in

8 Rekomendasi Film Refal Hady yang Wajib Masuk Watchlist Kamu!

Sumber: Kompas.com

Film Refal Hady – Aktor Refal Hady saat ini tengah naik daun setelah ia berperan dalam series berjudul Wedding Agreement sebagai Mas Bian. Sejak populer dan naik daun, banyak penonton mulai menantikan projek lain yang digarap oleh Refal Hady. Hal ini tentu karena Refal Hady memiliki pesona ketika berakting dan sukses membawakan tokoh yang ia perankan.

Jika Grameds tertarik dengan Refal Hady dan ingin melihat film Refal Hady selain Wedding Agreement, Grameds bisa menyimak beberapa rekomendasi film Refal Hady yang wajib masuk dalam watchlist Grameds.

https://www.gramedia.com/products/ini-aheng-bukan-dilan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/ini-aheng-bukan-dilan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Rekomendasi Film yang Diperankan Oleh Refal Hady

1. Galih dan Ratna (2017)

film refal hady
Sumber: imdb.com

Refal Hady memulai karirnya sebagai seorang aktor melalui sebuah film pendek berjudul Galih dan Ratna yang tayang pada tahun 2018. Film yang satu ini adalah remake dari film Gita Cinta dari SMA yang sebelumnya dibintangi oleh Rano Karno dan Yessy Gusman pada tahun 1979.

Dalam film Galih dan Ratna, Refal Hady berperan sebagai Galih yaitu seorang laki-laki remaja yang masih duduk di bangku SMA. Ia adalah laki-laki introvert dan selalu mendahulukan pendidikannya sesuai dengan keinginan sang ibu sebagai seorang single mother.

Mirna, ibu Galih tidak ingin Galih gagal seperti ayahnya yang telah meninggal dunia karena kecewa tidak mampu menghidupkan toko kaset dengan nama Nada Musik dan akhirnya jatuh bangkrut dikarenakan persaingan dengan dunia digital. Demi mengingat sang ayah yang telah tiada, Galih selalu membawa sebuah walkman yang berisi mixtape pemberian sang ayah dan lagu-lagu dalam walkman tersebut menginspirasi Galih untuk mengejar mimpinya.

Pada suatu hari, Galih bertemu dengan Ratna yang diperankan oleh Sheryl Sheinafia. Ratna adalah perempuan yang memiliki beberapa masalah dalam keluarganya seperti Galih. Ratna adalah siswi baru di SMA Galih. Ia adalah sosok remaja yang hidupnya berjalan tanpa tujuan, tetapi sebenarnya Ratna senang menulis lagu.

Namun, karena Ratna tidak mendapat dukungan dan persetujuan dari sang ayah, ia pun enggan memanfaatkan bakatnya dengan serius. Pada suatu sore, Galih dan Ratna bertemu di lapangan belakang sekolah. Hubungan di antara keduanya pun mulai terjalin ketika keduanya saling bertukar cerita tentang kehidupan masing-masing.

Perbedaan di antara keduanya membuat mereka mendorong satu sama lain untuk mengejar passion masing-masing, meskipun di sisi lain perbedaan antara Galih dan Ratna membuat hubungan di antara keduanya hancur.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

2. Critical Eleven (2017)

film refal hady
Sumber: CewekBanget.ID-Grid.ID

Setelah berperan dalam film perdananya, pada tahun yang sama itu tahun 2017 Refal Hady kembali membintangi sebuah film berjudul Critical Eleven. Dalam film ini, Refal Hady berperan sebagai Harris Risjad. Tidak seperti film Galih dan Ratna, pada film Critical Eleven ini Refal Hady berperan sebagai pemeran pendukung dan bukan aktor utama.

Critical Eleven merupakan film dengan genre drama romantis dan dirilis pada 10 Mei 2017. Film yang satu ini diadaptasi dari sebuah novel karya Ika Natassa dengan judul yang sama. Critical Eleven menceritakan tentang pertemuan Ale dan Anya yang begitu istimewa, sehingga keduanya memutuskan untuk menikah. Akan tetapi, mereka menemui sebuah tragedi besar yang menerpa hubungan keduanya.

Ale yang diperankan oleh Reza Rahadian dan Anya yang diperankan oleh Adinia Wirasti pertama kali bertemu dalam penerbangan dari Jakarta menuju Sydney. Ketika pertama kali bertemu, dalam 3 menit pertama Anya mulai terpikat pada Ale lalu 7 jam berikutnya keduanya duduk bersebelahan dan saling mengenal satu sama lain, hingga pada 8 menit sebelum landing keduanya masih bersama.

Pada pertemuan tersebut, dalam hati Ale ia yakin bahwa ia sangat menginginkan Anya dan dari peristiwa tersebut pula, Ale dan Anya akhirnya menjalin suatu hubungan dan bahkan berlanjut hingga ke pernikahan.

Setelah menikah, salah satu dari mereka harus membuat keputusan cukup besar untuk pindah ke New York. New York adalah kota yang tak pernah tidur dan membawa keberkahan pada pernikahan mereka, sebab Anya akhirnya hamil dan kehamilan Anya merubah hidup keduanya.

Hingga suatu saat Ale dan Anya diterjang oleh suatu insiden yang membuat mereka tidak hanya mempertanyakan cinta, akan tetapi juga ego. Lalu keduanya dipaksa harus memilih antara bertahan atau menyerah.

3. Susah Sinyal (2017)

film refal hady
Sumber: imdb.com

Film Refal Hady selanjutnya yang menarik untuk ditonton adalah Susah Sinyal. Dalam film yang disutradarai oleh Ernest Prakasa ini, Refal Hady berperan sebagai karyawan hotel asal Sumba yang bernama Abe.

Susah Sinyal menceritakan tentang Ellen seorang ibu tunggal asal Jakarta yang bekerja sebagai pengacara dan cukup sukses di ibukota. Karena cukup sibuk, Ellen pun jarang meluangkan waktu untuk anak semata wayangnya yaitu Kiara.

Sebagai seorang remaja, Kiara memiliki hobi untuk membuat konten di internet dan akhirnya melanggar peraturan sekolah tentang ponsel. Ibu Ellen yaitu Agatha adalah sosok yang paling dekat dengan Kiara. Akan tetapi pada suatu malam, Agatha terkena serangan jantung dan akhirnya meninggal dunia.

Untuk mengobati luka Kiara yang kehilangan nenek tercintanya, akhirnya Ellen dan Kiara pun berlibur ke Sumba, tujuannya tentu untuk membuat hati Kiara senang dan melupakan kesedihan. Akan tetapi, usai kembali dari Sumba, ada kasus besar yang harus Ellen tangani bersama dengan teman kerjanya yaitu Iwan.

Karena rencana liburannya tersebut, kasus itu pun terancam berantakan. Ellen pun akhirnya gagal menepati janjinya pada Kiara. Karena gagal pergi berlibur, Kiara pun marah pada ibunya dan memutuskan untuk pergi ke Sumba sendirian.

Ellen yang khawatir akhirnya menyusul Kiara ke Sumba, ia menjelaskan bahwa ia memutuskan menikah muda dengan ayah Kiara demi memberikan cucu pada ayahnya yaitu kakek Kiara, namun ayah Kiara akhirnya selingkuh di belakang Ellen.

Merasa sedih dan marah, akhirnya Ellen pun bekerja dengan keras hingga lupa tugasnya sebagai seorang ibu yang harus mendampingi sang anak.

4. Orang Kaya Baru (2019)

film refal hady
Sumber: Kompasiana.com

Orang Kaya Baru merupakan film dengan genre drama komedi dan tayang pada tahun 2019. Film ini dibintangi oleh Raline Shah, Cut Mini, Lukman Sardi, Derby Romero, Fatih Unru dan tentunya Refal Hady.

Dalam film Orang Kaya Baru, Refal Hady berperan sebagai Banyu dan ia harus melakukan pekerjaan paruh waktu di beberapa tempat sekaligus. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga yang secara mendadak menjadi kaya raya. Pada awalnya, keluarga tersebut adalah keluarga yang sederhana, hidupnya cukup dan pas-pasan akan tetapi mereka tetap kompak dan harmonis.

Lukman Sardi yang berperan sebagai Bapak dan Cut Mini berperan sebagai Ibu memiliki tiga anak yaitu Duta, Tika dan Dodi. Meskipun mereka bukanlah keluarga yang kaya raya, akan tetapi mereka mampu menjalani hari-hari dengan cara yang menyenangkan, selain itu bapak selalu bahagia meskipun ia tidak memiliki uang.

Ibu selalu memasak dan mengantar jemput Dodi dengan menggunakan motor lama. Sementara itu, Tika pulang dan pergi ke sekolah dengan menggunakan metromini. Bahkan terkadang untuk makan, Duta, Tika, dan Dodi masuk ke hajatan orang asing.

Kehidupan keluarga tersebut kemudian berubah dengan drastis ketika Bapak meninggal dunia. Bapak adalah sosok panutan dalam keluarga tersebut. Tanpa diketahui oleh anggota keluarga lainnya, bapak ternyata telah menyiapkan warisan yang cukup banyak untuk istri dan anak-anaknya. Selama ini, bapak telah merahasiakan harta yang ia miliki.

Setelah mendapatkan harta dari bapak, keluarga ini pun berubah menjadi orang kaya baru. Kehidupan mereka menjadi bergelimang dengan harta. Ketika bungsu ditegur oleh penjaga karena menyentuh banyak barang dengan sembarangnya, ibu pun menegur penjaga toko dengan membeli semua barang yang telah disentuh. Meskipun telah menjadi kaya raya, akan tetapi masalah justru datang mengusik keluarga tersebut.

https://www.gramedia.com/products/conf-dilan-dia-adalah-dilanku-tahun-1990?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

5. Antologi Rasa (2019)

film refal hady
Sumber: imdb.com

Rekomendasi film Refal Hady selanjutnya adalah Antologi Rasa yang tayang pada 2019. Film ini disutradarai oleh Rizal Mantovani dan diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama karya Ika Natassa. Dalam film Antologi Rasa, Refal Hady berperan sebagai Ruly.

Meskipun film ini diangkat dari novel, akan tetapi versi novel dan filmnya sedikit berbeda. Antologi Rasa menceritakan tentang empat orang sahabat yaitu Haris yang diperankan oleh Herjunot Ali, Keara yang diperankan oleh Carissa Perusset, Denise yang diperankan oleh Atikah Suhaime dan Ruly yang diperankan oleh Refal Hady, keempat sahabat ini diceritakan berprofesi sebagai banker.

Tanpa disadari, ternyata tumbuh rasa cinta di antara mereka berempat. Harris cinta mati pada Keara, sedangkan Keara telah menganggap Ruly sebagai belahan jiwanya. Sementara itu, Ruly telah jatuh hati pada Denise dan Denise telah menikah dengan orang lain.

Film ini menceritakan rumitnya kisah cinta yang dirasakan oleh keempat sahabat dan kebingungan para tokoh yang ingin menjaga persahabatan dan tidak ingin mengabaikan perasaan masing-masing.

6. Dilan 1991 (2019)

film refal hady
Sumber: Kincir.com

Meskipun tidak berperan sebagai pemeran utama, tetapi kehadiran Refal Hady dalam film Dilan 1991 sebagai Kang Adi melengkapi kisah antara Dilan dan Milea. Film yang satu ini merupakan film drama romantis Indonesia yang tayang pada tahun 2019 dan disutradarai oleh Fajar Bustomi serta Pidi Baiq.

Dilan 1991 merupakan sekuel dari Dilan 1990 yang menceritakan tentang Dilan dan Milea yang akhirnya resmi menjalin hubungan romantis. Kebahagiaan keduanya terancam ketika Dilan akan dikeluarkan dari sekolah karena terlibat dalam perkelahian dengan Anhar.

Selain itu, Dilan juga semakin sering berkelahi dan ia memiliki musuh di mana-mana. Milea sebagai kekasih Dilan pun merasa khawatir dengan masa depan Dilan, Milea merasa sebagai kekasih Dilan ia memiliki hak untuk melarang Dilan terus terlibat dalam geng motor.

Lalu suatu ketika, Dilan dikeroyok oleh orang yang tidak dikenal. Ketika mengetahui siapa yang menyerangnya, Dilan pun merencanakan balas dendam. Mengetahui hal tersebut, Milea pun meminta agar Dilan berhenti dan mengancam hubungan keduanya harus berakhir jika Dilan tidak menuruti kata-kata Milea.

Sementara itu, Dilan adalah seorang panglima tempur dan ketua geng motor yang selalu terlibat masalah. Di tengah semua masalah yang ia alami, hadirlah Yugo yaitu anak dari sepupu jauh ayah Milea yang baru saja pulang dari Belgia. Milea dan Yugo akhirnya sering menghabiskan waktu bersama dan mengancam hubungan Milea dan Dilan.

7. A Perfect Fit (2021)

film refal hady
Sumber: Kompas.com

Setelah sukses membintangi Wedding Agreement, Refal Hady kembali berperan dalam sebuah film orisinal Netflix berjudul A Perfect Fit. Film Refal Hady yang satu ini tayang pada tahun 2021 dan Refal Hady berperan sebagai Rio.

A Perfect Fit merupakan sebuah film drama komedi romantis yang disutradarai oleh Hadrah Daeng Ratu dan ditulis oleh Garin Nugroho. Film ini menceritakan tentang Saski yang diperankan oleh Nadya Arina.

Ketika pergi ke suatu tempat, Saski diramal oleh seseorang dan membawa Saski ke sebuah toko sepatu. Saski lalu memasuki toko tersebut dan memilih sepatu yang cocok untuknya.

Tanpa sadar, kunjungan Saski ke toko sepatu tersebut membawa dirinya pada deretan peristiwa yang akhirnya merubah kehidupannya. Peristiwa pertama adalah pertemuannya dengan seorang laki-laki bernama Rio secara tak sengaja.

Rio ternyata adalah pembuat sepatu pada toko yang dikunjungi oleh Saski. Sejak pertama kali melihat Saski memasuki toko sepatu tersebut, Rio telah terpaku dan terpesona dengan Saski.

Ketika melihat Saski untuk pertama kalinya, Rio seakan tak bisa mengalihkan pandangan dari paras cantik Saski. Di sisi lain, Saski merasakan bahwa kehadiran Rio dalam hidupnya adalah suatu hal yang baru.

Pasalnya, pengrajin sepatu seperti Rio berhasil membuat Saski melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Perlahan-lahan, rasa cinta di antara keduanya pun mulai tumbuh, bersamaan dengan perasaan cinta, hadirlah konflik antara tradisi serta modernitas yang memiliki peran penting dalam kehidupan Saski. Meskipun keduanya telah berusaha untuk mempertahankan hubungan, tetapi takdir keduanya tetap tidak dapat diubah.

8. Pesan di Balik Awan (2021)

film refal hady
Sumber: Wikipedia

Rekomendasi film Refal Hady selanjutnya adalah film orisinal dari KlikFilm yang bergenre drama dan tayang pada tahun 2021. Film ini dibintangi oleh Refal Hady dan Hanggini Purinda Retto.

Pesan di Balik Awan menceritakan tentang seorang gadis bernama Kirana yang diperankan oleh Hanggini yang putus dari pacarnya dan pergi menantang takdir untuk mencarikannya pasangan dengan cara menerbangkan sebuah pesan dengan menggunakan balon.

Usai menerbangkan balon tersebut, dua hari kemudian ia pun mendapatkan sebuah email dari seorang laki-laki yang menerima balon yang ia terbangkan. Rupanya Awan lah sosok laki-laki yang menerima balon Kirana.

Setelah mengirimkan email pada Kirana, mereka pun akhirnya bertemu dan secara terus terang menyampaikan maksud pertemuan tersebut. Awan secara terus terang ingin menikah dan menanyakan tanggal pernikahan pada Kirana.

Kirana pun merasa kaget dengan apa yang diungkapkan oleh Awan pada pertemuan pertama. Kirana kemudian meminta kesempatan untuk melakukan tiga kencan sebelum akhirnya memberikan jawaban terkait pernikahan.

Setelah menjalani ketiga kencan, Awan rupanya berhasil lolos dari seluruh syarat yang dibuat oleh Kirana, hingga akhirnya Awan meminta kencan keempat dan memperkenalkan Kirana pada anaknya bernama Bulan.

Dari kencan keempat tersebut, Kirana tersadar bahwa selama ini Awan hanya terpaksa untuk berkencan dengan Kirana demi anaknya Bulan, karena Awan kehilangan istrinya karena suatu penyakit. Karena hal inilah, Kirana pun mulai goyah.

Itulah beberapa rekomendasi film Refal Hady yang wajib masuk dalam watchlist Grameds. Jika Grameds tertarik dengan film Refal Hady yang kebanyakan bergenre romantis dan komedi, Grameds bisa mendapatkan pengalaman menyenangkan serupa dengan membaca buku romantis dan komedi.

https://www.gramedia.com/products/komik-dilan-bagian-2?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/komik-dilan-bagian-2?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia.com menyediakan buku-buku menarik dengan genre komedi romantis seperti film Refal Hady. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Jangan ragu untuk membeli buku di gramedia.com karena dijamin original!

Penulis: Khansa

Baca juga: