in

15 Tanda Memiliki Ikatan Batin Dengan Seseorang Yang Kita Cinta

15 Tanda Memiliki Ikatan Batin Dengan Seseorang – Ada kalanya kamu akan merasa bahwa diri kamu dan dirinya sangat cocok. Kamu akan merasa bahwa segala sesuatu tentang dirinya adalah bagian dari pengetahuan umum. Namun, tahukah kamu bahwa dengan pemikiran dan perasaan seperti itu, sebenarnya kamu memiliki ikatan batin dengan orang tersebut?

Yap! Ikatan batin memang sering kali di anggap sebagai sesuatu yang tidak mungkin. Hal ini dikarenakan sulit sekali merasakan perasaan yang sedalam itu dengan seseorang. Namun, kamu dapat melihat dan mengetahuinya ketika kamu membaca beberapa tanda yang sudah di jelaskan di bawah ini.

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana kamu bisa melihat ikatan batin antara kamu dengan si dia. Terdapat berbagai macam ciri yang menandakan bahwa kamu memiliki ikatan batin yang kuat.

Oleh karena itu, tanpa berlama-lama lagi, mari simak dan baca penjelasan tentang beberapa ciri ikatan batin yang bisa kamu rasakan saat menjalin hubungan dengan seseorang. Pastikan kamu juga mengetahui sudut pandang dari orang tersebut ya, karena ikatan batin akan terjadi ketika dua orang dalam satu hubungan merasakan hal yang sama.

Mari lihat dan perhatikan dengan detail pembahasan tentang ikatan batin di bawah ini. Selamat membaca, Grameds!

15 Tanda Kamu Memiliki Ikatan Batin Dengan Seseorang

Sumber: Pinterest.com

Peduli kebutuhan dan keinginan

Hal paling dasar ketika berhubungan dan membangun hubungan dengan seseorang adalah dengan memiliki serta menunjukkan sikap serta sifat peduli satu sama lain. Saat menunjukkan sikap dan sifat peduli ini, kamu secara tidak sadar akan melakukannya. 

Sebagai contoh, saat kamu sudah tahu bahwa dia tidak suka atau tidak bisa makan makanan yang berbau dengan udang, maka saat ada makan bersama secara otomatis kamu akan menghindari pilihan makanan yang berbau udang. Ini adalah salah satu sikap peduli kamu terhadap dirinya.

Dari segi sifat, ketika kamu merasa peduli, kamu sudah memiliki sifat kepedulian dalam diri kamu. Hanya saja apakah kamu menunjukkan hal tersebut atau tidak. Ketika tanpa sadar kamu tahu bahwa kamu peduli dan menunjukkan perilaku peduli kamu.

Ini adalah sebuah tanda yang diberikan oleh ikatan batin untuk kamu peduli dan melakukan apapun yang dirasa perlu untuk dipenuhi. Sulit dibedakan, bukan? Namun, ketika kamu melakukannya, kamu akan mengerti perbedaannya kok, Grameds!

Terbuka apa adanya

Tanda dari memiliki ikatan batin dengan seseorang adalah kamu bisa terbuka apa adanya kepada orang tersebut. Saat memiliki perasaan ini, secara tanpa sadar, kamu sudah dibuat nyaman dan aman berada di sekelilingnya.
Namun, jika dari awal kamu sudah sedikit sungkan kepada orang tersebut, ragu untuk mengatakan segala sesuatu, dan atau kamu harus menyaring apa yang ingin kamu sampaikan. Ikatan batin antara kalian berdua belum terbangun dengan erat.

Kalian belum memiliki kepercayaan satu sama lain yang secara tanpa sadar membuat kalian agak sungkan untuk saling menyampaikan segala sesuatunya.

Jika kamu sudah memiliki ikatan batin yang kuat, kamu akan menjadi diri kamu sendiri apa adanya di depan orang tersebut. Tidak ada rasa takut, tidak nyaman, dan tidak ada rasa ragu. Semua bisa kamu lakukan dan menjadi diri kamu sendiri saat bersama orang tersebut.

Kira-kira, ada atau tidak seseorang yang membuat kamu merasa sangat terbuka akan segala hal? Kamu bisa menjadi diri sendiri apa adanya tanpa takut tentang pandangan dan komentarnya terhadap diri kamu? Jika ada, kamu memiliki ikatan batin sama si dia.

Saling mengenal lebih dalam

Ciri selanjutnya adalah saling mengenal lebih dalam. Buat kamu yang sudah lama menjalin hubungan atau kenal dengan seseorang. Tak perlu waktu lama dan tak perlu bantuan orang lain untuk mengetahui segala sesuatu tentang dirinya. Kamu pasti sudah mengetahuinya tanpa sadar.

Hal ini bisa terjadi kemungkinan karena kamu juga sering mengamati apa yang dia lakukan. Kamu mengamati hal tersebut dan menyimpulkan bahwa hasil yang kamu amati seperti itu. Kemudian kamu akan mencocokkannya dengan fakta sebenarnya tentang dirinya.

Dengan mengamati kebiasaan seseorang, secara tanpa sadar kamu akan mengenal dan mengetahui dirinya lebih dalam dari siapa pun yang jarang mengamati. Tanpa ia bilang apa pun kepada kamu, kamu akan bilang kalau kamu sudah mengetahuinya.

Jika dia melakukan hal yang sama terhadap kamu, maka tanpa perlu berucap bibir, mata berisyarat, kalian sudah memahami satu sama lain. Ini lah yang di sebut dengan ikatan batin.

Memahami dengan detail

Tahukah kamu, ketika kamu dan dia sudah saling memahami satu sama lain. Kalian akan mengetahui tentang dirinya sampai pada bagian yang sangat dalam. Penelitian tentang pengembangan hubungan menyebut ini sebagai teori self disclosure, dimana semakin terbuka seseorang pada bagian yang terdalam, maka hubungan yang dibangun jika akan semakin intim.

Dengan mengetahui berbagai hal tentang orang tersebut, kamu secara tanpa sadar akan memiliki hubungan yang semakin dekat dengan dirinya. Kamu akan mengetahui hal kecil yang menjadi kebiasaannya, hobi, yang yang disuka dan tidak disuka, apa yang membuatnya marah dan takut, serta hal-hal lainnya.

Ikatan batin membuat mereka akan saling memahami satu sama lain dengan detail. Hal yang paling menakjubkan adalah semua yang di ketahui antara kedua belah pihak semua hal tersebut sudah ada di luar kepala. Hebat, bukan? Kalau kamu, apakah kamu juga hafal sampai luar kepala?

Bebas nilai

Bebas nilai di sini diartikan sebagai salah satu pemikiran dan judgement yang sering dilakukan oleh orang-orang sekitar. Termasuk saat bersama orang yang dekat dengan kamu. Jika kamu merasa dekat tapi masih ada kekhawatiran akan penilaian dari orang tersebut. Itu lah tandanya kalau kamu belum memiliki ikatan batin yang kuat dengan orang tersebut.
Saat bersama dengan orang yang membuat kamu bisa terbuka sepenuhnya, kamu tidak akan merasa ada penghakiman dari dirinya, baik itu perkataan atau pun tindakannya. Ikatan batin membuat semua yang kamu dan dia pikirkan dan lakukan adalah sesuatu yang benar sesuai versi masing-masing. Setiap individu yang memiliki ikatan batin biasanya akan fokus pada perhatian satu sama lain, tanpa perlu menilai baik-buruknya.

Kalau kamu, apakah kamu memiliki ikatan batin dengan ciri seperti ini?

Konflik yang membangun

Bukan karena adanya ikatan batin kamu tidak akan memiliki masalah dalam suatu hubungan. Tentunya dalam sebuah hubungan pasti mengalami konflik (penurunan hubungan). Hal ini dikarenakan setiap manusia normal memiliki emosi, jadi wajar jika ada konflik.

Hanya saja, hal yang membedakan antara kamu yang memiliki ikatan batin dengan seseorang pasti akan mampu melakukan pengelolaan konflik tersebut. Mereka paham satu sama lain dan paham bagaimana untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi.

Maka dari itu, ciri ini dikatakan sebagai konflik yang membangun. Dimana kamu dan pasangan akan semakin kuat saat bisa melewati konflik tersebut untuk hubungan kamu yang lebih baik kedepannya.

Apakah kamu juga memiliki cara sendiri untuk menyelesaikan masalah dalam hubungan bersama pasangan?

Bersimpati

Saat kamu peduli dan memahami seseorang, kamu pasti tidak akan pernah bosan dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan dirinya. Semua akan terasa menyenangkan dan dianggap sebagai sesuatu yang menarik. Dengan begitu kamu akan bisa mengungkapkan rasa simpati kamu.

Saat kamu mendengarkan semua kisahnya, kamu tidak akan pernah merasa bosan, baik dari kisah hidupnya, ataupun segala hal yang ia ceritakan tentang kisah keseharian hidupnya. Itu adalah tanda bahwa ikatan batin kalian sudah terbangun dengan baik. 

Akan terasa sangat menyenangkan ketika kamu bisa terus bersama dengan dia bagaimana pun caranya. Kamu akan menunjukkan sikap simpati yang melebihi dari seorang teman. Begitu pun sebaliknya, dia juga akan menunjukkan rasa simpati itu dengan cara yang berbeda dari seorang teman.

Jadi, apakah kamu juga melakukan hal ini? Apakah kamu sudah merasa bahwa rasa simpati kamu sudah melebihi rasa simpati kepada teman?

Porsi yang seimbang

Ciri yang selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah memiliki posisi dan porsi yang seimbang. Saat kamu sudah memiliki ikatan batin dengan seseorang, kamu akan diberi porsi yang sama ketika kamu juga memberi. Tanpa sadar, ini adalah sikap dan sifat yang alami dan dilakukan oleh manusia ketika ia memang benar-benar memiliki ikatan batin dengan kamu.

Ikatan batin membuat individu yang terikat akan memberikan porsi yang seimbang. Setara dalam hal menyampaikan dan menerima. Tidak ada hubungan satu arah karena ikatan tak dapat terjadi dengan satu orang saja. Karena pada dasarnya dalam sebuah hubungan pastinya ada timbal balik, dua arah. Maka jika hanya satu arah, maka hubungan kamu memiliki masalah yang harus kamu dan pasangan selesaikan.

Saling tertarik

Apakah kamu merasa sangat antusias ketika memikirkan dirinya? Apakah dirinya juga antusias ketika memikirkan diri kamu? Yap! Ini adalah salah satu ciri dari rasa saling tertarik yang dibuat oleh ikatan batin.

Saat kamu memiliki ikatan batin dengan seseorang, kamu akan sama-sama tertarik dan sama-sama bahagia ketika memikirkan dirinya. Begitu pun sebaliknya yang dirasakan oleh pasangan kamu. Dengan ketertarikan ini yang membuat pasangan kamu dan kamu dapat saling melengkapi satu sama lain.

Saling Percaya

Hal yang menjadi salah satu hal paling penting ketika bersama dengan seseorang adalah dengan percaya. Kepercayaan seseorang, siapapun, semua orang, kita pasti sulit untuk membangunnya, jadi dalam sebuah hubungan yang sudah memiliki ikatan batin, kamu pasti akan saling percaya dan menerima satu sama lain. 

Satu hal yang penting dari sebuah ikatan batin tentunya adalah sebuah kepercayaan.Kepercayaan adalah sebuah fondasi kuat. Ketika kamu sudah percaya, beberapa poin yang di atas akan dengan mudah kamu rasakan. Jadi, inilah salah satu persyaratan dasar. 

Tanpa disadari ini adalah perasaan yang secara otomatis akan muncul dalam diri kamu. Biasanya juga perasaan ini muncul pada orang yang memiliki ikatan khusus dan lebih dalam seperti keluarga, saudara, dan pasangan.

Ada perasaan yang kuat

Ada kalanya kamu merasa bingung, mengapa kamu memiliki alasan yang sangat kuat dan yakin tentang dirinya, bukan?

Jika kamu merasakan perasaan yang kuat dengannya seperti ini, tandanya kamu memiliki ikatan batin. Hal ini terjadi secara spontan, tanpa kamu duga sebelumnya. Tak bisa disadari oleh orang lain, hanya kamu yang mengetahui hal tersebut.

Merasa mengenalnya sejak lama

Saat kamu pertama kali mengenalnya, kamu merasa bahwa itu bukanlah pertemuan pertama kalian. Kamu bisa dengan mudah dan cepat beradaptasi seakan-akan sudah berteman selama bertahun-tahun dan kembali dipertemukan. Ada kalanya kamu akan merasa seperti mengenal dirinya jauh sebelum pertemuan kalian.

Nyaman saat bersamanya

Pernahkah kamu merasa lelah dengan keadaan emosional kamu? Yap! Ketika kamu berada di sisinya, apakah kamu juga merasa lelah? Jika tidak, kamu bisa menceritakan segalanya kepadanya, karena tanpa sadar kamu telah percaya dan terbuka sepenuhnya dengan dirinya.

Kamu merasa dengan dirinya emosional kamu sangat nyaman dan terasa sangat hangat. Topik pembicaraan apapun selalu nyambung ketika dibicarakan, dan komunikasi pun berjalan dengan dua arah.

Bebas membicarakan apapun

Seperti tentang keterbukaan, saat kamu memiliki ikatan batin, kamu tidak akan takut saat membicarakan topik yang sebenarnya jarang sekali kamu bahas atau bahkan sangat aneh jika kamu membahasnya. Namun, kamu akan merasa nyaman dan tak peduli dengan apapun karena kamu akan selalu merasa nyaman dan hangat. Begitu juga yang dirasakan oleh pasangan kamu ya.

Berkomunikasi tanpa suara

Terdengar dan terkesan sangat lebay, bukan? Namun, kamu akan memahaminya ketika kamu memiliki ikatan batin yang kuat. Kamu akan tahu apa yang pasangan kamu rasakan tanpa kamu harus tanya atau tanpa harus dia bilang sesuatu ke kamu. 

Kamu bisa membacanya dengan mudah hanya dari beberapa tindakan kecil yang dilakukan olehnya. Ketika sedih, marah, senang, malu, dan butuh seseorang. Kamu akan tahu. Ini lah ikatan batin yang benar-benar sudah pada tahapan yang tinggi.

Sering kali pasangan yang sedang berpacaran merasa ego mereka lebih penting dibandingkan harus mengalah satu sama lain. Namun, saat komunikasi tanpa suara sudah berhasil dilakukan. Ini tandanya ikatan batin yang kamu jalani dalam hubungan sudah semakin dalam dan erat.

Itu adalah beberapa tanda dan ciri yang menandakan kamu dan si dia memiliki ikatan batin yang kuat dalam hubungan kalian. Kalau kamu sendiri, apakah kamu sudah menchecklist apa saja ikatan batin yang sudah terlaksana dari beberapa yang telah di bahas di atas?

Belajarlah untuk saling terbuka satu sama lain, agar komunikasi yang kamu jalani dalam sebuah hubungan juga berjalan dengan baik. Dalam sebuah hubungan, komunikasi juga menjadi pilar yang penting.

Pasalnya, bagaimana kamu akan mengetahui keadaan, situasi, dan perasaan pasangan jika komunikasi yang kamu lakukan belum maksimal dan baik? Jadi, diskusikanlah hal tersebut kepada pasangan dan buatlah kalian menyepakati yang sudah menjadi hasil diskusi bersama.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk mempererat ikatan batin antara kamu dengan pasangan ya. 

Jika kamu yang sedang mencari informasi dari cerita-cerita best seller yang sedang trending, kamu bisa mendapatkan berbagai buku best seller tersebut di Gramedia.com loh. Semua buku tentang novel, komik, pengetahuan, dan yang lainnya tersedia lengkap di www.gramedia.com loh.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengunjungi laman dari Gramedia untuk mendapatkan informasi seputar buku yang kamu inginkan. Selamat membaca dan salam hangat, Grameds!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Mega