in

17 Fakta Anya Forger Spy x Family Kesayangan dan Idola Kita Semua!

Anya Forger – Gojo-sensei, Mikasa dan Levi Ackerman, Nezuko-chan, Killua Zoldyck, L (musuhnya Kira di Death Note), atau Anya Forger somehow berhasil menarik perhatian pecinta anime dan manga. Dalam titik tertentu, mereka bahkan bisa mengalahkan popularitas tokoh utamanya.

Sekarang memang sudah bukan zamannya lagi tokoh utama harus jadi yang paling menonjol dalam anime. Buktinya, sebagian besar anime terbaik dan tersukses dalam dua dekade terakhir punya karakter pendukung yang tidak kalah terkenal dari tokoh utamanya. Salah satunya adalah Spy x Family.

Anime kocak, absurd, dan seru ini mampu membuat seorang Anya Forger yang wajahnya meme-able dengan “heh”-nya yang unik dan disukai penggemarnya. Jika Grameds termasuk penggemar Anya garis keras, 17 fakta tentang Anya Forger yang sudah kami kumpulkan ini wajib banget kamu ketahui.

Sekilas tentang Anya forger

anya forger
Sumber: kabarbintang.id

Anya Forger adalah anak angkat Loid Forger dan Yor Briar dalam anime Spy x Family. Setelah animenya tayang pada 9 April 2022 kemarin, banyak orang mengidolakan sosoknya.

Dari penampilannya, Anya termasuk salah satu karakter paling lucu di anime. Seperti yang bisa kamu lihat dari gambar di atas, dia memiliki mata hijau yang besar, rambut merah muda, dan tubuh yang mungil. Persis seperti anak kecil yang sering kita lihat, bukan?

Anya juga punya kemampuan membaca pikiran orang lain. Sayangnya, sampai sekarang tak banyak informasi mengenai kemampuannya, baik di manga maupun anime.

Kita hanya diberi tahu bahwa kemampuan tersebut muncul secara tidak sengaja saat Anya menjadi subjek eksperimen ilmiah yang dilakukan oleh sebuah organisasi misterius.

Setelah kabur dari eksperimen tersebut, Anya hidup dari satu panti asuhan ke panti asuhan yang lain sebagai yatim piatu sambil mencari seseorang yang bisa menerima dan merawatnya dengan baik.

Berkat kelebihannya sendiri, Anya kecil harus merasakan bagaimana sakitnya diabaikan oleh keluarga yang mengadopsinya. Pengalaman ini cukup untuk membuat mentalnya hancur dan meninggalkan trauma yang mendalam.

17 Fakta Anya Forger

anya forger
Sumber: lifestyle.co.id

Tidak bisa dipungkiri, keterbatasan informasi soal sosok Anya membuat kita semua penasaran. So, untuk memuaskan rasa penasaran itu, kami sudah mengumpulkan 17 fakta menarik tentang esper kecil kesayangan kita semua, Anya Forger.

1. Punya Banyak Nama Tapi Nama Aslinya Tidak Pernah Disebutkan

Kamu pastinya sudah tahu bahwa Anya diadopsi oleh Loid dari sebuah panti asuhan kecil dan kurang terkenal demi menyelesaikan misi pentingnya. Loid sengaja memilih panti asuhan minor supaya latar belakang calon anaknya tidak mudah digali oleh siapapun.

Dan saat Loid memilih Anya, kita juga diberi tahu bahwa Anya sering keluar masuk panti asuhan dan sempat beberapa kali diadopsi oleh keluarga yang berbeda. Karena itu dia jadi punya banyak nama, diantaranya: Anya Levski, Anya William, Anya Klein, dan Anya Roche.

Artinya nama asli Anya tidak pernah disebutkan sama sekali. Bahkan jauh sebelum bertemu dengan Loid, Anya justru dipanggil sebagai “test subject 007”.

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-01?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-01?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

2. Pengisi Suara Anya Ternyata Bukan Anak Kecil

Mungkin kamu pernah berpikir bahwa Anya Forger di anime di Spy x Family disuarakan oleh anak kecil karena suaranya yang terdengar imut. Namun, siapa sangka, ternyata pengisi suara (seiyuu) Anya justru wanita dewasa berusia 30-an tahun yang bernama Atsumi Tanezaki.

Tanezaki adalah pengisi suara papan atas yang sudah menyuarakan beberapa karakter anak-anak dalam anime. Mulai dari Emporio Alnino dalam Jojo’s Bizarre Adventure, Mamizuka Kazuma di anime School Babysitters, hingga Tim dalam Great Pretender.

Selain itu, Tanezaki juga pernah mengisi suara dari karakter Hinatsuru di anime Demon Slayer, Amano Miu dalam Blend S, Niki-nya Dr. Stone, Kurata Tome yang ada di Mob Psycho, dan Musica dalam The Promised Neverland.

3. Menyukai Semua Benda yang Berhubungan dengan Mata-Mata

Selain menyukai kacang, esper cilik imut ini juga punya beberapa benda favorit lain yang cukup “nyeleneh” jika melihat umurnya. Karena dia senang menonton serial kartun detektif Bondman, dia menyukai semua benda yang berhubungan dengan mata-mata, seperti pistol dengan peredam, bom, dan yang lainnya.

4. Awalnya Anya Punya Desain yang Lebih Dewasa

Pada awalnya, Tatsuya Endo ingin menggambar Anya dengan penampilan yang lebih dewasa dibandingkan desain yang sekarang. Alasannya karena Anya terinspirasi dari Ashe Talton, karakter dari manga one shot karya Endo, yaitu Ashe of Purgatory. Ini terlihat dari tanduk kecil, potongan rambut, dan juga wajah mereka yang tidak terlalu berbeda.

5. Anya Bukan Esper Murni

Sejak episode pertama, tepatnya saat Anya bertemu dengan Loid Forger, kita langsung diberitahu bahwa dia punya kemampuan khusus untuk membaca pikiran orang lain.

Nah, ternyata Anya tidak lahir dengan kemampuan tersebut. Dia baru bisa membaca pikiran setelah menjadi kelinci percobaan dalam sebuah eksperimen yang dijalankan oleh organisasi misterius.

Berkat kemampuannya ini, Anya berhasil membohongi Loid Forger dan keluar dari panti asuhan. Sampai sekarang, baik di manga maupun anime, Loid Forger masih belum mengetahui Anya adalah seorang esper.

6. Anya Takut Diabaikan

anya forger

Meski punya kemampuan khusus, Anya tidak selalu disenangi oleh orang-orang di sekitarnya. Buktinya, sebelum bertemu Loid, dia selalu dikembalikan oleh keluarga yang mengadopsinya karena mereka tahu bahwa Anya bisa membaca pikiran.

Hal inilah yang akhirnya membuat Anya takut diabaikan oleh Loid Forger. Terutama saat dia membaca pikiran Loid mengenai misi tak langsung yang ditugaskan untuknya.

Sering kali Anya berpikir Loid akan membuangnya jika dia gagal menjalankan misinya tersebut. Menariknya, motivasi dan kesungguhan Anya untuk menyelesaikan setiap misi rahasia itu justru sering berubah menjadi kekacauan yang merepotkan orang tua angkatnya.

7. Kemampuan Anya Bisa Hilang

Dalam chapter 26 manga Spy x Family, diungkapkan bahwa kemampuan Anya bisa hilang ketika bulan tidak terlihat. Ketika dia masih menjadi subjek eksperimen, para ilmuwan yang ada di lab menyebutkan bahwa ada sebuah kondisi yang dikenal sebagai “eclipsing”. Nah, ketika eclipsing ini terjadi, kemampuan membaca pikiran milik Anya akan hilang.

8. Anya Belum Bisa Mengontrol Kemampuannya dengan Baik

Bisa membaca pikiran orang lain yang ada di sekitar kita memang terdengar menyenangkan, tetapi ternyata kemampuan ini bisa menjadi kelemahan jika tidak bisa dikontrol dengan baik.

Seperti Anya, misalnya, dia punya kelemahan yaitu tidak bisa berada di tempat ramai sebab kekuatannya masih belum terkontrol 100%. Sebagai akibatnya dia akan “kebanjiran” isi pikiran orang-orang yang ada di sekitarnya. Karena itu, setiap kali berada di kerumunan Anya pasti akan merasa lelah dan pusing.

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-02?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-02?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

9. Tidak Ada yang Tahu Umur Asli Anya

Kita semua tahu bahwa Anya memang seorang bocah dari sifatnya yang kekanak-kanakan dan dalam episode pertama, Anya bilang dia berusia 6 tahun. Namun, pernyataan itu masih diragukan kebenarannya, sebab ada kemungkinan dia berbohong pada Loid soal usianya demi keluar dari panti asuhan.

Coba tonton lagi episode 1 anime Spy x Family, saat Loid bertemu dengan Anya untuk pertama kali, dia tidak pernah bertanya soal umur pada Anya. Bahkan, yang dia lakukan hanya berpikir mungkin Anya belum bisa masuk ke Eden Academy karena penampilannya tidak seperti anak usia 6 tahun. Dan karena Anya bisa membaca pikiran Loid, Anya langsung mengatakan usianya 6 tahun.

Informasi soal usia Anya yang sebenarnya tidak pernah diberitahukan sama sekali, baik di dalam anime, manga, atau website resminya. Bahkan Franky, informan andalan Loid, tidak bisa menemukan catatan soal umur esper kecil imut kita yang satu ini.

10. Anak yang Jenius

anya forger
Sumber: shopee.co.id

Anya pernah bilang bahwa dirinya tidak senang belajar dan di sekolah kepintarannya jauh di bawah standar, baik dalam akademik, olahraga, atau seni. Akan tetapi, ketika dia belajar untuk menghadapi tes tulis masuk ke Eden Academy, dalam lembar soalnya terlihat pertanyaan-pertanyaan yang cukup sulit.

Di situ ada soal tentang menghitung area segitiga dan membaca grafis yang mana jika terbilang sulit untuk ukuran tes masuk Sekolah Dasar. Kalau dibandingkan dengan negara kita, persyaratan masuk SD hanya mampu membaca dan menulis. Itupun belum semua sekolah menerapkannya.

Tapi ya balik lagi, namanya juga fiksi, penulis bebas membuat latar tempat sesuai dengan keinginannya. Dan karena Anya bisa lolos ujian masuk ke Eden Academy, berarti bisa dibilang dia merupakan anak yang jenius.

11. Anya Bertingkah Seperti Anak Kecil pada Umumnya

Fakta ini mungkin terdengar rancu, tapi kalau dipikir ulang ini justru membuat Anya is Anya. Dibandingkan dengan siswa lain di Eden Academy, Anya bisa dibilang sebagai anak kecil yang paling normal.

Coba lihat Becky Blackball yang mencoba bertingkah seperti wanita dewasa dan dia bahkan menyukai Loid Forger. Atau Damian Desmond, anak laki-laki yang harus Anya dekati, dia punya sikap arogan. Mereka berdua tidak pernah menunjukkan sikap anak kecil pada umumnya.

12. Memiliki Peran yang Penting

Anya adalah tokoh dengan peran yang sangat penting untuk penonton dan seri Spy x Family itu sendiri. Alasannya karena dia satu-satunya tokoh yang mengetahui semuanya dan ini membuatnya menjadi “jembatan” antara cerita Spy x Family dan penontonnya.

Anya tahu bahwa papanya adalah seorang mata-mata dan ibunya adalah seorang pembunuh. Ya bisa dibilang, berkat kemampuan telepati miliknya, kita jadi bisa mengerti banyak hal saat menonton aksi keluarga Forger.

https://www.gramedia.com/author/author-endo-tatsuya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/author/author-endo-tatsuya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

13. Kalau Mau, Anya Bisa Belajar Sesuatu dengan Baik

Last but not least, Anya sebenarnya bisa mempelajari sesuatu dengan baik selama dia mau. Ini dibuktikan pada saat dia meninju wajah Damian Desmond di sekolah. Di episode 6, sebelum meninju Damian, Anya melihat sekelilingnya untuk memastikan tidak ada guru (atau saksi) yang melihat aksinya.

Sayangnya, kemampuan berbohongnya masih jauh dari papanya. Karena itu, ketika berhadapan dengan Henderson, dia justru mengatakan kebohongan yang mudah dipatahkan, yaitu Damian yang berlari ke arah tinjunya.

Di samping itu, Anya juga mengingat pelajaran dari ibunya tentang satu-satunya alasan yang bisa diterima untuk melakukan kekerasan adalah ketika dia membela teman baiknya. Karena itulah dia mengakui meninju Damian untuk menyelamatkan Becky dari masalah. Ya meskipun masih ada beberapa hal yang dia sembunyikan dari Henderson.

Namun tetap saja, apa yang Anya lakukan terutama menggabungkan pelajaran dari Loid dan Yor membuktikan bahwa dia bisa belajar sesuatu dengan baik.

14. Boneka Kesayangan Anya Bernama Chimera

Kalau kamu perhatikan, sejak awal Anya selalu ditemani oleh sebuah boneka singa berwarna merah dengan dua tanduk dan bulu hijau mengitari kepalanya. Ternyata ini adalah boneka kesayangan Anya yang bernama Chimera.

Bukti bahwa Chimera adalah boneka kesayangan Anya bisa kamu lihat pada saat Loid membawa Anya keluar dari panti asuhan. Saat itu, Anya langsung mengambil Chimera dan pergi bersama Loid. Selain itu, dia juga mengenalkan bonekanya pada Yor yang baru pindah ke rumah keluarga Forger.

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-04?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-04?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasiekomendasi

15. Penentu Keselamatan Dunia dalam Spy x Family Universe

anya forger

Bulan Oktober tahun 2022, Spy x Family season 2 siap menyambut penggemarnya yang sudah tak sabar melihat aksi keluarga Forger. Kalau melihat dari ceritanya, baik manga maupun anime Spy x Family masih jauh dari kata tamat. Masih banyak misteri tentang Anya yang belum terungkap.

Lebih dari itu, misi Loid Forger untuk menyelamatkan dunia bergantung pada esperi imut dan lucu kesayangan kita ini. Tanpa Anya, misi Loid tidak akan beranjak kemana-mana. Ini berarti keselamatan dunia sangat bergantung pada Anya yang merupakan seorang anak kecil dengan kemampuan telepati dan seribu ekspresi wajah yang meme-able.

16. Anya adalah Gadis Kecil yang Bisa Diandalkan

Sebagai satu-satunya orang yang mengetahui rahasia semua anggota keluarga Forger, Anya berusaha sekuat tenaga untuk menjaga rahasia ini. Tujuannya jelas: untuk mempertahankan eksistensi keluarga Forger.

Ketika Loid harus menjalankan misi mata-matanya Anya akan membuat Yor sibuk, begitupun sebaliknya. Saat Yor disibukan dengan pekerjaan aslinya, Anya hadir untuk mencegah Loid mengetahui pekerjaan ibunya.

Dia bahkan berani membahayakan keselamatannya sendiri untuk menjaga rahasia orang tuanya dan mempertahankan keluarganya. Memang benar, dalam beberapa kesempatan Anya bisa salah memahami situasi, namun selama ini semua masalah yang dia timbulkan selalu berakhir dengan baik-baik saja.

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-05?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-05?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

17. Dibanding Anak Kecil dalam Anime Lain, Karakter Anya Jadi yang Paling Realistis

Yup, Anya Forger dalam Spy x Family bertingkah persis seperti anak kecil usia kurang dari tujuh tahun yang sering kita lihat langsung. Dia mempunyai ambisi yang tidak terkontrol, kekanak-kanakan, sekaligus polos.

Jika dibandingkan dengan anak kecil dalam anime lain, ini jelas lebih realistis. Kita ambil contoh dalam The Promised Neverland, anak kecil berusia tidak lebih dari 11 tahun bisa merencanakan pelarian diri dari panti asuhan yang dikelola oleh iblis. Atau Killua Zoldyck di Hunter X Hunter yang baru berusia 12 tahun dengan tujuan hidup menghabisi semua anggota keluarganya.

Karakter anak kecil pada diri Anya semakin kuat karena studio yang menggarap anime Spy x Family sangat memperhatikan detail-detail kecil dalam kehidupan sehari-hari Anya. Contohnya ketika naik bus, Anya cukup kesulitan untuk menaiki tangga karena kaki pendeknya.

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-06?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/spy-x-family-06?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Nah Grameds, itulah dia 17 fakta Anya Forger, si kecil yang imut dan menggemaskan dari keluarga Forger di anime Spy x Family. Jangan lupa, sebentar lagi Spy x Family Season 2 rilis. Artinya, kamu bisa melihat kekonyolan Anya dan tingkah ajaibnya!

Jika kamu ingin mencari buku komik tentang Spy x Family, maka bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gilang

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi