in

Review Novel Nuraga Karya Revianaaprl

Bagi kalian yang menyukai alternate universe mungkin tidak asing dengan kisah Nuraga. Novel Nuraga ditulis oleh Revianaaprl atau yang akrab disapa Ann oleh teman-teman onlinenya. Kisah Nuraga merupakan alternate universe yang menggunakan tokoh utama Haechan, salah satu anggota boy group asal Korea Selatan, NCT.

Kisah Nuraga pertama kali dipublikasi di akun Twitter Ann sendiri yang bernama @jjaejaepeach. Utas kisah Nuraga hingga saat ini, per bulan Juni 2022, telah mendapatkan lebih dari 136 ribu likes dan sudah 51,5 ribu kali diretweet. Melihat dari angka tersebut, tentunya kita mengetahui bahwa kisah ini sangat populer dan digemari banyak orang, secara khusus pasti oleh para penggemar boy group NCT.

Kepopuleran kisah Nuraga kemudian berhasil membawa kisah ini dilirik oleh pihak penerbit dan akhirnya diterbitkan menjadi sebuah novel. Novel Nuraga pertama kali diterbitkan pada bulan Desember 2021 oleh penerbit Loveable. Alur kisah Nuraga yang diadaptasi dari alternate universe ke dalam bentuk cerita novel masih sama, hanya saja tentu kisahnya menjadi lebih jelas, karena dalam bentuk narasi.

Kepopuleran kisah Nuraga tentunya membawa nama Ann sebagai penulisnya juga populer. Ann juga dikenal aktif di media sosial Twitter. Hingga saat ini, akun Twitter Ann telah memiliki sejumlah 227 ribu pengikut.

Ann juga diketahui telah menuliskan 3 karya yang telah berhasil diterbitkan, yaitu Nuraga, Bumi dan Lukanya Remake, dan Aming Rechan. Novel Nuraga terbagi menjadi 3 season. Novel ini mengisahkan tentang perjalanan cinta seorang lelaki bernama Haikal.

Season 1 – Haikal hanya bisa menyalahkan takdir. Takdir yang membuat dirinya dilahirkan atas dasar “kesalahan”. Takdir yang membuat Haikal tidak memiliki keluarga utuh, dan takdir-takdir lain yang membuat dia benci kepada setiap detik kehidupannya itu.

Namun, bersama Ralita, Haikal bisa merasa bahwa dunia ternyata tidak sejahat itu. Di pelukan Ralita, Haikal bisa merasa nyaman dan baik-baik saja. Tapi… mengapa Ralita meninggalkan Haikal?

Season 2 – Pada saat Haikal percaya bahwa Ralita mampu mengembalikan segala kebahagiaan yang tertunda selama ini, ternyata Ralita malah memberikan luka yang lebih menyakitkan. Ralita menjalin ikatan suci bersama lelaki lain. Satu hal yang Haikal yakini saat itu adalah ia harus melupakan Ralita.

Ia harus melupakannya meskipun pasti berat. Ia haru mengkhianati dirinya sendiri. Bahkan, ia juga harus menyakiti orang lain. Sebab, pada akhirnya hanya Ralita yang mampu tinggal di hati Haikal.

Season 3 – Ada pepatah yang mengatakan bahwa semua itu hanya masalah waktu. Haikal dan Ralita bertemu untuk kedua kalinya. Mereka berdua pun berusaha memperbaiki hubungan mereka dan semuanya dari awal. Apakah semesta akan merestui Haikal dan Ralita kali ini?

Sinopsis Novel Nuraga

ABOUT HAPPINESS AND WOUND (TENTANG KEBAHAGIAAN DAN LUKA)

Haikal hanya bisa menyalahkan takdir. Kata orang-orang, Haikal lahir dari sebuah kesalahan. Takdir yang membuat Haikal tidak memiliki keluarga utuh, dan takdir-takdir lain yang membuat dia benci kepada setiap detik kehidupannya itu.

Hanya sang ibu rumah ternyaman bagi Haikal untuk dia pulang. Namun, rumah tempat Haikal pulang itu pun kini sudah berubah menjadi tempat duka, untuk selamanya. Saat Haikal merasa takdir sudah sama sekali tak berpihak padanya, ia bertemu dengan Ralita.

Berkat Ralita, hal yang dirasa mustahil kini mulai menjadi mungkin. Bersama Ralita, Haikal bisa merasa bahwa dunia ternyata tidak sejahat itu. Di pelukan Ralita, Haikal bisa merasa nyaman dan baik-baik saja.

Haikal berharap Ralita adalah pemberhentian terakhir dalam perjalanannya mencari cinta sejati ini. Ralita akan menjadi tempat bagi Haikal untuk singgah. Namun, ternyata tak sungguh. Mengapa Ralita meninggalkan Haikal?

UNFINISHED (BELUM SELESAI)

Pada saat Haikal percaya bahwa Ralita mampu mengembalikan segala kebahagiaan yang tertunda selama ini, ternyata Ralita malah memberikan luka yang lebih menyakitkan. Ralita menjalin ikatan suci bersama lelaki lain.

Ralita memilih menghabiskan waktunya bersama seseorang yang bahkan tidak dia cintai. Satu hal yang Haikal yakini ketika mengetahui hal itu adalah ia harus melupakan Ralita. Ia harus melupakannya meskipun pasti berat.

Ia haru mengkhianati dirinya sendiri. Bahkan, ia juga harus menyakiti orang lain. Sebab, pada akhirnya hanya Ralita yang mampu tinggal di hati Haikal.

HELLO AGAIN MY BELOVED ONE (SELAMAT BERJUMPA LAGI, SAYANGKU)

pepatah yang mengatakan bahwa semua itu hanya masalah waktu. Haikal dan Ralita bertemu untuk kedua kalinya. Mereka berdua pun berusaha memperbaiki hubungan mereka dan semuanya dari awal. Apakah semesta akan merestui Haikal dan Ralita kali ini?

Kelebihan Novel Nuraga

Novel Nuraga yang sudah menjadi salah satu novel best seller ini tentunya memiliki banyak kelebihan. Ann mampu mengadaptasi kisah Nuraga ini dengan baik. Penulisan narasi dan kisahnya dinilai lengkap dan jelas. Ann mampu mendeskripsikan seluruh konflik, latar suasana, waktu, dan tempat dengan detail.

Ann juga mampu membangun karakter yang kuat. Karakter yang sangat mendukung kisah ini menjadi semakin menarik. Ide cerita novel ini yang begitu kompleks, didukung dengan karakter tokohnya yang kuat, mampu membuat para pembaca merasakan berbagai emosi bersama dengan tokoh-tokoh dalam cerita ini. Mulai dari berbunga-bunga, sedih, kecewa, dan sebagainya.

Dalam novel Nuraga ini juga terdapat banyak kutipan-kutipan yang indah, yang tentunya membuat novel ini menjadi lebih menarik. Selain itu, gambar sampul novel ini juga dinilai menarik dan sesuai dengan kisah yang disajikan.

Kekurangan Novel Nuraga

Selain memiliki kelebihan, novel nuraga ini juga memiliki beberapa kekurangan. Beberapa pembaca merasa bahwa kisah Nuraga ini terlalu kompleks, karena menyajikan gabungan dari beberapa universe menjadi satu cerita. Kisah ini dinilai menjadi terlalu padat dan alurnya melompat-lompat jika dijadikan sebagai 1 novel.

Pembaca merasa kisah ini dapat menjadi lebih maksimal jika dibagi menjadi 2 buku. Alur yang melompat-lompat ini juga menyebabkan beberapa bagian terasa menggantung. Pembaca merasa bahwa beberapa bagian memerlukan penjelasan lebih lanjut.

Seperti karya-karya tulis yang lainnya, kesalahan penulisan adalah suatu kekurangan yang umum ditemukan. Begitu juga pada karya novel Nuraga yang ditulis oleh Ann ini. Beberapa pembaca masih menemukan kesalahan penulisan pada novel ini. Namun, kesalahan penulisan tersebut adalah kesalahan kecil yang hanya sedikit mengganggu proses membaca saja, tetapi masih bisa dimengerti.

Pesan Moral Novel Nuraga

Pada akhirnya, takdir akan menunjukkan dirinya. Takdir itu juga ternyata tidak seburuk yang kita pikir. Segala sesuatu dapat menjadi baik, jika kita memaknainya dengan baik. Segala hal di dunia ini tidak ada yang sejatinya memang bersifat baik atau jahat. Sebab, segalanya akan bergantung kepada pikiran manusia yang menilainya.

Sebagai contoh, jika kita memaknai kematian sebagai hal yang buruk, sebagai akhir dari segalanya, maka kematian akan menjadi sebuah hal yang buruk. Sebaliknya, jika kita memaknai kematian sebagai sebuah awal kehidupan yang baru, kehidupan abadi bersama Sang Pencipta, maka kematian dapat memiliki makna yang baik.

Selain itu, pesan moral yang dapat kita ambil dari kisah ini, yaitu tidak ada perjuangan yang sia-sia. Hasil tidak akan mengkhianati usaha. Selain itu, cinta adalah suatu perasaan yang kompleks. Perasaan yang tidak mudah untuk tumbuh, juga tidak mudah untuk hilang.

Cinta juga merupakan perasaan yang sangat kuat. Cinta dapat membuat segalanya menjadi mungkin. Namun, jangan sampai kamu dibutakan oleh cinta. Bersikap bijaklah dan selalu berpikir sebelum bertindak.

Gimana Grameds, penasaran akan bagaimana takdir membawa Haikal? Yuk segera dapatkan novel Nuraga karya Revianaaprl ini hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel