in

10 Manfaat Kacang Panjang Untuk Tubuh

Manfaat kacang panjang sangat besar untuk tubuh. Manfaat ini seringkali tidak disangka oleh orang. Hal itu karena mereka mengonsumsi kacang panjang hanya sebagai sayuran saja.

Kementerian Kesehatan RI menginformasikan gizi yang ada di dalam kacang panjang. Data ini dicantumkan pada Data Komposisi Pangan Indonesia. Diketahui bahwa dalam 100 gram kacang panjang terdiri dari beberapa nutrisi, diantaranya adalah:

  • Energi: 39 kalori (Kal)
  • Air: 88.2 g
  • Protein: 3 g
  • Serat: 1,7 g
  • Karbohidrat: 7,6 g
  • Vitamin C: 20 miligram (mg)
  • Kalsium: 100 mg
  • Beta karoten: 131 mikrogram (mcg)
  • Kalium: 100 mg
  • Fosfor: 91 mg
  • Natrium: 28 mg
  • Vitamin B2 (Ribovlavin): 0,1 mg
  • Niasin: 0,3 mg

Manfaat Kacang Panjang

1. Membesarkan payudara

Bagi sebagian wanita, memiliki payudara yang berukuran besar adalah hal yang baik. Mereka akan membuat payudara mereka terlihat lebih cantik. Cara yang digunakan pun beragam.

Mulai dari mengonsumsi suplemen, melakukan terapi sampai operasi. Akan tetapi, ada juga sebagian wanita yang memilih menggunakan bahan alami. Bahan-bahan alami tersebut bisa didapatkan dari makanan.

Salah satu makanan yang dapat membantu membesarkan payudara adalah kacang panjang. Manfaat kacang panjang ini rupanya masih belum diketahui banyak wanita. Oleh sebab itu, masih sedikit yang mengonsumsi kacang panjang secara rutin untuk membesarkan payudara.

Ada sebuah penelitian di Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada. Penelitian tersebut melaporkan bahwa manfaat kacang panjang salah satunya adalah dapat membantu memperbesar payudara. Hal ini diduga karena kandungan di dalam kacang panjang.

Kacang panjang memiliki kandungan fitoestrogen di dalamnya. Kandungan tersebut adalah senyawa estrogen alami. Kandungan ini terdapat pada tanaman.

Senyawa fitoestrogen dapat berupa flavonoid atau isoflavon. Berdasarkan dari penemuan penelitian tersebut, adanya fitoestrogen di dalam kacang panjang sangat membantu. Kacang panjang dapat memicu pertumbuhan sel epitel.

Sel epitel adalah salah satu sel yang ada di dalam payudara. Kacang panjang akan memicu pertumbuhan dari sel epitel ketika menempel pada reseptor estrogen.

Hal itu pada akhirnya akan memicu perkembangan pada ukuran payudara. Itulah yang menyebabkan manfaat kacang panjang dapat membantu memperbesar payudara. Akan tetapi, sifat penelitian ini masih terbatas pada uji sampel jaringan epitel di dalam laboratorium.

Filosofi Payudara dan ASI
Filosofi Payudara dan ASI

tombol beli buku

2. Meringankan nyeri saat haid

Nyeri haid atau disebut dengan dismenore adalah hal umum yang dialami banyak perempuan ketika haid. Penyebab timbulnya nyari juga bermacam-macam. Akan tetapi, kamu harus selalu waspada pada munculnya nyeri yang terlalu berlebihan dan sulit hilang.

Hal itu bisa menandakan sebuah penyakit atau adanya gangguan tertentu. Nyeri yang dirasakan ketika haid terjadi karena beberapa hal. Di antaranya adalah sebagai berikut:

a. Kontraksi otot pada rahim

Ketika sedang haid, dinding rahim akan meluruh dan berkontraksi. Ini akan terjadi lebih kencang, tujuannya untuk mengeluarkan sel telur yang tidak mendapat pembuahan.

Keluarnya sel-sel telur dan jaringan dinding rahim ini yang terlihat seperti darah haid. Kontraksi yang terjadi bisa menekan pembuluh darah di sekeliling rahim. Hal ini akan membuat terputuskan suplai darah serta oksigen ke dalam rahim.

Kondisi seperti ini akan menyebabkan jaringan rahim melepaskan bahan kimia. Inilah yang akan menimbulkan rasa nyeri, seperti prostaglandin.

Prostaglandin bisa membuat kontraksi yang semakin kencang pada otot rahim. Inilah yang menimbulkan nyeri haid. Zat ini juga dapat menimbulkan keluhan-keluhan lain.

Seperti mulas, sakit kelapa, mual dan lemas. Ketika menstruasi selesai, jumlah prostaglandin perlahan akan berkurang. Maka nyeri haid serta gejala lain juga akan mereda secara perlahan.

b. Gangguan atau penyakit tertentu

Nyeri yang dirasakan saat haid atau dismenore dibagi menjadi dua jenis. Ada primer dan sekunder. Dismenore primer adalah sebuah rasa sakit yang umum dialami para perempuan.

Terutama ketika masa-masa awal haid. Sementara dismenore sekunder adalah nyeri haid yang disebabkan karena penyakit atau gangunggan tertentu. Seperti  endometriosis, radang panggul, adenomyosis, fibroid atau miom. Selain  itu, adanya efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi juga akan berpengaruh.

Kondisi lain yang menyebabkan nyeri ketika haid adalah terjadinya penyempitan leher rahim. Terjadinya masalah pada kandung kemih atau saluran indung telur juga akan mempengaruhi. Dismenore sekunder adalah nyeri haid yang berlangsung dalam waktu yang lama.

Selain itu, nyeri haid juga bisa disebabkan oleh penyakit lain, seperti masalah pada kandung kemih atau saluran indung telur (tuba Falopi) dan penyempitan leher rahim.

Ini adalah salah satu manfaat kacang panjang yang akan sangat membantu para perempuan. Manfaat kacang panjang dapat meringankan nyeri saat haid. Manfaat ini berasal dari salah satu kandungan baik yang ada di dalam kacang panjang.

Kandungan tersebut adalah mineral mangan. Mineral mangan adalah salah satu kandungan yang dapat meringankan nyeri saat haid. Pasalnya, mineral mangan adalah salah satu mineral yang penting.

Mineral mangan di dalam kacang panjang dapat membantu meringankan atau mengurangi frekuensi rasa sakit ketika haid. Kram perut yang dirasakan ketika haid dapat diatasi dnega kacang panjang. Naka suasana hari juga akan lebih baik ketika sedang haid.

3. Menyehatkan kulit

Manfaat kacang panjang selanjutnya adalah dapat menyehatkan kulit. Banyak kandungan baik yang ada di dalam kacang panjang. Kandungan tersebut tentu memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Salah satunya adalah vitamin esensial. Vitamin yang terdapat di kacang panjang adalah vitamin C. Sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin C memiliki khasiat yang luar biasa untuk kulit.

Mengonsumsi vitamin C dapat membantu menyehatkan kulit. Seperti menyembuhkan kulit kemerahan dan mengurangi munculnya keriput pada kulit. Vitamin C juga dapat menyembuhkan kulit kering.

Mengonsumsi vitamin C juga akan memperlambat proses penuaan pada kulit. Inilah alasan manfaat kacang panjang sangat baik untuk kulit. Selain menjaga kulit, kacang panjang juga dapat mencegah perkembangan kanker kulit.

4. Menjaga kadar kolesterol dan kesehatan jantung

Di dalam kacang panjang, terdapat serat larut. Ini yang membuat manfaat kacang panjang dapat menjaga kesehatan jantung. Serat larut tersebut dapat membantu menekan jumlah kolesterol jahat atau LDL.

Kolesterol jahat atau LDL (low density lipoprotein) adalah kolesterol yang memiliki pengaruh buruk. LDL ini akan mengancam kesehatan, ketika kadarnya melebihi batas yang seharusnya. Maka kita harus mengenal apa saja penyebabnya serta menjaganya.

Kolesterol jahat yang dibiarkan akan mempengaruhi kesehatan jantung. Kolesterol yang menumpuk akan membuat plak pada pembuluh darah di jantung. Hal itu membuat aliran darah tersumbat.

Kondisi tersebut disebut dengan penyakit jantung koroner. Maka dari itu, kita harus menjaga kadar kolesterol. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung.

Salah satunya adalah kacang panjang. Kacang panjang memiliki khasiat untuk membantu menekan jumlah LDL atau kolesterol jahat.

Serat larut yang terkandung dalam kacang panjang dapat membantu menekan jumlah kolesterol jahat (LDL). Rutin mengonsumsi kacang panjang akan membantu menjaga kadar kolesterol di dalam darah.

Kacang panjang juga akan mengurangi peradangan pada pembuluh darah, sehingga dapat menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi 100 gram kacang panjang dapat mencukupi kebutuhan serat harian sampai 12%.

5. Mencegah penyakit kanker

Di dalam kacang panjang, terdapat kandungan sederet antioksidan nabati. Salah satunya adalah flavonoid dan riboflavin atau vitamin B2. Kedua senyawa ini diketahui bisa membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker.

Sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh dapat diatasi pertumbuhannya melalui kedua senyawa tersebut. Inilah yang membuat manfaat kacang panjang dapat mencegah penyakit kanker. Tidak hanya itu, ada kandungan baik lain di dalam kacang panjang.

Kacang panjang adalah sayuran yang memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Tubuh yang kekurangan asam folat memiliki risiko yang lebih tinggi pada penyakit kanker. Dapat terjadi pertumbuhan sel-sel kanker.

Pertumbuhan itu dapat terjadi pada usus besar dan serviks. Selain itu, sel kanker juga dapat tumbuh pada paru-paru dan payudara. Kekurangan asam folat juga bisa menyebabkan kanker otak.

Manfaat Kacang Panjang

6. Mengurangi risiko asam urat

Manfaat kacang panjang ini juga berkaitan dengan kandungan vitamin C. Seperti dibahas pada poin sebelumnya, vitamin C adalah salah satu kandungan yang ada di dalam kacang panjang. Vitamin C juga sangat berguna untuk tubuh.

Vitamin C adalah salah satu antioksidan. Kandungan ini dapat mencegah adanya kerusakan di dalam tubuh. Umumnya, kerusakan di dalam tubuh terjadi karena beberapa faktor.

Contohnya seperti karena radikal bebas, bahan kimia yang beracun dan karena adanya polusi. Semua faktor-faktor tersebut dapat membuat kerusakan di dalam tubuh. Akibatnya tubuh tidak berfungsi dengan baik.

Jika radikal bebas bertumbuk terus menerus akan membahayakan tubuh. Dapat terjadi sejumlah penyakit akibat penumpukan tersebut. Contohnya seperti penyakit kanker, penyakit jantung dan terjadinya radang sendi atau arthritis.

Peradangan sendi ini akan menyebabkan masalah kesehatan lain. Jika dibiarkan dan tidak diobati, peradangan sendi akan menyebabkan asam urat. Dapat terjadi komplikasi asam urat.

Ketika kadar asam urat tinggi di dalam tubuh, akan menimbulkan kristal. Lama kelamaan akan terbentuklah kristal di dalam sendi. Biasanya kondisi seperti ini akan menyerang bagian jempol kaki.

Asam urat dapat diatasi dengan kacang panjang. Manfaat kacang panjang ini karena banyaknya kandungan gizi di dalamnya. Kacang panjang disebut memiliki khasiat untuk menurunkan risiko asam urat.

7. Mencegah terkena osteoporosis

Osteoporosis adalah salah satu penyakit yang terjadi pada tulang. Osteoporosis terjadi karena adanya tulang yang keropos. Kondisi ini tidak hanya terjadi pada orang tua saja.

Usia produktif juga dapat mengalami osteoporosis. Penyebab utama penyakit ini adalah tubuh kekurangan kalsium dan magnesium. Kandungan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Magnesium dapat mengubah vitamin D menjadi zat aktif. Manfaat kacang panjang dalam hal ini dapat memberikan nutrisi. Ini akan membuat penyerapan kalsium berjalan secara efektif. Selain itu, akan mencegah terjadinya osteoporosis dalam waktu yang lama.

Buku Ajar Osteoporosis: Patofisiologi dan Peran Atom Mineral dalam Manajemen Terapi
Buku Ajar Osteoporosis: Patofisiologi dan Peran Atom Mineral dalam Manajemen Terapi

tombol beli buku

Buku Ajar Osteoporosis: Patofisiologi dan Peran Atom Mineral dalam Manajemen Terapi bertujuan untuk memberikan wawasan kepada pembaca tentang patofisiologi osteoporosis, terutama peranan atom mineral dalam perkembangan struktur tulang dalam perkembangan penyakit. Topik-topik yang dikemas dalam buku ini memaparkan aspek-aspek biologi molekuler dan biofisika tentang patofisiologi osteoporosis, hierarki atom mineral dalam perkembangan fungsi tulang, serta perkembangan terbaru aplikasi nano hidroksiapatit.

8. Mencegah Anemia

Anemia adalah kondisi kekurangan sel darah merah atau hemoglobin. Seseorang yang menderita anemia akan merasakan pusing atau nyeri. Selain itu, akan terjadi lemas secara berkepanjangan.

Salah satu penyebab anemia adalah kurangnya kandungan zat besi di dalam tubuh. Oleh karena itu, kamu harus mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Salah satunya adalah sayuran.

Salah satu sayuran yang memiliki zat besi tinggi adalah kacang panjang. Kamu bisa rutin mengonsumsi kacang panjang untuk mendapatkan zat besi. Tujuannya adalah untuk dapat membantu pembentukan sel darah merah yang ada di dalam tubuh.

9. Menurunkan kadar glukosa

Manfaat kacang panjang juga dapat menurunkan kadar glukosa. World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences membahas mengenai kacang panjang. Diketahui bahwa kacang panjang memiliki sifat antihiperglikemik.

Ini membuat kacang panjang mampu menurunkan sensitivitas tubuh pada gula darah atau glukosa. Di dalam penelitian tersebut, dilakukan uji tes mengenai toleransi glukosa. Uji tes dilakukan pada hewan di dalam laboratorium.

Berdasarkan teks tersebut, ditemukan manfaat dari kacang panjang. Ekstrak kacang panjang dapat mengurangi kadar glukosa di dalam tubuh. Inilah yang membuat kacang panjang dapat menurunkan kadar glukosa.

Namun, penelitian ini masih harus memiliki bukti klinis. Terutama pada manusia. Hasil penelitian ini juga merupakan pengujian tahap awal.

Maka dari itu, harus dibutuhkan penelitian lebih lanjut lainnya. Harus dilakukan penelitian mengenai kacang panjang. Apakah benar bahwa kacang panjang adalah salah satu cara yang efektif untuk menurunkan kadar gula di dalam darah. Terlebih pada penderita diabetes.

10. Mencegah cacat saat lahir

Ada beberapa penyebab terjadinya cacat ketika bayi baru lahir. Cacat fisik ketika lahir dan malformasi jantung pada anak dapat disebabkan karena defisiensi atau kekurangan folat. Asupan folat adalah salah satu yang penting bagi ibu hamil.

Jika kamu mengonsumsi makanan yang tinggi asam folat ketika hamil, itu adalah hal yang bagus. Ini juga bisa dikonsumsi selama masa-masa subur. Asam folat yang ada di dalam menu makan dapat mencegah risiko cacat lahir.

Contohnya seperti anencephaly dan spina bifida. Kedua kondisi ini dapat terjadi pada bayi. Umumnya, karena kurangnya asam folat pada menu makanan.

Asam folat adalah kandungan yang sangat penting untuk replikasi DNA. Selain itu, asam folat juga dapat membantu pertumbuhan pada sel janin. Mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan folat sangat baik untuk ibu hamil.

Makanan tersebut akan mengurangi kemungkinan cacat tabung. Kemungkinannya mencapai 26%. Salah satu makanan yang tinggi asam folat adalah kacang panjang.

Itulah sebabnya manfaat kacang panjang dapat mencegah cacat lahir pada bayi. Kacang panjang memang dipercaya memiliki manfaat besar untuk kesehatan. Pastikan untuk mengonsumsi kacang panjang yang bagus dan sesuai porsinya.

Sukses Budi Daya Aneka Kacang Sayur Di Pekarangan Dan Perkebunan, Plus Analisis Usaha
Sukses Budi Daya Aneka Kacang Sayur Di Pekarangan Dan Perkebunan, Plus Analisis Usaha

tombol beli buku

Buku ini secara lengkap, sistematis, sederhana dan praktis menyajikan informasi dan inovasi teknologi tepat guna tentang budidaya dan bisnis kacang sayur meliputi segmen kacang panjang tipe lanjaran dan tipe tegak (kacang tolo), kacang buncis tipe tegak, baby buncis dan kacang merah (kacang jogo), kacang kapri dan baby kapri, serta kacang kedelai sayur (edamame) dalam bentuk kultur pekarangan dan kebun yang luas secara komersial.

Itulah 10 manfaat kacang panjang bagi tubuh. meskipun memiliki manfaat yang besar, sebaiknya kamu tetap mengonsumsi kacang panjang dalam jumlah yang sewajarnya. Jangan sampai mengonsumsi dalam jumlah yang terlalu berlebihan.

Temukan informasi menarik lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih