in

20 Tips Belajar Bahasa Jepang Dan Rekomendasi Aplikasi Belajarnya

Tips Belajar Bahasa Jepang – Apakah Grameds ingin bisa berbahasa Jepang? Bahasa Jepang adalah salah satu bahasa yang menarik perhatian masyarakat Indonesia. Baik karena pengaruh budaya atau sejarahnya bagi masyarakat Indonesia.

Tidak jauh berbeda dengan Bahasa-bahasa yang lain, belajar Bahasa Jepang susah- susah gampang untuk menguasainya. Grameds tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips belajar Bahasa jepang yang bisa dilakukan pemula agar lebih mudah menguasai Bahasa Jepang. 

Selain itu sejalan dengan perkembangan teknologi, Grameds bisa belajar Bahasa Jepang mudah dengan bantuan aplikasi dan jaringan internet. Berikut ini penjelasan tentang bagaimana tips belajar Bahasa jepang yang mudah untuk pemula dan rekomendasi aplikasi untuk belajar Bahasa jepang:

TIPS BELAJAR BAHASA JEPANG

1. Kumpulkan Niat

Dalam mempelajari hal apapun, niat adalah elemen penting agar bisa belajar Bahasa Jepang dengan mudah. Mengapa dalam belajar Bahasa Jepang perlu niat yang kuat karena belajar Bahasa perlu ketekunan dan komitmen.

Hal ini karena belajar Bahasa kita perlu membiasakan diri bukan hanya menghafal kata dalam Bahasa itu sendiri. Jadi kalau tidak didasari dengan niat yang kuat hanya untuk iseng-iseng saja belajar Bahasa Jepang maka akan memperlukan waktu yang lama untuk menguasai Bahasa tersebut. 

2. Mencari Alasan Yang Kuat Untuk Belajar Bahasa Jepang

Setelah Grameds sudah memiliki niat untuk belajar Bahasa Jepang, maka temukan alasan yang bisa menjadi tujuan untuk menguasai Bahasa Jepang. Alasan yang kuat terbukti dapat membuat orang lebih cepat belajar Bahasa Jepang karena ada tujuan yang akan mereka capai.

Contohnya karena ingin bekerja atau berlibur di Jepang, ingin sekolah di Jepang, atau ingin menemukan pujaan hati dari Negara Jepang tersebut. Tips belajar Bahasa Jepang ini bisa Grameds sesuaikan dengan keinginan hati agar menjadi motivasi untuk tekun belajar Bahasa Jepang. 

3. Menonton Film Anime Jepang

Grameds pasti sudah tidak asing dengan anime Jepang yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Sering menonton film anime Jepang dapat membantu seseorang terbiasa dengan Bahasa Jepang. Tips belajar Bahasa jepang yang satu ini bisa dilakukan dengan menyenangkan karena sekaligus sebagai hiburan.

Dampaknya akan terjadi secara tidak langsung untuk mengenal dan menghafalkan kosakata Bahasa Jepang dalam praktik komunikasinya. Grameds tidak perlu khawatir karena anime Jepang bisa ditonton dengan berbagai tema dan cerita-cerita yang menarik di berbagai platform di Internet.    

4. Mendengarkan Lagu-Lagu Berbahasa Jepang

Selain menonton film anime Jepang, Grameds bisa mendengarkan lagu-lagu Bahasa Jepang untuk membiasakan dengan kosakata Bahasa Jepang. Cara belajar ini juga bisa dilakukan secara menyenangkan dan bisa dilakukan di waktu senggang.

Bahkan lagu-lagu Bahasa Jepang bisa Grameds putar saat beraktivitas sehari, misalnya saat masak, bersih-bersih rumah, atau bahkan saat belajar. Cara ini terbukti efektif membuat alam bawah sadar seseorang peka dengan Bahasa Jepang.

Grameds bisa sesuaikan dengan genre music yang disukai, misalnya lagu pop, rock, atau R7B. Jepang juga terkenal dengan karya lagunya yang bagus dan enak untuk dinikmati. 

5. Membiasakan Untuk Mendengar Kalimat-Kalimat Berbahasa Jepang

Belajar Bahasa akan lebih efektif jika langsung dipraktekkan, alias dimulai dari mendengarkan terlebih dahulu. Jadi Grameds bisa mulai belajar Bahasa Jepang dengan banyak mendengar dialog-dialog berbahasa Jepang. Hal ini akan mempermudah otak untuk memahami Bahasa yang mungkin masih terdengar asing sebelumnya.

Cara membiasakan dengan mendengar Bahasa Jepang bisa Grameds lakukan dengan sering menonton anime jepang dan serial TV Jepang atau mendengar lagu-lagu Jepang. Grameds juga bisa mulai membiasakan diri dengan pelafalan Bahasa Jepang yang terdengar sulit sebelumnya. 

banner-promo-gramedia

6. Membiasakan Untuk Mengucapkan Kalimat- kalimat Bahasa Jepang

Setelah sudah terbiasa mendengarkan dialog-dialog Bahasa Jepang biasanya sudah mulai bisa melafalkannya. Nah, jadi hal ini juga perlu dibiasakan agar bisa lebih mudah menguasai Bahasa Jepang. Ucapkan kalimat-kalimat dalam Bahasa Jepang secara perlahan mulai dari dialog-dialog sederhana, seperti memperkenalkan diri dan dialog-dialog merespon pertanyaan seseorang dengan sederhana. Tidak perlu takut salah atau malu jika pelafalannya masih kurang baik yang terpenting dibiasakan terlebih dahulu. Nanti lama kelamaan cara mempraktekkan kalimat-kalimat Bahasa Jepang ini akan membuat Bahasa Jepang terasa mudah. 

7. Menulis Kalimat- kalimat Berbahasa Jepang

Selanjutnya, jika Grameds sudah terbiasa mendengarkan dan mengucapkan kalimat dalam Bahasa Jepang, maka waktunya belajar cara menulisnya. Jika Grameds sudah terbiasa dengan Bahasa Jepang dalam tahap belajar tulisan Bahasa Jepang akan lebih mudah.

Grameds juga bisa semakin menambah kosa kata Bahasa Jepang dengan belajar menulisnya juga. Jadi bisa belajar perbendaharaan kosa kata sekaligus menguasai tulisan Bahasa Jepangnya. Ada orang yang hanya belajar Bahasa Jepangnya saja namun kurang menguasai tulisan Bahasa Jepang, padahal dalam praktiknya memahami tulisan Bahasa jepang juga penting. 

8. Mencari Buku Yang Sesuai Dengan Cara Belajar

Dalam belajar Bahasa sekalipun kita tetap memerlukan referensi yang tepat agar lebih mudah menguasai Bahasa tersebut. Termasuk belajar Bahasa Jepang juga memerlukan referensi seperti buku dasar-dasar belajar Bahasa Jepang atau buku yang sifatnya perspektif untuk memahami Bahasa Jepang itu sendiri.

Dari buku tersebut Grameds juga bisa sesuaikan dengan kebutuhan belajar, misalnya lebih suka dengan buku ilmu pengetahuan, atau cerita berbahasa jepang untuk membiasakan diri dengan Bahasa Jepang. 

Grameds tidak perlu khawatir kesulitan menemukan referensi buku untuk belajar Bahasa Jepang. Grameds bisa kunjungi koleksi buku dan ebooks Gramedia di www.gramedia.com. Grameds akan banyak menemukan beberapa referensi buku untuk mempermudah menguasai Bahasa Jepang. Untuk menguasai sesuatu kita memang harus berusaha dan berupaya dengan effort tertentu, salah satunya membaca buku. 

9. Selalu Menanamkan Rasa Keingintahuan

Belajar Bahasa tentu tidak bisa dilepaskan dari rasa penasaran atau keingintahuan. Jika Grameds sudah merasa puasa dengan beberapa dialog atau kosakata saja, maka kemampuan berbahasa Jepang itu tidak akan berkembang.

Tips belajar Bahasa Jepang ini bisa Grameds lakukan jika kebetulan menemukan kosakata yang asing dan belum tau artinya dari nonton anime, mendengarkan lagu, atau dialog orang yang menggunakan Bahasa Jepang. Cara ini juga bisa membuat perbendaharaan kosakata menjadi lebih banyak.  

10. Memperkuat Motivasi

Bagi sebagian orang mungkin akan kesulitan belajar Bahasa yang kompleks karena belum memiliki alasan dan motivasi yang kuat untuk menguasai Bahasa Jepang. Ternyata niat dan alasan saja belum cukup, Grameds juga perlu motivasi yang besar untuk bisa belajar Bahasa Jepang. Cara ini bisa mempengaruhi alam bawah sadar kita untuk tetap terus belajar Bahasa meskipun dalam keadaan sulit seperti lelah, bosan, atau sudah jenuh dalam belajar Bahasa Jepang itu.  

11. Membaca Artikel Bahasa Jepang

Membaca berita atau artikel berbahasa Jepang juga akan membiasakan Grameds dengan Bahasa tersebut. Jadi selain membiasakan dengan mendengar Bahasa Jepang, Grameds juga bisa mulai rajin membaca tulisan-tulisan Jepang agar mudah menguasai Bahasa tersebut.

Untuk bisa membaca tulisan Bahasa Jepang mungkin perlu waktu yang lama, namun hal ini bisa Grameds lakukan secara perlahan untuk membiasakan diri dengan Bahasa Jepang. Jadi jangan takut atau panik dulu jika melihat tulisan Bahasa Jepang, pahamilah secara perlahan. 

12. Mulai Mempelajari Bahasa Jepang Dari Kata- kata Dasar

Mempelajari dari kata-kata dasar mungkin menjadi cara untuk belajar Bahasa apapun. Grameds bisa mulai dari kata-kata dasar yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari. Seperti angka, nama barang, buah, sayur, dan dialog-dialog sederhana untuk memperkenalkan diri.

Jika Grameds sudah bisa menguasai kata-kata dasar dalam Bahasa Jepang maka secara tidak langsung akan berkembang memahami banyak kosakata yang lebih sulit tingkatannya. Penguasaan dalam kata-kata dasar dapat menjadi cara mudah memahami Bahasa Jepang. 

13. Mempelajari Tata Bahasa Jepang

Setelah Grameds sudah menguasai kata-kata dasar dalam Bahasa Jepang, maka belajarlah untuk menyusun kata tersebut sesuai dengan tata Bahasa Jepang. Cara ini adalah tahap tingkat lanjut untuk bisa menguasai Bahasa Jepang. Setiap Bahasa biasanya memiliki tata Bahasa yang berbeda, yakni tata Bahasa Indonesia dengan tata Bahasa Inggris. Begitu pula dengan Bahasa Jepang yang memiliki tata Bahasa yang berbeda. Agar bisa berbahasa Jepang dengan Lancar maka Grameds harus memahami tata Bahasa Jepang. 

14. Mencari Kenalan Orang Jepang Atau Belajar Dari Orang Yang Pandai Berbahasa Jepang

Untuk bisa menguasai suatu Bahasa biasanya kita butuh orang yang benar-benar mahir dalam Bahasa tersebut, misalnya belajar langsung dengan orang asli Jepang.  Selain belajar formal, bergaul dengan orang asli Negara Jepang atau orang yang mahir Bahasa Jepang bisa membuat seseorang terbiasa mengobrol menggunakan Bahasa Jepang atau membicarakan hal-hal yang tidak jauh dari Bahasa Jepang. 

15. Melatih Cara Pikir Seperti Orang Jepang

Dalam belajar Bahasa kita tidak cukup hanya menghafal atau menguasai bahasanya saja. Termasuk belajar bahasa Jepang, maka kita perlu mengetahui kebudayaan orang-orang Jepang. Mengapa kita perlu memiliki cara pikir orang Jepang saat mempelajari bahasanya?

Hal ini berkaitan dengan cara komunikasi yakni bagaimana jika nanti Grameds langsung berdialog dengan orang Jepang. Mengetahui cara berpikir orang Jepang akan membuat obrolan menjadi nyambung tanpa ada kesalaham pemaham bahasa jepang tersebut.Memahami cara piker atau budaya orang Jepang akan membuat level native speaker Grameds semakin bagus.  

16. Mengenal Huruf Serta Pelafalan Bahasa Jepang

Mengenal huruf dan pelafalan bahasa Jepang tentu jadi hal penting yang perlu Grameds ketahui. Tanpa pemahaman yang baik terkait huruf dan pelafalan bahasa Jepang mungkin akan berpengaruh pada komunikasi nantinya dalam menggunakan bahasa Jepang. Jadi berlatihlah lagi pelafalan bahasa Jepanya agar mudah berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang. 

17. Memperbanyak Kepustakaan Kosakata Jepang

Selain mengenal huruf dan pelafalan bahasa jepang yang baik, banyaknya perbendaharaan kosakata bahasa Jepang juga bisa memudahkan Grameds menguasai bahasa Jepang dan mudah berkomunikasi menggunakan bahasa ini.

Grameds tidak perlu terburu-buru memperbanyak kosakata yang terpenting paham dalam penggunaannya secara perlahan. Grameds bisa memperbanyak kosakata bahasa Jepang dengan banyak menonton film anime Jepang, lagu-lagu jepang, atau bacaan dalam bahasa Jepang. 

banner-promo-gramedia

18. Mengerjakan Quiz Bahasa Jepang

Grameds bisa memeriksa kemampuan bahasa Jepang dengan mengerjakan soal atau quiz bahasa Jepang. Cara ini bisa mengukur seberapa jauh Grameds sudah menguasai bahasa Jepang. Catatannya jangan cepat puas dan teruslah belajar dan mengembangkan kemampuan berbahasa Jepang tersebut. 

19. Menulis Buku Harian Dengan Bahasa Jepang

Setelah sudah belajar menulis bahasa Jepang, Grameds bisa mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari, seperti menulis dalam jurnal atau buku diary. Hal ini bisa membantu Grameds terbiasa menulis bahasa Jepang dan akhirnya terbiasa pula dengan tulisan atau bacaan dalam bahasa Jepang. 

20. Manfaatkan Jaringan Internet 

Perkembangan teknologi saat ini semakin mempermudah kita untuk belajar sesuatu. Termasuk belajar bahasa yang bisa dilakukan dengan bantuan jaringan internet untuk mencari sumber pelajaran. Misalnya melihat video pembelajaran bahasa Jepang, website khusus belajar bahasa jepang, atau aplikasi-aplikasi mobile yang mudah kita akses di smartphone untuk belajar bahasa Jepang.

tombol beli buku

tombol beli buku

REKOMENDASI APLIKASI BELAJAR BAHASA JEPANG

Berikut ini rekomendasi aplikasi-aplikasi yang bisa Grameds gunakan untuk belajar bahasa Jepang dengan mudah di smartphone baik secara online maupun offline:

1. Busuu

Busuu adalah salah satu aplikasi di smartphone android yang bisa Grameds unduh untuk belajar bahasa asing, termasuk bahasa Jepang. Aplikasi ini akan mendeteksi seberapa jauh Grameds menguasai bahasa tertentu, baru setelah itu bisa memberikan Lesson yang sesuai dengan level kemampuan berbahasa Grameds. Aplikasi Busuu dilengkapi dengan tips tata bahasa, latihan akses, dan mudah digunakan termasuk saat dengan offline. 

2. Drops: Learn Japanese

Dengan aplikasi Drops: Learn Japanese Grameds bisa belajar bahasa Jepang dimana saja. Aplikasi ini mengutamakan pembelajaran kosakata dan kalimat dalam bahasa Jepang dibandingkan tata bahasanya. Jadi Grameds bisa lebih mudah belajar kata-kata dasar dan membiasakannya dengan aplikasi ini. 

3. Hello Talk

Hal menarik dalam aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini Grameds bisa mengobrol langsung dengan orang penutur asli bahasanya. Aplikasi Hello Talk akan memberikan Grameds partner untuk belajar bahasa Jepang. Melalui fitur chat itulah Grameds bisa belajar dengan cara ngobrol atau sharing menggunakan bahasa Jepang dengan penutur aslinya. 

4. Learn Japanese Offline

Aplikasi Learn Japanese offline bisa Grameds gunakan untuk belajar bahasa Jepang, terutama ungkapan-ungkapan yang dalam bahasa tersebut. Aplikasi ini cocok digunakan untuk belajar bahasa Jepang sendiri atau para pelajar dan wisatawan karena mudah digunakan. Bahkan ada 1000 kata dan frasa bahasa Jepang dalam aplikasi ini yang bisa Grameds kuasai. 

5. LingoDeer

Aplikasi belajar bahasa Jepang di android terbaik selanjutnya adalah LingoDeer yang memberikan lesson dari kosakata yang mudah sampai yang tersulit sekalipun. Melalui aplikasi ini Grameds juga bisa belajar menulis hiragana, katakana, dan kanji dengan klip suara yang jelas. Sehingga Grameds bisa dengan mudah memahami pelafalan bahasa Jepang dengan benar.  

6. Memrise

Selanjutnya ada aplikasi Memrise yang bisa membantu Grameds belajar bahasa Jepang dengan mudah hanya menggunakan smartphone saja. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam pembelajaran, mulai dari kosakata, tatabahasa, latihan, kuis bahkan bentuk permainana yang menyenangkan menggunakan bahasa Jepang. Memrise juga bisa diakses secara offline, mudah digunakan, daily goals, latihan pelafalan yang benar, dan permainan membaca yang menyenangkan. 



Nah, itulah tips belajar bahasa Jepang dan rekomendasi aplikasi belajarnya yang bisa Grameds terapkan saat belajar bahasa Jepang. Tidak sulit bukan? Grameds bisa mempelajarinya secara perlahan karena belajar bahasa memang membutuhkan ketekunan dan pembiasaan dalam penggunaan bahasanya. Lakukanlah cara-cara menyenangkan agar bisa belajar bahasa Jepang tanpa tekanan dan dengan mudah dapat menguasainya.

Jika Grameds tertarik belajar bahasa Jepang secara serius maka bisa menggunakan referensi buku dari Gramedia. Berikut ini rekomendasi buku Gramedia yang bisa Grameds baca untuk mempelajari bahasa Jepang lebih baik dan mudah: Selamat belajar. #SahabatTanpabatas

tombol beli buku

tombol beli buku

tombol beli buku

Baca juga artikel terkait “Tips Belajar Bahasa Jepang” :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lala Nilawanti