in

11 Rekomendasi Anime Action Paling Populer Saat Ini, Wajib Tonton!

Sumber: Google

Rekomendasi Anime Action – Anime action bisa jadi adalah jenis anime yang paling banyak digemari oleh penggemar anime. Wajar saja, sesuai dengan namanya, mereka bisa menemukan banyak aksi menegangkan dan amat seru untuk ditonton, membuat mereka juga ikut berdebar-debar dibuatnya.

Jadi, wajar saja jika ketika berbicara dengan para penggemar anime, kita bisa mendengar bahwa anime favorit mereka merupakan anime dengan genre action. Anime-anime seperti Naruto, My Hero Academia, Jujutsu Kaisen dan Attack on Titan bisa menjadi anime yang disebut jika berbicara mengenai anime favorit.

Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang, banyak anime action yang memiliki pola serupa dari satu dengan lainnya. Hal ini bisa saja membuat para penggemar anime bosan dan ingin menemukan sesuatu yang berbeda dari anime action pada umumnya.

Rekomendasi Anime Action Underrated

Artikel kali ini dikhususkan bagi Grameds yang memang ingin mencari anime action yang berbeda dengan anime action kebanyakan. Akan ada beberapa rekomendasi anime action yang terbilang underrated dan tidak banyak ditonton oleh banyak orang meskipun mereka tahu keberadaan anime ini.

Semua anime yang akan direkomendasikan ini akan memiliki waktu tayang yang beragam. Jadi, Grameds bisa menemukan anime yang sudah tayang puluhan tahun lalu atau bisa saja anime ini baru tayang beberapa tahun lalu namun kurang banyak didengar orang karena namanya tertutup anime action lain.

Tidak hanya itu, banyak dari rekomendasi anime ini yang juga memiliki genre atau tema lain di luar action. Jadi, Grameds yang mungkin juga membutuhkan rekomendasi anime baru selain action juga bisa mendapatkan tontonan baru jika para rekomendasi ini menarik perhatian kalian.

Yu Gi Oh

rekomendasi anime action
Sumber: Liputan 6

Rekomendasi anime pertama yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah anime legendaris bernama Yu Gi Oh. Anime yang satu ini berpusat mengenai permainan kartu bernama Duel Monster, yang pada dasarnya seseorang harus menggunakan kartu monster bersama dengan kartu efek seperti magic dan trap untuk mengalahkan lawan mereka.

Anime ini memiliki karakter utama bernama Yugi Mutou, yang pada suatu hari, menyelesaikan benda berbentuk puzzle piramida setelah beberapa tahun menyusunnya. Rupanya, benda tersebut adalah sebuah artefak Mesir Kuno bernama Millennium Puzzle dan mengandung ingatan Pharaoh Mesir.

Sosok tersebut menjadi alter ego Yugi yang diberi julukan Yami Yugi. Bersama dengan Yugi Mutou, keduanya memiliki kemampuan bermain kartu Duel Monster dan bertanding memenangkan sejumlah kompetisi untuk mengungkap rahasia di balik Millennium Puzzle.

Dibuat berdasarkan adaptasi manga karangan mangaka Kazuki Takahashi dan diterbitkan oleh salah satu publikasi manga paling terkenal di Jepang, Weekly Shonen Jump, anime ini berhasil memikat perhatian banyak penggemar anime sampai bahkan kepopuleran sudah membentuk franchise permainan Duel Monster yang banyak digemari orang-orang di seluruh dunia.

Eyeshield 21

rekomendasi anime action
Sumber: Wikia

Selanjutnya, kita akan beralih ke anime action yang bertemakan olahraga american football. Kali ini, tokoh utamanya adalah siswa SMA korban perundungan bernama Kobayakawa Sena yang baru saja masuk ke sebuah SMA biasa-biasa saja bernama SMA Deimon.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Di sana, dirinya dijebak oleh senior di sekolah tersebut bernama Hiruma Yoichi untuk bergabung ke klub american football. Hiruma Yoichi melihat kemampuan Kobayakawa Sena dalam berlari menghindari para perundung dan berpikir kalau dirinya adalah sosok running back yang cocok dengan klub american football.

Lantas, bagaimana nasib kelanjutan Kobayakawa Sena di klub american football tersebut? Apakah dirinya akan sukses memenuhi ekspektasi Hiruma Yoichi? Jawabannya bisa Grameds temukan sendiri jika kalian memang tertarik untuk menonton anime ini.

Anime yang juga merupakan terbitan dari Weekly Shonen Jump ini memiliki adegan aksi dan komedi yang amat cocok untuk ditonton segala umur. Merupakan karya dari Inagaki Riichiro dan Yuusuke Murata, Eyeshield 21 juga memiliki banyak pesan moral dan mengedukasi penontonnya mengenai olahraga american football.

Beelzebub

rekomendasi anime action
Sumber: IMDB

Beelzebub sebenarnya merupakan salah satu nama iblis yang mendiami neraka. Namun, nama ini rupanya menjadi inspirasi Tamura Ryuuhei untuk membuat manga dengan judul serupa dan menerbitkannya di Weekly Shonen Jump hingga akhirnya diadaptasi menjadi anime.

Anime action ini mengisahkan cerita seorang perundung bernama Oga Tatsumi yang suatu waktu menemukan anak bayi setelah berkelahi dengan teman SMA-nya. Karena merasa kasihan, Oga Tatsumi memutuskan untuk memungut anak bayi tersebut dan merawatnya di rumah.

Namun, rupanya bayi tersebut bukanlah sembarang bayi. Ternyata bayi tersebut merupakan anak dari Raja Setan yang diberi nama Kaiser de Emperana Beelzebub IV dengan nama panggilan Beelzebub. Dengan ini, perjalanan Oga Tatsumi dalam mengurus bayi iblis ini dimulai.

Layaknya beberapa anime action lain yang sudah disebutkan di atas, anime ini juga mengandung apa yang diinginkan oleh penonton terkait anime action: pertarungan menegangkan dan humor lucu. Beelzebub juga mempunyai beberapa momen mengharukan yang bisa membuat penontonnya terenyuh.

Master Cooking Boy

rekomendasi anime action
Sumber: Kaori Nusantara

Grameds yang gemar menonton anime pasti sudah pernah mendengar anime berjudul Food Wars. Anime bertemakan masak-memasak tersebut berhasil memikat penontonnya karena ceritanya yang mengasyikan untuk diikuti dan memiliki sejumlah makanan yang terlihat menggiurkan.

Namun, tahukah kalian bahwa sebelum Food Wars beredar, banyak anime action dengan tema masak-memasak yang juga tidak kalah seru untuk ditonton. Salah satunya adalah anime berjudul Master Cooking Boy yang memiliki latar belakang pada Dinasti Qing di Cina.

Tokoh utama dari anime ini adalah Mao, yang ingin menjadi salah satu koki terbaik di Cina. Dirinya merupakan anak dari Pai, yang diberi julukan “Peri Masakan” karena kemampuan dalam memasak dan sifatnya yang lemah lembut terhadap orang-orang.

Mao mengelilingi dataran Cina demi memperdalam kemampuan memasaknya agar dirinya bisa mewujudkan impiannya tersebut. Bagi yang suka dengan anime masak-memasak, anime yang merupakan adaptasi dari mangaka bernama Etsushi Ogawa ini jelas tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Magi: The Labyrinth of Magic

rekomendasi anime action
Sumber: Viu

Dari tadi, kita belum mendapatkan rekomendasi anime action yang berkaitan dengan tema fantasi. Namun tenang saja, anime action yang satu ini bisa jadi akan memuaskan kalian yang menggemari anime dengan tema fantasi serta memiliki sejumlah aksi di dalamnya.

Anime ini berjudul Magi: The Labyrinth of Magic, yang memiliki latar belakang pada periode Timur Tengah kuno. Anime ini berpusat kepada petualangan remaja bernama Alibaba dan penyihir kecil bernama Aladdin. Alibaba menemukan Aladdin berada di kereta makanan, sedang memakan semangka.

Alibaba yang bertanggung jawab dalam keamanan kereta, awalnya meminta ganti rugi kepada Aladdin karena telah menghabiskan beberapa semangka. Namun, setelah melihat kekuatan sang penyihir kecil, Alibaba akhirnya mengurungkan niatnya.

Justru, dirinya menerima ajakan Aladdin untuk bertualang bersamanya. Ini menjadi titik awal dari perjalanan Aladdin dan Alibaba. Anime yang merupakan adaptasi dari manga karya mangaka Ohtaka Shinobu ini juga mempunyai unsur misteri dan filosofi yang cukup kuat dan amat menghibur untuk diikuti.

Log Horizon

rekomendasi anime action
Sumber: YouTube

Kita juga masih ada beberapa rekomendasi anime dengan tema fantasi lainnya. Jika Grameds familiar dengan istilah isekai, yaitu kisah seseorang yang berpindah dan terpaksa hidup di dunia lain karena suatu faktor, bisa jadi kalian akan menyukai rekomendasi anime kali ini.

Judul anime ini adalah Log Horizon, yang mengisahkan tentang ribuan pemain permainan online bernama Elder Tales terjebak di dalam permainan tersebut. Salah satu pemain yang terjebak ini memiliki nama panggilan Shiroe pada permainan tersebut.

Bersama dengan beberapa partnernya yakni Akatsuki, Naotsugu dan Nyanta, dirinya berusaha berkoalisi dengan beberapa pemain lain untuk hidup bersama di dalam Elder Tales. Selain itu, mereka juga berharap kalau suatu saat nanti, mereka bisa keluar dan kembali ke kehidupan mereka.

Selain adegan aksinya, anime yang diadaptasi dari light novel karangan Hara Kazuhiro ini juga memiliki unsur politik dan strategi yang membedakannya dengan sejumlah anime isekai lain. Cocok bagi kalian yang menggemari anime dengan tema lebih dewasa dan lebih rumit.

Boarding School Juliet

rekomendasi anime action
Sumber: Amazon

Rekomendasi anime yang satu ini sebenarnya lebih cenderung mengarah ke tema romansa dan komedi. Namun, terdapat cukup banyak adegan aksi dalam anime ini yang juga dapat menghibur penontonnya sehingga cocok untuk ditonton, baik itu penggemar anime romansa, penggemar anime komedi atau penggemar anime action.

Boarding School Juliet mengisahkan kisah cinta antara Romeo dan Juliet yang ada di sebuah asrama bernama Asrama Dahlia. Lebih tepatnya, kisah cinta antara pemimpin kubu Black Doggies bernama Inuzuka Romeo dan ketua kelompok White Cats bernama Persia Juliet.

Sayangnya, kisah cinta mereka cukup sulit diwujudkan karena masing-masing dari keduanya berasal dari golongan berbeda. Akan ada masalah besar jika Romeo dan Juliet ketahuan memiliki hubungan satu sama lain. Lalu, bagaimana masa depan hubungan mereka?

Sinopsis di atas mungkin belum cukup untuk meyakinkan para penggemar anime action untuk menonton anime ini. Namun, mengingat anime ini memang lebih menonjolkan romansanya, aksi di dalam anime ini akan semakin jarang. Tetapi, sekalinya muncul, anime yang merupakan adaptasi dari manga karya mangaka Kaneda Yousuke ini akan amat sangat menonjol dan seru untuk ditonton.

Run With The Wind

rekomendasi anime action
Sumber: Crunchyroll

Untuk beberapa rekomendasi anime selanjutnya, temanya akan menjadi sedikit lebih dewasa dan akan lebih cocok untuk Grameds yang sudah berusia 17 tahun ke atas. Alasannya cukup beragam, mulai dari ceritanya yang memiliki tema lebih berat sampai dengan banyaknya adegan yang memang bersifat dewasa.

Kita akan memulai dengan anime Run With The Wind, yang merupakan manga karangan 2 orang, yakni Miura Shion dan Unno Sorata. Kisah anime ini diawali oleh pertemuan antara mahasiswa baru bernama Kurahara Kakeru bersama dengan mahasiswa senior bernama Kiyose Haiji.

Kiyose Haiji menemukan Kurahara Kakeru dan mengajaknya untuk bergabung ke dalam klub lari maraton di universitasnya. Mulanya, Kurahara Kakeru menolak karena dirinya merasa kalau berlari itu membuang-buang waktu dan menganggap kalau teman-teman lainnya tidak memiliki bakat berlari.

Namun, bujukan Kiyose Haiji perlahan meluluhkan Kurahara Kakeru. Bersama dengan anggota klub lari lainnya, mereka berniat untuk berkompetisi di Hakone Ekiden, salah satu perlombaan lari antar universitas di Jepang yang amat populer. Mampukah mereka berkompetisi dan menghasilkan sesuatu di sana?

Megalobox

rekomendasi anime action
Sumber: Polygon

Anime action selanjutnya memiliki tema olahraga tinju. Megalobox merupakan anime yang sebenarnya diadaptasi dari manga legendaris berjudul Ashita no Joe karya Chiba Tetsuya dan Kajiwara Ikki dalam perayaan 50 tahun sejak kali pertama manga tersebut terbit ke pasaran.

Mengambil konsep futuristik tepatnya pada abad ke-22, karakter utamanya adalah petinju bawah tanah bernama Joe yang dijuluki sebagai “Junk Dog”. Dirinya kerap bertinju dalam pertandingan yang sebelumnya sudah diatur untuk mendapatkan uang.

Namun, suatu hari, arena tinju tempat dia bertanding kedatangan seorang petinju dengan nama besar bernama Yuri. Joe yang menantang Yuri bertanding, takluk dengan cepat. Setelahnya, Yuri yang justru menantang Joe untuk bisa mencapai levelnya dan bertanding lagi di ajang terbesar di masa itu, Megalobox.

Anime dengan tema olahraga memang banyak menyajikan banyak adegan aksi di dalamnya. Namun, Megalobox sedikit berbeda dengan anime olahraga lain karena di dalamnya, kita bisa melihat banyak pelajaran seputar mimpi dan realita dalam kehidupan.

Youjo Senki

rekomendasi anime action
Sumber: Wattpad

Youjo Senki adalah anime action bertemakan isekai lain yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Seperti Log Horizon, anime ini juga merupakan adaptasi dari light novel, kali ini berasal dari karangan penulis dengan nama pena Zen Carlo.

Ceritanya berawal dari seorang pegawai kantor dengan sifat angkuh, arogan dan licik yang tewas karena tertabrak kereta akibat didorong oleh bawahannya. Sesaat sebelum tewas, dirinya bertemu dengan “Sosok X” yang mengaku sebagai “Tuhan” di dunianya.

Ternyata, Sosok X ini tidak menyukai sifat sang pegawai dan menghukumnya dengan cara membunuhnya dan setelahnya, bereinkarnasi ke dunia lain sebagai anak perempuan bernama Tanya Degurechaff. Meskipun begitu, Tanya Degurechaff masih menyimpan ingatan dari kehidupan sebelumnya.

Ternyata, Tanya Degurechaff justru memiliki kekuatan sihir yang amat besar sehingga dirinya sudah diangkat menjadi petinggi militer. Dengan kekuatannya, dirinya diperintahkan untuk memimpin perang yang sedang bergejolak sekaligus berperang melawan takdir bernama “Sosok X”.

Inuyashiki

rekomendasi anime action
Sumber: Rotten Tomatoes

Suatu hari, pria tua bernama Inuyashiki Ichirou mendapatkan kekuatan misterius yang membuat tubuhnya bisa berubah menjadi senjata. Di saat bersamaan, laki-laki remaja dengan nama Shishigami Hiro juga mendapatkan kekuatan yang sama dengan Inuyashiki Ichirou.

Namun, di saat Inuyashiki Ichirou takut akan kekuatannya dan lebih memilih menggunakan kekuatannya tersebut untuk kebaikan, Shishigami Hiro justru malah bangga dengan kekuatannya dan ingin memakai kekuatan barunya itu untuk membuat kehancuran dan kesengsaraan.

Kedua paragraf di atas merupakan sinopsis dari anime Inuyashiki, anime yang diadaptasi dari manga dengan judul serupa karya Oku Hiroya. Grameds bisa berekspektasi kalau dengan sinopsis tersebut, kalian nantinya bisa mendapatkan banyak adegan aksi seru di dalam anime ini.

Selain itu, anime ini juga mengajarkan antara kejahatan dan kebaikan serta pentingnya bertanggung jawab dengan apa yang kita miliki. Inuyashiki juga mempunyai beberapa adegan berdarah di dalamnya, sehingga anak-anak di bawah umur tidak disarankan menonton anime ini.

Penutup

Cukup sekian pembahasan mengenai rekomendasi anime action underrated yang bisa Grameds tonton. Kalian juga bisa menemukan beberapa anime tersebut dalam bentuk manga di Gramedia, seperti manga “Yu Gi Oh” manga “Beelzebub” dan manga “Boarding School Juliet“.

https://www.gramedia.com/products/yu-gi-oh-premium-22?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/yu-gi-oh-premium-22?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/juliet-of-the-boarding-school-01?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/juliet-of-the-boarding-school-01?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/beelzebub-28-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/beelzebub-28-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi
Semua manga di atas adalah hiburan persembahan Gramedia, #SahabatTanpaBatas, yang bisa kalian temukan di situs Gramedia.com. Semoga saja kalian terhibur dengan membaca manga tersebut dan bisa mendapatkan sesuatu #LebihDenganMembaca.

Penulis: M. Adrianto S.

Baca juga: