Agama Islam

Pengertian, Penggunaan, dan Jawaban Barakallah

jawaban barakallah
Written by M. Hardi

Jawaban Barakallah – Pernahkah Anda mendengar kata Barakallah saat sedang berbincang-bincang dengan kerabat atau keluarga? Lalu, apakah maksud dari ucapan tersebut? Untuk mengetahui lebih jelas tentang Barakallah, mulai dari pengertian hingga jawaban Barakallah, maka kamu bisa simak artikel ini, Grameds.

Pengertian Barakallah

jawaban barakallah

Sumber: Pexels

Barakallahu fiik bukan sekadar ucapan selamat yang diberikan kepada orang lain atas nikmat, rezeki, keberhasilan dan lain sebagainya yang mereka terima. Kalimat tersebut mengandung doa dan makna yang harus sahabat muslim perhatikan dan renungkan secara seksama. Dengan begitu, seorang muslim bisa menerapkan akhlak yang baik sesuai Islam kepada sesama saudara muslim dan muslimah di dunia.

Umat Islam mengenal ungkapan dan doa yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu ungkapan dan doa yang sering kita ucapkan adalah Barakallah (بارك الله).

Barakallah (بارك الله) terdiri dari dua kata, yaitu barakah (بركة) yang artinya berkah dan Allah (الله) yang artinya Allah Ta’ala. Secara bahasa, kalimat ini memiliki arti berkah dari Allah. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa barakallah artinya adalah ‘semoga Allah memberkahi‘.

Diriwayatkan oleh Imam an-Nasa’I, ibunda Aisyah R.A berkata:

Artinya: “Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Maka Beliau memerintahkan, “Bagi dua-lah domba tersebut (untuk disedekahkan)”. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut,) Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Bunda ‘Aisyah ra jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, “Apa yang mereka katakan (setelah kita beri)?” Pelayanannya menjawab, “Barakallah Fiikum [semoga Allah memberkahi kalian]”. Maka ‘Aisyah pun mengatakan, “Wa Fiihim Baarakallaah [semoga Allah juga memberkahi mereka], kita telah membalas do’a mereka dengan do’a yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba).”

Biasanya, Barakallahu Fiikum dikatakan sebagai tanggapan terhadap seseorang yang mengucapkan Jazakallah atau Jazakumullah Khairan. Ini diucapkan untuk menunjukkan bahwa mereka menyadari bahwa itu adalah berkah Tuhan dan bukan milik mereka yang sedang ditransmisikan.

Islam mengajarkan untuk selalu berterima kasih dan bersyukur. Ini berlaku bagi berterima kasih pada sesama manusia atau dengan Allah SWT. Anjuran untuk mengucapkan terima kasih dan doanya bahkan diungkapkan dalam Al Qur’an dan hadis.

Berikut dalilnya dalam ungkapan rasa syukur telah dijelaskan dalam QS.Ibrahim ayat 7 dengan arti sebagai berikut:

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhan kalian memberitahukan, “Sesungguhnya jika kalian bersyukur, pasti kamu akan menambah (nikmat) kepada kalian, dan jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih,” (QS. Ibrahim: 7).

Rasulullah SAW bersabda:

Tidak dikatakan bersyukur pada Allah, siapa yang tidak tahu berterima kasih kepada sesama manusia.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud).

Dari Thalhah bin ‘Ubaidillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa yang telah mendapatkan kenikmatan dari seseorang, maka sebutlah (pelaku kebaikan karena kebaikannya). Siapa saja yang menyebutnya, berarti dia telah berterima kasih padanya. Dan barangsiapa yang menyembunyikan kebaikannya, maka berarti dia telah mengkufurinya (tidak berterima kasih kepadanya).” (HR. Ath-Thabrani dan dinilai hasan oleh Al-Albani).

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Barangsiapa yang telah mendapatkan kebaikan dari seseorang, lalu ia berkata kepada pelaku kebaikan tersebut, “Jazakallahu khairan”, berarti ia telah sampai pada derajat memujinya (telah berterima kasih kepadanya dengan memujinya).” (HR. Tirmidzi, An-Nasa’i dan Ibnu Hibban, dinilai shahih oleh Al-Albani).

Selain itu, adapun beberapa orang yang mengucapkan barakallah dengan tambahan fiikum, dalam bahasa Arab fiikum berarti ‘kepadamu’. Jadi, jika kata tersebut digabung menjadi sebuah kalimat, maka akan berbunyi ‘barakallah fiikum’ yang artinya “semoga Allah memberkahimu.”

Sebenarnya, ucapan Barakallahu Fiikum diriwayatkan dari Imam An-Nasa’i. Berdasarkan riwayat itu, Nabi Muhammad SAW mengajarkan umat Islam untuk mengucapkan barakallahu fiikum.

Sementara itu, mengucapkan ‘Barakallah fii umrik‘ hukumnya mubah atau boleh dikerjakan. Jadi, kalau dikerjakan, tidak akan mendapat dosa atau pahala. Maka dari itu, hukum ini tergantung pada niat orang yang mengucapkannya. Jadi, kalau kalian mengucapkan dengan niat baik, maka hukumnya mubah. Namun, kalau niat kalian buruk, maka hukum mubah itu tidak akan berlaku.

Jawaban Barakallah

jawaban barakallah

Sumber: Dunia Pondok

Setelah mengetahui makna dibalik ucapan Barakallah, kini kita akan membahas tentang jawaban bagi anda yang mendapati ucapan tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa ucapan Barakallah artinya adalah doa yang diucapkan oleh seseorang dengan tujuan baik, maka sudah seharusnya kita membalasnya dengan doa baik pula.

Tujuannya untuk membalas doa agar Allah memberkahi semua pihak, baik si pemberi rezeki maupun si penerima pemberian. Anda juga dapat mulai mengamalkannya setiap memperoleh ucapan dan doa itu.

Ungkapan barakallah bisa kita sampaikan kepada sesama Muslim. Jika diucapkan kepada satu orang perempuan, maka lafadznya menjadi barakallahu fiik ( بَارَكَ اللَّهُ فِيكِ). Jika kepada satu orang laki-laki, lafadznya menjadi baraka allahu fik (بَارَكَ اللَّهُ فِيكَ). Dan jika kepada orang banyak, lafadznya menjadi barakallahu fiikum (بَارَكَ اللَّهُ فِيكُمْ).

Jawaban ketika ada seorang muslim mengatakan Barakallah kepada Anda, maka bisa dijawab dengan mengucapkan ‘Amiin’ atau ‘Aamiin ya Rabbal Alamin’. Selain itu, ucapan lain yang bisa digunakan untuk menjawab Barakallah, yakni “wafiika barakallah” yang artinya “dan semoga Allah juga memberkahimu“.

Namun, jika yang mendoakan perempuan maka dijawab,'”wafiika barakallah“. Jika yang mendoakan banyak orang, maka jawaban barakallah adalah “wa fiikum barakallah“.

Ternyata ada jawaban lain juga yang bisa digunakan. Jawaban ini disesuaikan dengan subjek ucapan tersebut, yakni sebagai berikut.

Wa Fiikum Barakallah

Artinya Allah memberkahi mereka semua. Jawaban ini diucapkan ketika subjeknya jamak atau lebih dari satu orang, bisa laki-laki atau perempuan.

Wa Fiikum Barakallah

Artinya Allah memberkahi kalian semua. Jawaban ini diucapkan ketika subjeknya jamak atau lebih dari satu orang, bisa laki-laki atau perempuan.

Wa Fiika Barakallah

Artinya Allah memberkahimu. Jawaban jika subjeknya seorang perempuan.

Wa Fiika Barakallah

Artinya Allah memberkahimu. Jawaban jika subjeknya seorang laki-laki.

https://www.gramedia.com/products/baarakallaahu-fiik-seri-ucapan-dan-doa?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/baarakallaahu-fiik-seri-ucapan-dan-doa?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Penggunaan Barakallah

Berikut penggunaan Barakallah yang benar:

1. Barakallah Fiik

Barakallah fiik adalah ucapan doa umum. Mendoakan keberkahan kepada orang yang sedang berkomunikasi dengan kita.

بَارَكَ اللَّهُ فِيكَ

barakallahu fiik

Artinya: “Semoga Allah memberkahimu.”

Ucapan ini bisa kita ucapkan dalam kondisi apa pun untuk memberikan selamat dan mendoakan seseorang agar diberkahi Allah. Ucapan doa singkat ini lebih baik daripada ucapan “selamat” dan sejenisnya.

Dalam riwayat Imam Ahmad, Rasulullah mengucapkan “barakallahu fiik” ini untuk mendoakan sahabat beliau. Bahkan untuk mendoakan pengantin, secara singkat.

Jika yang didoakan adalah perempuan, maka ucapannya adalah:

بَارَكَ اللَّهُ فِيكِ

barakallahu fiik

Artinya: “Semoga Allah memberkahimu

Pengucapannya tidak terlalu berbeda karena baik yang berakhiran fiika (untuk laki-laki) maupun fiik (untuk perempuan), sama-sama dibaca fiik.

Adapun jika yang didoakan banyak orang, maka ucapannya adalah:

بَارَكَ اللَّهُ فِيكُمْ

barakallahu fiikum

Artinya: “Semoga Allah memberkahi kalian.”

2. Barakallah Lak

Dengan ucapan ini kita mendoakan keberkahan kepada orang yang sedang berkomunikasi dengan kita. Khususnya atas kenikmatan atau anugerah yang diterima atau dimilikinya.

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ

barakallahu lak

Artinya: “Semoga Allah memberkahimu.

Doa untuk pengantin yang diajarkan Rasulullah dimulai dengan ucapan ini. Yakni ucapan doa:

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَ بَارَكَ عَلَيْكَ وَ جَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Artinya: “Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

Para sahabat juga biasa mendoakan dengan ucapan barakallahu lak ini untuk sahabat lainnya. Misalnya doa Abdurrahman bin Auf untuk Said bin Rabi’ al Anshari.

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ فِى أَهْلِكَ وَمَالِكَ

Artinya: “Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu pada keluarga dan hartamu” (HR. Bukhari)

Jika yang didoakan adalah perempuan, maka ucapannya adalah:

بَارَكَ اللَّهُ لَكِ

barakallahu fiik

Artinya: “Semoga Allah memberkahimu.”

Pengucapannya tidak terlalu berbeda karena baik yang berakhiran laka (untuk laki-laki) maupun laki (untuk perempuan), sama-sama dibaca lak.

Adapun jika yang didoakan banyak orang, maka ucapannya adalah:

بَارَكَ اللَّهُ لَكُمْ

barakallahu lakum

Artinya: “Semoga Allah memberkahi kalian.”

Jawaban Barakallah

Bagaimana jawaban atau balasan jika kita mendapat ucapan barakallah baik berupa barakallahu fiik maupun barakallahu lak?

Karena ini doa, kita bisa menjawab dengan mengaminkan doa tersebut. Misalnya “aamiin” atau “aamiin ya Rabb.”

Bisa juga dijawab dengan balik mendoakannya, antara lain:

وَ فِيكَ بَارَكَ اللَّهُ

wafiika barakallah

Artinya: “Dan semoga Allah juga memberkahimu.”

Jika yang mendoakan adalah perempuan, jawaban barakallah adalah:

وَ فِيكِ بَارَكَ اللَّهُ

wafiika barakallah

Artinya: “Dan semoga Allah juga memberkahimu.”

Adapun jika yang mendoakan adalah orang banyak dan tidak bisa menjawab satu persatu, maka jawaban barakallah adalah:

وَ فِيكُمْ بَارَكَ اللَّهُ

wa fiikum barakallah

Artinya: “Dan semoga Allah juga memberkahi kalian semua.”

https://www.gramedia.com/products/kumpulan-doa-dari-al-quranas-sunnah-yg-shahih-ed-revisi-hc?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kumpulan-doa-dari-al-quranas-sunnah-yg-shahih-ed-revisi-hc?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Hadist Tentang Ucapan Barakallah

Jadi, arti dari barakallah adalah “Allah memberkati” atau “diberkahi Allah”. Namun, terkadang kita bingung untuk menjawab ucapan barakallah. Untuk lebih jelasnya, berikut simak jawaban barakallah:

Ucapan Barakallah Diamalkan oleh Rasulullah

Kata barakallah merupakan ungkapan doa yang artinya “semoga Allah memberikan berkah”. Rasulullah SAW pun mengamalkan ungkapan ini dalam kehidupan sehari-harinya.

Diriwayatkan oleh Imam an-Nasa’i, ibunda Aisyah RA berkata:

Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Maka Beliau memerintahkan, “Bagi dua-lah domba tersebut (untuk disedekahkan)”. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut)

Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Bunda ‘Aisyah ra jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, “Apa yang mereka katakan (setelah kita beri)?”

Pelayanannya menjawab, “Barakallah Fiikum (semoga Allah memberkahi kalian)”. Maka ‘Aisyah pun mengatakan, “Wa Fiihim Baarakallaah” (semoga Allah juga memberkahi mereka), kita telah membalas doa mereka dengan doa yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba).

Anjuran Rasulullah

Anjuran Rasulullah itu seperti yang tertuang dalam riwayat Aisyah RA sebagai berikut:
Kata barakallah merupakan ungkapan doa yang artinya “semoga Allah memberikan berkah”. Rasulullah SAW pun mengamalkan ungkapan ini dalam kehidupan sehari-harinya.

Diriwayatkan oleh Imam an-Nasa’i, ibunda Aisyah RA berkata:

أُهْدِيَتْ لِرَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ شَاةٌ فَقَالَ : اقْسِمَيْهَا وَكَانَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا إِذَا رَجَعَتِ الْخَادِمُ تَقُوْلُ : مَا قَالُوْا ؟ تَقُوْلُ الْخَادِمُ قَالُوْا : بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ تَقُوْلُ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : وَفِيْهِمْ بَارَكَ اللهُ نَرُدُّ عَلَيْهِمْ مِثْلَ مَا قَالُوْا وَيَبْقَى أَجْرُنَا لَنَا

Artinya: “Aku menghadiahkan seekor domba kepada Rasulullah SAW. Maka Beliau memerintahkan, “Bagi dua-lah domba tersebut (untuk disedekahkan)”. (Maka pembantu beliau pun mengirimkan daging domba tersebut,) Dan telah menjadi suatu kebiasaan bagi Bunda ‘Aisyah ra jika pembantunya telah pulang dari melakukan hal yang semisal itu, maka ia akan menanyakan, “Apa yang mereka katakan (setelah kita beri)?” Pelayanannya menjawab, “Barakallah Fiikum [semoga Allah memberkahi kalian]”. Maka ‘Aisyah pun mengatakan, “Wa Fiihim Baarakallaah [semoga Allah juga memberkahi mereka], kita telah membalas do’a mereka dengan do’a yang semisal dan tetap bagi kita pahala atas perbuatan baik yang telah kita lakukan (memberi hadiah daging domba).”

Waktu Mengucapkan Barakallah

jawaban barakallah

Sumber: BK Kent Week

Menyadur dalam berbagai sumber, berikut adalah beberapa waktu yang tepat untuk mengucapkan barakallah:

  1. Saat mengucapkan terima kasih.
  2. Bertemu dengan mualaf.
  3. Bertemu dengan orang berbahagia atas kesuksesannya.
  4. Bertemu orang yang sudah menikah.
  5. Bertemu orang yang baru melahirkan.
  6. Ucapan dan doa ulang tahun.

Keutamaan Mengucapkan Barakallah

1. Saling Mendoakan kepada Sesama Muslim

Grameds, bagi muslim tentu tetap diperbolehkan jika menjawabnya dengan cara mengucapkan kata lain. Namun jika Anda membalas doa tersebut dengan ucapan wa fiika barakallah, maka artinya Anda juga turut mendoakan seseorang yang merasa bersyukur atas kenikmatan Allah yang bisa kita salurkan kepada mereka. Bagi seorang muslim yang mengucapkan kata Barakallah bersama orang tersebut, maka memperoleh berkah yang sama.

2. Membahagiakan Orang Lain dengan Sikap dan Doa atas Pemberian Kita

Semua orang yang memberi segala sesuatu kepada orang lain pasti akan sangat senang jika pemberian tersebut dihargai dan dimanfaatkan baik.

Jika Anda menjawab doa dari seseorang yang telah menerima pemberian kita maka mereka akan merasa lega dan senang. Mereka tidak akan ragu untuk memanfaatkan pemberian tersebut karena menganggapnya berkah dari Allah.

3. Bersyukur atas Nikmat Allah melalui Orang Lain

Saat Anda menjawab doa dari seseorang yang bersyukur dan berterima kasih atas pemberian sahabat muslim maka hal tersebut juga akan membuat sahabat muslim sadar.

Nikmat Allah sebenarnya sangat banyak hingga sahabat muslim harus membaginya dan memperoleh berkah darinya. Selain itu, Anda juga akan menyadari bahwa Anda lebih beruntung dari orang lain yang lebih membutuhkan.

https://www.gramedia.com/products/doa-doa-mustajabah-agar-selalu-di-tolong-allah?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasihttps://www.gramedia.com/products/doa-doa-mustajabah-agar-selalu-di-tolong-allah?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Penutup

Ucapan Barakallah merupakan salah satu ucapan dalam agama Islam yang dianjurkan. Selain itu, ucapan Barakallah juga disesuaikan dengan subjek yang akan diberi ucapan. Bahkan, ucapan Barakallah memiliki banyak sekali keutamaan yang bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan juga orang lain.

Demikian pembahasan tentang Barakallah hingga jawaban Barakallah. Semoga semua pembahasan pada artikel ini bermanfaat untuk Grameds.

Jika kamu ingin mencari berbagai macam buku tentang Islam atau silaturahmi, maka bisa mendapatkannya di toko buku online Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien