in

20 Manfaat Mengonsumsi Sayur Bayam

pixabay

20 Manfaat Mengonsumsi Sayur Bayam – Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang disukai oleh banyak orang. Sayur ini juga mudah untuk didapatkan, pada setiap supermarket dan juga pasar pasti menyediakan sayur bayam. Bayam atau disebut dengan Spinacia ini adalah sayuran dengan daun berwarna hijau yang berasal dari Persia.

Selain sayur ini banyak disukai orang dan dapat ditemukan di setiap tempat, sayur ini juga banyak sekali olahan yang bisa kamu coba. Kamu dapat membuat sayur bayam ini menjadi masakan seperti sup, tumis bayam, campuran omelet, bahkan bisa kamu jadikan sebagai olahan jus dan smoothies. 

Lalu bayam dengan harga yang terjangkau dan banyak olahannya ini juga memiliki nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kita. Banyak nutrisi vitamin yang terkandung di dalamnya seperti, vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Tidak hanya vitamin saja, namun juga memiliki berbagai jenis mineral seperti, magnesium, asam folat, zat besi, potassium, kalsium dan sodium.

Manfaat sayur bayam selain dilihat dari kandungan nutrisi yang dimilikinya juga dapat dilihat melalui warna pada sayur tersebut. Sayur bayam yang berwarna hijau artinya memiliki banyak kandungan klorofil dan karotenoid. Hal tersebut bermanfaat untuk melawan berbagai penyakit dan juga menjaga daya tahan tubuh.

beli sekarang

E-book ini memaparkan mengenai apa saja manfaat yang didapatkan dari kulit buah dan sayuran. Bahkan di dalam e-book ini juga disertakan bagaimana cara mengolah kulit buah dan sayuran tersebut agar manfaatnya berjalan secara optimal.

Oleh karena itu, tentunya mengonsumsi bayam akan membuat kalian menjadi sehat dan terjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah terserang oleh berbagai penyakit. Lalu, apa saja manfaat dari sayur bayam yang dapat kita rasakan untuk kesehatan tubuh kita? Berikut adalah ulasan lengkapnya mengenai manfaat sayur bayam.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Sayur bayam memiliki kandungan nutrisi vitamin K. Dengan adanya vitamin K maka manfaat untuk kesehatan tulang akan sangat terasa. Belum lagi didukung dengan adanya mineral seperti magnesium yang terkandung dalam sayur bayam. Magnesium tersebut berfungsi untuk memenuhi kebutuhan harian dari vitamin K, sekaligus untuk menjaga tulang agar tetap kuat.

Vitamin K yang ada di dalam sayur bayam ini memiliki fungsi untuk mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan mengurangi jumlah kalsium yang terbuang dari tubuh kita. Dengan adanya fungsi-fungsi tersebut maka vitamin K ini sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko patah tulang. Bahkan, sayur bayam juga dapat mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

2. Menstabilkan Tekanan Darah

Sayur bayam juga memiliki manfaat untuk menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh kita. Dengan memiliki tekanan darah yang stabil maka secara tidak langsung juga menurunkan risiko penyakit jantung agar kita tidak mudah terkena penyakit tersebut. Manfaat ini didapatkan karena sayur bayam memiliki kandungan nitrat dalam jumlah yang tinggi

Sayur bayam juga termasuk jenis sayur yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini juga tentu karena adanya tekanan darah yang stabil dari sayur bayam. Yang membuat tekanan darah menjadi stabil adalah adanya antioksidan. Antioksidan ini selain dapat membuat tekanan darah menjadi stabil juga dapat membantu mencegah naiknya kolesterol.

Sebelumnya sudah pernah dilakukan penelitian oleh Clinical Nutrition Research kepada 27 orang yang makan bayam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 27 orang tersebut dinyatakan mampu untuk menstabilkan tekanan darah secara efektif.

Lalu dikutip dari Free Radical Biology and Medicine bahwa, telah dilakukan penelitian terhadap ekstrak sayur bayam yang mengandung nitrat oksida. Sayur bayam yang mengandung nitrat oksida dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah bagi yang mengonsumsi bayam.

Dari penelitian tersebut juga dikatakan bahwa, manfaat dari sayur bayam ini akan berfungsi secara optimal dan efektif setelah tubuh sudah berolahraga, adanya kesehatan pembuluh darah, dan lancarnya aliran darah. Efek ini terlihat dapat memperbaiki kelenturan darah, membantu memperlancar aliran darah, menjaga kesehatan jantung, dan membantu menurunkan tekanan darah meski dalam jumlah sedikit.

3. Mencegah Pertumbuhan Kanker

Sayur bayam memiliki kandungan yang dapat mencegah pertumbuhan kanker di tubuh kita. Kandungan dalam sayur bayam tersebut adalah MGDG dan SQDG

Dalam sebuah penelitian berjudul Spinach and Health: Anticancer Effect, senyawa ini membantu memperlambat pertumbuhan tumor di leher rahim manusia. Mereka juga mengurangi ukuran tumor. Senyawa ini membantu memperlambat pertumbuhan tumor serviks pada manusia. Kedua senyawa ini juga berperan dalam mengecilkan dan mengecilkan ukuran tumor.

Selain itu, banyak penelitian manusia lainnya telah menunjukkan bahwa makan bayam yang cukup dapat mengurangi risiko kanker prostat. Klorofil ini juga efektif dalam mencegah kanker payudara. Mirip dengan penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa bayam dapat menekan sel kanker. Selain itu, bayam memiliki banyak antioksidan dan efektif dalam melawan kanker.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat bayam yang terkenal adalah bayam kaya akan zeaxanthin dan lutein. Dua kandungan tersebut merupakan karotenoid yang menyebabkan munculnya warna pada beberapa sayuran. Sementara itu, mata manusia juga mengandung sejumlah besar pigmen tersebut, yang berfungsi untuk melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari. Zeaxanthin dan lutein, bersama dengan vitamin A, C, dan E, telah ditemukan dalam satu penelitian untuk mencegah degenerasi makula dan katarak. Keduanya adalah penyebab utama dari kebutaan.

5. Mengurangi Stres Oksidatif

Radikal bebas adalah produk yang dihasilkan dari metabolisme tubuh. Dalam jurnal yang berjudul “What is oxidative stress?”, jika tidak segera dicegah, radikal bebas menyebabkan stres oksidatif, yang menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko kanker diabetes.

Tapi jangan khawatir, salah satu manfaat sayur bayam adalah kemampuannya untuk mengurangi stres oksidatif. Antioksidan bayam membantu melawan stres dan mengurangi efek samping radikal bebas. Sebuah penelitian terhadap 8 orang menemukan bahwa bayam dapat mencegah kerusakan oksidatif. Penelitian ini didukung oleh eksperimen hewan dan manusia.

6.  Mencegah Anemia

Zat besi pada sayur bayam sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Tanpa zat besi yang cukup, hemoglobin dan protein yang terlibat dalam distribusi oksigen dalam tubuh tidak dapat diproduksi dalam darah.

Dengan hanya makan 1 cangkir sayur bayam setiap hari maka akan memenuhi 36% dari kebutuhan zat besi harian kamu. Anemia defisiensi besi dapat dihindari jika kebutuhan besi harian selalu terpenuhi.

7. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain untuk kesehatan, ternyata manfaat sayur bayam juga baik untuk kecantikan. Kandungan vitamin A pada sayur bayam membantu menyeimbangkan produksi minyak di pori-pori kulit wajah dan kulit kepala.

Selain itu, kandungan vitamin C sayur bayam sangat baik untuk kesehatan kulit karena membuat kulit agar tetap awet muda. Manfaat sayur bayam juga membantu menyembuhkan luka pada kulit.
Selain menjaga kesehatan kulit, manfaat bayam juga bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Sayur bayam kaya akan Vitamin A, di mana hal tersebut diperlukan untuk produksi sebum agar menjaga rambut tetap terhidrasi. Vitamin A cocok untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk rambut.

Jadi, jika kamu ingin mengurangi risiko pada kerontokan rambut dan infeksi kulit kepala, kamu harus lebih banyak mengonsumsi sayuran hijau. Tentunya untuk mendapatkan rambut yang sehat tidak hanya mengonsumsi sayuran hijau saja, kamu juga harus merawat rambutmu dengan baik agar memiliki rambut dan kulit kepala yang sehat.

8. Mencegah Penyakit Asma

Mungkin hanya sedikit orang yang mengetahui manfaat sayur bayam yang satu ini, yaitu dapat membantu mencegah asma. Kadar beta-karoten yang tinggi diketahui dapat mengurangi gejala penderita asma.

Selain itu, kandungan magnesium pada sayur bayam juga efektif sebagai pengobatan alternatif dan darurat ketika asma menyerang. Artinya, jika kamu memiliki penyakit asma, kamu bisa mengonsumsi sayur bayam agar penyakit asmamu tidak mudah untuk kambuh lagi.

9. Membantu Perkembangan Janin

Tentunya, setiap ibu hamil ingin tetap sehat selama masa kehamilannya. Nah, ternyata banyak sekali manfaat dari sayur bayam yang bisa didapatkan ibu hamil dan janin dalam kandungan lho!

Manfaat-manfaat tersebut antara lain, dapat mendukung perkembangan janin, mencegah sembelit selama kehamilan, meningkatkan kesehatan tulang, dan mencegah kelahiran prematur.
Bahkan, manfaat sayur bayam juga aman dan layak dikonsumsi untuk ibu hamil.

Selama masa kehamilan, asam folat menjadi hal yang penting. Asam folat membantu mencegah cacat lahir sekaligus mencegah kerusakan pada sumsum tulang belakang dan otak janin. Jika kamu sedang hamil, kamu bisa makan sayur bayam secara teratur untuk memastikan janin kamu memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi untuk bayi kamu.

10. Dapat Menurunkan Berat Badan

Bayam merupakan salah satu sayuran yang memiliki rendah kalori dan juga bergizi, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan kenaikan berat badan setelah mengonsumsi bayam. Jika kamu memiliki program penurunan berat badan maka disarankan agar tetap mengonsumsi sayur bayam secara rutin setiap hari.

Rutin dalam mengonsumsi sayur bayam sangat disarankan, karena sayur bayam memiliki kalori yang sangat rendah, yaitu hanya sekitar 21 kalori per 100 gram. Dalam konteks ini, sayur bayam sering dijadikan sebagai menu diet yang enak dan tentunya bergizi.

Penuhi kebutuhan nutrisi harianmu dengan sayur bayam dan 50 gram lauk pauk seperti bandeng ukuran sedang, satu sendok makan nasi, apel, pir, dan jeruk.

11. Mengurangi Risiko Diabetes

Bagi kalian para penderita diabetes, mengonsumsi sayur bayam bukanlah suatu hal yang harus kamu hindari. Hal ini dikarenakan, asam alfa-lipoat dalam sayur bayam telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah oksidasi atau stres pada penderita diabetes.

Sayur bayam memiliki kandungan lain yang sangat aman untuk para penderita diabetes.  Sayur bayam tinggi akan kandungan senyawa bernama kaempferol. Senyawa ini dipercayai memiliki efek anti-inflamasi, melindungi organ kardiovaskular, dan anti-diabetes.

12. Menjaga Sistem Pencernaan

Selain kaya akan nutrisi dan gizi, sayur bayam juga kaya akan serat makanan yang memiliki manfaat baik untuk sistem pencernaan tubuh. Bahkan, mengonsumsi sayur bayam secara teratur dianggap dapat membantu mencegah sembelit dan membuat saluran pencernaan lebih sehat.

13. Mengurangi Rasa Sakit Pada Masa Kehamilan

Selama masa kehamilan, nyeri bagian punggung dan nyeri bagian pinggang karena perubahan bentuk tubuh dan berat badan karena janin adalah suatu hal biasa terjadi pada ibu hamil. Namun, rasa nyeri tersebut akan dapat dicegah dan diobati jika kamu mengonsumsi sayur bayam.

Hal tersebut terjadi karena sayur bayam mengandung glycolipid, yang memiliki sifat anti-inflamasi, yaitu yang memiliki fungsi untuk mengurangi rasa sakit selama kehamilan.

14. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sistem imun yang baik merupakan syarat terpenting untuk memiliki tubuh yang sehat. Sistem kekebalan yang lemah maka akan mengakibatkan tubuh dapat rentan terhadap penyakit, infeksi, dan bahkan bakteri.

Kandungan vitamin C bayam efektif dalam mencegah infeksi, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Dengan mengonsumsi sayur bayam, kamu dapat terhindar dari flu dan sakit perut yang sering terjadi pada beberapa orang.

15. Mengatasi Konstipasi Pada Ibu Hamil

Konstipasi merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu hamil.
Penyakit ini tidak boleh diremehkan dan harus segera diobati atau dicegah untuk menghindari peningkatan risiko wasir selama kehamilan.

Untuk mengatasi penyakit konstipasi, sayur bayam adalah hal yang cocok untuk dikonsumsi. Sayur bayam mudah dicerna karena kaya akan serat makanan sehingga dapat melancarkan saluran pencernaan. Menurut Nutrition Data, satu cangkir sayur bayam mengandung 4,3 gram serat makanan.

16. Menambah Energi Dalam Tubuh

Mengonsumsi sayur bayam dapat mencukupi kebutuhan magnesium yang kita perlukan untuk memproduksi energi harian. Sayur bayam juga merupakan sumber asam folat yang sangat baik, yang dapat mengubah makanan menjadi energi dan menyehatkan tubuh.

Dengan adanya energi tambahan dari sayur bayam maka membuat tubuh selalu sedia untuk melakukan aktivitas. Selain itu, sifat dasar bayam adalah menjaga energi tubuh agar tidak cepat lelah atau lemas.

17. Meningkatkan Suasana Hati

Vitamin B dalam bayam juga digunakan untuk meningkatkan suasana hati selama menstruasi dan kehamilan. Jika kamu sering merasa sedih, depresi, marah, atau tertekan secara tiba-tiba maka disarankan untuk mengonsumsi sayur bayam lebih banyak ke dalam lauk yang kamu konsumsi agar lebih sehat.

18. Dapat Menangkal Radikal Bebas

Jika kamu sering melakukan aktivitas di luar ruangan dan sering terkena sinar matahari maka dengan mengonsumsi sayur bayam bisa menjadi solusi sebagai penangkal radikal bebas. Sayur bayam kaya akan antioksidan maka tidak heran jika sayuran hijau ini sering dikonsumsi untuk menjaga kesehatan kulit.

Sayur bayam efektif jika dikonsumsi langsung atau diolah menjadi produk perawatan kulit seperti masker. Sayur bayam juga melindungi dan menetralkan radikal bebas dalam tubuh, hingga mengurangi risiko penuaan.

19. Menghilangkan Jerawat

Munculnya jerawat di wajah memang sangat tidak menyenangkan. Hal ini sangat mengganggu bagi setiap orang. Sekarang kamu tidak perlu khawatir, dengan adanya sayur bayam maka kamu bisa menggunakannya sebagai masker wajah untuk mengatasi masalah jerawat.

Caranya hanya cukup rendam sayur bayam pada sedikit air, lalu oleskan ke wajah kamu selama sekitar 20 menit. Cara tersebut dapat menghilangkan kotoran, minyak, dan iritasi dari kulit. Hal ini juga dapat memberikan rasa segar yang masuk ke dalam kulit.

20. Memperlambat Proses Penuaan

Manfaat bayam untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat memperlambat munculnya kerutan di wajah. Sayur bayam dikenal sebagai sayuran kaya akan zat besi. Senyawa zinc yang ada di dalam zat besi tersebut dapat menangkal sinar UV dan menyerap panas. Selain itu, zinc memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi peradangan pada kulit.

Demikianlah 20 manfaat dari sayur bayam yang telah ditulis dalam artikel ini. Tentu beberapa dari kalian menyukai sayuran yang satu ini. Namun, belum tentu dari kalian semua mengetahui manfaat-manfaatnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian menambah wawasan mengenai manfaat dari sayur bayam.

Bagi kalian yang ingin mempelajari ilmu-ilmu lainnya, kalian juga bisa membeli dan membaca buku lain yang ada di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan buku-buku berkualitas dan juga bermanfaat untuk kamu. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

Buku Tafakur Buah dan Sayur, berupaya untuk mengedukasi masyarakat, dengan menjelaskan akan berbagai manfaat yang dimiliki sayur dan buah, hingga diharapkan, orang-orang mau merajinkan diri untuk mengonsumsinya.

Rekomendasi Buku & Artikel



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ricky Atthariq