in

10 Sosial Media Paling Populer di Indonesia

Sosial Media Paling Populer di Indonesia – Perkembangan media sosial yang sangat pesat memudahkan pekerjaan manusia sehari-hari. Dari awalnya yang hanya bisa berkirim kabar melalui surat, kini bisa memberitahukan kabar kapan saja, di mana saja dan dengan media sosial sebagai perantaranya.

Hingga Januari 2021, Indonesia memiliki pengguna internet sebanyak 202,6 juta jiwa dan ini meningkat 16% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Global Web Index (GWI), berikut 10 sosial media yang populer digunakan di Indonesia.

e perpus

Sosial Media Paling Populer di Indonesia

1. Youtube

Youtube merupakan situs web untuk berbagi video. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai media sosial berbasis video.  Berbagai macam video  bisa diunggah melalui youtube mulai dari video tutorial, music, video edukasi, film pendek, trailer film, sinetron, video blog, dan lain-lain.

Youtube berdiri sejak Februari 2005 yang didirikan oleh Jawed Karim, Steven Chen, dan Chad Hurley. Mereka kemudian mendirikan markas besar youtube di California, Amerika Serikat.

a. Fitur-fitur Youtube

Fitur yang ada pada youtube terus mengalami perkembangan. Fitur-fitur ini terus dikembangkan agar pengunjung merasa nyaman dan tentu lebih mudah untuk mengakses apa yang mereka butuhkan.

Youtube telah membawa perubahan besar pada gaya hidup manusia. Anak-anak hingga orang tua merasa terbantu dengan adanya youtube. Dengan youtube pula, untuk belajar apapun menjadi lebih mudah. Fiturnya yang ramah pengguna dan semakin lengkap membuat youtube menduduki peringkat satu media social di Indonesia. Beberapa fitur menarik yang saat ini dimiliki youtube antara lain:

1) Autoplay

Autoplay merupakan fitur yang berfungsi untuk memutar video selanjutnya secara otomatis ketika video sedang yang sedang diputar telah selesai. Fitur ini sangat membantu karena algoritma youtube yang pintar, video selanjutnya yang akan diputar pun selalu berkaitan dengan yang sedang berjalan.

Autoplay ini sangat membantu kita ketika sedang mendengar atau menonton video klip musik. Music yang sedang didengarkan akan menjadi acuan untuk video selanjutnya. Biasanya youtube akan memberikan referensi dengan genre music yang sama dan penyanyi yang sama. Jadi sangat memudahkan ketika sedang berada di depan layar, music akan berjalan dengan sendirinya mengikuti keinginan kita.

2) Download Video

Fitur download video juga tidak kalah menarik. Fitur ini memungkinkan kita untuk mendownload video youtube yang nantinya bisa kita tonton kapan saja secara offline. Fitur ini telah disediakan oleh youtube baik di komputer maupun smartphone. Cukup klik tanda panah ke bawah yang berarti unduh (download) maka otomatis video yang sudah diunduh dapat ditonton secara offline.

3) Subtitle

Fitur subtitle memudahkan bagi penonton youtube untuk mengerti arti dari perkataan dari video yang menggunakan bahasa asing. Mulia dari video klip lagu,  video tutorial, trailer film, video percakapan dan lain sebagainya. Caranya cukup mudah, tinggal klik gear di kanan bawah kemudian klik subtitle, kemudian kita bisa memilih terjemah otomatis ke bahasa yang diinginkan.

4) Kecepatan Video

Fitur kecepatan membuat kita bisa mempercepat atau memperlambat video. Fitur ini biasanya dimanfaatkan saat melihat sebuah tutorial, video akan diperlambat agar tutorial tidak ketinggalan atau bahkan bisa dipercepat jika memang merasa sudah paham. Caranya sangat mudah, cukup klik gear yang ada di bawah kanan lalu klik kecepatan dan pilih kecepatan yang diinginkan.  Fitur kecepatan (speed) di bawah kata normal, berarti memperlambat kecepatan video yang diputar. Fitur ini sangat bermanfaat untuk penonton yang kesulitan mengikuti jalannya video.

5) Anotasi

Anotasi merupakan video yang bisa diklik pada bagian atas atau samping yang sedang diputar. Fitur ini banyak digunakan oleh pengunggah video agar semakin banyak orang menonton video yang diunggahnya.

Namun, terkadang fitur ini dianggap mengganggu bagi pengunjung youtube. Youtube mengijinkan pengunjung untuk menonaktifkan video anotasi pada pengaturan di bagian kanan atas tampilan video dengan cara klik playback, kemudian uncheck pada bagian video annotations.

2. WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang bisa digunakan melalui smartphone atau laptop. WhatsApp tidak menggunakan pulsa seperti SMS, tetapi menggunakan data internet. Jadi, pada aplikasi ini tidak perlu khawatir mengenai panjang pendeknya karakter tulisan, tidak ada batasan selama data internet memadai. Tidak hanya berkirim pesan seperti teks, pada WhatsApp juga bisa mengirim gambar, video, juga dokumen.

Fitur-fitur WhatsApp

WhatsApp salah satu media sosial yang sering mengeluarkan fitur baru tiap tahunnya. Tujuan dari lahirnya fitur-fitur baru ini tentu untuk membuat mudah penggunaanya dalam menggunakan WhatsApp dan melengkapi fungsi-fungsinya. Berikut fitur WhatsApp yang terbaru dan bisa digunakan di Indonesia.

a. Group Video Call

Fitur group video call pada awalnya dirilis pada April 2020. Melalui fitur ini, pengguna WhatsApp (WA) dapat melakukan video call hingga delapan orang bersamaan. Sebelumnya WA hanya mengizinkan hanya empat orang untuk melakukan group video call.

Fitur group video call ini bisa diakses dengan cara mel tab “Calls”–> “Call”–> dan pilih menu “New group call”. Pada menu tersebut, pengguna bisa memilih siapa saja yang ingin diajak untuk bergabung dalam panggilan grup video call bersama.setelah memilih partisipan, host cukup mengklik ikon “Call” untuk memulai panggilan suara atau video.

b. Advanced Search

Fitur baru WhatsApp yang dirilis pada Oktober 2020 adalah fitur Advanced Search. Fitur ini merupakan fitur pencarian yang lebih canggih dengan tujuan memudahkan penggunanya ketika ingin menelusuri file foto, video, audio, dokumen, stiker GIF, atau link yang pernah dikirim melalui aplikasi pesan tersebut secara spesifik.

Cara menggunakan fitur ini cukup mudah. Pengguna WA cukup klik ikon search pada sebelah kanan atas tampilan WA yang berbentuk seperti kaca pembesar. Kemudian WA akan menampilkan kategori file yang kan dicari seperti foto, video, audio, GIF, dokumen, maupun link tautan. Kemudian pilih salah satu jenis file yang ingin dicari, dan WA akan menyortir pesan berdasarkan file yang telah dipilih penggunanya.

c. Disappearing Messages

Fitur Disappearing Messages adalah fitur yang bisa digunakan untuk menghapus pesan secara otomatis setelah tujuh hari terhitung sejak pesan tersebut dikirim. Disappearing messages ini rilis pada November 2020.

Cara penggunaannya adalah pertama, buka salah satu kontak, kemudian buka kolom info pribadi dari kontak tersebut. Kemudian ada pilihan “Disappearing Messages” yang ditandai dengan ikon seperti jam. Setelah klik pilihan tersebut kemudian pilih opsi “on”. Apabila sudah on, maka akan muncul notifikasi yang menginformasi bahwa fitur tersebut sudah aktif dan akan menghapus pesan setelah tujuh hari.

d. Storage Management

Fitur storage management rilis pada November 2020 dengan tujuan memudahkan pengguna WA untuk mengetahui file apa saja yang telah diterima dan disimpan memori ponsel. Melalui fitur ini pengguna WhatsApp bisa secara langsung menyortir file yang tidak diperlukan dan bisa menghapus file tersebut guna menghemat kapasitas memori penyimpanan di ponsel.

e. Always Mute

Fitur always mute mempunyai fungsi untuk membungkam (mute) notifikasi baik dari percakapan grup maupun pribadi dengan jangka waktu selamanya. Fitur ini rilis pada Oktober 2020. Fitur ini menggantikan durasi mute yang pada awalnya hanya berlaku selama setahun. Sementara, opsi mute lainnya masih utuh.

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Berlangganan Gramedia Digital

Baca majalah, buku, dan koran dengan mudah di perangkat Anda di mana saja dan kapan saja. Unduh sekarang di platform iOS dan Android

  • Tersedia 10000++ buku & majalah
  • Koran terbaru
  • Buku Best Seller
  • Berbagai macam kategori buku  seperti buku anak, novel,religi, memasak, dan lainnya
  • Baca tanpa koneksi internet

Rp. 89.000 / Bulan

Cara penggunaan mute adalah, buka WhatsApp dan tekan (hold) percakapan pribadi atau grup yang ingin dibungkam notifikasinya hingga muncul tanda centang. Kemudian klik ikon yang mirip speaker di bagian kanan atas tampilan dan pilih opsi “always”. Setelah itu pilih “ok” untuk menyetujui.

3. Instagram

Instagram menjadi media sosial yang digemari di Indonesia terutama kaum muda. Aplikasi berbasis iOS, Android, dan Windows phone ini dapat digunakan penggunanya untuk mengedit, memposting foto, video, ke halaman utama instagram dan jejaring sosial lainnya.

Sistem pertemanan pada instagram adalah menggunakan istilah following dan follower seperti di Twitter. Follower berarti pengguna lain yang mengikuti kamu, sedangkan following berarti kamu mengikuti pengguna lain. Setiap pengguna bisa saling berinteraksi dengan memberikan like foto yang dibagikan maupun berkomentar.

Fitur-fitur Instagram

Instagram juga terus meningkatkan fitur-fiturnya agar memudahkan pengguna. Berikut fitur-fitur instagram yang bisa memudahkan penggunanya.

a. Kamera

Instagram mempunyai fitur kamera  di mana melalui instagram pengguna bisa langsung mengunggah foto atau video dari galeri atau bisa juga langsung. Selain itu, pengguna bisa langsung mengeditnya atau memberi caption sebelum dibagikan.

Efek atau filter di instagram yang sangat beragam, memudahkan pengguna untuk mengedit foto langsung sebelum diunggah. Hingga saat ini instagram telah memiliki lebih dari 15 filter.

b. Instagram Story

Fitur instagram story memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dan video, menambahkan filter, kemudian bisa menambahkan ke kilas cerita instagram si pemilik akun dan akan hilang setelah 24 jam. Fitur ini semakin berkembang dengan ditambahkannya kemampuan berbagi lokasi, stiker, GIF, efek foto, efek video yang diunggah ke instagram story.

Saat ini instagram juga telah menambahkan fitur video langsung (live video) ke instagram story yang memungkinkan pengguna untuk menyiarkan apapun secara langsung dengan video menghilang segera setelah mengakhirinya.

c. IGTV

Fitur video  vertikal ini diluncurkan oleh instagram pada Juni 2018. IGTV memungkinkan seseorang untuk mengunggah video berdurasi hingga 10 menit. Bagi pengguna yang telah diverifikasi dan popular diizinkan untuk mengunggah video yang berdurasi hingga 60 menit.

d. Explore

Fitur explore pada Instagram merupakan sebuah tab di aplikasi yang menampilkan foto-foto popular, atau video populer yang diambil di lokasi terdekat dan pencarian. Tab ini kemudian diperbaharui oleh instagram untuk menampilkan tag dan tempat yang sedang tren, konten yang dikuratori, dan kemampuan untuk mencari lokasi. Kemudian instagram menambahkan saluran “videos you might like” ke tab diikuti oleh saluran “events” yang menampilkan video dari konser, permainan olahraga, dan acara live lainnya.

4. Facebook

Facebook memiliki fungsi yang beraneka ragam seperti berbagi foto, video, lokasi, maupun kegiatan-kegiatan lain. Facebook juga terus melakukan pembaharuan untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya.

Fitur-fitur Facebok

a. Siaran Langsung

Tidak hanya instagram yang bisa digunakan untuk siaran langsung, kini facebook juga bisa. Dalam fitur ini memungkinkan penggunanya untuk membagikan momen yang sedang berlangsung baik sendiri maupun bersama teman-teman. Pada fitur siaran langsung juga tersedia kolom komentar bagi para penonton yang memungkinkan bisa interaksi dengan pengguna lain. Fitur ini dinamakan “Facebook live”.

b. Unggah Foto dan Album

Melalui fitur ini, bisa dengan mudah menambahkan banyak foto dalam sebuah judul album sekaligus. Tidak perlu waktu lama, kamu bisa menyimpan semua foto di facebook. Tidak hanya foto, kamu juga bisa mengunggah video sekaligus bisa berupa video pendek hingga yang durasinya panjang.

c. Status Update

Fitur ini merupakan fitur dasar ketika orang pertama kali membuka facebook. Biasanya orang pertama kali akan update status. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memposting pesan, baik berupa teks, gambar, maupun video. Status yang telah dibuat dan diposting dapat dilihat oleh teman-teman yang ada di facebook.

d. Friends

Fitur friends digunakan untuk menambahkan teman di facebook dan juga mencari teman.caranya adalah dengan mengetik di pencarian kemudian mengirimkan permintaan pertemanan (sent friend request). Jika sudah diterima, maka kedua user bisa saling berteman. Apabila tidak ingin menerima pertemanannya juga bisa menolak atau menyembunyikan dengan cara klik “not now”.

e. Like

Fitur like berarti ada respon positif dari teman-teman dari status yang telah dibuat. Pengguna lain bisa memberikan feedback berupa like, komentar, atau stiker kepada status yang telah kamu buat.

5. Twitter

Twitter adalah konsep jejaring sosial dan microblogging. Pengguna twitter sudah mencapai lebih dari 500 juta pengguna bersaing dengan facebook.

Fitur Twitter

Berikut fitur-fitur Twitter yang bisa kita gunakan.

a. Direct Message (DM)

Fitur DM atau direct messages memungkinkan komunikasi antar pengguna secara dua arah. Pihak pengirim pesan hanya dapat mengirimkan DM ke pihak yang sudah memfollow dirinya. Hanya saja pada fitur ini terbatas dengan batasan 140 karakter. Dua pengguna twitter yang saling follow dapat berkirim pesan.

b. Follow

Fitur follow digunakan untuk mengikuti timeline dari orang yang diikuti. Orang yang saling kenal di dunia nyata biasanya akan saling follow satu sama lain. Bisa juga untuk follow tokoh yang diidolakan. Apabila akun twitternya tidak digembok, maka bisa langsung mengikuti aktivitas timelinenya. Dan untuk yang akunnya dikunci, maka akan diarahkan untuk menunggu konfirmasi dari si pemilik akun.

c. Follower

Fitur follower adalah kumpulan akun twitter yang saling mem-follow. Biasanya seorang follower akan memutuskan untuk mem-follow sebuah akun karena tertarik dengan karakteristik tweet yang akun tersebut cuitkan.

d. Tweet

Tweet merupakan tulisan yang dapat diposting pada timeline twitter. Jumlahnya hanya bisa sampai 140 karakter. Meskipun dibatasi hanya sampai 140 karakter, sebenarnya pengguna twitter bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk menulis lebih panjang seperti Twitlonger, Socialscope, dan masih banyak lagi.

e. Retweet (RT)

Retweet artinya meneruskan suatu tweet yang ada pada timeline sehingga follower bisa melihat tweet tersebut. Retweet adalah salah satu attitude twitter yang sopan karena tetap mencantumkan sumber asli yang pertama kali membuat tweet, meskipun ada oknum yang sampai sekarang meng-crop nama penulisnya.

6. Line

Line merupakan aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna untuk saling berkomunikasi melalui jaringan internet. Hamper sama dengan Whatsapp, Line juga bisa untuk mengirim pesan teks, foto, video, dokumen, dan link.

Fitur di Line

Fitur-fitur yang ada pada Line antara lain:

a. Chat, Voice Call, Video Call, Story, Grup

Mirip dengan media sosial lainnya, line juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti berkirim pesan teks, gambar, video, telepon, video call, atau bisa obrolan melalui grup. Sesama pengguna juga bisa berkirim lampiran (attachment) seperti dokumen, JPG, PNG, dan lain-lain.

b. Stiker

Line memang terkenal dengan stikernya yang unik dan lucu. Melalui took stiker yang ada pada line, pengguna dapat mengunduh stiker pilihan, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

c. Line Jobs

Bagi pengguna line yang sedang mencari pekerjaan, ada fitur Line Jobs. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mencari pekerjaan di lokasi terdekat. Line bekerja sama dengan beberapa situs loker yang legal dan terpercaya.

d. Line Today

Line Today adalah fitur yang ada pada line berisi portal berita yang memuat informasi menarik seputar dunia hiburan, teknologi, music, games, dan lain-lain. Line Today juga bekerja sama dengan beberapa media di Indonesia.

c. Line Webtoon

Portal webtoon ini dikembangkan di Korea Selatan pada tahun 2004.  Pengguna line bisa membaca beragam komik seru dan menghibur secara gratis.

7. LinkedIn

LinkedIn adalah salah satu media sosial yang berfokus pada jaringan profesional dan bisnis. LinkedIn digunakan untuk memajang keahlian dan pengalaman yang dimiliki seseorang, baik itu karyawan, pengusaha, pengusaha, dosen, hingga mahasiswa. Dengan LinkedIn, seseorang dapat membuat profil profesional dengan menambahkan CV foto, pendidikan, hingga pengalaman-pengalaman lain.

Fitur-fitur LinkedIn

a. Berbagi postingan

Seperti social media yang lain, linkedin juga memungkinkan penggunanya berbagi postingan. Pengguna bisa membagikan postingan dari tulisannya sendiri maupun milik orang lain.

b. Terhubung dengan Jaringan

Fitur ini memungkinkan pengguna terhubung dengan akun lain yang sekiranya memiliki pengalaman pekerjaan dan minat yang sama. Selain itu, pengguna juga bisa terhubung dengan para tokoh sukses, CEO, founder dan lain-lain.

c. Temukan Pekerjaan

Melalui fitur ini, pengguna bisa menemukan pekerjaan yang diinginkan. Pengguna bisa menulis posisi dan keahlian sesuai dengan kota mana yang hendak dituju.

d. Akun Premium

Fitur akun premium bisa digunakan untuk memulai karier, bisnis, penjualan hingga perekrutan. Bagi pengguna yang ingin memperluas jaringan, fitur ini sangat tepat. Pengguna bisa mendapatkan pesan langsung ke perekrut, informasi pelamar, penjelajah rahasia, siapa yang melihat profil kamu, serta kursus melalui video online.

8. Tiktok

Tiktok merupakan aplikasi yang digunakan untuk merekam, mengedit, dan mengunggahnya ke beberapa social media. Dengan Tiktok, bisa membuat video pendek dengan disertai musik dan tulisan. Konten yang unik, biasanya akan cepat viral.

Fitur Tiktok

a. Musik

Tiktok memiliki kumpulan lagu yang sangat banyak dan berbagai macam genre. Dan untuk perizinan musik, lagu-lagu yang ada di tiktok semuanya sudah dilengkapi persetujuan dari pemiliknya.

b. Stiker

Fitur stiker bisa digunakan oleh pengguna supaya konten video yang diunggah lebih kreatif dan menarik. Stiker-stiker yang ada pun unik dan lucu.

c. Filter

Filter pada tiktok memungkinkan penggunanya memainkan tone dan rona sesuai objeknya. Misalnya saat merekam objek pemandangan, maka bisa menambahkan filter yang terlihat natural.

9. Pinterest

Pinterest adalah media social virtual pinboard yang memungkinkan penggunanya untuk membuat koleksi foto maupun album.uniknya, pinterest ini bisa pengguna buat dari hasil unggahan sendiri maupun dari kumpulan gambar pengguna lain yang pengguna temukan di pinterest.

Fitur-fitur Pinterest

a. Visual Search

Visual search yang dimiliki pinterest adalah Lens. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menemukan produk dari hasil foto kamera perangkat yang dimiliki.

b. Group Boards

Untuk kamu yang sedang mengerjakan project bersama teman atau keluarga, fitur ini sangat cocok karena memungkinkan untuk kolaborasi dengan pengguna lain.

10. Telegram

Telegram merupakan aplikasi pesan yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan chatting rahasia yang dienkripsi end to end sebagai keamanan tambahan. Telegram bisa digunakan di android, iphone, windows phone juga computer.

Fitur-fitur Telegram

a. Secret Chat

Meski telegram sudah dilengkapi enkripsi end end to end dalam mengirim pesan, di dalam telegram masih bisa menggunakan keamanan secret chat. Dalam mode secret chat, pesan yang terkirim tidak dapat diteruskan atau disebar kembali, bahkan tidak dapat di-screenshoot. Pesan yang terkirim juga dapat secara otomatis terhapus dalam waktu tertentu.

b. Channel Telegram

Fitur channel telegram memungkinkan pengguna bisa berkomunikasi dengan banyak orang serta dapat diatur hanya pembuat yang dapat mengirim pesan.

Pada fitur ini bisa digunakan untuk melakukan broadcast berupa tulisan, video, atau foto untuk para pengikut channel.

Itulah sosial media paling populer di Indonesia yang pastinya sudah akrab dan menjadi teman dikala senggang.  Apapun pilihan sosial media yang kamu gunakan, sebaiknya selalu digunakan dengan bijak. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel berikut ini :

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

  • Custom logo gratis
  • Akses gratis ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien
  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ahmad