in

Waspadai! Ini Tanda Suami Tidak Peduli dengan Perasaan Istri

Tanda Suami Tidak Peduli dengan Perasaan Istri – Di benak kebanyakan orang, pernikahan adalah masa hidup yang baru, ketika dua orang memutuskan untuk membangun bahtera rumah tangga bersama-sama yang didasari oleh perasaan cinta. Di benak kebanyakan orang, pernikahan adalah suatu tahap yang membawa kebahagiaan, di mana perasaan cinta akan membawa suasana menjadi lebih indah. Namun, pernikahan tidak hanya seputar masa bahagia saja, karena menyatukan dua pribadi itu bukan sebuah hal yang mudah.

Sama seperti kehidupan biasa, pernikahan pasti akan ada masa pasang dan surutnya. Anda mungkin tidak akan selalu merasa senang dengan pasangan anda, begitu juga sebaliknya. Anda juga tidak akan selalu meluangkan waktu untuk memerhatikan pasangan anda, begitu juga pasangan anda tidak akan selalu memerhatikan anda. Namun, jika pasangan anda lebih sering tidak memerhatikanmu, itu dapat menjadi suatu pertanda bahwa dia mulai tidak peduli kepada anda.

Biasanya, yang akan lebih peka mengenai masalah peduli atau tidak peduli adalah istri. Sebab, yang namanya perempuan perasaannya lebih sensitif. Apakah anda pernah merasa tidak dipedulikan oleh suami? Namun di sisi lain, anda merasa ragu apakah itu hanya perasaan anda saja? Jangan bingung, karena artikel ini telah merangkum tanda-tanda bahwa suami tidak peduli akan perasaan istri, juga cara mengatasinya.

Beberapa Tanda Suami Tidak Peduli dengan Perasaan Istri

1. Tidak meluangkan waktu untuk bersama denganmu

Pastinya sebagai kepala rumah tangga, suami akan memiliki kesibukan untuk bekerja, dan melakukan aktivitas lainnya. Namun, di sela-sela kesibukan, pastinya setiap orang bisa meluangkan waktu untuk bersama dengan orang yang disayanginya. Apalagi kepada pasangannya sendiri. Namun, jika suami anda beralasan dia sangat sibuk hingga tak bisa meluangkan waktu untukmu, itu berarti dia tidak peduli padamu.

2. Dia tidak menunjukkan rasa hormat kepadamu

Tanda suami tidak peduli dengan perasaan istri selanjutnya yang selanjutnya, yaitu dia tidak menunjukkan rasa hormat kepadamu. Contohnya, dia berlaku tidak sopan kepadamu, dia tidak suka jika kamu tegur, dia tidak menerima opinimu, atau bahkan bersikap kasar kepadamu. Sebab, suami yang benar-benar sayang dengan istrinya pasti akan selalu bersikap baik dan menghormati istrinya.

3. Dia selalu menyalahkan anda

Tanda selanjutnya, suami anda selalu menyalahkan anda. Ketika anda menghadapi masalah, suami anda akan mengatakan bahwa anda yang menyebabkan masalah itu terjadi. Jika suami anda selalu menempatkan anda sebagai biang masalah, maka itu pertanda jelas bahwa dia tidak peduli lagi dengan anda. Ini juga menjadi sebuah tanda hubungan yang tidak sehat.

4. Sering berbohong

Kejujuran adalah kunci untuk menjaga hubungan supaya tetap langgeng. Kejujuran adalah unsur utama dalam membangun kepercayaan. Jika anda pernah menemukan suami anda berbohong, sekecil apa pun hal itu, anda patut untuk merasa curiga. Apalagi kalau sudah ketahuan berkali-kali. Berbohong menjadi indikasi yang sangat jelas bahwa dia tidak peduli akan perasaanmu.

 

5. Dia tak mau membantu atau menolong anda

Tanda selanjutnya yang mengindikasi suami tak peduli akan perasaan istri, yaitu dia tak mau menolong atau membantu anda dalam hal apa pun itu. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas kecil seperti membersihkan rumah. Jika seluruh pekerjaan rumah dikerjakan oleh anda seorang diri sebagai istri, sedangkan suami anda hanya bersantai tanpa menawarkan untuk membantu, maka dapat dipastikan bahwa suami anda tidak peduli akan perasaan anda.

6. Dia tidak ingin melakukan sesuatu untuk kamu, sedangkan kamu selalu melakukan sesuatu untuknya

Contohnya, dia meminta tolong anda untuk mengambilkan pakaian kerjanya. Anda mau melakukan hal yang dimintanya itu. Sedangkan, jika anda yang meminta tolong untuk mengambilkan sesuatu, dia tidak mau melakukannya, atau mau melakukannya hanya karena terpaksa. Anda perlu khawatir jika dia tidak ingin berusaha untuk hal-hal kecil seperti itu.

7. Dia bersifat defensif

Apakah suami anda pernah diam saja saat anda dan dia sedang berdebat atau berdiskusi? Jika pernah, itu dia yang dinamakan defensif. Sikapnya yang seperti itu menjadi tanda bahwa dia tidak ingin berkomunikasi. Jika begitu, anda akan selalu menemukan masalah yang tidak terselesaikan.

8. Dia menganggap anda tidak penting

Untuk melihat apakah anda dianggap penting atau tidak, dapat diketahui dari perbandingan seberapa banyak waktu yang anda habiskan bersamanya, dan seberapa banyak waktu yang ia habiskan bersama orang lain. Jika kamu merasa dia lebih suka menghabiskan waktu dengan orang lain dibanding dengan anda, itu menjadi tanda yang jelas bahwa dia tidak peduli akan perasaan anda.

9. Dia selingkuh

Tanda yang satu ini sudah menjadi tanda yang paling jelas, karena seorang pria yang benar-benar peduli dengan pasangannya tidak akan pernah mengkhianatinya. Setelah mengetahui tanda-tanda suami mulai tidak peduli dengan anda, lantas timbul pertanyaan, apa yang harus dilakukan untuk menghadapinya? Di bawah ini telah dirangkum beberapa cara yang bisa anda coba ketika suami mulai terlihat cuek atau tidak peduli dengan perasaan anda.

10 Cara Menghadapi Suami yang Tidak Peduli dengan Perasaan Istri

1. Berkomunikasi atau berdiskusi

Anda pasti sudah mengetahui bahwa komunikasi adalah kunci utama dalam membangun sebuah hubungan. Komunikasi dapat menuntun anda menemukan kejelasan dari kedua belah pihak, hingga akhirnya menemukan solusi bersama. Anda bisa mengajak suami berdiskusi untuk mengungkapkan perasaan anda yang merasa tidak dipedulikan. Ajak dia mencari solusi bersama untuk masalah ini.

Jangan malah saling diam dan memendam perasaan sendiri. Sebab, suami anda tidak akan mengetahui bagaimana perasaan anda yang sebenarnya, dan diam-diaman hanya akan memperkeruh suasana. Selain saat menghadapi masalah, anda juga sebaiknya mengajak suami untuk berkomunikasi setiap hari. Seperti untuk sekadar menceritakan aktivitas masing-masing di hari tersebut, dan lain sebagainya. Sebab, komunikasi yang baik menjadi kunci dari hubungan yang romantis.

2. Sering tersenyum

Ketika suami mengabaikan perasaan anda, sebaiknya disikapi secara bijak. Anda tidak bisa begitu saja memasang muka marah, ngomel, atau marah-marah. Sebab, jika anda melakukan itu, tidak akan memperbaiki masalah dan hanya akan membuat suasana semakin keruh. Sebaiknya, anda ciptakan suasana menyenangkan di rumah, seperti menyambutnya dengan senyuman ketika pulang kerja. Hal yang sangat sederhana ini dapat membuat hati suami anda luluh kembali, dan diharapkan akhirnya ia bisa memperhatikan anda lagi.

3. Jadikan suami sebagai prioritas

Cara berikutnya untuk menghadapi suami yang tidak peduli kepada istri adalah dengan menjadikan suami sebagai prioritas. Mungkin, alasan suami anda tidak peduli kepada anda, karena anda tidak ada di saat dia membutuhkan anda. Atau sebaliknya, mungkin terkadang suami hanya ingin memiliki waktu sendiri. Coba memandang hal dari sudut pandangnya, dan coba berikan apa yang dia inginkan.

4. Buat suami anda merasa dihargai

Jika anda menemukan suami anda tidak peduli akan perasaan anda, cara yang dapat anda lakukan, yaitu dengan membuat suami anda merasa dihargai. Tunjukkan bahwa anda sangat mencintai suami anda, baik itu melalui kata-kata atau perbuatan. Anda bisa memberikan pujian kepadanya, atau sekadar mendengarkan perkataannya. Dengan melakukan hal-hal kecil seperti ini, suami anda bisa melihat ketulusan dari diri anda.

5. Perhatikan penampilan anda

Pada dasarnya, laki-laki adalah makhluk visual. Penampilan adalah hal yang penting bagi kaum lelaki. Maka dari itu, tampil rapi atau lebih menarik di depan suami dapat menjadi salah satu solusi saat suami terlihat tidak peduli kepada perasaan istri. Tenang saja, cantik bukan berarti harus mengubah wajah anda, tetapi lebih kepada enak untuk dilihat. Seperti berpakaian yang rapi, rambut tidak berantakan, memakai parfum supaya wangi, dapat menjadi hal-hal sederhana yang membuat anda terlihat lebih menarik.

6. Menciptakan suasana romantis

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghadapi suami yang tidak peduli akan perasaan istri, yaitu dengan menciptakan suasana romantis. Suasana romantis yang dimaksud bukan menciptakan ruangan penuh bunga, tetapi hal-hal kecil seperti memberikan kejutan kecil, memasak makanan kesukaan suami, mengajaknya kencan,memanggilnya dengan panggilan sayang, dan lain sebagainya. Suasana romantis seperti itu dapat menjadi hal yang penting, supaya api asmara dalam hubungan anda bisa terus berkorban.

7. Hindari sifat gengsi

Secara umum, laki-laki memang biasanya akan menyatakan perasaan terlebih dahulu. Namun, jika anda sudah menikah, prinsip seperti itu tidak berlaku lagi. Baik anda maupun suami, keduanya harus sama-sama menurunkan sifat gengsi. Sebab, menuruti gengsi tidak akan membawa anda kepada hal yang baik, juga tidak akan ada habisnya.

Sebagai langkah untuk membuat suami peduli lagi dengan perasaan anda, sebaiknya anda jangan malu untuk mendekati suami duluan. Anda bisa memberikannya pelukan, ciuman, lalu ajak suami untuk bicara. Dengan melakukan hal itu, suami yang tadinya tidak peduli akan tergerak hatinya untuk menjadi peduli lagi kepada anda.

8. Mau berkompromi

Sebagai seorang istri, anda harus pintar-pintar mengatur strategi untuk berkompromi. Contohnya, ketika anda membutuhkan bantuan dari suami, tetapi dia tidak melakukannya, anda jangan langsung tersulut emosi dan mengomel sepanjang hari. Anda bisa membicarakannya dengan cara yang baik dan tulus. Sebab, memang tidak semua keinginan anda harus selalu dituruti oleh suami, begitu juga sebaliknya.

Bisa jadi alasan suami anda tidak peduli terhadap anda, karena anda sering mengomel dan banyak menuntutnya melakukan banyak hal. Kompromikan saja apa yang menjadi keinginan anda dan apa yang diinginkan suami. Cari jalan tengah yang paling baik untuk anda berdua.

9. Bersikap baik kepada keluarga suami

Selain peduli dan berbuat baik kepada suami, menjalin hubungan yang baik dengan orang tua dan keluarga suami juga perlu untuk dilakukan. Sebab, di Indonesia sendiri, kita memiliki budaya kekeluargaan yang erat. Hubungan anda dengan keluarga pasangan anda dapat memengaruhi hubungan anda dengan suami anda.

Maka dari itu, anda bisa memberikan perhatian kepada keluarga suami walaupun dia tidak lagi peduli akan perasaan anda lagi. Lakukanlah ini seperti anda peduli dan memberikan perhatian bagi keluarga anda sendiri. Coba luangkan waktu yang berkualitas dengan suami, orang tuanya, dan keluarganya.

10. Ubah ekspektasi anda

Terkadang, hal yang menjadi sumber masalah adalah pikiran anda sendiri. Maka dari itu, anda perlu melakukan introspeksi kepada diri sendiri. Coba cari tau, kenapa suami anda bisa menjadi tidak peduli akan perasaan anda? Apakah dia begitu karena sifat anda? Atau apakah dia begitu karena dia memiliki hubungan yang tidak baik dengan keluarganya?

Setelah menemukan jawabannya, cara berikutnya yang bisa anda ambil adalah dengan mengubah atau menurunkan ekspektasi anda. Jangan membuat ekspektasi yang terlalu tinggi dan neko-neko untuk suami anda. Dengan begitu, anda tidak akan merasa jengkel dan bisa menghadapi segalanya dengan tenang. Ingat juga untuk fokus kepada proses, bukan keinginan anda.

Nah, itu dia rangkuman tanda-tanda bahwa suami tidak peduli akan perasaan istri, dan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang menghadapi masalah dalam hubungan anda. Bagi anda yang ingin mencari informasi terkait dengan hubungan pernikahan, anda bisa mendapatkannya melalui buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi yang terlengkap dan terbaik bagi anda.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriel