in

9 Manfaat Susu Kambing Etawa Beserta Rekomendasi Merek Terbaik!

Sumber: Pixabay

Manfaat Susu Kambing Etawa – Selain susu sapi serta susu nabati lainnya, manfaat susu kambing etawa juga ternyata sangat baik bagi kesehatan. Hal ini karena di dalam susu kambing etawa terdapat berbagai kandungan nutrisi yang sangat tinggi seperti di antaranya fosfor, kalsium, sodium, dan florin. Bahkan, susu ini juga disebut-sebut memiliki nutrisi yang hampir setara dengan ASI.

Namun, apakah kamu telah mengenal kambing etawa? Nyatanya susu ini adalah jenis kambing persilangan dari kambing jamnapari dari India dengan kambing lokal asal Indonesia. Dikarenakan mudah untuk diternakkan, maka masyarakat kemudian mulai menjadikannya sebagai ternak untuk diambil manfaatnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat susu kambing etawa, maka kamu bisa simak artikel ini, Grameds.

Manfaat Susu Kambing Etawa

manfaat susu kambing etawa
Sumber: Pixabay

Manfaat Susu Kambing Etawa: Melancarkan Produksi ASI

Kandungan kalsium dalam susu kambing etawa kemudian mencapai 6 kali lipat lebih banyak jika dibanding susu sapi biasa. Nah, kandungan kalsium ini kemudian merupakan asupan yang sangat penting bagi ibu hamil serta sedang menyusui.

Dalam masa pembentukkan janin kalsium sendiri sangat dibutuhkan, apalagi saat memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Selain itu, susu kambing etawa juga kemudian dipercaya dapat melancarkan produksi air susu ibu (ASI). Untuk ibu hamil atau yang tengah dalam proses menyusui, susu kambing etawa juga dapat menjadi sumber nutrisi yang baik bagi ibu dan janin di dalam kandungan.

Manfaat Susu Kambing Etawa: Meningkatkan Kecerdasan

manfaat susu kambing etawa
Sumber: Pixabay

Manfaat susu kambing etawa, selain baik bagi pembentukan tulang janin, susu kambing ternyata juga akan membantu perkembangan kecerdasan serta daya ingat anak. Susu kambing etawa juga mengandung Riboflavin (vitamin B2) serta vitamin B3 yang dipercaya akan membantu pertumbuhan serta perkembangan sel otak serta saraf. Tak hanya bagi anak-anak, kandungan di dalam susu kambing etawa ini juga akan meningkatkan pertumbuhan sel otak pada janin.

Manfaat Susu Kambing Etawa: Mencegah serta Mengatasi Stres

Jika diminum dalam keadaan hangat, susu kambing etawa juga akan membantu menenangkan tubuh serta menghilangkan stres ataupun penat yang tengah dirasakan. Susu kambing etawa juga mengandung zinc serta magnesium yang dapat memperkuat jaringan saraf. Jadi, jika meminum susu ini secara rutin, kamu akan terhindar dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan saraf.

Manfaat Susu Kambing Etawa: Baik bagi Kesehatan Jantung

Kalium dalam susu kambing etawa juga dapat menormalkan tensi darah, sehingga secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan jantung. Jika sirkulasi darah lancar serta kesehatan jantung terjaga, niscaya tubuh akan terhindar dari potensi terkena penyakit stroke. Hal ini juga dapat dicapai jika diseimbangi dengan gaya hidup sehat juga ya.

Manfaat Susu Kambing Etawa: Mengobati Penyakit Pernapasan

manfaat susu kambing etawa
Sumber: Pixabay

Dalam dunia pengobatan alternatif, susu kambing etawa kemudian dikenal dengan kemampuannya dalam mengobati berbagai macam penyakit terutama yang berhubungan dengan saluran pernafasan. Misalnya, asma, tuberkulosis (TBC), bahkan flek paru-paru. Hal ini juga dikarenakan kandungan flourin serta beta kasein dalam susu kambing etawa yang merupakan zat-zat yang dapat membantu proses penyembuhan penyakit tersebut.

Manfaat Susu Kambing Etawa: Perawatan Kecantikan khasiat

Tidak hanya berkhasiat bagi kesehatan tubuh, susu kambing etawa juga akan bermanfaat untuk kesehatan kulit. Susu kambing juga termasuk ke dalam bahan yang mudah diserap oleh kulit, sehingga terdapat banyak produk kecantikan yang menggunakan susu kambing sebagai bahan utamanya. Susu kambing etawa juga sangat kaya akan kandungan yang dapat menyehatkan kulit, seperti diantaranya pada asam laktat untuk regenerasi kulit mati, vitamin C, vitamin B, niacin, serta thiamin.

Manfaat Susu Kambing Etawa: Meningkatkan Antibodi

Kandungan flourin tidak hanya bisa mengobati penyakit saluran pernafasan, ternyata zat ini juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Pada susu kambing etawa, kandungan klorinnya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi dapat mencapai 10 kali lipatnya.
Untuk kamu yang sedang dalam masa penyembuhan serta ingin mengembalikan kekebalan tubuh seperti sebelum jatuh sakit, susu kambing etawa kemudian dapat menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Manfaat Susu Kambing Etawa: Dapat Digunakan untuk Diet

manfaat susu kambing etawa
Sumber: Pixabay

Dikarenakan baik bagi pencernaan, maka susu kambing etawa kemudian cocok dimasukkan ke dalam daftar makanan ataupun minuman yang dapat kamu konsumsi saat sedang diet. Kandungan lemak serta proteinnya kemudian dapat dicerna lambung, serta membakar lemak dengan cepat.

Selain itu, susu kambing etawa juga akan memuaskan rasa lapar, sehingga dapat digunakan untuk “memenuhi” perut agar tak sering-sering menguap. Dianjurkan untuk meminum susu ini setelah selesai makan, agar rasa kenyang dapat bertahan dengan lebih lama.

Manfaat Susu Kambing Etawa: Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Kamu dapat menurunkan tekanan darah dengan mengkonsumsi susu kambing etawa. Susu ini juga memiliki kalsium serta vitamin D yang membantu tekanan darahmu tetap dalam kondisi stabil. Bagian ini juga belum dapat dijadikan acuan karena bukti ilmiahnya masih terbatas. Namun, kandungan kalsium bisa juga mempengaruhi pembuluh darah untuk menyempit, sehingga tekanan darah yang tinggi kemudian akan menurun.

Efek Samping Susu Kambing Etawa

manfaat susu kambing etawa
Sumber: Pixabay

Susu kambing diketahui mampu meningkatkan kesehatan tubuh dan memberikan cukup banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan, susu kambing juga diyakini akan menjadi salah satu cara mengobati penyakit maag alami yang paling mujarab. Namun, meski memiliki manfaat yang luar biasa, terdapat sejumlah efek samping susu kambing jika diminum secara berlebihan.

Efek Samping Susu Kambing: Muntah

Muntah-muntah ini juga dapat menjadi efek samping dari konsumsi susu kambing. Sebagai solusi agar tidak muntah usai mengkonsumsi susu kambing, cobalah meminumnya setelah makan nasi. Namun jika saat perut sudah dalam keadaan terisi tetap terasa mual dan muntah, cobalah untuk menghentikan konsumsinya dan segera tanyakan kepada dokter.

Efek Samping Susu Kambing: Sakit Kepala

Susu kambing juga akan mampu menyebabkan efek samping berupa sakit kepala bagi pengonsumsinya. Hal ini termasuk ke dalam hal yang wajar terutama karena adanya proses detoksifikasi yang memang memerlukan oksigen

Bukanlah hal yang serius jika kemudian kamu merasakan sakit kepala setelah mengkonsumsi susu kambing. Keluhan seperti ini pada umumnya diderita oleh para pengonsumsi susu kambing dengan kadar gula rendah ataupun yang tengah melakukan diet.

Efek Samping Susu Kambing: Menghambat Pertumbuhan Anak

Meskipun susu kambing terkenal baik serta bermanfaat bagi kesehatan, tetapi jangan sekali-kali berpikir untuk menggantikannya dengan susu kambing untuk anak. Justru dengan konsumsi rutin susu kambing bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan kemudian akan menghambat tumbuh kembang mereka.

Alasannya adalah karena susu kambing tak memiliki kandungan tinggi vitamin B6 serta asam folat di mana kadarnya begitu rendah di dalam susu ini. Padahal, kedua nutrisi ini kemudian teramat penting dalam mendukung perkembangan serta pertumbuhan anak. Jadi, jangan biarkan anak mengonsumsi terlalu sering susu kambing.

Efek Samping Susu Kambing: Asidosis

Minum susu kambing terlalu sering dengan takaran berlebihan juga dapat mengakibatkan tubuh mengalami asidosis. Asidosis sendiri merupakan sebuah keadaan tubuh dengan kadar pH yang turun atau jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan nilai normalnya. Karena kadar pH darah kemudian lebih rendah, maka otomatis memiliki sifat yang asam.

Efek Samping Susu Kambing: Alergi

Tak semua orang dapat cocok mengkonsumsi susu kambing serta terdapat beberapa orang yang kemungkinan akan mengalami alergi pada susu kambing. Dari beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa 90% orang-orang yang memiliki alergi pada susu sapi juga berkemungkinan besar atau juga secara pasti akan memiliki alergi terhadap susu kambing.

Merek Susu Kambing Etawa

AMH

AMH mengandung vitamin B serta nutrisi yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, susu AMH juga dilengkapi dengan jahe merah sehingga dapat menghangatkan dan menjaga daya tahan tubuh. Susu kambing etawa AMH ini dijual dalam bentuk sachet bubukan, tersedia dalam rasa original serta rasa coklat. Jadi, susu ini mudah dibawa ke mana saja serta diseduh kapanpun kamu mau.

Kamu juga dapat membeli susu kambing etawa AMH mulai dari Rp 1.200 saja per sachet-nya atau dapat langsung membeli box berisi 10 sachet untuk stok di rumah. Rentang Harga Susu AMH: Rp1.200 – Rp65.000

Skygoat

Susu kambing etawa merek Skygoat ini berbentuk bubuk serta memiliki tiga varian rasa, yaitu original atau vanilla, cokelat, serta terdapat juga varian yang mengandung propolis. Susu kambing yang satu ini kemudian cocok digunakan pada ibu hamil dan menyusui. Hal ini karena kandungannya yang mendekati komposisi ASI.

Selain itu, susu kambing etawa ini juga akan mengatasi penyakit seperti diantaranya pada asam urat, kelainan ginjal, serta mendetoks racun di dalam tubuh. Kamu juga dapat membeli susu kambing etawa merk Skygoat mulai dari Rp 1.000 per sachet hingga box berisi 40 sachet yang bisa dikonsumsi untuk satu bulan penuh. Rentang Harga: Rp1.000 – Rp175.000

Gomars

Gomars kemudian menyediakan berbagai varian susu kambing etawa, yaitu diantaranya rasa vanilla, strawberry, cokelat, serta rasa kopi. Jika membutuhkan rasa tambahan namun ingin mendapatkan nutrisi dari susu kambing etawa, kamu dapat memilih varian rasa yang disukai.

Jika dikonsumsi secara rutin, susu ini kemudian akan meningkatkan kekebalan serta vitalitas tubuh, serta baik juga untuk menetralisir alergi yang melanda kulit. Dengan harga yang terjangkau serta banyaknya varian rasa. Rentang Harga: Rp1.500 – Rp335.500

Nikmaka

Tak hanya diseduh menjadi susu hangat, bubuk dari susu Nikmaka juga dapat dijadikan sebagai suplemen tambahan makanan, lho. Bahan tambahan yang terdapat dalam susu ini diantaranya hanya gula serta jagung saja. Jadi, nutrisi serta manfaat dari susu kambing etawa tak terhalangi oleh bahan tambahan yang berlebihan.

Susu kambing etawa Nikmaka juga tersedia dalam varian rasa mulai dari vanilla, cokelat, dan stroberi. Semua varian dijual dalam bentuk bubuk dengan ukuran 200 gram. Untuk ukuran, kualitas, serta manfaat yang ditawarkan, harga susu kambing etawa merk Nikmaka sangatlah terjangkau. Rentang Harga: Rp15.000 – Rp50.000.

Penutup

Demikian pembahasan tentang manfaat susu kambing etawa. Semoga semua pembahasan di atas bermanfaat untuk Grameds.

Jika kamu ingin mencari buku tentang cara mengolah susu menjadi keju atau yogurt, maka bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan
Sumber: Dari berbagai sumber

Rekomendasi Buku-Buku Terkait Susu Kambing Etawa

Membuat Keju, Yoghurt, dan Kefir dari Susu Kambing

https://www.gramedia.com/products/membuat-keju-yoghurt-dan-kefir-dari-susu-kambing?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/membuat-keju-yoghurt-dan-kefir-dari-susu-kambing?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penggemar produk olahan susu,misalnya yoghurt dan keju, memang banyak. Mungkin kamu salah satunya .Saat ini,masyarakat cenderung memilih susu sapi untuk Dikonsumsi daripada susu kambing.Padahal,berbagai studi telah membuktikan banyak Keunggulan susu kambing dibandingkan susu sapi terutama dari zat gizinya. Peluang menarik ini dapat dipenuhi oleh peternak kambing perah di Indonesia. Susu kambing mulai diminati karena khasiatnya yang dapat membantu mengatasi penyakit asma dan alergi.Sayangnya,aroma prengus yang tidak sedap pada susu kambing segar menyebarkan peminatnya masih sedikit.

Kiat Sukses Tingkatkan Produksi Susu Kambing

https://www.gramedia.com/products/kiat-sukses-tingkatkan-produksi-susu-kambing?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kiat-sukses-tingkatkan-produksi-susu-kambing?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku ini hadir untuk memaparkan langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produksi susu kambing, mulai dari pemilihan varietas kambing perah yang tepat, pemeliharaan yang baik, pakan yang sesuai dengan fase hidup kambing, pemeliharaan kesehatan, hingga perlakuan khusus yang bisa diberikan untuk mendongkrak produksi susu. Semuanya dibahas lengkap di buku ini.

Teknologi Susu, Daging, dan Telur

https://www.gramedia.com/products/teknologi-susu-daging-dan-telur?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/teknologi-susu-daging-dan-telur?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Karena buku ini berkategori semua umum, maka buku ini dapat dibaca oleh siapa saja. Buku Teknologi Susu, Daging Dan Telur karya I Made Sugitha, I Wayan Rai Widarta, dan Bambang Admadi Harsojuwono merupakan beuku pengetahuan dalam pengembangan teknologi pada hasil ternak. Penyampaian dengan bahasa yang ringan sehingga para pembaca akan mudah dalam memahami isi dari buku ini. Sinopsis Susu, daging, dan telur merupakan bahan pangan hewani hasil peternakan yang dibutuhkan manusia dalam hal pemenuhan asupan makanan, mengingat perannya sebagai sumber protein yang tinggi. Bahan pangan ini memiliki karakteristik spesifik. Dengan teknologi penanganan dan pengolahan yang tepat, maka kualitas bahan pangan ini dapat ditingkatkan, khususnya umur simpan dan nilai tambahnya dalam upaya diversifikasi produk pangan.

Buku ini ditulis untuk secara khusus untuk memberikan wawasan dan pengetahuan seputar perkembangan teknologi penanganan, pengawetan, maupun pengolahan pangan hewani. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi para pembaca dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang teknologi hasil ternak khususnya susu, daging, dan telur.

Kefir Minuman Susu Fermentasi

https://www.gramedia.com/products/kefir-minuman-susu-fermentasi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kefir-minuman-susu-fermentasi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Pernah mendengar minuman fermentasi susu bernama kefir? Memang banyak orang yang belum tahu mengenai kefir. Kefir merupakan salah satu produk fermentasi susu. Salah satu produk fermentasi susu yang sudah banyak dikenal luas oleh masyarakat internasional termasuk di Indonesia, yaitu yoghurt. Namun, kefir ternyata sudah dikenal dan sudah pernah dibuat sejak ribuan tahun lalu oleh komunitas yang berada di bagian Utara Pegunungan Kaukasus.

Kefir yang enak dikonsumsi memang bukan obat yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit secara instan. Mengkonsumsi kefir merupakan salah satu pola konsumsi sehat, yang juga harus diimbangi dengan konsumsi produk makanan lainnya, dan disertai dengan pola hidup sehat. Dalam kondisi namanya yang tidak sepopuler produk yoghurt, kefir ternyata memiliki segudang khasiat bagi kesehatan, antara lain:

  • Mengandung bakteri probiotik yang membantu menyehatkan saluran pencernaan.
  • Membantu memperlambat proses penuaan, menyembuhkan sakit maag, diabetes, mencegah infeksi saluran urine.
  • Membantu menurunkan resiko penyakit jantung koroner.
  • Membantu mengurangi resiko kanker saluran pencernaan.
  • Meningkatkan kekebalan tubuh. Dalam buku ini, dijelaskan mengenai produk fermentasi susu, asal-usul produk kefir, proses pembuatannya, khasiatnya, dan berbagai resep mengolah produk kefir menjadi sajian yang lezat.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi