in

Ketahui Macam-Macam Saus Sambal Dari Berbagai Penjuru Dunia

Macam-macam saus sambal – Setiap orang selalu memiliki favorit rasa makanan yang biasa mereka konsumsi. Ada orang yang suka makanan pedas ada juga orang yang menyukai rasa makanan tidak pedas. Bahkan, bagi mereka yang menyukai pedas, rasa pedas yang ditawarkan oleh bumbu bawaan makanan saja tidak bisa memuaskan keinginan mereka.

Alhasil, mereka kerap menggunakan elemen tambahan untuk menambah kenikmatan makanan  mereka seperti campuran saus. Di dunia ini, ada banyak sekali jenis saus yang biasa dikonsumsi oleh setiap orang.

Meskipun saus adalah elemen tambahan makanan yang pada dasarnya akan menambah rasa pedas ketika digunakan, tetapi dari setiap jenis saus yang ada di dunia ini tak hanya menawarkan rasa pedas saja.

Di mana nantinya akan ada rasa unik selain rasa pedas yang ditawarkan oleh setiap jenis saus. Keunikan rasa saus ini menjadi identitas tertentu sehingga menjadikan pembeda antara satu saus dan saus lainnya.

Bagi mereka yang menyukai pedas, mungkin sudah tidak asing dengan berbagai macam jenis saus yang ada di sekitar mereka. Namun bagi Anda yang belum tahu apa saja macam-macam saus yang bisa dicoba.

Tentunya penjelasan tentang macam-macam saus yang ada di bawah ini bisa membantu. Berikut adalah beberapa jenis saus yang bisa Anda jadikan elemen tambahan makanan.

Sambal

Di Indonesia, sambal memang salah satu elemen pelengkap makanan yang sudah begitu banyak dikenal. Bahkan keberadaan dari sambal juga hampir selalu ada di setiap masakan, mulai dari makanan tradisional hingga modern.

Selain itu sambal juga sangat dikenal secara umum di Kawasan Asia Tenggara. Hal ini menjadikan sambal memiliki berbagai macam nama di setiap negara dan daerahnya. Akan tetapI cabai merah dan hijau tetap menjadi bahan utama dalam pembuatan sambal.

Rasa yang dihasilkan oleh sambal adalah peas dengan aroma cabai dan bahan lain seperti bawang, tomat hingga bahan tambahan lain seperti kencur agar rasa dari sambal semakin sedap. Orang Indonesia atau Melayu kerap menggunakan sambal sebagai lauk nasi dan pelengkap lauk lainnya seperti gorengan.

Macam-Macam Saus

1. Saus Gribiche

wikipedia

Saus gribiche adalah salah satu jenis saus yang berasal dari Prancis Eropa. Biasanya saus gribiche digunakan sebagai teman makan untuk berbagai macam jenis cocolan ketika sudah dingin. Cita rasa dari saus gribiche bisa dibilang begitu kaya dan sedikit kental.

Kekentalan dari saus gribiche adalah dari adanya campuran kuning telur rebus yang dihaluskan dengan berbagai macam jenis bahan lain seperti minyak. Cuka, acar, dan juga bawang putih ada di dalam saus gribiche bisa yang bisa Anda nikmati sebagai teman makan sayur, ikan, roti maupun appetizer.

2. Saus Mojo

Selanjutnya, ada saus mojo yang berasal dari Kepulauan Canary Spanyol. Saus mojo sendiri memiliki dua jenis varian yaitu saus mojo rojo atau saus merah dan saus mojo verder atau saus hijau. Bahan baku yang digunakan untuk membuat saus mojo rojo adalah seperti paprika bubuk, cabe, minyak zaitun, bawang putih dan jintan.

Sedangkan untuk cita rasa yang ditawarkan oleh saus mojo adalah seperti rasa pedas yang begitu khas. Lalu, bahan yang digunakan untuk membuat saus mojo verde adalah seperti daun ketumbar sebagai pengganti paprika dan bertugas untuk memberikan warna hijau agar terlihat lebih segar.

Di negara Spanyol, saus mojo biasa disajikan sebagai teman hidangan daging maupun kenang yang sudah dimasak terlebih dahulu.

3. Saus Sugo All’arrabbiata

Berikutnya ada saus sugo all’arrabbiata. Jika diartikan dari bahasa Italia, maka sugo all’arrabbiata memiliki arti saus mereha. Sugo all’arrabbiata sendiri menawarkan rasa pedas dari chili flakes yang merupakan bahan utama pembuatannya.

Tak hanya chili flakes saja, namun sugo all’arrabbiata juga dibuat dari bahan lain seperti bawang putih, minyak zaitu dan tomat yang juga tak jarang diberikan tambahan bahan gula ke dalamnya. Warna merah dari saus sugo all’arrabbiata merupakan ciri khas yang nantinya akan disajikan dengan pasta khas Italia.

 

4. Saus Chin Chaeo

Jika Anda berkunjung ke negara Thailand, maka Anda bisa menemukan keberadaan saus chin chaeo. Dimana chin chaeo adalah salah satu saus khas Thailand yang mampu menawarkan citra rasa pedas yang begitu nikmat.

Rasa pedas dari saus chin chaeo dihasilkan dari adanya bahan cabe yang sebelumnya telah dikeringkan. Meski saus chin chaeo memiliki banyak kreasi untuk saat ini. Namun secara umum bahan baku pembuatan saus chin chaeo adalah cabai kering, air jeruk, kecap ikan, gula dan juga ketan.

Biasanya saus chin chaeo akan disajikan dengan irisan daun bawang dan kerap menjadi teman hidangan lain seperti ayam.

5. Salsa Golf

wikipedia

Saus salsa golf berasal dari negara Argentina. Di mana saus salsa golf merupakan saus creamy yang terdiri dari mayonaise dan saus sambal. Tak jarang saus salsa golf akan diberi tambahan bahan lain seperti rempah.

Keberadaan dari saus ini biasanya ditemukan di area club golf dan karena hal inilah yang menjadikan penamaan saus salsa golf. Biasanya saus salsa golf akan menjadi pelengkap makanan lain seperti roti, daging, kentang goreng maupun sayuran.

6. Saus Torum

Saus torum berasal dari Lebanon, Timur Tengah. Bahan dasar dari saus torum adalah bawang putih yang nantinya akan dihasilkan dan akan diberikan sedikit tambahan mintyak serta garam sebagai perasa.

Saus torum sendiri memiliki bahan serta cara pembuatan yang terbilang cukup mudah. Meski begitu, citra rasa yang ditawarkan oleh saus torum begitu gurih, sehingga tak heran jika saus torum akan digunakan sebagai teman makan cemilan ataupun khusus sebagai bahan masakan.

Misalnya sebagai saus cocolan untuk ayam panggang, sate hingga olehsan sandwich.

 

7. Saus Gochujang

my-best.id

Selanjutnya, ada saus gochujang yang berasal dari negara Korea Selatan. Saus gochujang tak hanya bisa digunakan sebagai teman makan cemilan atau makanan kecil saja. Namun, saus gochujang juga bisa dijadikan sebagai bahan tambahan bumbu masakan.

Hal ini akan menjadikan masakan tersebut memiliki rasa pedas dan citra rasa khas pasta cabai. Saus gochujang terbuat dari kacang kedelai yang sebelumnya telah difermentasikan terlebih dahulu, cabai dan beras agar bisa menjadikan saus ini lebih kental. Tekstur kental dari saus gochujang akan menjadikannya lebih mudah disimpan dalam waktu cukup lama.

8. Saus Guacamole

greeners.co

Ada juga saus guacamole yang berasal dari Meksiko. Di mana saus guacamole sendiri terbuat dari buah alpukat. Sampai saat ini, keberadaan dari saus guacamole memang sudah begitu dikenal di seluruh dunia.

Bahan lain selain buah alpukat segera yang dihaluskan terlebih dahulu dalam pembuatan saus guacamole adalah seperti tomat, air jeruk nipis, garam, merica, daun ketumbar serta bawang bombay. Biasanya, saus guacamole digunakan sebagai teman makan nacho atau jenis lainnya.

Saus guacamole lebih dikenal karena kekayaan rasa serta kandungan nutrisi yang begitu baik bagi kesehatan tubuh.

9. Saus Hummus

Hummus dalam bahasa Arab memiliki arti sebagai acing Arab. Dimana bahan dasar yang digunakan untuk membuat saus hummus adalah kacang Arah. Saus hummus sendiri berasal dari Mesir yang di dalamnya ada bahan baku kacang dalam kondisi halus, olive oil, air jeruk, garam, bawang putih dan tahini. Nantinya, saus hummus akan digunakan untuk cocolan roti pita atau jenis roti lainnya.

10. Saus Red Lentil Dal

India juga memiliki saus khasnya dengan nama red lentil dal. Dimana bahan dasar dari saus red lentil dal adalah kacang lentil yang masih saudara dari kacang hijau dan memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan kacang tanah.

Kacang lentil sendiri memiliki beberapa jenis warna. Dimana nantinya setiap warna kacang lentil yang berbeda akan berpengaruh terhadap warna saus red lentil dal.

Kebanyakan saus red lentil dal akan menggunakan kacang lentil dengan warna merah. Menariknya lagi dalam proses pembuatan saus red lentil dal terbilang cukup mudah. Awalnya kacang latil akan direndam. Lalu untuk bahan lain seperti bawang putih, cabe dan jahe akan ditumis terlebih dahulu.

Selanjutnya bahan-bahan tersebut akan dimasak hingga matang. Saus red lentil dal tak hanya bisa dijadikan cocolan saja, namun juga kerap dijadikan sebagai teman nasi secara langsung.

https://www.gramedia.com/products/conf-resep-sajian-dengan-saus-mayones-ala-cafe?queryID=4cfa0c890879bdc4a02c305903ca4196

11. Saus Baba Ghanoush

Di Timur Tengah ada juga saus baba ghanoush. Saus jenis ini juga memiliki kandungan nutrisi di dalamnya. Lalu, bahan baku yang digunakan untuk membuat saus baba ghanoush adalah tepung yang telah dihaluskan, tahini, air lemon serta minyak zaitun.

Saus baba ghanoush memiliki tekstur kental namun tetap halus. Kebanyakan saus baba ghanoush akan disajikan pada saat sarapan karena memang menjadi pendamping roti ataupun sayuran. Menurut cerita, saus baba ghanoush dibuat oleh seorang putri yang sedang ingin memasak makanan khusus untuk ayahnya yang telah memasuki usia senja dan sudah mulai tidak bisa mengunyah.

12. Saus Tartar

pixabay

Jika Anda berkunjung ke Perancis, maka Anda akan mudah sekali menemukan saus tartar. Dimana saus ini biasanya digunakan sebagai cocolan makanan dengan bahan dasar seafood. Saus tartar sendiri terbuat dari mayonnaise, acar timun, caper, peterseli serta bawang bombay yang sudah dihaluskan. Saus tartar memiliki tekstur kental yang tak jarang dijadikan bahan tambahan di burger.

13. Saus Salsa

pixabay

Salsa dalam bahasa Spanyol memiliki arti saus. Biasanya, saus salsa akan memiliki rasa yang sedikit pedas. Saus salsa sendiri lebih banyak dikenal dari Meksiko dan kerap dijadikan sebagai saus cocolan untuk makan nacho. Saus salsa memiliki bahan dasar tomat, cabai, peterseli, garam, jeruk nipis, bawang serta merica. Tingkat pedas dari saus salsa sendiri ternyata bisa ditambahkan sesuai dengan keinginan penikmatnya. Aroma tomat dari saus salsa menjadikannya selalu terlihat segar.

14. Saus Muhammara

umroh.com

Saus muhammara adalah salah satu jenis saus tradisional yang berasal dari Aleppo, Syra. Sedangkan di Turkey, saus muhammara lebih banyak dikenal sebagai acua. Kebanyakan saus muhammara akan digunakan sebagai saus cocolan roti, selai dan tak jarang dijadikan sebagai saus pada makanan seperti kebab maupun ikan bakar.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat saus muhammara adalah paprika kering, air lemon, walnut, pomegranate molasses serta jus buah delima yang sudah dikentalkan. Tentunya, saus muhammara menawarkan rasa yang begitu unik.

15. Saus Harissa

Saus harissa berasal dari Tunisia yang juga merupakan saus cabai campuran bawang putih, cumin, air jeruk, minyak zaitun, jintan serta bahan baku lain seperti cabai merah kering. Warna merah yang dimiliki oleh saus harissa memang terlihat hampir sama dengan saus sambal pada umumnya. Akan tetapi dari segi rasa, saus harissa menawarkan citra rasa yang sangat berbeda.

Di mana saus harissa memiliki rasa yang tidak terlalu pedas serta adanya aroma rempah yang begitu tajam. Tak hanya bisa dijadikan teman makan cemilan saja, namun saus harissa juga bisa dijadikan teman menu makanan berat.

16. Saus Tahina

Selanjutnya ada saus tahina atau tahini yang merupakan  salah satu jenis saus yang banyak digunakan oleh masyarakat Arah atau Mediterania Timur. Saus tahina sendiri dibuat dari bahan dasar seperti wijen sangria yang sudah dihaluskan, air lemon, bawang putih, garam dan juga sedikit air agar bisa menciptakan rasa yang begitu unik dan nikmat.

Saus tahina memiliki tekstur yang cukup kental dan creamy. Selain itu saus tahina juga menjadi salah satu bahan dalam pembuatan saus lain. Misalnya saus hummus dan saus baba ganoush. Saus tahina menjadi begitu favorit karena bisa dijadikan cocolan, selai maupun dressing salad dengan bahan kue. Karena hal inilah tak heran jika saus tahina kerap digunakan ada di area dapur.

17. Saus Tomat

Saus tomat adalah salah satu jenis saus yang banyak dikenal di Indonesia. Rasanya yang manis dan gurih menjadikan saus ini sebagai pilihan banyak orang. Saus tomat sendiri dibuat menggunakan bahan dasar tomat, garam dan berbagai macam jenis rempah lainnya.

Tak jarang saus tomat digunakan  pada berbagai macam jenis makanan. Mulai digunakan sebagai pelengkap rasa nikmat kuah, saus tomat juga kerap digunakan untuk cocolan sayuran maupun daging.

18. Saus Tiram

kompas.com

Terakhir, ada saus tiram yang memang selalu berhubungan dengan Chinese food. Meski begitu beberapa makanan khas Indonesia juga menggunakan saus tiram sebagai penyempurna rasa. Seperti namanya, saus tiram dibuat dari bahan fermentasi tiram dan beberapa jenis hewan laut.

Nah, itulah beberapa jenis saus yang ada di dunia. Di mana setiap saus akan memiliki karakteristiknya masing-masing. Selain  itu saus tak hanya bisa digunakan sebagai cocolan makanan  saja, tetapi juga bisa sebagai bahan pelengkap masakan. Dari macam-macam saus yang telah disebutkan di atas, apakah ada yang pernah kamu konsumsi?

Jika ingin mencari buku tentang kuliner, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Rujukan:

  • https://mitra.bukalapak.com/artikel/macam-macam-saus-117937
  • https://cairofood.id/19-macam-saus-cocolan-dari-seluruh-dunia/#Sambal


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy