in

Review Novel Behind The Story Karya Zefmon

Novel Behind The Story adalah kisah bergenre romance dan fantasi yang ditulis oleh Zefmon, penulis yang namanya dikenal dari platform Wattpad. Tentunya, kisah Behind The Story ini pada awalnya dipublikasi juga di Wattpad, sebelum akhirnya diterbitkan menjadi sebuah novel pada bulan September 2021 oleh penerbit Romancious.

Kisah Behind The Story ini diketahui terinspirasi dari drama Korea yang berjudul Mr. Queen. Kisah Behind The Story pada awalnya diunggah dalam akun Wattpad Zefmon yang bernama user69540117. Kisah Behind The Story ini sangat populer di Wattpad, yang dibuktikan hingga saat ini, per bulan Juni 2022 sudah dibaca sebanyak 1,9 juta kali di Wattpad.

Nama Zefmon sendiri sudah dikenal oleh banyak masyarakat. Akun Wattpad Zefmon juga memiliki banyak pengikut, yakni sejumlah 156 ribu orang. Zefmon dikenal cukup produktif dalam menulis. Sampai sekarang, Zefmon telah mempublikasi 16 karya di akun Wattpadnya.

Beberapa karyanya juga berhasil viral dan sudah ada yang diterbitkan. Contoh karya tulis Zefmon yang populer, yaitu Married With A Mute Girl yang telah dibaca sebanyak 4 juta kali, Theory of Bucin yang telah dibaca 3,3 juta kali dan telah diterbitkan, Si Geblek dan Rumah Tangganya yang telah dibaca 7,3 juta kali, (Not) A Dream Wedding yang telah dibaca 14,7 juta kali, serta Married with a Young Girl yang telah dibaca 23,2 juta kali dan akan segera terbit.

Novel Behind The Story mengisahkan tentang seorang gadis cantik bernama Deluna. Deluna sangat bersinar sebagai artis muda di usianya yang baru menginjak 20 tahun. Namun, kisah hidup Deluna tidak berjalan semulus seperti drama yang kerap ia perankan.

Deluna hampir diperkosa oleh ayah tirinya sendiri hingga berada di ambang kematian. Harusnya ia mati, tetapi ketika Deluna membuka mata, ia menemukan dirinya masih hidup. Deluna hidup sekali lagi, tetapi bukan sebagai dirinya sendiri, melainkan sebagai karakter lain di sebuah cerita dan dunia yang berbeda.

Deluna memulai hidup baru, bertemu dengan orang baru dan fakta baru mengenai dirinya yang ‘tersembunyi’ di balik buku. Apakah kehidupan tersembunyi Deluna lebih baik dibanding kehidupan nyatanya? Apakah Deluna akan kembali ke kehidupan nyata? Temukan jawabannya dengan mendapatkan novel Behind The Story ini hanya di Gramedia.com.

Sinopsis Novel Behind The Story

Cantik, muda, dan bertalenta. Itu hanya beberapa saja dari sejumlah predikat yang aku terima. Bukan hal asing lagi jika menemukan nama atau fotoku terpajang di sampul majalah ternama. Kalian juga tidak usah heran jika tak sengaja menemukan fotoku di feed Instagram kalian.

Sebab, semua hal itu sudah biasa, jangan kaget lagi. Di usia yang baru menginjak 20 tahun ini, aku sudah bisa disandingkan dengan sejumlah aktris papan atas lainnya. Wajahku kerap kali muncul di berbagai drama yang memiliki rating tinggi atau lagi populer di tanah air.

Malahan, beberapa kali aku bermain film layar lebar atau film untuk ditayangkan di aplikasi nonton online. Sayangnya, prestasi baik yang telah aku capai di usia muda ini berbanding terbalik dengan kisah hidupku. Sejak kecil, aku sudah menjelajahi dunia entertainment. Pada usiaku yang ke-lima saja, aku sudah membintangi sejumlah 10 iklan produk yang ditayangkan di televisi.

Semua itu aku lakukan atas dasar dorongan mama. Aku juga hanya mengenyam pendidikan sampai SMA saja. Itu juga tidak di sekolah biasa, tetapi home schooling. Jadi, aku tidak punya banyak teman.

Di usia yang ke-sepuluh tahun, aku sudah menginjakkan kaki di dunia bermain peran. Jika dihitung, aku sudah bertahun-tahun berpengalaman di dunia peran. Jadi, aku juga sudah khatam dengan manis dan pahitnya dunia ini.

Namun, yang membuat aku tidak habis pikir, sampai sekarang aku tidak pernah mendapatkan peran sebagai tokoh utama. Aku selalu dipilih menjadi tokoh pendamping atau tokoh antagonis. Memang sih, jika melihat dari wajahku juga orang lain langsung bisa melihat sosok yang antagonis. Aku memang sudah terlahir dengan paras yang jutek begini, kalau senyum ramah ke orang juga bisa kelihatan tidak natural, malah sesekali dianggap nyeremin.

Makanya, jika aku kebanyakan diam tanpa ekspresi, itu justru membuat netizen berpikir bahwa aku artis baru terkenal yang sombong. Memang ya, netizen itu terkadang merasa kedudukannya setara dengan Tuhan. Mereka suka bertindak seolah maha benar soalnya.

Aku baru saja menamatkan sebuah drama bertajuk dunia pernikahan, dam di drama itu aku berhasil meraih kesuksesan besar sebagai pelakor yang membuat penonton merasa greget sendiri. Banyak orang yang bilang wajahku terlihat persis seperti artis Korea yang bernama Han So Hee. Ia juga sempat berperan menjadi pelakor di suatu drama Korea.

Tentunya para netizen di negara berkembang ini habis-habisan membully aku, hanya karena peran yang aku mainkan dengan sukses. Secara lebay, mereka seperti tidak bisa bedain mana dunia nyata, dan mana dunia akting. Aku sampai harus menonaktifkan kolom komentar di Instagramku, karena sebagian besar komentar netizen berisi hujatan dan sumpah serapah.

Padahal yang aku posting hanyalah fotoku yang sedang bermain dengan anjingku. Namun, dua puluh ribu komentar isinya kebanyakan ujaran kebencian semua. Ternyata mematikan kolom komentar juga bukan solusi yang tepat, karena mereka kembali menyinggungku di akun gosip yang kebetulan memposting fotoku.

Mereka masih saja mengatai aku di akun milik orang lain itu. Rasanya aku ingin membuat akun lain untuk membalas komentar itu. Namun, kembali lagi pada peraturan pertama, netizen selalu benar.

Kehidupan Deluna semula baik-baik saja. Deluna sangat sukses di usianya yang baru menginjak 20 tahun. Deluna adalah salah satu artis dengan bayaran mahal dan juga popularitas yang sedang naik daun. Deluna merasa hidupnya sudah mendekati kata sempurna.

Hanya satu yang tidak sempurna, yaitu keluarganya. Ada bagian yang janggal disana. Deluna merasa hidupnya jauh lebih tenang jika berpisah jauh dari orang tuanya. Deluna merasa lebih aman dari ancaman ayah tirinya sendiri yang merupakan predator seksual.

Meskipun setidaknya hanya untuk sementara waktu. Hingga, saat itu pun tiba, hari dimana Deluna mengalami sesuatu yang tidak masuk akal. Siapa yang percaya sihir? Atau percaya manusia serigala itu ada? Deluna juga tidak percaya akan semua itu.

Hingga akhirnya dia melihat semuanya dengan mata kepalanya sendiri. Apa kamu pernah dihadapkan pada kematian? Melihat dirimu sendiri sedang berjuang untuk hidup di dasar lautan? Deluna sungguh menjumpai hal-hal yang tidak masuk dalam logika manusia biasa.

Hari dimana Deluna merayakan ulang tahunnya yang ke-20, hari yang harusnya dipenuhi kebahagiaan, tetapi justru berubah menjadi hari paling buruk. Malam itu yang sangat mencekam. Aku hampir diperkosa oleh ayah tiriku sendiri. Sampai akhirnya, aku memilih melompat saja ke dasar laut untuk menyelamatkan diri.

Siapa sangka, Deluna malah menjemput kematiannya sendiri di hari kelahirannya. Deluna jatuh ke dasar air paling dalam. Habis sudah, Deluna pasti mati. Namun, itu lebih baik dibanding harus menyerahkan tubuhku pada pria bejat itu.

Namun anehnya, ketika di dalam air, Deluna melihat seperti ada seseorang yang melompat turun ke dalam air bersamanya. Apakah itu malaikat pencabut nyawa? Deluna benar-benar kewalahan untuk bertahan hidup, dan memutuskan untuk berpasrah saja. Ia kira semua telah usai, peranku di dunia sudah tamat.

Namun, peran baru ternyata sudah menantinya. Ketika Deluna membuka mata sekali lagi, ia menemukan dirinya sudah berada di dunia yang lain. Dunia yang bukan seperti yang kamu pikirkan. Deluna benar-benar kembali hidup, hanya saja bukan dunia biasa.

Deluna terbangun di sebuah dunia novel fantasi yang pernah dia baca. Tentunya ia bersyukur masih bisa hidup, tetapi satu hal yang membuatnya tidak menyukai peran itu, yakni ia harus memerankan karakter gadis antagonis yang dibenci oleh tokoh lain, termasuk oleh karakter yang menjadi suaminya sendiri. Di akhir kisah pun, gadis itu mati dengan cara mengenaskan, yakni terpenggal.

Penampilan raganya memang masih sama, tetapi kenangan dan ingatannya bukan lagi miliknya sendiri. Itu miliknya juga, milik gadis jahat yang dia perankan. Apakah Deluna bisa keluar dari dunia ini dan membalaskan dendamnya kepada ayah tirinya? Atau apakah ia justru akan berakhir di dunia lain itu sebagai gadis jahat?

Kelebihan Novel Behind The Story

Ide cerita Behind The Story ini dinilai sangat unik, karena mengisahkan tentang sebuah kehidupan lain yang didasarkan pada cerita yang sudah ada. Kisah fiksi ini sangat menarik, karena menyajikan sisi fantasi, tetapi juga menyajikan sisi yang selaras dengan kehidupan nyata. Di mana sosok selebriti kerap dihakimi, padahal ia hanya menjalankan pekerjaannya.

Zefmon menggunakan sudut pandang orang pertama dalam menuliskan cerita ini. Sudut pandang ini mampu membuat penonton ikut terjun ke dalam cerita dan ikut merasakan apa yang Deluna rasakan. Selain itu, alur cerita ini juga dituliskan dengan apik, sangat mengalir, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.

Selain itu, sampul novel Behind The Story ini juga dinilai sangat menarik. Ilustrasi yang menggambarkan sosok Deluna, tetapi dalam bentuk siluet, serta pilihan jenis tulisan dan tambahan gambar serigala menampilkan kesan fantasi.

Kekurangan Novel Behind The Story

Selain kelebihan, terdapat juga kekurangan. Kekurangan novel Behind The Story ini terletak pada beberapa diksi yang dipilih, karena dinilai kurang sesuai. Selain itu, pada kisah ini masih ditemukan beberapa kesalahan penulisan. Namun, kekurangan ini tidak akan mengganggu proses membaca atau proses memahami cerita.

Pesan Moral Novel Behind The Story

Tidak ada seseorang yang sempurna. Sesukses apa pun orang tersebut dan sebaik apa pun dia kelihatannya, pasti memiliki sejumlah masalah juga. Begitu juga, tidak ada keluarga yang sempurna. Jika begitu, tidak apa-apa.

Jangan bandingkan dirimu sendiri atau keluargamu dengan orang lain. Sebab, setiap orang dan keluarga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan kehidupan tidak akan bisa dibanding-bandingkan.

Hendaknya kita selalu bisa menahan diri untuk tidak menghakimi orang lain. Apalagi jika dasar menghakimi tersebut hanya berdasarkan opini. Terutama, yang kerap kali ditemukan, menghakimi public figure yang hanya melaksanakan tugasnya atau melakukan kesalahan yang manusiawi.

Nah, itu dia Grameds sedikit review dari novel Behind The Story. Gimana, apakah kalian penasaran dengan kelanjutan nasib Deluna? Yuk langsung saja dapatkan novel Behind The Story karya Zefmon ini hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel