in

Review Novel Sempiternal Karya Cintaprita

Bagi kalian yang sudah pernah membaca kisah Married with Senior, harus banget membaca novel Sempiternal ini. Sebab, novel Sempiternal ini merupakan kelanjutan dari kisah cinta Angkasa dan Mika. Pastinya sudah pada tau juga dong, Married with Senior adalah kisah romansa yang seru banget! Bahkan, sudah diadaptasi menjadi film serial, yang sudah ditayangkan pada bulan Februari hingga Maret 2022 lalu.

Novel Sempiternal ditulis oleh Cintaprita, dan pertama kali dipublikasikan di Wattpad juga, layaknya kisah Married with Senior. Kisah Sempiternal diunggah di akun Wattpad bernama Cintaprita, yang saat ini sudah memiliki sejumlah 174 ribu pengikut. Sama seperti Married with Senior, kisah Sempiternal juga meraih kesuksesan dengan menjadi populer, yang dibuktikan dengan sudah dibaca 4.8 juta kali di Wattpad. Selain itu, kisah Sempiternal ini juga pada akhirnya berhasil diterbitkan pada bulan Februari 2020 oleh Penerbit Rainbow Books.

Nama Cintaprita sendiri sudah tak asing didengar ketika berbicara tentang novel remaja. Cintaprita dikenal produktif membuat karya dan mengunggahnya di Wattpad. Hingga saat ini, Cintaprita telah mengunggah 10 karya di akun Wattpadnya, dan 5 karya tersebut sudah berhasil diterbitkan, serta 2 karya lagi akan segera diterbitkan. Lima karya Cintaprita yang telah diterbitkan, yaitu Married with Senior, Lucas, Sempiternal, Positif, dan Arga.

Cintaprita mengemukakan pengertian dari kata Sempiternal yang menjadi judul novel ini, yaitu berarti abadi. Menurut Cintaprita, kata Sempiternal ini cocok sekali untuk menggambarkan kisah cinta Angkasa dan Mika yang meskipun sudah berpisah lama, tetapi rasa cinta di antara keduanya masih tetap bertahan atau abadi. Kisah Sempiternal ini menjadi kisah yang akan menjelaskan kelanjutan hubungan Angkasa dan Mika.

Novel Sempiternal akan mengisahkan tentang Angkasa dan Mika yang kembali memperjuangkan kisah cintanya. Sebab, mereka memang sudah saling mencintai, sudah satu agama juga, mereka juga saling percaya. Hanya satu hal saja yang masih menghalangi hubungan mereka, yaitu restu orang tua.

Kejadian di masa lalu membuat orang tua Mika tak lagi memercayai Angkasa. Sampai akhirnya, orang tua Mika pun tidak merestui hubungan keduanya. Apakah Angkasa dan Mika mampu melewati masalah tersebut dan mendapatkan restu? Atau justru mereka akan menyerah di tengah jalan?

Bagi kalian para penggemar Angkasa dan Mika, pastinya ingin mengetahui kelanjutan kisah cinta mereka dong. Maka itu, simak artikel ini sampai selesai, supaya kamu semakin yakin untuk segera mendapatkan novel ini dan mencari tau akhir kisah cinta mereka.

Sinopsis Novel Sempiternal

Apakah anda pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa kalau jodoh pasti tidak akan kemana? Ternyata, kalimat itu bukan sekedar pepatah lama yang tidak bermakna. Sebab, pepatah itu memang benar terjadi seperti itu. Salah satu contoh buktinya adalah kisah cinta Mika dan Angkasa.

Terkadang, takdir memang bisa tampak selucu itu ya. Bagaimana tidak? Pada awalnya Angkasa dan Mika tidak saling kenal. Lalu, takdir membawa mereka menjadi dijodohkan, dan atas nama takdir juga, lama kelamaan mereka saling jatuh cinta kepada satu sama lain.

Namun, takdir juga yang akhirnya memisahkan mereka berdua. Bagian paling lucunya, takdir juga membuat mereka berdua kembali bersama. Jika pada dasarnya Mika adalah jodoh Angkasa, mau Mika lari sejauh apapun, atau berpaling ke cowok manapun, pasti akhirnya akan kembali lagi ke pelukan Angkasa. Dan itu semua memang benar terjadi seperti itu.

Jika ucapan bisa berbohong, berbeda halnya dengan hati. Ibaratnya, hati adalah sebuah cermin yang akan memantulkan kebenaran yang sesungguhnya. Dan Mika tak lagi bisa membohongi hatinya bahwa pada kenyataannya, bayangan Angkasa tidak pernah lepas dari pikirannya, tak pernah lepas dari hidupnya, apalagi hatinya.

Dan Mika juga yakin bahwa Angkasa adalah jodoh terbaik yang dikirimkan Tuhan baiknya. Angkasa juga berjanji tidak akan bersikap bodoh seperti di masa lalu lagi. Angkasa berjanji hanya akan fokus pada satu wanita yang namanya sudah benar-benar tertulis permanen di hatinya, yaitu Mika Larasati Atmadja atau yang sebentar lagi akan berubah namanya menjadi Mika Larasati Pramodya.

Kejadian buruk yang terjadi beberapa bulan yang lalu menjadi pelajaran berharga bagi Angkasa dan juga Mika. Pelajaran hidup yang tidak akan pernah terlupakan selamanya. Pelajaran yang membuat Angkasa sadar jika ternyata ia harus menjadi egois demi mempertahankan cintanya. Pelajaran bagi Mika juga, untuk lebih bersabar lagi dalam menghadapi segala kesalahpahaman yang mungkin terjadi.

Oleh karena kejadian beberapa bulan lalu itu, segalanya mulai berubah. Ada yang baik, tetapi juga ada yang buruk. Baiknya, Mika tidak jadi menikah dengan Reno yang menjadi tanda akan peluang besar bagi Angkasa untuk kembali mempersunting Mika. Namun, buruknya orang tua Mika tidak akan semudah itu memberikannya restu bagi Angkasa untuk menikahi putrinya.

Mama Mika selalu saja melarang Mika untuk bertemu dengan Angkasa dengan cara yang tidak langsung. Seperti saat ini, saat Mika akan pergi untuk makan siang dengan Angkasa, Peni langsung menanyai ini itu terhadapnya. Peni menanyakan putri semata wayangnya itu ingin pergi kemana lagi, lalu menyuruhnya untuk berdiam di rumah saja, dan sebagainya.

Mika selalu menjawab jujur jika ia ingin pergi untuk bertemu Angkasa meskipun ia mengetahui mamanya pasti akan marah. Namun, ia bisa apa, jika sudah cinta, segalanya juga pasti akan dikorbankan. Mamanya masih mendorongnya untuk tinggal di rumah saja. Mika tetapi dengan pendiriannya buru-buru meraih lengan mamanya dan langsung menyalaminya untuk pamit.

Mika rela melawan orang tuanya, dan semuanya itu ia lakukan hanya untuk Angkasa seorang. Mika juga lebih memilih naik ojek online dibanding membawa kendaraan sendiri, alasannya sudah jelas, karena pasti akan lebih ribet. Perjalanan dari rumah Mika menuju ke perusahan milik keluarga Wirawan yang sekarang telah dikelola oleh Angkasa hanya memakan waktu kurang lebih 20 menit.

Setelah sampai, Mika langsung melangkah dengan percaya diri memasuki perusahaan itu. Hari ini bukan pertama kalinya Mika kesini. Angkasa juga sudah memperkenalkan Mika sebagai calon istrinya kepada seluruh pegawainya dengan terang-terangan. Maka itu, otomatis semua pegawai berlaku sopan kepada Mika.

Mika kemudian langsung menanyakan keberadaan Angkasa kepada sekretaris pribadi Angkasa. Namanya Nita, dan Mika cukup senang dengan keputusan Angkasa yang memilih seorang sekretaris yang jauh dari kata genit. Dan hal yang paling penting adalah Nita sangat sopan kepadanya. Nita yang sedang serius mengerjakan pekerjaannya sontak langsung berdiri dan mengarahkan Mika untuk langsung masuk ke ruangan Angkasa saja.

Mika kemudian langsung masuk ke dalam ruangan milk Angkasa. Dan ya, karena Angkasa merupakan direktur utama, sudah pasti ruangan kerjanya sangat luas dan bagus. Mika mengucapkan salam ketika melihat Angkasa yang sedang sibuk berkutat dengan setumpuk pekerjaannya. Angkasa di sisi lain langsung mengalihkan tatapannya kepada Mika.

Angkasa dengan senyum lebarnya langsung mengucapkan salam sambil menghampiri Mika dan memeluk tubuh ramping calon istrinya itu. Lalu, keduanya melangkah menuju kursi yang terletak di tengah ruangan. Mika lalu menyusun makanan yang ia bawa di atas meja. Mika menyiapkan nasi dan beberapa lauk di atas piring lalu memberikannya kepada Angkasa.

Tanpa pikir panjang, Angkasa langsung menerima dan mulai menyantap makanan itu. Setelah selesai menyantap makan siangnya itu, Mika dan Angkasa berbincang, dan Angkasa sempat melayangkan pertanyaan mengenai reaksi mama Mika ketika ia pamit. Mendengar pertanyaan itu, Mika menghela napasnya, lalu mendongak menatap Angkasa yang juga sedang menatapnya.

Mika tersenyum kecut dan menjawab bahwa reaksi mamanya masih sama. Angkasa membelai lembut rambut Mika sambil mengatakan bahwa tidak apa-apa, suatu saat nanti, mama Mika pasti akan mengetahui apa yang terbaik baginya. Mika mendengus dengan nada kesal sambil bertanya sampai kapan mereka harus begini.

Ini adalah kisah Angkasa dan Mika yang kembali memperjuangkan kisah cintanya. Sebab, mereka memang sudah saling mencintai, sudah satu agama juga, mereka juga saling percaya. Hanya satu hal saja yang masih menghalangi hubungan mereka, yaitu restu orang tua.

Kelebihan Novel Sempiternal

Jika kalian sudah pernah membaca kisah Married with Senior, pastinya kalian sudah mengetahui bahwa Cintaprita mampu mengemas kisah cinta remaja ini dengan sangat menarik. Diterbitkannya novel Sempiternal yang merupakan novel sekuel lanjutan dari kisah Married with Senior juga menjadi tanda bahwa kisah cinta Angkasa dan Mika ini sangat menarik.

Cintaprita mampu mengeksekusi lanjutan kisah cinta Angkasa dan Mika ini dengan menarik. Cintaprita menghadirkan konflik baru dengan menambahkan unsur keluarga, yakni konflik tentang restu orang tua. Cintaprita menuliskan kisah ini menggunakan bahasa sehari-hari yang pastinya menjadikan kisah ini mudah dipahami.

Kisah Sempiternal ini mengandung makna yang mendalam di baliknya. Mulai dari karakter para tokoh yang dapat menjadi teladan, juga melalui konflik dan cara penyelesaiannya. Selain itu, kisah ini sendiri juga dapat memberikan pengajaran bagi para pembaca tentang perjuangan dan cinta sejati.

Kekurangan Novel Sempiternal

Selain kelebihan, novel Sempiternal ini juga memiliki kekurangan. Kekurangan novel Sempiternal ini, yaitu beberapa pembaca menemukan bahwa alur kisah ini cukup lambat. Dengan total 316 halaman yang mengangkat konflik yang tidak banyak, narasi kisah ini dinilai cukup panjang. Meski begitu, kisah ini tetap menarik untuk diikuti.

Selain itu, dalam novel Sempiternal ini masih didapatkan sejumlah kesalahan pada penulisan. Meski begitu, kekurangan ini adalah minor dan tidak akan mengganggu proses memahami kisah ini.

Pesan Moral Novel Sempiternal

Jika sudah jodoh, maka tidak akan kemana. Benar apa kata pepatah, takdir pasti akan membawa belahan jiwa seseorang untuk kembali ke pelukannya. Tidak peduli sejauh apa pun jarak yang memisahkannya, atau banyaknya kendala yang menghalangi cinta mereka.

Dari Angkasa dan Mika kita dapat belajar bahwa cinta sejati benar adanya. Cinta sejati itu ada, dan cinta sejati dapat diperjuangkan. Hasil juga tidak akan mengkhianati perjuangan.

Hendaknya kita jangan pernah memaksakan kehendak kita sendiri. Apalagi, memaksa orang lain untuk mengikutinya. Seperti orang tua yang seolah mengetahui apa yang terbaik bagi anaknya, tetapi tidak ingin mendengarkan pendapat sang anak.

Bagi kalian yang penasaran akan perjuangan Angkasa dan Mika untuk mendapatkan restu dari orang tuanya, yuk langsung saja dapatkan novel Sempiternal karya Cintaprita ini hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel