in

Rekomendasi Buku Tentang Zakat Terbaik dan Terlengkap

Apakah Grameds sedang mencari referensi buku tentang zakat? Tepat sekali, sebagai salah satu dari rukun islam, zakat adalah hal yang wajib dilakukan oleh umat agama islam yang mampu dan memiliki kelapangan harta. Sebagian orang mungkin masih belum paham banyak tentang zakat, bahkan masih menyepelekannya. Padahal zakat adalah kewajiban yang harus dipahami oleh setiap umat muslim. 

Karena termasuk amalan yang penting dalam ajaran agama islam, maka zakat juga memiliki beberapa aturan dan ketentuan untuk melaksanakannya. Selain itu amalan zakat ini juga dalam firman Allah SWT, sehingga perlu dipahami amalannya. Untuk mempelajari lebih jauh tentang zakat, Grameds bisa simak penjelasan tentang zakat dan kunjungi koleksi buku tentang zakat di koleksi Gramedia berikut ini:  

Mengenal Sekilas Tentang Zakat

Zakat adalah rukun islam yang keempat yang memiliki dua macam, yakni zakat fitarh dan zakat maal. Dalam praktiknya, zakat adalah bentuk harta yang menjadi kewajiban umat islam atau badan usaha orang islam untuk diberikan kepada orang atau pihak- pihak yang berhak sesuai dengan syariat islam. Jadi zakat menjadi sebuah kewajiban bagi setiap umat muslim untuk dikeluarkan jika sudah mencapai syarat yang ditetapkan atau telah dianggap mampu untuk mengeluarkannya. 

Hukum mengeluarkan zakat telah disepakati oleh para ulama adalah wajib bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat wajib zakat. Umat muslim wajib mengeluarkan zakat fitrah di setiap bulan ramadhan. Tepatnya ketika sudah menjelang hari raya Idul Fitri. Besar zakat fitrah adalah sekitar 3,5 liter beras atau sekitar 2,5 kilogram makanan pokok, seperti gandung, dan sebagainya.Selain itu zakat fitrah juga bisa diganti dengan uang yang setara dengan harga makanan pokok tersebut. 

Sedangkan jenis zakat maal adalah kewajiban umat muslim untuk mengeluarkan hartanya sesuai dengan nisab dan haulnya. Yang dimaksud dengan nisab adalah syarat minimum harta yang wajib dikeluarkan seseorang sebagai wajib zakat dalam islam. Sedangkan yang dimaksud dengan haul adalah masa kepemilihan harta kewajiban seseorang selama 12 bulan Qamariyah atau tahun Hijriyah yang harus dikeluarkan. Zakat maal tidak memiliki batasa waktu untuk mengeluarkannya yang bisa berupa sedekah dari pengahsilan, hasil ternak, tabungan, emas, dan sebagainya. 

Rekomendasi Buku Tentang Zakat

Berikut ini daftar buku tentang zakat yang bisa Grameds baca dan pelajari dari koleksi buku Gramedia:

Hukum Zakat dan Wakaf di Indonesia

tombol beli buku

Buku Hukum Zakat dan Wakaf di Indonesia ini ditulis oleh Dr, K.N. Sofyan Hasan, S. H. dan Dr. Muhammad Sadi S.HI., M.H berisi tentang mata kuliah Hukum Islam, Hukum Zakat dan Wakaf, dan Hukum Bisnis Islam. Selain itu buku ini juga bisa digunakan untuk kebutuhan masyarakat, baik untuk akademisi, praktisi, mahasiswa dan pembaca umumnya di bidang hukum zakat dan wakaf di Indonesia. 

Buku ini terdiri dari lima bab yang membahas lengkap tentang materi Sistem Ekonomi Islam, Hukum Zakat di Indonesia, Hukum Wakaf di Indonesia, Hukum Perwakafan Tanah Milik, dan Penutup. Buku Hukum Zakat dan Wakaf di Indonesia memang sengaja ditulis secara singkat dan jelas agar lebih mudah dipahami oleh pembacanya. Bekaiatan dengan materi agama, buku tetang zakat ini juga dielngakapi dengan dalil Al-quran dan hadist yang seseuai dengan materi yang dijelaskan. 

Mengelola Zakat Indonesia

tombol beli buku

 

Buku Mengelola Zakat Indonesia adalah buku tentang zakat pertama yang membahas zakat Indonesia yang fokus pada aspek ekonomi dan manajemennya. Tidak seperti buku lainnya yang lebih fokus melihat dari aspek fiqh-nya semata. Selain itu buku yang ditulis oleh Yusuf Wibisono ini juga membahas dalam konteks sejarah, sosial, politik, dan hukum positif di Indonesia kontemporer. 

Buku ini menjelaskan secara diskursus tentang pengelolaan zakat nasional, mulai dari munculnya UU No. 38/1999, wacana dan debat amandemen UU No.23/2011 di Mahkamah Konstitusi, sampai bentuk fenomena arah reformasi pengelolaan zakat nasional di masa depan. Itulah sebabnya buku Mengelola Zakat Indonesia bisa menjadi referensi berharga jika Grameds adalah pihak yang akan pembuat kebijakan, praktisi zakat, dan masyarakat umum sebagai pemerhati zakat nasional.

Manajemen Zakat, Hostori, konsepsi, dan Implementasi

tombol beli buku

Buku yang ditulis Rahmad Hakim ini mencoba mengajak pembaca untuk membahas tentang zakat yang merupakan salah satu instrumen penting dalam bidang ekonomi Islam. Perlu Grameds ketahui bahwa salah satu tujuan dari zakat adalah mewujudkan kesejahteraan bagi ekonomi umat. Buku ini berusaha membahas secara mendalam tentang bentuk manajemen zakat dalam perspektif historis.

Selain itu, dalam buku ini juga membahas tentang bagaimana konseptual dan implementasi manajemen zakat di era kontemporer, yakni seperti yang terjadi di beberapa Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Indonesia. Dengan komposisi bahasan di atas menunjukan bahwa buku berjudul Manajemen Zakat: Histori, Konsepsi, dan Implementasi ini memang layak untuk dibaca karena pembahasannya yang menarik dan lengkap. 

Buku ini juga menjadi sangat cocok dibaca dan dipelajari oleh sivitas akademika yang memiliki concern pada bidang ekonomi syariah atau ekonomi Islam. Bahkan dalam prakteknya lebih luas zakat dapat berpengaruh besar dalam bidang ekonomi, yakni ekonomi zakat, fikih dan manajemen zakat yang dibahas tuntas dalam buku ini. 

Kekuatan Zakat

tombol beli buku

Buku tentang zakat selanjutnya yang juga perlu Grameds pertimbangkan untuk dibaca adalah berjdul Kekuatan Zakat yang ditulis oleh Agus Thayib Afifi dan kawan-kawan. Kembali lagi pada kenyataan bahwa permasalahan ekonomi adalah hal krusial bagi kehidupan manusia, baik secara individu, masyarakat, bahkan sampai persoalan negara. Ukuran dna bentuk kesejahteraan dan ketenteraman hidup suatu negara tercermin dari gambaran ekonomi masyarakatnya yang makmur.

Itulah sebabnya zakat kemudian hadir dalam Islam yang tidak hanya untuk mengatur sistem ekonomi, individu, masyarakat, dan Negara saja. Melainkan juga menjadi penyambung kasih sayang antara si kaya dan si miskin dengan teratur dan hikmat. Itulah sebabnya, sebagai umat muslim yang baik, kita harus mengetahui dan memahami segala sesuatu tentang seluk-beluk ketentuan zakat. 

Dalam buku ini dibahas dengan tuntas tentang zakat secara sederhana, sehingga mudah dipahami oleh pembaca umum sekalipun. Buku ini berhasil mengingatkan Kita untuk tidak boleh lalai membayar zakat jika sudah tiba waktunya dan memenuhi persyaratan, alias dikatakan sudah mampu. Buku Kekuatan Zakat ini mengupas tuntas tentang segala hal tentang zakat, seperti Dalil-dalil, cara perhitungan zakat, waktu pembayaran, dan keutamaan zakat.

Keutamaan Zakat, Infak, dan Sedekah

tombol beli buku

Buku Keutamaan Zakat, Infak, dan Sedekah yang ditulis Gus Arifin ini berisi tentang pembahasan Zakat yang merupakan hak orang lain atau mustahiq dan bukan hanya pengertian pemberian dari si kaya kepada si miskin saja. Perlu Grameds ketahui bahwa zakat adalah sebuah instrumen yang dibuat oleh Allah SWT untuk memberi “paksaan” kepada orang kaya untuk berbagi pada orang- orang yang memerlukan (mustahiq). 

Buku ini berhasil menjelaskan bahwa harta kekayaan hanyalah amanah atau titipan dari  Allah SWT. Itulah sebabnya saat Allah SWT memerintahkan kepada hambanya yang beriman untuk

Menyisipkan atau memisahkan sebagian dari hartanya untuk orang- orang yang berhak (mustahiq). Mereka yang mampu wajib menaati perintah membayar zakat.

Selain sebagai ketentuan dalam ajaran agama islam, Zakat juga bisa menggerakkan perekonomian masyarakat. Apalagi jika zakat tersebut bentuknya tidak hanya cukup untuk dikonsumsi ketika hari besar atau hari raya saja, namun sifatnya multi-years, yakni bersifat tahunan yang bisa diarahkan untuk pemberdayaan ummat atau disebut juga dengan istilah sharing and strengthening the community.

                                                                                                                                                              Ensiklopedia Fikih Indonesia 3: Zakat

tombol beli buku

Buku berjudul Ensiklopedi Fiqih Indonesia 3:Zakat yang ditulis oleh Ahmad Sarwat Lc., MA ini sangat lengkap membahas tentang zakat. Sifat referensinya seperti kamus, sehingga sangat mudah untuk memahami istilah dan definisi- definisi hal yang berkaitan dengan zakat. Bagian pertama dalam buku ini membahas tentang pengertian dasar zakat, pengertian dan kewajiban zakat,  Hikmah Zakat & Sedekah, Syarat Pemberi Zakat,  Kriteria Harta Zakat, Kekeliruan Memahami Zakat, Zakat dan Pajak, Zakat & Kemiskinan, dan Mengapa Hanya Zakat? 

Sedangkan pada pada bagian Kedua berisi lengkap tentang jenis-jenis zakat, Sumber Zakat & Perbedaan Pendapat, Zakat Pertanian , Zakat Hewan Ternak, Zakat Emas & Perak, Zakat Barang Dagangan, Zakat Rikaz, Zakat Ma’din, Zakat Fitrah. Pada bagian Ketiga buku ini membahas lengkap tentang jenis Zakat Modern, Zakat Uang Kertas, Zakat Profesi, Zakat Hasil Produksi, Zakat Surat Berharga. Terakhir pada bagian Keempat buku ini berisi penjelasan tentang Yang Berhak Menerima Zakat Masharif Zakat, Fakir dan Miskin,  Amil Zakat, Mualaf dan Budak yang Berutang  Fi Sabilillah, dan Ibnu Sabil. 

Berdasarkan isi buku seperti di atas, menunjukan bahwa buku ini recomended untuk Grameds baca, bagi pemula sekalipun. Sifatnya yang berbentuk ensiklopedia membuat buku ini terasa lengkap meskipun pembahasannya tidak terlalu luas atau dalam. Namun untuk mengenal dan memahami tentang zakat, buku ini sudah bisa dibilang sangat bagus.  

Fiqih Zakat, Sedekah, dan Wakaf

tombol beli buku

Buku Fikih, Zakat, Sedekah, dan Wakaf yang ditulis Dr. Qodariah Barkah, M.H.I, dan kawan-kawan menjelaskan tentang zakat sebagai salah satu dari lima pilar Islam yang perlu dipahami dengan baik. Hal ini menunjukan bahwa umat Islam harus menjalankan amalan zakat bukan hanya sekadar menggugurkan kewajiban, namun juga bisa memberikan efek yang lebih baik bagi masyarakat. Baik dampak dari segi material maupun sosial yang lebih luas. 

Alasan tersebut membuat pemahaman tentang seluk-beluk zakat menjadi wajib untuk dikuasai setiap umat Islam di Tanah Air ini. Buku tentang zakat ini disusun untuk memudahkan pembacanya, seperti cocok untuk mahasiswa dan mahasiswi yang sedang menempuh mata kuliah fiqih zakat, sedekah, dan wakaf. Isi awal buku ini membahas tentang sejarah pensyariatan zakat. 

Dalam buku ini juga membahas lengkap tentang manajemen dan organisasi zakat, tujuan zakat dalam kehidupan, zakat fitrah, zakat mal, zakat dalam perekonomian kontemporer, zakat dan pajak, zakat produktif, tata cara membayar zakat, sedekah, dan wakaf.  Berdasarkan isi buku Fikih, Zakat, Sedekah, dan Wakaf di atas menunjukan bahwa buku ini cocok untuk dibaca. 

Fikih Zakat Kontemporer

tombol beli buku

Buku Fikih Zakat Kontemporer yang ditulis Oni Sahroni menjelaskan tentang akad yang menjadi salah satu piranti ekonomi syariah. Hal ini terjadi karena ekonomi syariah bisa berdiri di atas tiga piranti utama, yakni sektor riil, sektor keuangan, dan filantropi. Untuk bisa menjadi tulang punggung filantropi maka membutuhkan adanya zakat. Itulah sebabnya zakat dapat ditegakkan dan  dipraktikkan dengan optimal sesuai dengan Al- Qur’an. 

Dari situlah kita perlu menyadari bahwa sesungguhnya aspek sosial umat islam dapat ditunaikan dengan sangat optimal karena adanya penyangga utamanya, yakni amalan zakat yang diterapkan dengan baik. Zakat yang menjadi salah satu  rukun dan juga kewajiban, maka kita perlu menyediakan infrastruktur dan sarana yang memadai agar terwujudnya amalan zakat yang baik pula. Termasuk di dalamnya buku ini juga menyediakan literatur dan referensi fikih zakat yang bisa menjawab permasalahan- permasalahan kontemporer tentang zakat dengan lebih rinci dan mendalam. 

Referensi tersebut bisa menjawab tantangan- tantangan yang muncul dalam pengelolaan zakat dari aspek fikih untuk menemukan solusinya. Masalah kontemporer yang dimaksud dalam buku ini adalah zakat emas dan perak yang menurut para ulama memiliki makna kekinian dari fakir miskin sendiri. Selain itu juga memiliki makna kontemporer dari fisabilillah, besaran hak pengelola zakat, fikih pemberdayaan, pendayagunaan, dan pendistribusian zakat, risalah lembaga-lembaga zakat, pendayagunaan zakat di sektor pemberdayaan atau charity dan berapa bentuk komposisinya. 

Di antara masalah kontemporer lainnya, buku ini juga menjelaskan tentang zakat profesi menurut fiqih dan fatwa, dan pilihan-pilihan lembaga amil zakat di Indonesia tentang zakat profesi. Berdasarkan materi yang ada di dalam buku ini, maka Grameds bisa menggunakannya untuk referensi dalam menjawab masalah-masalah fikih zakat kontemporer, dan menjadi rujukan untuk memahami lembaga amil zakat, stakeholder, masyarakat, terutama untuk pelajar dan mahasiswa.

Mengulas Tuntas 8 Pintu Rezeki

tombol beli buku

Belajar tentang zakat, maka Grameds tidak bisa menjauhnya dari pembahasan tentang pintu rezeki karena zakat menjadi salah satu amalan yang bisa membuka pintu rezeki tersebut. Buku Mengulas tuntas 8 pintu Rezeki yang ditulis Istifatun Zaka membahas tentang konsep rezeki secara luas dalam pandangan agama islam. Buku ini menunjukan bahwa rezeki adalah sesuatu bentuk yang dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup di dunia. 

Dalam praktiknya, ada orang yang memiliki rezeki yang berlimpah ataupun sebaliknya serba kekurangan dan perlu susah payah untuk memperolehnya. Bahkan ada seseorang yang terus mencari dan mengejar rezekinya namun terasa jauh dan terus tertutupi. Sebenarnya rezeki adalah pemberian Allah SWt semata, namun manusia tidak bisa hanya berpangku tangan tanpa usaha untuk memperolehnya. Ada berbagai jalan untuk menemukan rezeki Allah dengan cara-cara yang baik. 

Berbagai macam pintu rezeki tersebut telah dijelaskan dalam Al-quran dan sunnah untuk menemukan solusinya. Buku ini akan membantu pembacanya mengenal dan memahami memperoleh rezeki yang baik, bahkan yang tidak pernah terpikirkan oleh kita bahwa cara tersebut halal dan berkah. Yakni bersedekah yang tidak perlu menunggu memiliki banyak harta, melainkan keikhlasan atas apa yang kita beri sesuai dengan kemampuan kita.                                         

Nah, itulah rekomendasi buku tentang zakat yang bisa Grameds baca untuk mempelajari lebih jauh tentang zakat, terutama di Indonesia. Dari rekomendasi buku tentang zakat diatas, apakah Ada buku yang ingin Grameds baca? Sebagai salah satu ajaran agama, belajar tentang zakat tentu sangat penting dan berguna. Grameds juga bisa kunjungi koleksi buku Gramedia lainnya tentang agama di www.gramedia.com. Selamat belajar. #SahabatTanpabatas. 

Written by Lala Nilawanti