dari dramanya, percintaannya, semuanya ada dalam kisah keseharian anak SMA ini. Berawal dari komik digital, Their Story yang mengisahkan tiga pasangan muda-mudi yang saling jatuh cinta ini terbit ke versi cetak.

theirBeli dan Baca Sekarang!

Ceritanya cukup ringan dan relate sama kehidupan kita. Yang pasti, bisa buat kamu senyum-senyum sendiri, hehe.. Pertama tentang Tama, di hari pertama sekolah ia langsung ditantang duel oleh Sena, kakak kelas yang juga anak klub karate yang terkenal galak, karena Tama tidak sengaja menabraknya di depan sekolah.

Ada juga Nala, anggota OSIS yang selalu dibuat sibuk oleh adik kelasnya, Hannah si tukang makan. Ada juga cerita Iki dan Ina yang saling suka satu sama lain. Komik ini jadi kisah sehari-hari mereka di sekolah.

Si Juki

Berawal dari komik strip digital, akhirnya naik menjadi film animasi, dan ada banyak seri komik cetaknya. Si Juki, anak muda yang merasa dirinya gaul, paling beda, dengan raut wajah dan tingkah yang konyol.

siBeli dan Baca Sekarang!

Karakter si Juki selalu memberikan cerita-cerita yang berisi kondisi sosial di Indonesia. Kritiknya renyah dengan candaan yang apik, membuat komik ini menjadi hiburan yang berbobot.

Ada banyak seri komik Si Juki yang bisa kamu baca, langsung klik di sini ya >>> Komik Si Juki

Si Unis

Habis yang kocak, sekarang beralih ke yang menggemaskan. Kita akan merasakan jadi kucing gembul berwarna abu bernama Unis. Komik ini akan menceritakan bagaimana kehidupan Unis dari sudut pandang si kucing itu sendiri.

Si Unis ini sangat suka berkeliling komplek dan berinteraksi dengan berbagai macam manusia. Menurutnya, manusia adalah makhluk yang sangat menarik. Hal menarik apa yang akan Unis temui ya? Tapi yang pasti semua gambarnya unyu banget!

siBeli dan Baca Sekarang!


Baca juga: Pecinta Kucing Merapat, Ini Rekomendasi Buku yang Berisi Cerita Kucing


Ghost Parade

Judulnya sih memang mengartikan hantu ya, tapi Admin bisa jamin kok gambarnya malah unyu dan nggak begitu seram, hihi. Ini tentang Suri, anak SD yang sepulang sekolah malah tersesat di hutan yang terkenal angker bernama Svaka. Hutan ini penuh keanekaragaman hewan dan tumbuhan.

ghostBeli dan Baca Sekarang!

Walaupun di sana menemukan Tuyul dan Poci, Suri si anak pemberani malah bisa berteman. Sayang, tidak semua makhluk dalam hutan bisa bersahabat. Nah, komik ini menyajikan petualangan Suri bersama teman-teman hantunya, melewati berbagai rintangan yang harus diterjang bersama.

Ghost Parade sebenarnya berawal dari video game yang sangat populer hingga mancanegara. Ada banyak elemen nusantara yang membuat komik ini jadi menarik!


Baca juga: Komik Ghost Parade: Petualangan Mencari Jalan Pulang Bersama Makhluk Halus


Journal of Terror

Pecinta horor pasti tau banget sama yang satu ini. Berawal dari komik digital, kisah anak laki-laki bernama Prana yang mengalami sakit panjang ini akhirnya dibuat ke versi cetak. Tak disangka, demamnya yang sampai seminggu membuatnya bisa melihat hantu.

journalBeli dan Baca Sekarang!

Komik ini menjadi jurnalnya dalam melihat beragam hantu. Penggambaran Prana yang terkesan malah lucu dan sederhana, tapi tetap bisa membuat bulu kudukmu berdiri, karena gambar hantu-hantunya yang begitu detail dan menyeramkan.

Prana yang terlihat cupu, bertahun-tahun harus merasakan penglihatan yang berbeda dengan orang biasa. Nah, Journal of Terror sudah diadaptasi ke dalam bentuk novel untuk mengetahui kisah Prana lebih jauh. Dan selain novel, ada juga web mini series-nya yang dibintangi oleh Pradikta Wicaksono.

Kemala Vol. 1

Masih dari hasil tangan Sweta Kartika yang bertemakan horor, kali ini kamu akan bersama Kemala yang tiba-tiba terbangun dan sudah berada di alam yang berbeda. Dari sudut pandang Kemala, kamu akan merasakan menjadi hantu dengan berbagai cerita tragis dari hantu-hantu yang ditemuinya.

Tak ada lagi gambar unyu seperti Prana, dalam komik ini kamu akan benar-benar disuguhkan gambar hantu yang begitu real dan seram, hiii..

komikBeli dan Baca Sekarang!

Garuda Eleven

Sekarang dari komik terbarunya Sweta Kartika. Bukan lagi horor tapi bertemakan olahraga khususnya sepak bola. Nggak kalah seru dari yang sebelumnya, komik ini berlatarkan Sekolah Sepak Bola atau SSB Praja Garuda. SSB mempunyai kapten bernama Riga, yang setelah kekalahan tim, ia juga putus cinta, dan dihadapkan pada perceraian orang tuanya. Tak hanya itu, ia harus dihadapkan pada SSB yang juga mendadak ditutup.

Walaupun begitu, Coach Galang tetap berusaha mempertahankan program beasiswa dengan tetap melatih Riga dan 4 siswa anak pedalaman lainnya di lapangan liar, karena lapangan mereka disegel. Akankah mereka berhasil melewati rintangan dan membangun kembali SSB?

garudaBeli dan Baca Sekarang!


Baca juga: Semangat Olimpiade, Ini Dia Rekomendasi Buku Bertema Olahraga


Masih banyak karya dari tangan Sweta Kartika di Gramedia.com. Dari action sampai romance, kamu juga bisa baca komik Sweta yang lain lewat versi e-book di Gramedia Digital. Klik link berikut untuk menuju >>> koleksi e-book Sweta Kartika.

Scrambled

Komik yang ini masuk daftar e-book paling banyak dibaca pada bulan Juni 2021 di Gramedia Digital. Komik ini mengisahkan tentang masa SMA yang penuh romansa, komedi, dan drama.

weBeli dan Baca Sekarang!

Temanya lebih ke musik, tentang Filan yang baru saja pindah sekolah dan berniat membuat grup band baru. Ia dibantu oleh sepupunya, Visi, dan akhirnya mereka membuat band bernama ‘Scrambled’. Band ini berisi anggota dengan sifat yang beragam, ada Axel yang pendiam, Valent yang populer tapi misterius, dan Hosea yang baiknya kebangetan!

Kamu akan mengikuti perjalanan mereka membuat band, latihan, manggung, dan drama sekaligus komedi percintaan lainnya yang ringan untuk kamu ikuti. Dari volume 1-3, kamu bisa membaca versi e-book-nya >>> di sini.

Code Helix

Selain komik, ada juga novel grafis yang isinya tetap bergambar, namun dengan halaman yang lebih tebal. Novel grafis ini menceritakan tentang dunia internet yang bisa jadi menyeramkan. Helix, atau hacker yang bernama asli Rendra, merasa bahwa semua orang menyembunyikan sisi gelap mereka di internet.

codeBeli dan Baca Sekarang!

Ketika temannya terancam oleh kebohongan ini, dia memutuskan untuk bertindak lebih jauh. Ia yang mampu meretas apapun, mencoba untuk membongkar keburukan teman-teman sekolah yang ia anggap munafik lewat kelebihannya ini. Novel grafis ini tidak boleh kamu lewatkan!


Baca juga: 10 Komik Best Seller Hingga Pertengahan Tahun 2021


Itu dia komik-komik lokal Indonesia yang wajib kamu baca. Yuk, kita dukung kreator komik Indonesia agar mereka selalu menghadirkan cerita-cerita keren lainnya yang membanggakan!

Kamu nggak perlu khawatir, kamu masih bisa koleksi semua komiknya dengan lebih hemat, karena di Gramedia.com ada diskon spesial untuk kamu para #SahabatTanpaBatas.

PromoKlik untuk Info Promo

Kamu juga bisa pesan buku lewat layanan terbaru Gramedia.com, yaitu Pesan Antar. Pesan lewat chat WhatsApp, kamu bisa pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek), paketmu jadi lebih cepat sampai. Untuk info lebih lanjut, klik gambar di bawah ini.

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com