in

20 Makanan Khas Perancis Terpopuler yang Rasanya Sangat Nikmat!

Sumber: Katadata

Makanan khas Perancis – Setiap negara pastinya memiliki makanan khasnya masing-masing. Begitu juga dengan negara Prancis yang memiliki makanan khas. Untuk mengetahui makanan khas Prancis apa saja, kamu bisa simak ulasannya di artikel ini, Grameds.

Mengenal Tentang Kuliner Perancis

Jika Anda memiliki rencana untuk berlibur ke Eropa, Prancis jelas menjadi salah satu destinasi wisata favorit yang tak boleh dilewatkan. Negara yang beribukota di Paris ini memiliki banyak sekali tujuan wisata romantis yang sangat digemari para wisatawan.

Namun, diluar itu Perancis juga menawarkan ragam kuliner khas yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Perancis. Dengan cita rasa khas, beberapa makanan asal Perancis bahkan telah mendunia. Tidak hanya itu, beberapa makanan khas Prancis juga sudah terkenal di Indonesia.

Makanan Prancis terkenal akan cita rasanya yang nikmat dan khas. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini juga terkenal unik dan berbeda dari makanan pada umumnya. Selain bumbunya, beberapa makanan ini juga membutuhkan waktu penyajian yang tidak singkat.

https://www.gramedia.com/products/conf-cita-rasa-asyik-dapur-masakan-prancis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-cita-rasa-asyik-dapur-masakan-prancis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Macam-macam Makanan Perancis

Ada beberapa makanan khas Perancis yang terkenal akan kenikmatan dan bisa bikin ketagihan. Apa sajakah makanan itu? Berikut ini adalah beberapa makanan khas Perancis yang perlu kamu ketahui.

1. Escargot

escargot
Sumber: Kompas.com

Bisa dibilang kalau makanan khas Perancis yang pertama ini sangatlah populer. Namun, kepopuleran dari kuliner ini lebih dikarenakan keunikan bahannya yakni menggunakan siput atau bekicot.

Kuliner asal Prancis yang dikenal dengan nama “escargot” ini digemari bukan hanya karena rasanya yang unik, namun karena cukup bergizi,kaya akan protein, vitamin B2, asam amino yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Escargot merupakan makanan yang terkenal karena bahan utamanya yang unik.

Escargot terkenal unik karena makanan ini terbuat dari siput atau bekicot. Makanan khas Perancis yang terbuat dari siput atau bekicot ini ternyata juga memiliki beberapa nutrisi yang bagus untuk tubuh. Escargot ini ternyata memiliki kandungan gizi protein, vitamin B2, dan asam amino yang bagus untuk tubuh kamu.

2. Ratatouille

Ratatouille
Sumber: Kate.id

Tak kalah terkenal dari makanan asal Perancis sebelumnya, Ratatouille adalah olahan sayur-sayuran yang dibumbui sebelum kemudian dipanggang. Dahulu, makanan ini dikenal sebagai panganan para petani di musim panas. Namun, kini Ratatouille telah dikenal luas dan kerap disajikan bersama roti, kentang, ataupun nasi dengan bumbu dan bahan yang dimodifikasi.

Makanan khas Prancis ini sudah terkenal bahkan pernah dijadikan sebagai film adalah ratatouille. Makanan ini awalnya terkenal hanya sebagai makanan para petani saja. Namun, seiring berjalannya waktu, makanan ini kini terkenal bahkan ke seluruh dunia dan juga Indonesia. Makanan yang terbuat dari sayur-sayuran ini dipanggang dan sering disajikan bersama dengan roti, nasi, atau kentang atau sajian pelengkap lainnya.

3. Coq Au Vin

Coq Au Vin
Sumber: Cookido

Dalam bahasa Perancis, kuliner ini memiliki arti “ayam jantan di wine” dan sesuai dengan namanya ini, Coq au Vin memang merupakan olahan paha ayam yang dimasak dengan anggur merah atau wine bersama beragam bumbu lainnya.

Proses pembuatan makanan khas Prancis yang satu ini cukup lama dengan tujuan memastikan rasa dari semua bumbu masakan benar-benar meresap kedalam daging ayam. Tak heran jika kuliner asal Perancis ini menawarkan rasa yang sangat kaya dan lezat.

Sesuai dengan artinya makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari olahan ayam atau lebih tepatnya menggunakan paha ayam. Makanan ini juga dimasak menggunakan anggur merah atau wine dan juga bahan-bahan lainnya.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat masakan khas Perancis ini tidaklah singkat. Hal ini karena bertujuan agar seluruh bahan-bahan makanan bisa menyerap sempurna kedalam ayam. Dengan bahan makanan yang mewah yaitu anggur merah atau wine, tidak heran jika makanan ini pastinya akan sangat lezat untuk kamu nikmati.

4. Confit de Canard

makanan khas Prancis
Sumber: Tasteatlas

Confit de Canard adalah panganan khas Perancis yang cocok untuk Anda penggemar olahan daging bebek. Dibumbui dengan beragam bumbu-bumbu khas masakan Perancis, daging bebek kemudian di marinasi 24 jam dimatangkan selama paling tidak 36 jam sebelum kemudian dipanggang atau digoreng.

Proses memasak yang panjang ini membuat rasa bumbu yang gurih dan aromanya yang nikmat benar-benar terserap hingga ke dalam daging bebek.

Bagi Anda yang menyukai daging bebek, makanan khas Perancis yang satu ini sangat cocok untuk kamu. Confit de canard merupakan olahan dari daging bebek yang membutuhkan waktu lama untuk penyajiannya.

Proses membuat makanan yang tidak singkat ini membuat makanan ini memiliki rasa yang gurih dan juga aroma yang sangat nikmat.

5. Foie Gras

makanan khas Prancis
Sumber: Bolstylo.id

Makanan khas Perancis selanjutnya ini merupakan hidangan yang telah digemari sejak abad pertengahan dan bisa dikatakan sebagai salah satu kuliner paling tua di daratan Eropa. Terbuat dari bahan utama hati angsa atau bebek, Foie Grass dimasak dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar bersama bumbu dan saus khas dan terkenal akan rasanya yang sangat gurih.

Sampai saat ini, makanan khas Prancis ini masih bisa Anda temukan walaupun umumnya dijual dengan harga yang cukup mahal. Makanan khas Perancis yang terbuat dari bahan utama daging bebek atau angsa lainnya adalah foie gras. Foie gras ini termasuk makanan tertua di Eropa dan sudah digemari bahkan sejak abad pertengahan.

Foie gras ini biasanya dibuat dengan cara digoreng, dipanggang atau dibakar dengan menggunakan bumbu-bumbu nikmati dan kemudian disajikan dengan saus yang nikmati. Harga dari makanan ini biasanya dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

6. Soupe A L’oignon

makanan khas Prancis
Sumber: Marmiton

Dibuat dari kuah kaldu sapi yang kaya dan diolah bersama bawang putih, parutan keju, dan juga daging ayam, Soupe a L’oignon adalah makanan sup khas Perancis yang memiliki tekstur kental dan rasa gurih.

Soupe a L’oignon merupakan makanan asal Prancis yang sudah dikenal sejak zaman Romawi dan kini telah menyebar hingga ke negara-negara lainnya. Umumnya, hidangan khas Prancis ini disajikan bersama garlic bread. Makanan ini terkenal karena memiliki tekstur yang kental dan memiliki rasa yang gurih serta nikmat.

7. Bouillabaisse

makanan khas Prancis
Sumber: Epicocurious

Buat Anda penggemar olahan seafood, kuliner khas Perancis selanjutnya ini bisa jadi pilihan untuk dicicipi. Bouillabaisse sendiri dahulu merupakan makanan olahan para nelayan di Goudes untuk memanfaatkan ikan hasil tangkapan mereka yang tak terjual.

Dicampur dengan kerang dan dimasak bersama sedikit kuah dan berbagai bumbu lainnya, makanan asal Perancis ini kini menjadi salah satu kuliner terkenal yang banyak dicari penggemar kuliner, khususnya pecinta seafood.

Jika Anda merupakan penggemar makanan seafood atau hidangan laut, maka makanan khas Perancis yang satu ini sangat cocok untuk Anda. Bouillabaisse merupakan makanan yang berasal dari para nelayan yang berada di Goudes.

8. Langue de Boeuf

makanan khas Prancis
Sumber: Cuisine Az

Terbuat dari bahan utama yang tak kalah unik, Langue de Boeuf adalah makanan khas Perancis berbahan dasar lidah sapi yang diiris tipis dan dimasak bersama bumbu-bumbu rempah serta potongan sayuran. Oleh sebab itu, makanan ini sering dibilang sebagai makanan unik dari Prancis.

Tekstur lembut dan sedikit kenyal berpadu dengan bumbu rempah-rempah yang gurih, sehingga membuat Langue de Boeuf patut untuk dicicipi saat Anda bertandang ke Kota Mode ini. Selain itu, makanan ini biasanya diberi tambahan potongan sayur. Makanan ini juga termasuk makanan yang wajib kamu nikmati saat kamu berlibur ke Perancis.

9. Farci Poitevin

makanan khas Prancis
Sumber: Go Travelly

Berasal dari daerah Poitou-Charentes, Farci poitevin adalah kuliner khas Perancis yang terbuat dari beragam sayur-sayuran dan bahan serta bumbu lainnya yang dibungkus ke dalam kubis. Umumnya dihidangkan sebagai hidangan pembuka, makanan khas Perancis satu ini juga kerap dilengkapi sepotong roti sebagai pelengkap.

Makanan khas Perancis yang satu ini memiliki bentuk yang sangatlah unik. Farci poitevin dari luar terlihat hanya seperti buah kubis biasa, namun ternyata di dalam buah kubis tersebut sudah terdapat berbagai macam sayuran lainnya.

Sayuran lainnya yang tersaji dalam makanan lainnya adalah seperti gelatin, sayuran hijau, buah bit, dan rempah-rempah. Farci poitevin yang berasal dari Poitou-Charentes ini sering menjadi hidangan pembuka yang disajikan bersama dengan sepotong roti.

10. Beef Bourguignon

makanan khas Prancis
Sumber: Endeus Tv

Beef Bourguignon adalah makanan khas Perancis selanjutnya yang sekilas terlihat seperti kuliner khas Padang, rendang. Tak berbeda dari rendang, kuliner asal Perancis ini juga berbahan daging sapi yang dibumbui dengan beragam bumbu-bumbu.

Salah satu yang membuatnya unik adalah tambahan anggur merah atau wine dalam campuran bumbunya. Kemudian, Beef Bourguignon dimasak hingga bumbu benar-benar meresap dan daging memiliki tekstur lembut dan lezat.

https://www.gramedia.com/products/conf-french-dessert-25-hidangan-penutup-ala-resto-perancis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-french-dessert-25-hidangan-penutup-ala-resto-perancis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

11. Cassoulet

makanan khas Prancis
Sumber: Diet Hood

Makanan khas Perancis berikutnya adalah cassoulet. Makanan ini merupakan perpaduan antara sosis dan kacang putih yang kemudian dimasak menjadi satu. Sekilas makanan ini terlihat seperti sebuah sup namun memiliki kuah yang lebih kental.

Makanan ini juga akan membuat kamu cukup kenyang karena memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi. Cassoulet sering disajikan pada saat musim dingin di Prancis. Sama seperti yang lainnya, cassoulet ini juga sudah terkenal di dunia.

12. Couilles de Mouton

makanan khas Prancis
Sumber: Gastronomic

Jika Anda termasuk orang yang suka dengan makanan yang berbeda dan cukup ekstrim, makanan ini sangat cocok untuk kamu karena terbuat dari testis domba. Meskipun terbuat dari testis domba, namun makan ini telah diolah hingga memiliki cita rasa yang nikmat.

Makanan ini merupakan makanan khas Perigord. Cara mengolah makanan ini adalah dengan direndam selama tiga jam. Setelahnya, makanan ini kemudian dipotong tipis serta dibakar dengan lemon, parsley dan juga wine putih.

13. Ris de Veau

makanan khas Prancis
Sumber: Cookidoo

Makanan selanjutnya yang tergolong unik adalah ris de veau. Ris de veau ini terkenal unik karena menggunakan bahan utama yaitu pankreas sapi muda yang kemudian diolah menjadi makanan nikmat. Ris de veau ini diolah dengan cara dimasak dan ditumis dengan menggunakan tepung serta jamur. Makanan lezat ini juga terkenal karena memiliki cita rasa yang gurih dan creamy.

14. Pieds de Porc

makanan khas Prancis
Sumber: Chef Simon

Bagi Anda yang suka dengan daging babi, maka hidangan ini sangatlah cocok untuk kamu. Pieds de porc terbuat dari kaki babi atau yang lebih sering dikenal dengan nama trotters.

Makanan ini termasuk makanan favorit di Prancis karena memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Untuk membuat makanan lezat ini tidaklah singkat, butuh waktu yang cukup lama untuk membuat makanan lezat ini

15. Crepes

makanan khas Prancis
Sumber: Sweetrip.id

Siapa yang tak kenal makanan asal Perancis satu ini? Crepes yang memiliki tekstur renyah berpadu lembut dari adonan tipis dan kerap dilengkapi berbagai macam pilihan topping ini kini telah sangat mudah ditemui di berbagai tempat di dunia. Siapa yang tidak kenal dengan crepes.

Crepes ini ternyata berasal dari Perancis. Hidangan ini sudah sangat mudah untuk ditemukan dan bahkan sudah sering menjadi makanan bagi orang-orang di Indonesia. Makanan ini terkenal akan kelembutan dan renyah ini sering disajikan dengan berbagai topping yang dapat menambah kelezatannya, seperti saus cokelat, strawberry, taburan gula dan masih banyak lagi sesuai dengan selera kamu.

16. Croissant

makanan khas Prancis
Sumber: Kompas.com

Tak kalah terkenal dari Crepes, Croissant yang kini bisa ditemukan dengan sangat mudah di toko-toko roti ini juga merupakan salah satu makanan khas Perancis yang pernah dinobatkan sebagai salah satu kuliner paling lezat yang ada di dunia.

Kini, Croissant telah diolah dengan rasa dan isian yang bervariasi dan modern, sehingga menjadikannya salah satu hidangan untuk menemani segelas kopi di waktu santai yang lezat.

17. Baguette

makanan khas Prancis
Sumber: Resepkoki

Baguette adalah roti asal Prancis yang popularitasnya telah mendunia. Roti yang identik dengan bentuknya yang panjang serta teksturnya yang sangat renyah ini kerap hadir sebagai pelengkap berbagai hidangan khas Prancis lainnya.

Makanan khas Perancis lainnya yang terbuat dari roti dan sudah terkenal adalah baguette. Roti khas Perancis ini terkenal karena bentuknya yang unik dan beda dari roti pada umumnya. Sama seperti croissant, roti ini juga sering menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati segelas kopi nikmati saat waktu bersantai.

18. Pain Au Chocolate

makanan khas Prancis
Sumber: Bridor

Dari namanya tentu kamu sudah bisa menebak bahwa makanan ini tentunya memiliki coklat didalamnya. Pain au chocolate merupakan makanan khas Perancis yang terkenal sebagai salah satu hidangan penutup atau dessert. Makanan ini sekilas terlihat seperti croissant.

Makanan ini terbuat dari roti yang kemudian digulung dan juga ditambahkan cokelat pada bagian tengahnya. Pain au chocolate lebih sering disajikan dalam kondisi hangat dan cocok untuk waktu bersantai kamu.

19. Creme Brulee

makanan khas Prancis
Sumber: Kompas.com

Untuk hidangan penutup, Anda bisa mencoba Crème brulee yang terbuat dari campuran susu, vanila, dan buah-buahan. Bahan-bahan ini kemudian dimasak menggunakan oven dengan tambahan bumbu pelengkap lainnya, menghasilkan kuliner lembut dengan cita rasa manis yang menyegarkan.

Makanan khas Prancis yang terkenal sebagai hidangan penutup adalah creme brulee. Creme brulee merupakan makanan yang terbuat dari campuran susu, vanila dan buah-buahan dan bumbu pelengkap lainnya. Untuk memasak creme brulee ini hanya perlu menggunakan oven saja.

Creme brulee termasuk salah satu makanan yang sudah tidak asing lagi bahkan di Indonesia. Makanan lembut yang memiliki rasa manis dan segar ini bisa kamu temukan dengan mudah saat berada di beberapa restoran di Indonesia.

20. Tarte Tatin

makanan khas Prancis
Sumber: Cookidoo

Makanan khas Perancis yang sering menjadi hidangan penutup lainnya adalah tarte tatin. Tarte tatin ini sering mendapat julukan sebagai tart buah khas Perancis. Makanan ini terbuat dari buah-buahan yang kemudian diolah menjadi kue tart.

Tarte tatin ini terbuat dari buah apel dan juga buah aprikot. Makanan ini terkenal karena memiliki cita rasanya yang manis dan lezat. Terlebih lagi, cita rasanya inilah makanan ini sering menjadi makanan bagi orang-orang di Prancis.

https://www.gramedia.com/products/conf-resep-dessert-ala-perancis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-resep-dessert-ala-perancis?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Meskipun makanan khas Prancis, tetapi di Indonesia sendiri sudah ada beberapa restoran, cafe, atau juga hotel yang menyediakan masakan khas Prancis. Dari sekian banyak makanan khas Prancis yang telah disebutkan di atas, kamu tertarik untuk mencoba yang mana?

Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi dengan membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

Baca juga:

Written by M. Hardi