in

Review Novel Renata Karya Hytrrahmi

Novel Renata ditulis oleh Hytrrahmi, penulis yang memulai karirnya di Wattpad. Novel Renata diterbitkan pada bulan September 2020 oleh penerbit Coconut Books. Kisah Renata, pada mulanya dipublikasi oleh penulisnya sendiri, di akun Wattpad yang bernama hytrrahmi.

Tak disangka, kisah Renata ini berhasil disukai oleh sejumlah besar orang dan menjadi sangat populer. Hingga saat ini, per bulan Juni 2022, novel Renata telah dibaca sebanyak 17 juta kali di platform Wattpad. Novel Renata juga telah berhasil menduduki sejumlah ranking dari Wattpad, di antaranya menjadi urutan ke-3 dalam kategori fiksi remaja pada tanggal 28 Februari 2019, menempati urutan ke-3 dalam kategori Indonesia Membaca pada tanggal 4 Desember 2018, menempati urutan ke-3 dalam kategori Teen pada tanggal 2 Januari 2019, menjadi urutan ke-5 dalam kategori remaja pada tanggal 19 Februari 2019, dan berada di urutan ke-6 kategori SMA pada tanggal 23 Desember 2018.

Maka dari itu, tak heran jika pihak penerbit kemudian tertarik untuk menerbitkan kisah ini menjadi novel. Selepas diterbitkan pun, novel Renata berhasil menjadi salah satu novel yang bisa anda temukan pada jajaran rak buku best seller. Sesuai dengan judulnya, tokoh utama dalam kisah ini adalah seorang wanita bernama Renata. Novel ini mengisahkan tentang Renata yang menyadari bahwa selepas ia diklaim sebagai pacar di lapangan sekolah, Renata harus memastikan status dirinya dan kakak laki-lakinya tetap aman.

Cara memastikannya, yaitu ia terlebih dahulu harus mengikuti permainan Dewa, sang Raja Kriminal SMA Gemilang. Dewa diketahui memiliki tekad untuk membalas dendam. Terjebak dalam permainan yang diciptakan Dewa membuat Renata harus jatuh berkali-kali. Kehadiran Dewa yang tiba-tiba itu berhasil menghancurkan kehidupan Renata yang semula damai.

Dewa menghasilkan dunia baru yang tak pernah ingin Renata selami sebelumnya. Selama Dewa menjadikan Renata sebagai alat untuk balas dendam, ia menemukan beberapa fakta baru. Salah satunya adalah fakta bahwa ia dan Renata telah dijodohkan. Hal tersebut sontak memperkeruh konflik yang terjadi di antara keduanya.

Lantas, jika sudah sangat rumit, apa jalur yang harus Renata pilih untuk memantapkan diri? Apakah memilih untuk tetap terjebak atau memilih untuk bergerak menjauh dari Dewa? Temukan jawabannya sendiri dengan membaca kelanjutan kisah ini!

Sinopsis Novel Renata

Ini adalah kisah seorang gadis bernama Renata Algatama yang dipaksa menjadi pacar Dewa Pramudya Ataric yang merupakan cowok kriminal SMA Gemilang. Menjalin hubungan dengan Dewa dan segala keburukan yang dimilikinya, tentu membuat Renata merasakan rasa hambar, kecut, pahit, asam, dan manis secara bersamaan. Bagi Dewa, hanya dia yang boleh menyakiti Renata.

Seperti pada suatu ketika, setelah membersihkan ruang ganti di gedung olahraga, walaupun mereka kelelahan, Dewa dan Rega langsung pergi menuju lapangan indoor yang letaknya ada di sebelah gedung iti. Keduanya lantas menatap lapangan yang kosong itu, tampak tak ada hal serius yang perlu dikhawatirkan. Kemungkinan Pak Arman sengaja menyuruh mereka berdua, kedua muridnya itu segera berdamai dan tidak mengulang kesalahan yang sama.

Namun, Rega dan Dewa malah memiliki pemikiran lain. Menurut mereka, guru itu kurang kerjaan menyuruh mereka membersihkan tempat ini. Soalnya, tidak ada yang perlu dibersihkan. Tanpa mengajak Dewa, Rega langsung pergi menuju ke tengah lapangan, lalu merebahkan tubuhnya yang sudah banjir keringat setelah tadi harus membersihkan gedung olahraga. Tidak disangka, dari arah yang sama Dewa mengikuti persis yang dilakukan oleh Rega, tetapi tak lupa ia menjaga jarak dengan laki-laki yang memiliki alis tebal itu.

Ponsel Rega yang ditaruh di saku celananya tiba-tiba bergetar. Ia lantas segera mengeluarkan ponsel itu dari dalam sakunya. Dalam layar ponselnya, terlihat notifikasi yang berjudul “Ketahuan Selingkuh, Renata Ditampar Oleh Dewa!”. Rega lanjut membuka notifikasi itu, lalu terlihat sebuah artikel yang tertulis, “Hari ini, banyak orang yang tak menduga jika Dewa Pramudya Ataric berani menampar kekasihnya sendiri. Menurut kabar yang beredar, hal ini terjadi akibat gadis bernama Renata yang dikenal sebagai gadis ganjen itu ketahuan selingkuh dengan senior yang bernama Rega.

Rega melotot melihat apa yang didapatinya di layar ponselnya itu. Lantas, berita tersebut bisa diakses oleh seluruh siswa SMA Gemilang. Laman berita itu adalah karya ekskul jurnalistik. Laman ini memang terkenal sering disalahgunakan oleh beberapa murid untuk menyebar gosip terbaru yang terjadi di sekolah. Terutama, jika berhubungan dengan Dewa Pramudya Ataric.

Rega lantas mengumpat kepada Dewa dan menyuruhnya melihat ponselnya, dan langsung mengakses Fan Page SMA Gemilang. Dewa ikut melotot melihat berita tersebut. Ia terkejut, karena mendapati foto dia tersebar menjadi cover foto berita. Dewa juga menganggap Renata jelek banget di foto itu.

Rega lantas membela Renata. Namun, Dewa malah mengatakan bahwa Renata adalah cewek ganjen. Dewa kemudian menegakkan punggungnya dan membaca setiap kata yang tertulis dalam artikel itu dengan saksama. Ia juga merasa heran mengapa berita tentang dirinya yang menampar Renata dapat tersebar secepat ini.

Hal ini tentunya membuat Rega semakin naik pitam, dan Dewa malah menyukai hal itu. Namun, untuk membuat suasana menjadi menyenangkan, Dewa semakin memantapkan hatinya untuk memutuskan hubungan dengan pacar-pacarnya satu persatu, dimulai dari hari ini. Rega lagi-lagi tidak dapat mengendalikan emosinya jika menghadapi masalah yang menyangkut Renata, yang merupakan adik kesayangannya.

Hak yang paling membuat darah Rega naik adalah mengapa harus laki-laki seperti Dewa yang dicintai oleh adiknya? Kenapa bukan cowok lain? Kan banyak di luar sana laki-laki yang jauh lebih baik dari Dewa. Dewa segera menahan kepalan tangan Rega yang hampir menyentuh wajah tampannya. Emosi Rega ternyata belum mereda setelah tadi berkelahi di lapangan.

Dewa lantas membalas perkataan Rega dengan menyatakan bahwa Renata adalah pacarnya, jadi Rega tidak memiliki hak untuk ikut campur urusan hubungan mereka. Rega lantas tersulut untuk memberitahu Dewa status hubungan Rega dengan Renata. Namun, baru sepenggal kalimat, Rega kemudian teringat untuk tidak melanjutkan kata-katanya itu. Memang sudah sejak lama ia dan Renata menyembunyikan status mereka, supaya tidak ada yang mengganggu kehidupan mereka.

Rega tidak bisa memberitahu orang lain, terutama laki-laki seperti Dewa. Dewa menunggu Rega menyelesaikan kalimatnya. Namun, ia malah menyambung dengan berspekulasi bahwa Rega ingin mengatakan bahwa Renata adalah mantan pacarnya. Rega hanya dapat terdiam dan mengancam Dewa untuk tidak mengganggu Renata lagi.

Begitulah kehidupan Renata. Pusat kehidupannya adalah Dewa. Lelaki itu seolah memiliki kuasa atas seluruh kehidupannya. Dewa adalah sosok lelaki yang tidak bisa ditebak jalan pikirannya, apalagi kelakuannya.

Renata seperti tidak bisa terlepas dari sosok Dewa. Ia bahkan rela menempuh berbagai pengalaman buruk, dan dipandang buruk oleh teman-teman di sekolahnya. Termasuk juga Anin, salah satu sahabatnya yang entah mengapa bisa membenci Renata dan berteman dengan Ranti, pacar Dewa yang lain, yang juga sangat membenci Renata.

Ranti tak segan untuk melabrak Renata, bahkan menyakitinya secara fisik. Renata tetap tegar menghadapi itu semua, karena Dewa juga terkadang suka menunjukkan sisi baik dari dirinya, seolah ia peduli kepada Renata. Selain itu, ia masih memiliki Wulan sebagai sahabatnya, dan Rega, sang kakak yang tak pernah diungkap statusnya.

Lantas, jika sudah sangat rumit seperti ini, apa jalur yang harus Renata pilih untuk menyelamatkan dirinya sendiri? Apakah memilih untuk tetap terjebak bersama Dewa atau memilih untuk bergerak menjauh dari Dewa Pramudya Ataric?

Kelebihan Novel Renata

Novel Renata ini menyajikan premis cerita yang menarik, yaitu cerita mengenai cinta yang tidak selamanya indah. Anda akan menemukan kisah cinta yang membingungkan, kisah cinta yang pahit, asam, tetapi terkadang juga manis. Cerita ini sangat seru untuk diikuti. Pastinya, kisah cinta Renata dan Dewa ini dapat membuat anda yang membacanya merasakan berbagai emosi bersama dengan Renata.

Hytrrahmi menuliskan kisah ini dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah untuk dipahami. Alur kisah Renata ini juga tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Hal ini menjadi nilai lebih, di mana pembaca merasakan kisah Renata ini sungguh mengalir.

Kisah Renata ini juga dinilai dengan pengalaman yang umum dialami masyarakat. Sebab, kisah cinta yang marak ditemukan oleh para pembaca adalah seperti ini. Kisah cinta yang tidak selalu berjalan mulus. Kisah Renata ini kemudian dianggap relate, sehingga para pembaca juga ingin lagi dan lagi untuk terus membaca kelanjutan kisah ini.

Kekurangan Novel Renata

Pada sejumlah karya tulis, kekurangan yang umum ditemukan adalah kesalahan dalam penulisan. Pada novel Renata ini juga masih ditemukan kesalahan penulisan. Namun, kesalahan penulisan ini tidak akan mengganggu proses membaca dan proses memahami isi cerita ini. Selain itu, di beberapa bagian cerita Renata ini juga ditemukan beberapa kata kasar. Maka dari itu, diperlukan kebijakan dari para pembaca dalam memaknai kisah ini.

Pesan Moral Novel Renata

Kehidupan kita adalah milik kita sendiri. Kita harus bisa menentukan pilihan hidup kita sendiri, dan jangan biarkan orang lain mengatur kehidupanmu. Sebab, kami memiliki hak dan kuasa atas dirimu. Jangan takut dengan status atau kekuasaan yang dimiliki orang lain.

Mencintai dengan tulus adalah hal yang baik. Menerima pasangan apa adanya juga adalah hal yang baik. Namun, jangan lupakan kebahagiaan dirimu sendiri. Jangan sampai dibutakan oleh perasaan cinta. Logika harus tetap diutamakan bersamaan dengan perasaan.

Jadilah bijak dalam memperlakukan orang lain. Perlakukan orang lain dengan baik, supaya kamu juga dapat diperlakukan dengan baik. Dari kisah Renata ini kita bisa belajar untuk tidak mencontoh sosok Dewa yang semena-mena. Sosok yang merasa dirinya berkuasa, sehingga dapat melakukan apa pun sesuka hatinya.

Dari kisah Renata ini juga kita dapat belajar untuk tidak menutupi hal yang seharusnya tidak ditutupi. Jangan termakan oleh spekulasi atau dugaan yang kita buat sendiri. Seperti Rega dan Renata yang menutupi status aslinya, oleh karena takut akan diusik. Namun, menutupi status itu malah membatasi kehidupan mereka sendiri.

Bagaimana Grameds, apakah kalian sudah gregetan dengan kisah Renata dan Dewa? Penasaran akan kelanjutan kisah cinta mereka yang membingungkan ini? Yuk cari tahu kelanjutan kisahnya dengan segera mendapatkan novel Renata karya Hytrrahmi ini hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel