in

Review Novel Abighea Karya Chelsea Karina

Novel Abighea ditulis oleh Chelsea Karina, penulis yang dikenal dari platform Wattpad. Kisah Abighea ini juga pada awalnya diunggah di akun Wattpad pribadi Chelsea Karina sendiri yang bernama @karina_aolia. Tak disangka, kisah series Abighea yang ditulisnya itu bisa populer di kalangan masyarakat.

Kisah Abighea ini juga ternyata berhasil membawa kesempatan bagi Chelsea Karina untuk mengembangkan karirnya di dunia kepenulisan. Chelsea Karina diketahui sudah pernah menerbitkan novel lain yang berjudul Alone yang menjadi novel debutnya. Novel pertamanya itu berhasil populer dan menjadi novel best seller. Sama seperti novel pertamanya itu, kisah Abighea ini tak kalah populer. Per bulan Juni 2022, kisah Abighea ini telah dibaca sebanyak 30,4 juta kali di platform Wattpad.

Maka dari itu, tidak heran jika pihak penerbit Black Swan Books kemudian tertarik untuk menerbitkan kisah Abighea ini menjadi sebuah novel. Setelah diterbitkan, novel Abighea ini juga berhasil meraih kesuksesan dengan menjadi salah satu novel yang bisa anda temukan pada rak buku best seller. Selain itu, kisah Abighea juga telah diadaptasi untuk menjadi sebuah serial web oleh Rumah Tu7uh Produksi. Serial ini resmi ditayangkan di layanan online streaming Genflix pada tanggal 17 September 2021.

Sosok yang dipilih untuk memerankan kedua tokoh utama kisah Abighea, yaitu Rasy Alrizky sebagai Abi dan Dea Annisa dipilih untuk memerankan tokoh Ghea. Serial web Abighea ini terdiri atas enam episode. Kisah Abighea menceritakan tentang Ghea yang menganggap Abi adalah rumahnya. Sedangkan, arti Ghea bagi Abi? Entah bagaimana, Ghea juga tidak mengerti arti dirinya bagi seorang Abi.

Sebab, meskipun Ghea adalah pacar Abi, Ghea selalu menjadi nomor dua dalam skala prioritas seorang Abi. Prioritas Abi yang nomor satu adalah Vanya, sahabat Abi dari kecil. Sosok Vanya ini selalu membuat Ghea ragu akan perasaan Abi kepadanya. Bagaimana tidak, Abi selalu memprioritaskan Vanya melebihi Ghea.

Bahkan, terkadang jika Ghea sedang dalam keadaan mendesak pun, Abi akan tetap memilih untuk mendahulukan kepentingan Vanya. Bohong jika Ghea merasa tidak sakit hati. Perasaan siapa yang tidak sakit jika pacarnya sendiri lebih peduli kepada perempuan lain? Sekali pun perempuan itu adalah sahabatnya, tetap saja menyakitkan kan?

Sinopsis Novel Abighea

Abi memang menyatakan cintanya kepada Ghea. Abi memang meminta Ghea untuk menjadi pacar Abi. Namun, posisi Ghea sebagai pacar kalah dengan posisi Vanya sebagai sahabat Abi. Abi kerap mengorbankan kepentingan Ghea untuk kepentingan Vanya.

Seperti ketika Abi tidak jadi menjemput Ghea, karena katanya Abi harus nganterin Vanya yang kesiangan. Lalu, seperti saat Abi membatalkan rencana kencan bersama Ghea, karena Abi memilih menemani Vanya yang ketakutan di rumahnya sendiri. Juga, seperti ketika Abi tidak bisa menemani Ghea yang sedang sakit di rumahnya, karena dititipkan untuk menjaga Vanya oleh abangnya. Oh ya, contoh lain lagi, seperti ketika Abi menolak untuk bertemu Ghea, karena harus menemani Vanya di rumah sakit.

Ghea juga cape lama-lama kalau mendapat perlakuan seperti itu. Ghea juga suka bertanya kepada dirinya sendiri, sebenarnya pacar Abi tuh Ghea atau Vanya sih? Selalu saja Vanya yang diutamakan. Selalu saja mengalah untuk Vanya.

Pagi itu, Ghea tidak masuk sekolah, karena ia demam. Ghea bisa demam diakibatkan semalam ia hujan-hujanan menunggu Abi. Padahal, Abi memilih untuk menemani Vanya yang baru diomelin dengan mamanya. Dipersilahkan untuk mencaci maki Ghea yang masih saja bertahan, padahal sudah jelas dibodoh-bodohi oleh pacarnya sendiri.

Namun, begitulah cinta. Bisa sangat membutakan seseorang. Bahkan, terkadang banyak juga kasus dimana seseorang yang pernah diselingkuhi juga masih saja mau menerima lagi pasangannya. Ya, begitulah gambaran yang dialami Ghea.

Bagi Ghea, Abi adalah pelitanya. Abi bagaikan satu-satunya tempat bagi Ghea untuk bergantung. Segitu pentingnya sosok Abi bagi Ghea, tetapi Abi tidak pernah menyadari hal itu. Sebab, titik fokus abi itu Vanya, bukan Ghea yang merupakan pacarnya.

Ghea dan Abi sudah menjalin hubungan romantis hampir satu tahun lamanya. Namun, ya begitu, tidak ada satu pun sikap Abi yang berubah sejak awal pacaran. Ghea selalu menjadi yang nomor dua. Vanya itu memang sahabat Abi dari kecil.

Rumah Vanya dan Abi juga tetanggaan. Abi bilang, terkadang Vanya itu dimarahi bahkan sampai dipukul oleh ibunya. Ghea sendiri tidak mengerti akan keadaan Vanya, dan tidak mau tau juga. Bohong jika Ghea merasa tidak sakit hati.

Ya, siapa sih yang tidak sakit kalau pacar sendiri lebih peduli kepada cewek lain? Sekalipun ceweknya itu adalah sahabatnya, pasti tetap saja sakit hati kan? Terlebih, Tuhan bisa membolak-balikkan hati manusia.

Ghea pun menarik selimutnya. la merasa kedinginan. Asisten rumah tangga yang bekerja di rumah Ghea sedang berlibur untuk beberapa hari, jadi Ghea tinggal sendiri di rumahnya. Orang tua Ghea juga sedang berada di belahan bumi yang jauh, karena sedang bekerja dengan kesenangan masing-masing.

Ponsel Ghea terus berdering sedari tadi, Ghea tau persis siapa yang menelponnya, pasti Abi. Ghea kesal sendiri jika mengingat sosok Abi. Akhirnya, Ghea pun memilih untuk melempar handphonenya itu ke lantai yang beralaskan karpet lembut, lalu kembali melanjutkan tidur. Tak lama, Abi berlari menuju ke kamar Ghea.

Abi baru saja pulang sekolah dan langsung pergi ke rumah Ghea. Guru di kelas Ghea tadi mengatakan bahwa Ghea tidak masuk, karena sakit. Pada awalnya Abi tidak percaya. Namun, saat sampai di rumah Ghea, satpam penjaga rumah Ghea juga bilang bahwa Ghea memang sedang sakit.

Saat sampai di kamar Ghea, Abi menemukan Ghea yang sedang meringkuk kedinginan. Abi pun langsung beranjak, dan duduk di tepi ranjang. Tangannya kemudian menepikan helaian rambut Ghea yang menutupi wajah cantiknya. Abi juga mengusap pelan kening Ghea yang berkeringat.

Abi merasakan suhu tubuh Ghea yang hangat. Abi kemudian menghela nafasnya. Tak lama, ia berniat keluar, mencari makanan untuk Ghea. Namun, tangan Ghea menahan tubuh Abi. Abi menoleh, tatapan sayu dari Ghea membuat abi terenyuh. Ghea kemudian menyuruh Abi untuk jangan pergi.

Abi kembali duduk di pinggir ranjang, ia mengangguk tanda mengiyakan perkataan Ghea dan memposisikan tingginya, agar sama dengan tubuh Ghea yang masih

berbaring. Abi kemudian menanyakan kepada Ghea, mengapa ia bisa demam. Ghea pun langsung menjelaskan bahwa ia demam, karena menunggu Abi semalam.

Menunggu Abi yang memang seharusnya bertemu dengan Ghea, tetapi Abi malah memilih untuk bertemu dengan Vanya. Ghea juga langsung bertanya kepada Abi, sebenarnya pacar Abi itu Vanya atau Ghea sih? Ghea sudah lelah mendengar permintaan maaf dari Abi.

Ghea sudah muak mendengar Abi yang beralasan lebih memilih Vanya, karena Vanya kekurangan kasih sayang dan telah dianggap sebagai adiknya sendiri. Lantas, Ghea itu bagaimana? Abi hanya bisa meminta maaf sambil menundukkan kepalanya saat Ghea mengucapkan isi hatinya itu.

Ghea kemudian menghela nafas, lalu merentangkan tangannya, menyuruh Abi untuk menghampirinya. Abi dengan cepat menarik Ghea ke dalam pelukannya. la

mengusap rambut Ghea dengan lembut dan sekali lagi meminta maaf. Ghea mengangguk. Ya, begitulah sosok Ghea, terlalu mudah memaafkan. Dan begitu juga hubungan keduanya, Ghea akan selalu mengalah, karena tidak ingin membuat masalah semakin besar.

Setelah pelukan mereka lepas, Abi menatap Ghea, lalu mengatakan kepada Ghea untuk tidak ujan-ujanan lagi. Apalagi pada malam hari. Ghea lantas bertanya balik, memastikan Abi juga berjanji untuk tidak mengulangi kesalahannya lagi. Abi mengangguk sambil tersenyum. Dalam hati Ghea, sebenarnya ia tahu bahwa itu adalah omong kosong.

Kelebihan Novel Abighea

Novel Abighea ini menyajikan premis cerita yang menarik, yaitu cerita mengenai cinta segitiga yang tidak tampak secara nyata. Anda akan menemukan kisah cinta yang membingungkan, tetapi seru untuk diikuti. Pastinya, kisah cinta Abi dan Ghea ini juga dapat membuat para pembacanya merasakan berbagai emosi bersama dengan Ghea.

Kisah Abighea ini juga dinilai dengan pengalaman yang umum dialami masyarakat. Sebab, kisah cinta segitiga, yang orang ketiganya menggunakan perlindungan di balik nama sahabat marak ditemukan oleh para pembaca. Kisah ini kemudian dianggap relate, sehingga para pembaca juga ingin terus lagi dan lagi untuk membaca kelanjutan kisah ini.

Selain itu, Chelsea Karina mampu menuliskan kisah ini dengan bahasa sehari-hari yang mudah untuk dipahami. Alur kisah Abighea ini juga tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat. Secara keseluruhan, kisah Abighea ini sangat menarik untuk dibaca pada saat waktu luang.

Kekurangan Novel Abighea

Pada novel Abighea ini masih ditemukan kesalahan penulisan. Namun, kesalahan penulisan ini tak mengganggu proses membaca dan memahami isi kisah ini. Selain itu, di beberapa bagian cerita juga ditemukan sejumlah kata kasar. Maka dari itu, diperlukan kebijakan dari para pembaca dalam memaknai kisah ini.

Pesan Moral Novel Abighea

Dalam sebuah hubungan, kedua pasangan sangat perlu untuk mengkomunikasikan batasan-batasan yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan. Hal ini dilakukan supaya bisa mencegah kita mengalami apa yang dirasakan Ghea. Hubungan Abi dan Ghea tidak memiliki batasan yang jelas, sehingga Ghea juga tidak bisa berbuat apa-apa.

Cinta memang bisa membutakan. Namun, kita bisa memilih untuk tidak buta oleh karena cinta. Sebab, dalam hati kita pasti mengetahui ketika pasangan menyakiti hati kita dan ia berbuat salah. Prioritas utama dalam hidupmu adalah dirimu sendiri. Maka itu, lakukan saja apa yang benar menurutmu, dan jangan ragu untuk perjuangkan kebahagiaanmu

Hendaknya kita dapat hidup mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Supaya kita dapat terhindar dari kondisi seperti yang dialami Ghea, yakni takut kehilangan orang yang dianggap sebagai tempat dia bergantung. Padahal, orang tersebut juga tidak bisa diandalkan dan tidak mengutamakan Ghea.

Jika kita tidak mengetahui bagaimana perasaan kita yang sebenarnya, jangan membuat komitmen. Jangan seperti Abi yang menyayangi dua orang, tetapi tidak mengetahui siapa yang sebenarnya dia cintai.

Gimana Grameds, apakah sudah cukup kesal bersama dengan Ghea, karena sikap Abi yang selalu menyakiti hati itu? Bagaimana kelanjutan kisah Abi dan Ghea? Apakah mereka akan menemukan solusi atas masalah mereka? Yuk langsung saja temukan jawabannya sendiri dengan mendapatkan novel Abighea karya Chelsea Karina ini hanya di Gramedia.com.

Written by Gabriel