in

15 Ide Menu Sarapan Pagi yang Praktis

15 Ide Menu Sarapan Pagi yang Praktis – Sebagian orang kerap melewatkan sarapan pagi dengan alasan terburu-buru atau tidak terbiasa menyantap sarapan pagi. Padahal, sarapan pagi punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Tahukah kamu kalau sarapan pagi itu penting? Sarapan pagi dapat memberi energi tinggi, membantu proses metabolisme tubuh, dan menjaga mood sepanjang hari.

Untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan menyebabkan perut menjadi kosong, kamu juga butuh “bahan bakar” layaknya mobil. Sarapan pagi dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan fokus dalam beraktivitas.

Berbagai aktivitas kerap membutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi untuk menyelesaikannya. Selain itu, sarapan pagi juga bermanfaat untuk kesehatan jangka panjang, lho Grameds.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang melewatkan sarapan pagi mencerminkan gangguan kardiovaskular dan peningkatan obesitas. Sarapan pagi juga dapat membuat tubuh terhindar dari kolestrol karena mampu mendorong produksi enzim.

Selain itu, sarapan pagi penting untuk mengurangi risiko stres berlebih. Mengapa? Karena keadaan perut kosong diiringi tekanan pekerjaan yang tinggi dan kondisi cuaca tidak bersahabat akan membuat Grameds mudah stres.

Jika asupan yang masuk ke dalam tubuh teratur dan pemenuhan gizi diperhatikan, maka kerja organ tidak akan terlalu keras. Kemudian sistem pencernaan akan tertata dengan baik dan meminimalisasi penyerangan berbagai penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Grameds bisa mencari menu sarapan pagi yang mudah dan bermanfaat. Gramedia.com telah merangkum beberapa rekomendasi menu sarapan pagi yang praktis, enak, bergizi, dan menyehatkan. Yuk, simak ulasan berikut ini!

tombol beli buku

15 Ide Menu Sarapan Pagi

1. Bubur Ayam

Ilustrasi Bubur Ayam (sumber: userealbutter.com)

Menu sarapan yang satu ini cukup populer di Asia, termasuk Indonesia. Apakah Grameds salah satu penggemarnya? Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai bubur ayam sebagai menu sarapan pagi.

Makanan yang satu ini menjadi menu ringan pengganjal perut yang cocok untuk pencernaan. Grameds tidak akan kesulitan untuk mencari bubur ayam sebagai menu sarapan karena makanan yang satu ini mudah ditemui di sekitar lingkungan rumah.

Bubur ayam hadir dengan rasa yang nikmat dan harga relatif murah. Meski tergolong sebagai menu sarapan yang tidak ideal, Grameds bisa menambahkan sumber protein seperti telur sebagai pelengkap bubur ayam. Dengan begitu bubur ayam dapat menjadi menu sarapan yang ideal dan penuh nutrisi.

2. Lontong Sayur

Selain bubur ayam, lontong sayur juga menjadi menu sarapan pagi yang populer di berbagai penjuru tanah air. Lontong atau ketupat menjadi bahan utama dalam pembuatannya.

Menu sarapan yang satu ini cukup beragam, ada lontong sayur padang, lontong sayur betawi, lontong medan, dan lain-lain. Lontong sayur menjadi menu sarapan pagi yang cukup menggugah selera.

Selain itu, lontong sayur dapat menjadi menu sarapan yang ideal. Namun, Grameds tidak dianjurkan untuk mengonsumsi lontong sayur setiap hari karena mengandung santan, minyak, dan karbohidrat yang cukup tinggi. Hal tersebut dapat membuat proses pembakaran energi menjadi terhambat.

3. Nasi Uduk

Ilustrasi Nasi Uduk Betawi (sumber: pinterest.com)

Nasi uduk merupakan menu sarapan khas Indonesia yang cukup populer. Nasi uduk memiliki daya tariknya sendiri sebagai menu sarapan khas Indonesia.

Rasa gurih nasi yang dimasak dengan santan, bumbu rempah, dan berbagai tambahan lauk-pauk membuat cita rasa nasi uduk tak tertandingi. Kamu bisa memilih tambahan lauk-pauk, seperti telur dadar, ayam goreng, bihun, tempe, dan aneka gorengan.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Bahkan salah satu gerai fastfood memasukkan nasi uduk sebagai menu sarapan pagi. Grameds bisa membeli sebungkus nasi uduk sebagai bekal sarapan pagi yang lezat dan mengenyangkan.

Nasi uduk menjadi menu sarapan favorit yang tergolong cukup sehat karena mengandung banyak karbohidrat dan protein. Namun, menu sarapan pagi yang satu ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari karena mengandung minyak berlebih.

4. Nasi Goreng

Orang Indonesia memang akrab dengan berbagai olahan nasi sebagai menu sarapan pagi. Nasi goreng bisa menjadi salah satu menu sarapan pagi yang sehat selama memenuhi persyaratan gizi.

Grameds bisa menambahkan berbagai bahan pelengkap sesuai dengan selera untuk memenuhi kebutuhan tubuh, seperti potongan ayam dan telur. Menu sarapan pagi yang satu ini juga sudah mendunia, lho Grameds.

5. Nasi Pecel

Makanan yang satu ini menjadi menu sarapan favorit masyarakat di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Nasi pecel dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Nasi pecel merupakan menu sarapan pagi yang lezat dan sehat. Di dalam satu piring nasi pecel, kamu bisa menemukan sayur-sayuran, rempeyek, bakwan, dan tentunya nasi yang disiram kuah kacang.

tombol beli buku

6. Nasi Gudeg

Selain nasi pecel, menu sarapan yang satu ini juga tak kalah populer. Nasi gudeg menjadi menu sarapan favorit di daerah Yogyakarta dan sekitarnya.

Gudeg sendiri menggunakan nangka muda dengan campuran santan yang dimasak. Kemudian menu yang satu ini biasanya disajikan bersama bahan pelengkap, seperti telur, tempe tahu bacem, krecek, ayam suwir, dan lain sebagainya.

7. Pancake

Ilustrasi Pancake (sumber: reddit.com)

Sarapan pagi memang penting untuk memulai dan menjalani aktivitas dengan penuh semangat. Pancake menjadi salah satu menu sarapan pagi yang dijamin enak dan mudah untuk dibuat.

Grameds cukup menyiapkan tepung terigu, satu butir telur, dan susu. Setelah itu, kamu bisa mengaduknya dan mulai memasak dengan sedikit butter di panci kecil.

Kemudian Grameds bisa menambahkan topping sesuai selera, seperti pisang dan choco chip. Pisang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi untuk membuatmu kenyang lebih lama. Atau kamu juga bisa menyajikannya dengan madu agar menu sarapan pagi ini menjadi ekstra lezat!

8. Avocado Toast

Umat milenial pasti tidak asing dengan menu sarapan yang satu ini. Yup, toast dengan alpukat dan telur rebus menjadi ciri khas menu sarapan pagi anak milenial.

Perpaduan roti panggang, alpukat, dan telur setengah matang dijamin membangkitkan semangat pagi. Rutin mengonsumsi alpukat diyakini dapat memberi asupan lemak baik untuk tubuh karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang dapat meningkatkan perasaan kenyang. Selain itu, telur juga dapat menjadi asupan protein terbaik di pagi hari. Menu ini bisa menjadi ide sarapan pagi yang enak, menyehatkan, dan mudah untuk dibuat.

9. Salad

Ilustrasi Salad (sumber: desandwichformule.nl)

Siapa bilang membuat salad itu repot? Salad menjadi menu sarapan pagi yang mudah untuk dibuat karena Grameds hanya perlu menggunakan beberapa bahan segar. Kamu bisa memilih sayuran favorit dan mencucinya hingga bersih.

Setelah itu, tambahkan kentang rebus atau tomat dan beri ekstra telur sebagai saus salad alami yang menggugah selera. Grameds bisa mempertimbangkan penggunaan berbagai kombinasi jenis sayuran yang berbeda setiap harinya.

Saat menjadikan salad sebagai menu sarapan, kamu perlu memastikan kandungan gizi seimbang, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral. Seseorang dapat menjalani aktivitas sehari-hari secara optimal dengan mengonsumsi sarapan pagi yang cukup.

10. Omelette

Ingin membuat menu sarapan pagi ala cafe? Omelette menjadi menu sarapan pagi yang tidak sulit untuk dibuat di rumah, lho Grameds. Kamu hanya perlu menyiapkan dua butir telur, sedikit susu, dan isian sesuai selera. Tambahkan ham sapi dan keju untuk membuatnya menjadi lebih nikmat.

Setelah itu, kocok telur hingga mengembang, masak dengan api kecil, dan balik secara perlahan. Telur merupakan jenis makanan pertama yang baik dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi. Telur yang kaya akan protein akan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

tombol beli buku

11. Oatmeal

Grameds butuh sarapan pagi yang praktis dan sehat? Oatmeal bisa menjadi ide sarapan pagi yang mudah, praktis, dan menyehatkan. Oatmeal sebagai menu sarapan pagi dapat menjadi makanan pembangkit energi bernutrisi.

Campurkan oatmeal dengan susu sebagai pengganti air untuk meningkatkan kandungan protein. Grameds bisa membuat oatmeal dengan tambahan sirup, madu, dan potongan buah-buahan favorit.

Mengonsumsi semangkuk bubur oatmeal dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tergolong cukup tinggi. Oatmeal yang kaya akan vitamin B kompleks, zat besi, dan magnesium cocok menjadi menu sarapan pagi Grameds dan keluarga.

12. Tiktok Wrap

Ilustrasi Tiktok Wrap (sumber: theskinnyishdish.com)

Anak muda masa kini memanfaatkan aplikasi Tiktok untuk mencari resep-resep masakan. Namun, siapa sangka makanan yang satu ini bisa menjadi menu sarapan pagi yang super praktis?

Grameds bisa membuat Tiktok wrap menggunakan kulit tortila dan isian sesuai selera. Kamu bisa mengisinya dengan berbagai sayuran atau buah-buahan untuk menu sarapan sehat di pagi hari.

Grameds bisa membuat chicken mayo tortila wrap dengan bahan utama ayam atau strawberry banana tortila wrap dengan isian buah-buahan manis. Siapkan berbagai bahan yang dibutuhkan dan tata semua isian pada lembar tortila menjadi empat bagian. Setelah itu, potong ¼ bagian tortila pada bagian tengahnya dan lipat bagian tortila dekat garis potongan mengikuti arah jarum jam.

13. Sereal

Semangkuk sereal dengan susu dapat menjadi menu sarapan yang cepat, sehat, dan praktis. Grameds bisa menjadikan sereal sebagai menu sarapan pagi karena kaya akan berbagai protein, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh.

Ada banyak varian sereal yang beredar di pasar, kamu bisa mengonsumsinya dengan susu rendah lemak. Selain itu, Grameds bisa menyantap sereal dengan campuran madu maupun buah-buahan sesuai selera.

14. Smoothies

Smoothies dapat dijadikan alternatif menu sarapan pagi yang sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Grameds bisa membuat smoothies lezat dengan berbagai jenis buah dan susu. Smoothies merupakan minuman segar yang kaya akan asam amino, antioksidan, dan asam lemak.

Mengonsumsi smoothies di pagi hari dapat membuat proses metabolisme dalam tubuh menjadi lebih optimal. Grameds bisa mengombinasikan blueberry, strawberry, yoghurt, pisang, dan susu almond sebagai minuman lezat penuh nutrisi.

15. Sandwich

Sandwich menjadi menu sarapan favorit yang praktis di pagi hari. Grameds bisa membuat sandwich yang lezat, bergizi, dan mengenyangkan. Kamu bisa menyiapkan setangkup roti gandum, daging sapi, daging ayam, ikan tuna, ikan salmon, telur, potongan tomat segar, selada, dan cream cheese untuk membuat sandwich.

Kemudian pembuatan sandwich tidak membutuhkan waktu yang lama. Grameds hanya perlu meluangkan beberapa menit untuk membuatnya. Jadi, kamu bisa memasukkan sandwich ke dalam daftar menu sarapan di pagi hari.

Rekomendasi Buku & Artikel Resep

Nah Grameds, itulah beberapa menu sarapan pagi yang mudah, praktis, dan menyehatkan. Yuk, buat menu sarapan pagimu menjadi lebih berwarna. Kira-kira, Grameds ingin coba yang mana dulu, nih? Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Farah Fadila