in

Rekomendasi Buku Kultum Ramdhan Untuk Mengisi Waktu Bulan Puasa

Rekomendasi Buku Kultum Ramadhan – Banyak sekali cara kita lakukan untuk mendapatkan ilmu agama, baik itu secara langsung ataupun online. Sekarang ini sudah banyak sekali media yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan ilmu agama. Umumnya, ketika bulan Ramadhan, ada kultum singkat yang bisa kita tonton di televisi ataupun media sosial untuk sekadar menjadi pengingat.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan hidayah pada saat bulan Ramadhan, kamu bisa mengikuti berbagai macam kultum. Penyampaian kultum dengan tema yang beragam tentu akan memberikan kesan menarik serta pengalaman yang berbeda. Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini untuk mengetahui berbagai macam informasi mengenai rekomendasi buku kultum ramadhan yang bisa kamu baca saat Bulan Puasa tiba.

Apa Itu Kultum?

Kultum atau kuliah tujuh menit adalah sebuah seni untuk menyampaikan ilmu pengetahuan agama Islam secara singkat, padat, namun bermakna. Walaupun disampaikan secara singkat yaitu hanya tujuh menit, tapi pembahasannya cukup dalam. Sehingga dapat menjadi pengingat untuk para muslim dan muslimah.

Kuliah tujuh menit ini biasanya digunakan sebagai media untuk menyampaikan kebaikan supaya pendengar menjadi tergerak untuk melakukan kebaikan juga. Penyampaian kultum juga lebih santai dan diselingi dengan sumber, biasanya mereka akan mengutip dari hadist atau Al-Qur’an.

Kultum seperti yang sering kita dengar saat bulan Puasa dahulu juga sering dilakukan Nabi Muhammad SAW untuk menegakkan amar makruf nahi mungkar. Penyampaianya juga harus menggunakan bahasa yang santun dan menyenangkan. Jadi, isi dari kultum tersebut lebih mudah dipahami oleh pendengarnya.

Umumnya, kultum sendiri disampaikan sebelum adzan maghrib di televisi atau masjid, pada saat sholat Jumat, pada waktu tarawih dan sholat witir, dan lainnya. Pembahasan yang dibawakan sangat bervariasi, berkaitan dengan kehidupan sehari-hari ataupun membahas mengenai peristiwa yang sedang berlangsung saat itu.

Rekomendasi Buku Kultum Ramadhan

Ada banyak sekali hal positif yang bisa kita lakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa. Salah satunya yaitu dengan membaca buku kultum Ramadhan atau buku islami lainnya. Buku-buku tersebut tidak sebatas membahas mengenai sejarah ramadhan ataupun sejarah Islam itu sendiri. Sekarang ini, sudah ada banyak buku yang berisi mengenai Agama Islam dan membahas tentang topik kekinian yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa buku kultum Ramadhan dan buku Islami lainnya yang bisa kamu baca sambil menunggu waktu berbuka tiba. Tak hanya akan menambah wawasan tentang Islam saja, tapi juga ada banyak hikmah yang bisa kamu ambil dari buku-buku tersebut.

1. Ramadhan Maaf Kami Masih Sibuk

ramadhan

Dari buku ini, kita bisa merenungi kembali apa it arti Ramadhan yang sesungguhnya. Kita diajak untuk memahami kembali arti dari Ramadhan yang sebenarnya. Sehingga kita akan lebih banyak melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri sendiri selama Bulan Ramadhan.

2. Muslim Daily

muslim

Buku yang satu ini dibuat oleh komikus yang berasal dari komunitas Iqomic. Komik yang satu ini berisi mengenai cerita yang berhubungan dengan ibadah pada Allah SWT dan hubungan dengan sesama manusia. Tak hanya itu saja, di dalamnya juga dilengkapi dengan ayat-ayat Al Quran dan hadist Nabi Muhammad sebagai pesan dari kisah-kisah yang diselipkan di dalamnya.

3. Doa dan Dzikir Harian Sesuai Sunnah Nabi

doa

Buku Doa dan dzikir ini sudah dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik. Sehingga buku ini tidak akan membuat kamu merasa cepat bosan untuk membacanya. Selain itu, buku ini juga berisi mengenai kumpulan doa sehari-hari yang dikutip dari hadits Nabi Muhammad SAW dan lengkap dengan tulisan arab, latin, terjemahan, dan juga penjelasannya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

4. Indahnya Hidup Bersama Tuntunan-Nya

Indahnya Hidup Bersama Tuntunan-Nya

Melalui buku ini, kita akan diajak untuk mengingat kembali ajaran Islam yang mulai buram, ajaran Islam yang mulai tertutupi karena malasnya untuk mengungkap apa hikmah di balik setiap aturan-Nya. Agar kita bisa menjadi muslim sejati, muslim yang berkualitas, muslim yang tangguh, muslim yang siap mengemban amanah Tuhan dan tidak akan mudah terjerumus dalam tipu daya setan. Setiap bab dalam buku ini akan mengantarkan kita menjadi manusia yang sukses lahir batin; sukses dunia akhirat.

Semoga dengan hadirnya catatan sederhana ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi kawula muda khususnya juga kepada seluruh umat muslim umumnya; menjadi muslim yang bisa menyibak keindahan di balik perintah dan larangan Allah memilki hasrat membara dalam mencapai impian, tidak mudah goyah ketika mengalami kegagalan, dan selalu memasrahkan semua kenyataan hanya kepada Sang Maha Berkehendak.

5. 24 Jam Menapaki Jejak Rasul (Tuntunan Hidup Islami)

24 Jam Menapaki Jejak Rasul (Tuntunan Hidup Islami)

Buku yang sederhana ini dihadirkan untuk menjadi panduan bagi keseharian kita dalam meneladani sosok teladan satu-satunya itu. Tentu buku ini belum lengkap karena masih banyak hadits yang belum terangkum dalam risalah kecil ini juga tidak sedikil kisi- kisi keseharian yang tidak masuk dalam cakupannya. Namun setidak-tidaknya tulisan ini menjadi salah satu referensi kita dalam berupaya menapaki sebagaian jejak keseharian Rasulullah dalam rangka mencoba menjadi muslim yang menapaki menit-menitnya selama 24 jam, selaras dengan tuntunan dan apa yang beliau teladankan kepada kita. Yang terpenting adalah kita mampu mengamalkannya terutama di era banyaknya beragam upaya dan serangan terhadap kaum muslimin agar jauh dari tuntunan dan ajaran Rasulullah Shahllah ‘Alaihi’ wa Sallam.

6. Mengenal Kesempurnaan Manusia; Akhlak Sebagai Dasar Kehidupan

Mengenal Kesempurnaan Manusia; Akhlak Sebagai Dasar Kehidupa

Arus Globalisasi komunikasi Informasi seolah tak terbendung telah menimbulkan globalisasi budaya di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Konflik SARA, Korupsi, Kenakalan Remaja, Tawuran antarpelajar ,penyalahgunaan narkotika, dan pergaulan bebas merupakan sebagian persoalan yang mendera bangsa ini. Tentu menjadi pertanyaan , mengapa hal ini terjadi? Adakah sesuatu yang salah dalam sisitem pendidikan dan pengajaran kepada generasi bangsa ini sehingga muncul berbagai persoalan seperti ini? Kenapa pendidikan yang kini tumbuh berkembang pesat tidak mampu melahirkan generasi yang berakhlak mulia?Apa yang salah dalam pendidikan kita?

Menurut gambaran tersebut, institusi institusi pendidikan di Indonesia mulai dari tingkat dasar sampai tingkat menengah, atau bahkan perguruan tinggi, jika ingi melahirkan para peserta didik yang berkualitas atau sehatkognitif, psikomotorik dan afektifnya, maka haru memperhatikan segala hal yang berhubungan dengan proses pendidikan, baikdari segi fasilitanya , materi yang diajarkannya ataupun para pendidiknya. Institusi tersebut harus diberi asupan bergizi dan disentuh dengan kasih sayangyang sesuai dengan misi dan visi pendidikan yang ditetapkannya.

Materi dalam buku ini sangat menekankan pada ranah afektif(moral Islami), baik teoretik maupun praktek, meskipun lebih menekannkan pada sisi praktisnya, sementara aspek kognitifnya hanya merupakan pengantar kearah aspek praktis. Tujuannya adalah untuk menguatkan pembangunan karakter(character building), yakni akhlak mulia bagi generasi penerus bangsa.

7. Ensiklopedi Akhlak Rasulullah

Ensiklopedi Akhlak Rasulullah

Sesungguhnya Islam menyerukan umatnya untuk berakhlak terpuji atau berbudi pekerti yang baik. Adapun akhlak terpuji yang dimaksudadalah ajaran yang dihimpun untuk kita dari seluruh ucapan dan perbuatan yang dipraktikan oleh Rasulullah SAW dan beliau merupakan suri tauladan yang baik untuk seluruh umat manusia.

Akhlak terpuji merupakan tugas yang diemban oleh Rasulullah SAW bahkan, sesungguhnya ia merupakan Islam sebenarnya. Sebab itulah, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak terpuji.” (HR. Al-Bukhari & Ahmad)

Buku ini, berisi tentang ensiklopedi (mausu’ah) akhlak Rasulullah, yang akan membantu kita hidup di zaman kemerosotan sendi-sendi akhlak terpuji. Tidak sepantasnya kita melupakan kondisi ini. Justru , kita wajib mengerahkan kemampuan maksimal untuk mengembalikan umat ini kepada nilai-nilai akhlak Rasulullah.

8. Buku Akhlak dan Tasawuf

Rekomendasi buku kultum Ramadhan selanjutnya adalah Buku Akhlak dan Tasawuf. Ini adalah salah satu rekomendasi buku untuk kamu yang ingin mendalami ilmu tasawuf dan akhlak. Buku yang satu ini memiliki jumlah halaman yaitu 125 halaman, mengulas mengenai bagaimana cara untuk mencapai kebahagiaan. Seperti yang kita semua pahami bahwa memperoleh kebahagiaan itu adalah kebutuhan semua orang. Tapi sayangnya tidak semua orang bisa menemukan kebahagiaan tersebut.

Bahkan ada orang-orang yang rela mengorbankan banyak uangnya demi memperoleh kebahagiaan. Sedangkan disisi lain ada orang yang mudah sekali memperoleh kebahagiaan. Di dalam buku ini akan membahas mengenai cara dalam menemukan kebahagiaan di dunia dan juga akhirat. Disebutkan bahwa kunci dari kebahagiaan seseorang ternyata ditentukan oleh akhlak mereka sendiri. Apabila akhlak yang dimiliki baik dan menerapkan setiap ajaran Islam, maka semua sendi-sendi kehidupan akan mempengaruhi perilaku dan dapat mewujudkan kebahagiaan.

9. 7 Rahmat Akhlak Yang Baik

7 Rahmat Akhlak Yang Baik

Pada zaman ini, kita bisa melihat bagaimana media sosial menjadi tempat memuntahkan segala kekesalan. Mengumpat, mencaci, dan merendahkan orang lain tanpa beban. Tak beda dalam kehidupan non-maya sehari-hari—orang demikian mudah hilang kesabaran dan berkonflik karena masalah kecil.

Pada suatu riwayat ketika seseorang mendatangi Nabi Saw., meminta nasihat, Rasulullah hanya mengatakan kepadanya, “Jangan marah”, dan beliau mengulangnya tiga kali. Nabi Saw. tak menasihati orang itu dengan teologi yang rumit, atau etika yang sulit, dan bukan pula masalah fiqih yang mendalam. Beliau hanya menasihati soal akhlak, sesuai sabda beliau, “Agama adalah muamalah (interaksi antarmanusia).” (HR Al-Hakim). Tanpa akhlak hubungan antar manusia tidak akan terbangun dengan baik.

Buku ini disarikan dari ceramah-ceramah Yasir Qadhi, seorang tokoh asal Amerika yang cukup berhasil menampilkan wajah akhlak Islam di Negeri Paman Sam.

10. Pokok-Pokok Ajaran Islam

Pokok-Pokok Ajaran Islam

Buku Pokok-Pokok Ajaran Islam mengkaji ajaran-ajaran Islam yang terdapat dalam Al-Qur`an, hadis, dan ijtihad ulama. Mulai dari aspek keyakinan terhadap Islam, seperti rukun iman, prinsip tentang alam, manusia, hidup, dan sebagainya. Begitu juga dengan syariat di dalam Islam, seperti ibadah salat, zakat, puasa, haji, umrah, doa, hubungan muamalat, dakwah dan jihad, serta akhlakul karimah.

11. Moderasi Islam Di Indonesia Dari Ajaran, Ibadah, Hingga Peri

Moderasi Islam Di Indonesia Dari Ajaran, Ibadah, Hingga Peri

Resosialisasi dan revitalisasi moderasi Islam Indonesia sangat diperlukan mengingat tantangan aktual yang dihadapi ummatan wasathan Indonesia dalam dua atau tiga dasawarsa terakhir. Jika Indonesia bisa terpelihara dan terjaga, negara ini beserta para warganya boleh berbangga dengan moderasi Islam-nya. Berkat moderasi Islam, Indonesia tetap menjadi negara aman, stabil, bertumbuh dan berkemajuan; menjadi negara keempat atau kelima terbesar/terkuat ekonominya menjelang 2045—100 tahun kemerdekaan Indonesia.

12. Al-Islam Studi Al-Quran

Untuk kamu yang ingin mencari materi kultum, buku yang satu ini dapat kamu jadikan sebagai rujukan. Tak hanya itu, buku ini juga bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang memperoleh tugas untuk mengulas sebuah tema yang berhubungan dengan Islam. Sebab, buku ini menjelaskan mengenai pengertian pendidikan dan konsep pendidikan yang sesuai dengan pandangan Al-Quran. Pastinya, untuk dapat mengkaji buku yang satu ini, diperlukan ilmu yang lebih. Sebab, tidak boleh sembarang orang yang bisa melakukan hal tersebut. Selain itu, buku ini juga cocok digunakan untuk buku pembelajaran. Sebab, di bagian dalam buku ini juga akan membahas mengenai teori yang sudah dikembangkan oleh para ahli.

13. Reclaim Your Heart

Jual Buku Reclaim Your Heart oleh Yasmin Mogahed - Gramedia Digital Indonesia

Buku Islami yang satu ini ditulis oleh Yasmin Mogahed, seorang instruktur perempuan Muslim pertama di Al-Maghrib Institute, Amerika Serikat. Reclaim Your Heart adalah buku yang berisi mengenai ajakan untuk memfokuskan hati dan juga pikiran kepada hal-hal yang memiliki arti untuk umat Islam. Bahasa yang digunakan di dalam buku ini sangat ringan, sehingga mudah dipahami para pembaca. Penulis mengambil kejadian sebagai contoh, jadi pembaca akan sangat mudah untuk mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

14. Muslimah yang Diperdebatkan

Muslimah yang Diperdebatkan (Cover Baru) - MOJOKSTORE.COM

Kalis Mardiasih, seorang aktivis perempuan dan juga penulis dari buku ini besar di lingkungan pesantren dan tumbuh menjadi perempuan yang memperjuangkan kesetaraan gender. Di dalam buku ini, penulis menyoroti sosok perempuan yang ada di Indonesia yang menjadi topik pembicaraan dari berbagai macam sisi. Mulai dari cara berpakaiannya sampai peran perempuan dalam masyarakat. Beberapa topik sensitif juga dimuat di dalam buku ini, termasuk juga fenomena hijrah, produk halal untuk perempuan, dan publik figur.

15. Shihab & Shihab

Buku SHIHAB & SHIHAB - M. Quraish… | Mizanstore

Siapa sih yang kenal dengan kedua sosok di atas? Buku yang satu ini memang merupakan penuturan Quraish Shihab dan Najwa Shihab yang menjelaskan mengenai topik populer dan juga pertanyaan mengenai Agama Islam dari warganet. Topik yang mereka diskusikan juga cukup beragam, mulai dari feminisme, kurban, sampai perjodohan. Semuanya dibahas dengan bahasa yang ringan dan mudah untuk dipahami.

16. Fiqih Untuk Pemula

Buku Fiqih Untuk Pemula: Sebuah Pedoman Belajar Fiqih Dalam Kehid | Shopee Indonesia

Sebagai umat Islam, ada banyak sekali dimensi mengenai Agama Islam yang dapat kita pelajari, salah satunya yaitu fikih. Ilmu fikih sendiri membahas mengenai berbagai cara dalam beribadah dan hubungan antar manusia di dalam Islam. Sebab, kehidupan sehari-hari yang kita jalani tidak bisa terlepas dari ilmu fikih. Untuk kamu yang belum pernah belajar fikih, jangan khawatir. Buku yang satu ini bisa mengenalkanmu pada ilmu fikih dan juga dapat membimbing kamu untuk menerapkan ilmu ini dengan benar.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Written by Lely Azizah