in

Contoh Iklan Produk Makanan Menarik yang Bisa Dijadikan Referensi

Contoh Iklan Produk Makanan Menarik – Apabila Anda ingin memulai bisnis makanan ataupun minuman, Anda harus benar-benar memahami bagaimana cara membuat iklan yang unik dan menarik. Perlu dipahami bahwa iklan makanan sendiri harus memberikan kesan yang mendalam untuk orang yang melihat ataupun mendengarnya. Tak hanya itu saja, desain gambar, teks, audio, dan videonya pun juga harus menarik, terlebih jika dipromosikan melalui tv ataupun media komersial lain.

Untuk cara membuat iklan makanan, dari segi kata dan bahasa harus dibuat dengan singkat namun dengan penjelasan yang menarik, jujur, objektif, dan tidak menyinggung siapapun. Semua elemen iklan harus dipikirkan dengan baik dan dibuat dengan teliti. Apabila diperlukan, buatlah iklan yang berisi tentang promosi yang menarik dan jangan lupa untuk sisipkan kalimat atau kata lucu dan bisa mempengaruhi orang-orang saat mereka melihatnya. Hal ini bertujuan agar calon pelanggan penasaran dengan makanan yang diiklankan dan berkeinginan untuk membelinya.

Ada banyak sekali iklan makanan yang dapat dijadikan referensi ataupun contoh. Mulai dari iklan makanan tradisional hingga makanan modern. Sekarang ini, banyak sekali foto iklan makanan yang tersebar di berbagai akun media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, dan juga pinterest.

Layanan yang menyediakan jasa iklan juga semakin komplit untuk membantu mempromosikan produk kita ke seluruh media sosial ataupun berbagai daerah yang ada di Indonesia dan dunia. Pastinya dengan makanan yang bersih, bergizi, halal, dan sehat.

Iklan makanan adalah salah satu jenis iklan yang cukup populer karena umumnya menyajikan berbagai konsep iklan yang eye-catching dan menarik minat beli seseorang. Selain itu, biasanya iklan makanan juga bisa menarik minat masyarakat secara luas. Karena iklan yang menarik, tentu bisa menggaet lebih banyak konsumen dan membuat citra brand produk menjadi lebih dikenal masyarakat luas.

Adapun contoh jenis iklan makanan seperti makanan cepat saji, makanan ringan, sayur-sayuran, buah-buahan, dan lain sebagainya. Jenis iklan tersebut tentu akan mempunyai kesan yang khas dan unik serta berbeda di setiap penyajiannya. Dalam pembuatan iklan makanan, yang paling penting adalah tidak melanggar etika iklan. Di dalam pembuatan iklan makanan, yang paling penting adalah adanya visual yang menarik dan gambar yang sempurna dengan perpaduan caption dan juga headline yang menarik serta bisa mempengaruhi pembeli.

Cara Membuat Iklan yang Menarik

Dalam proses membuat iklan yang menarik, ada beberapa cara dan juga langkah-langkah yang bisa Anda lakukan, antara lain:

a. Merencanakan Strategi

Dalam hal ini, Anda perlu memikirkan target pasar dari iklan yang Anda buat. Mulai dari gender, umur, hobi, pendidikan, dan juga kelas ekonomi. Selain itu, Anda juga harus memikirkan persaingan iklan dari produk kompetitor, citra jangka panjang, dan lainnya.

b. Membuat dan Mengembangkan Iklan

Anda bisa menentukan bentuk iklan yang akan dibuat, apakah ditujukan untuk publikasi cetak, iklan audio di radio, iklan siaran, atau iklan untuk pesan elektronik. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menentukan kalimat pokok atau yang biasanya disebut dengan slogan atau tagline iklan. Lalu, Anda perlu membuat gambaran mengenai produk berupa teks dan juga desain serta tata letak iklan.

c. Mendistribusikan Iklan

Distribusi iklan bisa disesuaikan dengan iklan yang Anda buat. Jika iklan yang Anda buat berbentuk gambar, maka Anda bisa mempromosikannya melalui banner, media sosial, reklame, dan lain sebagainya.

Contoh Iklan Produk Makanan yang Menarik

Faktanya, iklan produk makanan merupakan salah satu iklan niaga yang tergolong cukup populer. Karena biasanya akan menghadirkan konsep yang menarik mata dan minat pembeli. Saat membuat sebuah iklan, terlebih untuk produk makanan, tentu visual dan juga teks dari iklan harus bisa menarik minat masyarakat secara luas. Sebab, iklan yang menarik pasti akan menarik konsumen lebih banyak dan membuat brand image dari sebuah produk menjadi lebih melekat di pikiran masyarakat.

Jika Anda sedang menjalani sebuah bisnis F&B, maka Anda tidak boleh melewatkan bagian dalam mempromosikan produk bisnis Anda. Dalam proses pembuatannya, Anda akan membutuhkan aset konten visual seperti poster atau video dan juga teks promosi yang ada di bagian bersamaan dengan konten visual atau audio visual.

Berikut ini adalah beberapa contoh iklan produk makanan yang ada di Indonesia dan dipakai oleh banyak brand besar.

1. Contoh Iklan Produk Makanan Dunkin Donuts

Dunkin Donuts merupakan salah satu toko donat yang cukup digemari kalangan remaja. Hadir dengan menyediakan berbagai macam varian donat yang unik dan menarik, membuat Dunkin Donuts berhasil menggaet banyak konsumen dan menaikkan nama brand nya. Berikut ini adalah teks promosi dari brand Dunkin Donuts:

“Ngemil donat memang yang paling asyik. Apalagi bisa ngemil sama teman-teman tersayang. Hangout dan santai bisa makin seru. Cuma donat dari Dunkin Donuts yang bisa bikin suasana makin happy. American runs on dunkin hanya Dunkin Donuts. Rasanya bikin nagih!”

2. Contoh Iklan Produk Makanan KFC

Siapa sih yang tidak tahu KFC? KFC adalah salah satu brand fast food ayam goreng asal US yang juga sangat terkenal di Indonesia. Restoran fast food ini selalu mempunyai promosi iklan yang menarik, baik itu melalui poster ataupun iklan di TV. Berikut ini adalah contoh teks promosi yang bisa dijadikan referensi:

“Ini baru burger yang beda! Cita rasanya bikin nagih. Renyahnya begitu dahsyat dengan patty daging ayam utuh. Perpaduan saus sambal dan mayoinase nya semakin mengguncang lidah. Apalagi ditambah saus keju yang lumer. Rasakan tiap gigitan dari burger sensasional baru KFC. Cuma 20.000an saja!”

3. Contoh Iklan Produk Makanan Keripik Singkong Kusuka

KuSuka merupakan salah satu brand makanan ringan yang bisa Anda temukan di minimarket terdekat. Berikut ini adalah contoh dari teks promosi Snack KuSuk yakni sebagai berikut:

“Tidak asing lagi dan tidak ada duanya. Keripik singkong dari Kong Kusuka adalah selera masyarakat Indonesia. Perpaduan cita rasanya sangat unik dan pastinya cocok jadi teman nongkrong asyik di berbagai waktu santai. Kalau bukan Kong Kusuka, mana lagi keripik singkong yang enak?”

4. Contoh Iklan Produk Makanan Qtela

Sama halnya dengan KuSuka, Qtela juga merupakan brand makanan ringan yang cukup populer dan digemari banyak orang. Di bawah ini adalah contoh iklan promosi dari Qtela:

“Qtela terbuat dari tempe pilihan. Dengan wavy cut dan bumbu andalan membuat cita rasanya sangat berbeda dari keripik tempe biasa. Sekali gigit saja, pasti bikin ketagihan! Hmmm…rasanya benar-benar asli khas Indonesia. Dicocol saus sambal juga enak. Qtela bikin ngumpul jadi seru!”

5. Contoh Iklan Produk Makanan Es Krim Magnum

Magnum adalah salah satu produk es krim dari Walls yang cukup terkenal. Seringkali, Magnum membagikan promosi iklan yang menarik dan mewah. Produk ini selalu menonjolkan kualitas coklat yang ada di dalam es krimnya. Berikut ini adalah contoh kalimat promosi iklan dari Magnum:

“Nikmati setiap momen klasik bersama es krim Magnum. Es krim coklat lembut yang dibalut dengan double coklat Belgia tebal. Apalagi untuk nongkrong seru bareng teman. Makin asyik, makin seru dengan es krim Magnum. Walls Magnum for pleasure seekers!”

6. Contoh Iklan Produk Makanan Oreo

“Biskuit enak yang bikin nongkrong asyik ya cuma Oreo. Ada banyak varian rasa yang bisa menjadi teman dalam setiap suasana. Diputer, dijilat dan dicelupin. Apalagi dengan susu hangat bersama teman-teman. Oreo, penuh keajaiban! Biskuit ajaib untuk ngumpul seru bareng teman-teman.”

7. Contoh Iklan Produk Makanan Fitbar

Fitbar adalah salah satu merk snack sehat yang memiliki iklan yang cukup menarik. Hal itu dibuktikan dengan adanya teks ataupun audio promosi yang menarik. Berikut adalah salah satu contohnya:

“Baru! Snack bar impian untuk makan asyik tanpa takut gemuk. Dengan multigrain dan oats asli Australia, cornflake premium dan rice crispy akan membuat setiap gigitannya semakin menggoyang lidah. Tinggal masukkan ke dalam kantong dan siap dibawa nongkrong asyik. Fitbar, snacking with no worry!”

8. Contoh Iklan Produk Makanan Soyjoy

“Katanya jadi sehat itu tidak mudah. Olahraga, makan tidak enak dan banyak minum air putih. Tapi kini semuanya sudah berbeda. Ada Soyjoy yang siap membantu hidup sehat dalam setiap momen. Soyjoy akan membuat hari-hari terasa kian menyenangkan dengan cita rasa lezatnya. Soyjoy, fruit soy bar!”

9. Contoh Iklan Produk Makanan McDonald’s

“Ini dia jagonya makan pedas yang sanggup bikin ngamuk-ngamuk! Ayam spicy McD cocok sekali sama yang doyan pedas sepertimu. Yang pedas memang selalu bisa bikin kejutan. Cobain saja kejutan pedas dari ayam spicy pedas McDonald’s. McDonald’s, I’m lovin it!”

10. Contoh Iklan Produk Makanan Burger King

“Mau traktir burger atau chicken murah dengan rasa enak? Burger King jagonya. Hanya 19.000 saja sudah bisa mendapatkan ayam goreng renyah komplit dengan nasi. Pastinya bikin kenyang dan irit kantong. Bisa traktir teman, nih! Burger King taste is king.”

11. Contoh Iklan Produk Makanan Chitato

Pembuatan iklan produk makanan ringan sama seperti iklan makanan secara umum, namun pembuatannya terkesan lebih simple. Berikut ini adalah contoh iklan produk makanan ringan chitato:

“Chitato dari kentang asli pilihan, dengan wavy cut, yang bikin kelezatan bumbu chitato
menyatu di setiap lekukannya rasanya? hmmm asli. benar benar terasa.
Saat nongkrong. Saatnya CHITATO.”

12. Contoh Iklan Produk Makanan Ringan Kacang Garuda

“Jangan asal makan snack. Pilih snack terbaik yang bisa bikin jantung sehat hanya kacang Garuda. Faktanya, kacang Garuda kaya akan fitosterol dan omega 9 yang justru sangat baik untuk organ jantung. Pastinya kacang Garuda sangat baik untuk kesehatan jantung hatimu.”

13. Contoh Iklan Produk Makanan Beng Beng

“Butuh teman setiap saat? Snack Beng Beng adalah pilihan terbaik. Siapa yang tahan dengan nikmat Beng Beng? Snack bar dengan selimut coklat, karamel dan rice crispy istimewa ini pastinya sanggup bikin meleleh. Beng Beng bikin asyik berat! Mau lagi?”

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah