in

8 Manfaat Telur Rebus Bagi Tubuh dan Panduan Merebus yang Benar!

Sumber: Simply Recipes

Manfaat telur rebus – Dalam segi konsumsi nutrisi, telur seringkali menjadi bahan makanan yang kontroversial terkait apakah mereka adalah vegetarian, non-vegetarian, atau justru “vegetarian”. Meski begitu, telur merupakan pembangkit tenaga protein yang membantu pertahanan tubuh kita dalam hal kesehatan.

Cara termudah untuk mengonsumsi telur, bisa dibilang ialah dengan merebusnya. Baik dipilih untuk sarapan atau cuma bagian dari salad, sup, atau kari, telur baik dalam berbagai pilihan olahan. Lagipula, telur rebus punya manfaat kesehatan yang luar biasa bagi anak-anak, orang dewasa, atau siapa pun yang sadar akan keuntungan dari menyukai telur rebus.

Dalam artikel kali ini, mari kita pelajari tentang kandungan telur, manfaat telur rebus hingga panduan merebus telur!

Manfaat Telur Rebus

manfaat telur rebus
Sumber: Pixabay

Telur merupakan salah satu makanan paling serbaguna. Kita bisa menemukan suatu hal menyenangkan setiap saat bereksperimen dengan telur. Dengan rasa yang lembut, telur juga datang dengan berbagai manfaat kesehatan demi menjaga tubuh agar tetap kuat.

Makan telur rebus membawa banyak manfaat kesehatan ke dalam hidup kita. Berikut ialah beberapa manfaat di antaranya!

1. Protein Berkualitas Tinggi

Sebagai makanan berprotein tinggi, telur rebus bisa menjadi bahan pembangun bagi tubuh kita. Mereka punya peran penting dalam menjaga perbaikan dan kekuatan otot atau jaringan. Dalam satu telur rebus, terdapat sekiranya 6,3g protein.

Ada studi yang menunjukkan bahwa protein pada telur rebus punya manfaat yang signifikan. pasalnya, mereka mengandung sembilan asam amino esensial, yang mana bisa sangat membantu pertumbuhan, pemulihan, dan pemeliharaan otot.

Memang, tentu saja jenis makanan lain mungkin memiliki jumlah protein yang lebih tinggi. Meski begitu, kualitas protein pada telur sangat bagus sehingga hampir tak ada tandingannya. Apalagi, protein ini juga bisa mempercepat penurunan berat badan, penambahan massa pada otot, kontrol tekanan darah, sampai kesehatan tulang.

2. Mengandung Kolesterol Baik

Telur rebus juga punya banyak kolesterol, tetapi yang baik. Sebutir telur punya jauh lebih dari setengah asupan harian yang direkomendasikan, yakni sekitar 212 mg kolesterol makanan yang berbeda dengan kolesterol darah yang lebih tinggi.

Kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) akan meningkat setelah kita memakan telur rebus. Meski begitu, belum ada penelitian yang cukup membuktikan pengaruh kolesterol ini terhadap risiko penyakit jantung.

Berdasarkan hasil penelitian, kalau hati kita ini dapat menghasilkan kolesterol. Dengan memakan telur, maka kolesterol yang dihasilkan hati akan lebih rendah. Jadi, semuanya akan lebih seimbang.
Jenis kolesterol yang berisiko untuk jantung ialah low-density lipoprotein atau LDL. Mereka terkadang dikenal sebagai kolesterol “jahat”. Dalam peningkatan kadar kolesterol LDL sendiri, telur bukanlah penyebabnya. Justru, telur meningkatkan HDL secara konsisten, yang mana bisa berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, serta kondisi medis lainnya.

3. Menyediakan Kolin

Tahukah Grameds, apa itu kolin? Ia adalah jenis nutrisi yang tak dikenal oleh kebanyakan orang awam, tetapi merupakan komponen yang sangat penting untuk sintesis membran sitoplasma. Kolin juga punya peran dalam menciptakan sinyal kimia di otak kita.

Kolin juga merupakan mikronutrien penting. Meski punya gejala yang menghancurkan, untungnya, kekurangan kolin yang satu itu jarang terjadi. Kandungan ini pun berlimpah dalam telur utuh, sampai adanya 100 mg dalam setiap telur rebus. Bisa dibilang, telur adalah sumber makan terbaik dengan kolin.

4. Sumber Vitamin D yang Sangat Baik

Kuning telur merupakan salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D alami. sekitar 82 persen dari kebutuhan vitamin D harian kita bisa terpenuhi dengan makan dua telur rebus.
Oleh sebab itu, vitamin D bertugas menyerap kalsium dan fosfor, ia diperlukan demi menjaga gigi dan tulang yang kuat. Selain itu, vitamin yang satu ini juga mendukung pemeliharaan fungsi otot dan kekebalan tubuh.

5. Manajemen Berat Badan

Salah satu alternatif makanan terbaik untuk menurunkan berat badan kita adalah telur rebus karena relatif rendah kalori dan punya protein berkualitas tinggi. Tak cuma itu, telur bisa menyebabkan tingkat kekenyangan yang tinggi sehingga kita mudah merasa kenyang saat mengonsumsinya.
Telur rebus juga mengurangi rasa lapar, sehingga kita punya lebih sedikit keinginan untuk makan kecil alias ngemil. Jadi, Grameds tak perlu khawatir akan tergoda untuk mengemil di sore hari.

Studi juga menunjukkan bahwa konsumsi telur rebus bisa menyebabkan:

  • Peningkatan jumlah hormon yang membuat kita merasa kenyang
  • Energi tetap terjaga
  • Peningkatan metabolisme

Dikarenakan kaya akan protein berkualitas tinggi, maka telur rebus bisa menjadi tambahan yang sangat bagus untuk makanan yang bisa membantu kita menurunkan berat badan. Selain itu, bisa juga mengurangi fluktuasi glukosa, telur rebus akan membuat kita mengoreksi pola asupan makan dan berakhir jadi tetap bugar.

6. Omega-3

Ikan adalah salah satu sumber omega-3 yang sangat terkenal. Meski begitu, telur rebus juga adalah sumber lemak sehat yang sangat bagus, apalagi untuk mereka yang sulit mengonsumsi makanan laut.

Sebagai asam lemak tak jenuh ganda, asam lemak omega-3 memainkan peran penting dalam fungsi membran sel, mulai dari kesehatan jantung, otak, sampai pelindung mata kita. Sayang, tubuh manusia hanya memproduksi omega-3 dalam jumlah tertentu, jadi kita perlu menambahkannya dengan mengonsumsi telur rebus yang punya jumlah fantastis omega-3, yakni 180 mg per 2 butir.

7. Kesehatan Mata

Dalam telur rebus, kita bisa menemukan vitamin A, vitamin E, sampai selenium yang berfungsi sebagai antioksidan penting untuk menjaga kesehatan mata dan memulihkan fungsi retina. Tak cuma itu, selenium sendiri juga bisa membantu mencegah penglihatan degeneratif pada usia muda dan tua.

Lutein dan zeaxanthin juga terdapat pada telur rebus. Keduanya merupakan antioksidan kuat yang menumpuk di retina mata, dan berfungsi dalam pencegahan, sehingga membantu kita menghindari penyakit mata seperti katarak. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa antioksidan ini diserap tubuh dengan lebih baik dari telur rebus daripada sumber lain.

8. Penuaan yang Sehat

Telur bisa menjadi cara sederhana untuk meningkatkan asupan gizi bagi lansia. Oleh sebab itu, makanan ini juga akan meminimalkan risiko berbagai penyakit dan defisit. Di dalam telur rebus, terdapat sejumlah besar leusin, yakni asam amino yang penting dalam mendukung otot jangka panjang.

Meski begitu, tak semua telur rebus bisa memberi manfaat yang sama. Bagi seseorang yang menjalani diet ketat yang berbasis kesehatan, telur rebus sempurna lebih baik. Namun, baik telur rebus setengah matang atau sempurna, keduanya sehat dan tidak menimbulkan efek samping tertentu.

https://www.gramedia.com/products/panen-telur-setiap-hari-dari-kandang-100-m2?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/panen-telur-setiap-hari-dari-kandang-100-m2?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Direbus atau Digoreng?

manfaat telur rebus
Sumber: MedicalNewsToday

Nutrisi akan kita dapatkan lebih baik melalui telur rebus sempurna. Pasalnya, mereka lebih sehat dari telur goreng karena protein telur memanas selama direbus, sampai ikatannya putus, sehingga untaian protein terbelah dan daya cernanya dan serapnya meningkat dalam tubuh.

Fakta menariknya, apa yang kita campurkan selama mempersiapkan telur rebus bisa mempengaruhi komposisi nutrisi telur. Memang, telur punya nilai gizi yang kurang lebih sama dengan cara masak apapun, tetapi menambahkan bumbu tertentu ke telur atau menggorengnya dalam lemak bisa mengubah profil nutrisi dari telur yang ada sebelumnya.

Panduan Merebus Telur

Telur rebus adalah telur yang paling sehat untuk dimakan karena tidak mengandung garam atau minyak tambahan. Selain itu, merebus telur juga sangat sederhana. Berikut ialah contoh panduan singkat dalam merebus telur yang baik, Grameds:

  1. Ambil beberapa butir telur
  2. Isi mangkuk logam bundar dengan air.
  3. Tempatkan mangkuk di atas api kompor sedang-besar sampai air mulai mengeluarkan gelembung.
  4. Tambahkan telur.
  5. Rebus selama 6-10 menit, berdasarkan kesukaan kita terhadap kematangan telur. Berikut keterangannya:
    • 6 menit: kuning telur akan cair dan encer.
    • 7 menit: Kuning telur hampir matang dan lengket.
    • 8 menit: rebus lembut, tidak keras tapi tidak lengket.
    • 9-10 menit: Telur rebus matang, tidak berkapur atau kering, tetapi mudah dimakan.

Dalam waktu kurang dari 6 menit, kita sudah bisa menyiapkan camilan sehat setiap harinya. Sehat, hangat, dan rasanya juga “surgawi”!

Kandungan Nutrisi Telur

Satu butir telur mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 72
  • Protein: 6 gram
  • Karbohidrat: 0,6 gram
  • Lemak: 5 gram
  • Lemak Jenuh: 1,6 gram
  • Vitamin A: 10% dari RDA (Recommended Dietary Allowance)
  • Riboflavin: 16% dari RDA
  • Vitamin B12: 21% dari RDA
  • Folat: 9% dari RDA
  • Besi: 5% dari RDA
  • Selenium: 28% dari RDA

Lemak

Pada satu butir telur ukuran sedang, terdapat sekitar 4,2 gram lemak, yang mana 1,4 gram di antaranya merupakan lemak jenuh. Para ahli menganggap lemak ini sebagai jenis lemak terbaik dalam diet yang seimbang. Pasalnya, sebagian besar lemak pada telur tidaklah jenuh.

25-26 persen kalori harian seseorang harus terdiri dari lemak total, dengan lemak jenuh yang hanya kurang dari 10 persennya. Artinya, seseorang harus mengonsumsi 22 gram maksimal lemak jenuh jika mereka mengonsumsi 2000 kalori per harinya.

Kandungan Jika Telur Direbus Sampai Matang

Banyak perubahan saat kita merebus telur. Nilai gizi satu telur rebus penuh adalah sebagai berikut:

  • Kalori: 77
  • Karbohidrat: 0,6 gram
  • Jumlah lemak: 5,3 gram
  • Kolesterol: 212 mg
  • Protein: 6,3 gram
  • Vitamin A: 6 persen dari Recommended Dietary Allowance (RDA)
  • Vitamin B2: 15 persen dari RDA
  • Vitamin B12: 9 persen dari RDA
  • Vitamin B5: 7 persen dari RDA
  • Fosfor: 86 mg atau 9 persen dari RDA
  • Selenium: 15,4 mcg, 22 persen dari RDA

Demikian pula, nilai berubah untuk berbagai jenis telur. Bahkan, jika kita merebus telur setengah matang, nilainya akan berubah. Bentuk telur yang paling aman dan paling lengkap dianggap sebagai telur rebus yang sempurna.

Risiko Makan Telur

Mengkonsumsi telur memiliki beberapa risiko kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

Terkena Bakteri

Telur mentah atau setengah matang dapat mengandung bakteri, yang dapat masuk melalui pori-pori cangkangnya. Di Amerika Serikat, semua telur yang dinilai oleh USDA menjalani pembilasan sanitasi sebelum dijual.

Mengalami Alergi

Sensitivitas akan telur atau alergi bisa saja dimiliki oleh beberapa orang, dan mereka bisa saja mengalami reaksi yang mengancam jiwa karena mengonsumsi telur atau produk lain yang mengandung telur.

Penting bagi penderita alergi untuk mengingat bahwa makanan yang dipanggang seringkali mengandung telur, mungkin sebagai bubuk. Periksalah daftar bahan dengan hati-hati. Jika Grameds, termasuk salah satunya, mungkin juga perlu mencatat apakah suatu produk dibuat di fasilitas yang menggunakan telur karena jumlah yang sedikit dapat memicu reaksi parah pada beberapa orang.

Teknologi Susu, Daging Dan Telur

https://www.gramedia.com/products/teknologi-susu-daging-dan-telur?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/teknologi-susu-daging-dan-telur?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Resep Telur Rebus Sempurna

manfaat telur rebus
Sumber: HealthifyMe

1. Tambahkan telur ke panci dan tutup dengan air:

Isi panci sekitar seperempat jalan dengan air dingin. Taruh telur pada satu lapisan di panci bagian bawah. Tambahkan pula lebih banyak air sampai telur terendam setidaknya 1-2 inci.
Akan semakin banyak air yang harus kita gunakan jika kita ingin merebus banyak telur dalam satu wajan. Misalnya, 6 butir telur harus terendam setidaknya satu inci di bawah air, sedangkan 7-12 telur terendam sedalam 2 inci.

2. Rebus hingga mendidih:

Biarkan panci tidak tertutup. Nyalakan api besar dan didihkan air. Lalu, rebus telur dalam panci air untuk telur rebus sempurna.

3. Matikan api, tutup, dan diamkan:

Tergantung pada seberapa matang kita menyukai telur rebus, telur harus matang sempurna setelah didiamkan selama 10-12 menit. Meskipun demikian, tergantung pada ketinggian, bentuk wajan, ukuran telur, dan rasio air terhadap telur, proses ini dapat memakan waktu beberapa menit lebih lama.

Jika tak ingin telur matang sempurna, kita bisa memakai lebih sedikit waktu, sekitar beberapa menit lebih awal. Ketika menemukan waktu yang sesuai dengan mempertimbangkan preferensi, jenis telur, panci, kompor, dan lingkungan memasak kita, tetaplah konsisten dengan lama masak tersebut.

4. Saring dan jalankan di bawah air dingin:

Saring air panas dari wajan, hati-hati jangan sampai telurnya keluar, dan siram dengan air dingin sampai dingin saat disentuh. Ini akan menghentikan telur dari pemasakan lebih lanjut dan membuatnya lebih mudah dikupas.

Cobalah keluarkan telur dengan sendok berongga ke dalam mangkuk besar berisi air es jika Grameds lebih ingin memasak telur dalam jumlah besar. Biarkan selama beberapa menit, atau sampai dingin.

5. Kupas atau simpan untuk nanti:

Rasanya, paling mudah untuk mengupas telur di bawah sedikit air mengalir.

Cara terbaik untuk menyimpan telur rebus yang tidak dikupas adalah dalam wadah tertutup di kulkas. Sebab, di lemari es, telur bisa mengeluarkan bau. Jadi, kita bisa meminimalisirnya dengan menaruh telur di tempat tertutup.

Mereka harus dimakan dalam waktu 5 hari. Sementara itu, telur kupas harus dimakan dalam satu atau dua hari.

Tips Memilih Telur

Terdapat telur konvensional dan organik. Telur datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan nilai gizinya bervariasi. Hal ini ditentukan oleh cara ayam dipelihara. Tiga pilihan utama telur adalah:

Telur Ayam Biasa

Telur biasa, yakni telur yang ditemukan di toko kelontong atau penjual lokal. Ayam yang bertelur ini diberi biji-bijian dengan tambahan vitamin dan mineral.

Telur Ayam Organik

Ayam bertelur secara organik ketika mereka tidak diberi makanan yang dimodifikasi secara genetik. Mereka juga makan makanan organik. Telur-telur ini diproduksi dengan membiarkan ayam berjalan bebas sambil memakan tumbuhan dan serangga (makanan alaminya) dan beberapa pakan komersial.

Jika Grameds melengkapi pakan ayam dengan sumber omega-3 seperti biji rami, telur yang dihasilkan akan diperkaya Omega-3. Persoalannya, ayam petelur komersial sering dikurung. Mereka memiliki gerakan terbatas.

Mereka juga dipaksa makan hormon untuk bertelur lebih cepat. Meski begitu, hal ini tidak mempengaruhi kualitas telur secara keseluruhan.

Telur organik bisa sedikit lebih mahal. Harga adalah gambaran dari perawatan, usaha, dan bahan yang mahal.

Manfaat Ajaib Telur, Telur Ayam, Telur Itik, Telur Angsa Dan Telur Puyuh

https://www.gramedia.com/products/manfaat-ajaib-telur-telur-ayam-telur-itik-telur-angsa-dan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/manfaat-ajaib-telur-telur-ayam-telur-itik-telur-angsa-dan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Itulah penjelasan terkait telur, telur rebus, dan manfaat telur rebus yang sangat penting untuk kita ketahui. Setelah mengetahui lebih banyak tentang telur rebus, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi telur rebus?

Grameds, jadikan hidupmu #LebihDenganMembaca bersama layanan toko buku online terbesar se-Indonesia milik Gramedia! Kamu bisa makin tahu tentang nutrisi makanan dan hal lainnya.

Penulis: Sevilla Nouval Evanda

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi