in

Bahan Pembuat Tepung Terigu & Perbedaan Protein Tinggi, Sedang, Kecil

Siapa yang tak mengenal tepung terigu? Hampir di setiap supermarket, warung kecil, kita selalu menjumpai bahan baku yang satu ini. Tepung terigu ini mempunyai banyak kegunaan yang dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya untuk memasak. Tepung terigu terbuat dari hasil dari biji gandum yang dihaluskan melalui proses penggilingan.

Makanan yang berbahan baku gandum atau tepung terigu ini telah menjadi sumber makanan pokok banyak negara, salah satunya adalah Indonesia. Banyaknya pasokan yang melimpah di pasaran dunia, pengolahannya yang sangat mudah dan praktis, serta kandungan proteinnya yang tinggi telah membuat makanan berbasis tepung terigu ini melesat cepat terjun ke berbagai negara. Siapakah negara-negara pengekspor gandum? Negara-negara yang yang selalu mengekspor gandum yaitu Amerika, kanada, Australia, China, dan Rusia.

Terigu yang datang biasanya masih dalam bahan baku butiran-butiran biji gandum. Kemudian biji biji gandum tersebut diproses melalui pencucian, pengupasan penggilingan dan pemutihan. Oleh sebab itu, jadilah tepung terigu yang berwarna putih dan bertekstur halus.

Apakah Grameds tahu, berasal dari manakah tepung terigu? Yuk, kenali lebih jauh seputar tepung terigu.

Asal Mula Tepung Terigu

Tepung terigu adalah tepung yang dibuat dari hasil dari biji gandum yang dihaluskan melalui proses penggilingan. Tepung terigu sendiri yang kita tahu biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat kue, roti, mie, dan pasta. Selain itu, tepung terigu juga bisa digunakan untuk keperluan rumah tangga, bahan baku industri, dan keperluan penelitian lainnya.

Kata “terigu” dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Portugis yaitu ‘trigo’ yang berarti gandum.Dalam sejarah, gandum itu sendiri pertama kali ditemukan di wilayah timur tengah sebelum tahun 9600 SM dan merupakan salah satu dari sekian jenis biji-bijian yang pertama  ditanam secara besar-besaran oleh manusia.

Seiring waktu dengan laju pertumbuhan dan penyebaran populasi manusia dunia, gandum juga menyebar dengan cepat ke seluruh dunia sebagai makanan pokok. Bermula dari sanalah, kemudian muncul beragam jenis gandum yang ada sampai saat ini.

Makanan yang yang berbahan baku tepung terigu dengan cepat menjadi makanan pokok di banyak negara, terutama di Indonesia yang dapat kita jumpai macam-macam makanan yang terbuat dari tepung terigu.

Tepung terigu banyak mengandung zat pati, yaitu karbohidrat kompleks dan tidak akan larut dalam air. Kandungan protein yang ada pada tepung terigu juga membentuk gluten, yang mempunyai peranan dalam menentukan kekenyalan suatu makanan yang akan dibuat dari bahan terigu.

Jika kita perhatikan, hampir dari semua jenis makanan menggunakan bahan baku dari tepung terigu. Hal ini membuktikan bahwa tepung terigu juga turut berperan besar dalam menentukan kualitas tepung terigu yang akan dihasilkan. Tepung terigu saat ini juga banyak dikonsumsi masyarakat karena dapat menjadi pengganti karbohidrat.

Tepung terigu yang berasal dari biji gandum ini bisa dibilang yang sangat istimewa karena didalamnya mengandung gluten.

Gluten itu apa ya?

Gluten merupakan protein alami yang terkandung dalam semua jenis serealia atau biji-bijian yang tidak akan larut dalam air dan mempunyai sifat lentur (elastis) sehingga dapat membentuk adonan yang kokoh dan membuat makanan menjadi kenyal saat dimakan. Urutan yang ada pada tepung terigu ini mempunyai komponen protein yaitu peptida.

Kebanyakan masyarakat kita sadar akan kesehatan dengan menghindari gluten terutama para penderita celiac disease (alergi terhadap protein gluten yang dapat menyebabkan gangguan kekebalan pada tubuh).

gramedia back to kampus

Pada saat persiapan adonan, biasanya tepung akan dibasahi kemudian gluten akan berproses mengikat sebagian air sudah membentuk struktur. Struktur ini dimanfaatkan untuk menjebak udara agar dapat meningkatkan volume adonan pada proses pembuatan makanan.

Sim Salabim! dari Tepung Magic Tercipta 25 Sajian Lezat
Sim Salabim! dari Tepung Magic Tercipta 25 Sajian Lezat

tombol beli buku

Apa itu tepung magic? Tepungmagicmerupakan bahwa hanya dengan satu racikan tepung saja, dapat membuat berbagai makanan, seperti kue, jajanan pasar, kukis, dan masih banyak lagi.

Buku ini tentunya memuat 25 resep yang dapat kalian buat dengan tepung magicDengan tepung magic pula kalian tidak perlu membuat banyak waktu.

Perbedaan antara Tepung Terigu Protein Rendah, Protein Sedang, dan Protein Tinggi

Seperti yang kita ketahui, tepung terigu dibedakan menjadi tiga jenis yaitu tepung terigu protein rendah, protein sedang, dan protein tinggi. Perbedaannya adalah terletak pada kandungan gluten yang ada di dalamnya.

Kandungan gluten yang paling banyak dinamakan tepung terigu protein tinggi. Kandungan protein yang dimilikinya sekitar 12% sampai 14%. Selanjutnya untuk tepung terigu protein sedang memiliki protein sekitar 10% sampai 12%. Sedangkan untuk kandungan gluten yang paling rendah dinamakan tepung protein rendah karena kandungan proteinnya sekitar antara 5% sampai 8%.

Maka dari itu tak heran jika kita ingin membuat aneka roti, kue kering, pasta, mie tentu saja memakai jenis tepung terigu dengan protein yang berbeda.

Tepung terigu berprotein rendah sangat sering digunakan sehari-hari untuk membuat berbagai gorengan. Dilihat dari fungsinya yang dapat merenyahkan makanan, maka tidak heran banyak masyarakat yang memilih tepung terigu protein rendah untuk membuat olahan gorengan.

Selain itu, tepung terigu protein rendah ini mempunyai partikel-partikel kecil yang halus dan lembut sehingga hasilnya membuat tekstur cake menjadi rata dan halus. Beberapa resep yang bisa kita temukan, biasanya tepung terigu protein rendah ini bisa digunakan untuk membuat kue kering dan cake.

Oh iya, selain jenis tepung terigunya mengandung protein rendah, tepung terigu ini juga mengalami proses pemutihan yang berbeda dibandingkan dengan tepung terigu jenis lainnya. Proses ini sangat penting guna meningkatkan kemampuan tepung terigu itu sendiri untuk menjaga gula dan air menjadi lebih baik.

novel romantis
Resep Mi & Pasta Favorit
Resep Mi & Pasta Favorit

tombol beli buku

Mie dan Pasta adalah dua jenis makanan yang dibuat dalam bentuk kering, agar dapat disimpan untuk waktu yang lama. Mi adalah makanan yang dikenal berasal dari China atau Tiongkok. Terdapat berbagai jenis mi tergantung dari bahan pembuatnya. Ada jenis mi yang dibuat dari tepung terigu, tepung beras, atau campuran tepung sagu.

Pasta adalah makanan khas Italia. Diproduksi dalam bentuk kering. Terbuat dari tepung terigu semolina, varietas durum.

Bagi kalian pecinta mi dan pasta, buku ini hadir untuk kalian. Buku ini menyajikan 22 RESEP MI DAN PASTA FAVORIT yang patut dicoba, tentunya lezat dan bergizi. Yuk, sajikan mi dan pasta buatan sendiri.

6 Tips Memilih Tepung Terigu yang Baik dan Benar

Grameds, mari kita ulas beberapa tips yang akan membantu kamu untuk memilih tepung terigu yang yang baik dan berkualitas. Jika kita sampai memilih tepung terigu yang berkualitas kurang baik, maka bisa berefek buruk untuk kesehatan. Meskipun kita sering beli bahan-bahannya di tempat yang sama/langganan, jangan sampai kita lengah atau mengabaikan pengecekan label dan produknya.

1. Kenali Kebutuhan Penggunaan Tepung Terigu

Seperti yang Grameds ketahui, tepung terigu mempunyai tiga jenis dan berbeda fungsinya masing-masing. Harus selalu memastikan kalau jenis tepung yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan memasak kita. Walaupun penampilan tepung terigu sepertinya sama, jangan sampai kita salah memasukkan jenis tepung terigu atau bahkan tertukar saat memasak. Hayo, siapa nih yang sering tertukar?

2. Perhatikan Label dan Kemasannya

Tidak ada salahnya kita juga harus memperhatikan label dan kemasannya. Kita harus memastikan tepung terigu nya masih tersegel rapat, tidak ada lubang maupun bocor.

3. Perhatikan Tanggal Produksi dan Kadaluarsanya

Poin terpenting dalam memilih tepung terigu adalah selalu memperhatikan kapan tanggal produksi dibuat dan kapan tanggal masa kadaluarsanya berakhir. Kita tidak mau kesehatan memburuk karena tidak memperhatikannya, bukan?

4. Perhatikan dan Kenali Warna Tepung Terigunya

Setelah kita sudah mengetahui jenis tepung terigu apa yang akan digunakan, jangan lupa untuk memperhatikan warna dari tepung terigu tersebut. Ciri tepung terigu yang baik memiliki warna khas yang putih dan tidak kelihatan kusam. Jika sobat grameds memilih tepung terigu yang yang salah satunya kelihatan kusam, sudah dapat dipastikan tepung terigu tersebut cenderung mempunyai kualitas buruk.

5. Pilihlah Tepung Terigu yang Terbebas dari Kotoran dan Tidak Berbau Apak

Selain dari warna tepung terigunya, kita juga harus memperhatikan aroma dari tepung terigu tersebut. Tepung terigu yang berkualitas baik tidak memiliki bau apak, tidak ada kotoran atau kutu maupun benda asing yang menempel.



Jika kita menemukan aroma tepung terigunya berbau apak, bisa jadi tepung terigu tersebut sudah terkontaminasi dengan jamur atau adanya mikroorganisme seperti ulat, belatung, kutu, dan sebagainya. Hal ini menandakan bahwa kualitas dari tepung terigunya pun sudah tidak baik. Waduh, kita harus jeli dalam memilih, nih!

6. Memperhatikan Tekstur Tepung Terigunya

Ketika kemasan tepung terigu dibuka, cobalah untuk meraba tekstur tepung terigu tersebut. Tepung terigu yang berkualitas baik akan terasa halus di tangan. Sedangkan tepung terigu yang kualitasnya tidak baik, maka teksturnya akan terasa kasar.

Dimulai dari memperhatikan tepung terigunya apakah di dalamnya ada benda asing seperti kerikil atau kotoran. Kita juga bisa mencoba meraba apakah tepung menempel di tangan. Karena jika menempel, maka tepung terigu tersebut masih sangat baik untuk dikonsumsi.

Grameds juga bisa memastikan bahwa tekstur tepung terigu nya tidak menggumpal. Jika sebaliknya, hal itu dikarenakan an-nur terigu tersebut sudah cukup lama atau produknya sudah tidak fresh lagi. Perlu kita ketahui, tepung terigu yang tidak menggumpal sangat mudah untuk diproses dan diolah menjadi makanan yang enak.

Jangan lupa untuk selalu mengayak tepung terigu terlebih dahulu supaya tidak ada serangga maupun kotoran lain yang tercampur di dalam tepung terigu. Tepung terigu yang baik tentunya selalu menjamin mutu nya dan menjaga bahan-bahannya bebas dari serangga maupun kotoran lainnya.

Roll Snoep Cake Legit Non-Terigu
Roll Snoep Cake Legit Non-Terigu

tombol beli buku

Buku karya Dapur Aliza ini adalah salah satu cara guna mendukung trend gaya hidup sehat, berupa bahan pangan. Hal itu karena menggunakan bahan pokok non-tepung terigu. Setidaknya, menjadikan upaya untuk mengurangi porsi gula dan lemak.

Roll Snoep Cake sejatinya adalah bolu gulung, tetapi yang menjadi pembedanya hanyalah penggunaan bahan utama saja.

5 Langkah yang Tepat Menyimpan Tepung Terigu agar Tahan Lama

Setelah kita membuat makanan dari tepung terigu, pasti kita menyisakan banyak tepung terigu. Sobat grameds pasti bingung cara menyimpan tepung terigu yang awet agar sewaktu-waktu jika dibutuhkan bisa dipakai lagi. Jangan khawatir, coba bisa simak langkah-langkah ah yang tepat untuk menyimpan tepung terigu agar tahan lama, awet, tidak berkutu dan tidak cepat asam di bawah ini.

1. Simpan Tepung Terigu dalam Freezer Terlebih Dahulu

Sesudah membeli tepung, masukkan tepung yang masih tersegel kemasannya ke dalam freezer selama kurun waktu 48 jam. Hal seperti ini dapat membunuh telur serangga atau kumbang yang kemungkinan ada pada tepung terigu.

2. Pindahkan ke Wadah Plastik atau Kaca yang Kedap Udara

Setelah 48 jam berlalu, keluarkan dan pindahkan tepung ke dalam wadah yang berbahan plastik atau kaca yang kedap udara. Langkah ini dapat menjaga aroma tepung terigu tidak berubah serta mencegah tepung dari serangga atau jamur yang masuk

3. Jangan Pernah Mencampur Tepung Terigu yang Lama dengan yang Baru

Kalau sobat grameds masih menyisakan tepung lama, jangan buru-buru digabung dengan tepung terigu yang baru. Ada baiknya kita bisa menghabiskan dulu tepung yang lama lalu memakai tepung yang baru. Karena dikhawatirkan kondisi tepung yang lama sudah berubah warna atau aroma. Sepertinya tetap harus cek kondisi tepung terigu terlebih dahulu sebelum mencampurnya.

4. Simpan di Tempat yang Sejuk (Kulkas)

Menyimpan tepung terigu dalam kulkas atau freezer bisa membuat tepung lebih awet lho, sobat grameds. Karena tepung yang kita simpan berada ditempat yang sejuk, tidak lembab dan gelap, serta jauh dari sinar matahari.

5. Hindari Penyimpanan Tepung Terigu dari Bahan Makanan yang Beraroma Tajam

Sobat grameds perlu mencatat poin penting ini, jika ingin tepung terigu mu lebih awet maka sebaiknya tempat penyimpanan tepung terigu harus dijauhkan dari bahan makanan yang beraroma tajam contohnya seperti bawang, durian, daging, ayam, dan lain-lain. Seperti yang kita ketahui, tepung dapat menyerap aroma di sekitarnya sehingga memungkinkan kualitas tepung bisa berubah karena menyerap makanan yang beraroma tajam.

Cake Non-Terigu untuk Jualan
Cake Non-Terigu untuk Jualan


tombol beli buku

Cake salah satu makanan yang banyak peminatnya, terutama cake non-terigu. Cake non-terigu dapat dimanfaat sebagai camilan ataupun usaha jualan.

Untuk membuat suatu penyajian yang berbeda, cake dapat dikreasikan menjadi berbagai bentuk dan rasa.

E-Book ini hadir memberikan inspirasi dalam berkreasi menyajikan cake. Segera miliki e-book ini karena di dalamnya ada 25 resep Cake Non-terigu yang layak untuk dicoba.

Kesimpulan dari Tepung Terigu

Tepung terigu adalah bahan yang memiliki karbohidrat kompleks yang mengandung zat pati dan gluten. Terdapat tiga jenis tepung terigu yang bisa dipakai sesuai kebutuhan, yakni tepung terigu protein rendah, sedang dan tinggi.

Jika Grameds membuat kue dengan jumlah perbandingan gula yang lebih banyak dibandingkan tepung terigu maka tepung terigu protein rendah dapat menahan pengembangnya, menghasilkan tekstur yang lembab, dan yang paling penting adalah tidak mudah hancur.

Sebagai catatan tambahan, saat Grameds membuat cake tapi hanya ada tepung terigu protein sedang, jangan khawatir ya. Kita bisa menggantinya dengan masukkan 2 SDM tepung maizena (tepung jagung) ke dalam sendok takar yang berukuran 1 cup, dan penuhi tempat sisanya dengan tepung terigu protein sedang hingga penuh (sampai mulut sendok takar). Atau kita juga bisa mengurangi satu sendok makan per 1 cup tepung terigu protein sedang dari adonan supaya jumlah protein nya berkurang.

Tepung terigu protein sedang biasanya digunakan untuk membuat aneka kue kering, kue bolu, dan mie. Tepung terigu jenis ini sangat mudah ditemukan di warung sekitar kita. Biasanya tepung terigu protein sedang juga sering kali dikenal sebagai tepung serbaguna.

Tepung terigu protein sedang merupakan campuran antara tepung terigu protein tinggi dengan tepung terigu protein rendah. Bunga yang digunakan sangat baik karena kandungan proteinnya yang yang menjaga keseimbangan antara kelembutan dan kekuatan.

Jika Grameds telah membuat cake dengan tepung serbaguna, bisa dipastikan hasilnya nya pasti agak keras daripada menggunakan tepung terigu yang khusus untuk cake. Dan juga, jika memakai tepung terigu serbaguna untuk membuat adonan roti hasilnya roti akan menjadi lebih lembut namun kurang mengembang.

Dan yang terakhir tepung terigu protein tinggi sangat disukai masyarakat untuk membuat macam-macam roti. Tentu saja, karena hampir semua roti sangat membutuhkan kadar protein yang tinggi untuk menghasilkan gluten yang banyak juga. Jadi semakin tinggi kandungan protein dalam terigu maka semakin banyak juga kandungan gluten yang ada di dalamnya.

Dengan begitu, adonan akan menjadi kokoh sehingga bisa menghasilkan volume yang lebih besar, mendapatkan tekstur yang lebih kenyal, serta membuat bagian kulitnya menjadi lebih coklat.

Menguleni adonan roti juga akan membentuk suatu jaringan berserabutkan gluten yang memerangkap udara dan menghasilkan lubang-lubang udara seperti ciri khas roti pada umumnya.

Sebenarnya selain roti, tepung terigu protein tinggi ini juga bisa digunakan untuk membuat mie lho, Grameds. Tepung terigu protein tinggi dalam mie biasanya dibutuhkan untuk mendapatkan tekstur yang kenyal serta tak akan putus jika direnggangkan.

Sebagai catatan tambahan, jangan pernah menggunakan tepung terigu protein tinggi untuk membuat cake dan pastry yang teksturnya lembut, ringan dan rapuh ya. Dan jika sewaktu-waktu ingin membuat roti tapi tidak ada jenis tepung terigu protein tinggi, maka Grameds bisa menggunakan tepung terigu protein serbaguna. Tidak perlu khawatir akan hasilnya yang tidak terlalu kenyal, karena perbedaannya tidak akan terlalu terlihat.

Cara mengganti tepung terigu protein tinggi dengan tepung terigu serbaguna sangat mudah sekali ya, sobat. Kita hanya memerlukan 1 cup ditambah 1 SDM tepung terigu serbaguna untuk tambahan jumlah protein yang diperlukan ke dalam adonan.

Satu hal lagi yang perlu Grameds ketahui, jangan lupa untuk menuliskan tanggal pembelian tepung agar kita tahu berapa lama tepung terigu tersebut disimpan. Selamat memasak, ya!

Kue Kering Sepanjang Masa
Kue Kering Sepanjang Masa

tombol beli buku

Keanekaragaman kue kering adalah bukti bahwa para pecintanya semakin kreatif dan membuat dunia per-baking-an makin berwarna.

Buku ini memuat 100 resep kue kering yang bisa kalian coba sendiri di rumah. Inspirasi bagi para bakers, dan hadiah yang manis bagi para cookies lover.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha