Lifestyle

Kreatif: Pengertian, Bentuk, Ciri-Ciri, dan Contoh

Written by Restu

Pengertian Kreatif – Dewasa ini, setiap orang sudah dituntut untuk selalu berpikir kreatif terutama dalam dunia kerja, sehingga sudah banyak orang mengatakan bahwa di zaman modern ini kreatif itu seperti sebuah kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap orang. Kemampuan kreatif ini sebenarnya sudah dimiliki oleh setiap orang, tetapi tidak semua orang dapat memaksimalkan kemampuan ini. Padahal hampir semua kegiatan di zaman modern dibutuhkan kemampuan untuk berpikir kreatif. Jadi, jangan pernah malas untuk mengasah kemampuan kreatif ini.

Kemampuan kreatif ini merupakan sumber kekuatan dari lahirnya inovasi. Oleh sebab itu, kemampuan kreatif seringkali digunakan pada dunia bisnis. Dalam dunia bisnis, kemampuan kreatif akan digunakan untuk membuat produk-produk baru agar tetap bersaing dengan kompetitor dan konsumen tidak merasa bosan. Bahkan, kreatif pada bidang bisnis juga digunakan untuk memikirkan cara promosi produk. Dengan promosi yang kreatif inilah bisa meningkatkan penjualan suatu produk.

Pada dasarnya, kemampuan kreatif ini sudah bisa kita lihat pada bangunan, fasilitas umum, dan kendaraan. Ketiga hal itu bisa ada di dunia ini berkat adanya seseorang atau kelompok yang memiliki kemampuan kreatif. Tak bisa dibayangkan, jika kemampuan kreatif ini tidak ada sejak dulu, mungkin saja hingga saat ini kita belum bisa menggunakan kendaraan atau tidak bisa melihat bangunan dan fasilitas umum.

Kemampuan kreatif akan terus mengikuti perkembangan zaman. Jadi, kamu harus bisa menyesuaikan kemampuan kreatif dengan perkembangan zaman agar tetap bersaing dengan individu lain. Semakin cepat menyesuaikan kemampuan kreatif dengan perkembangan zaman, maka semakin cepat juga kamu bisa bersaing dengan orang lain.

Lalu, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan kreatif? Nah, supaya kamu mengetahui lebih dalam tentang kreatif dan bisa mengembangkan kemampuan kreatif, maka perlu mengetahui apa itu kreatif. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang kreatif, jadi simak ulasannya sampai habis, Grameds.

Pengertian Kreatif

Sebelum membahas lebih dalam tentang kreatif, kita akan membahas terlebih dahulu tentang pengertian kreatif. Kebanyakan orang ketika mendengar kaa “kreatif” selalu mengarah kepada seorang seniman dan seorang sastrawan. Padahal, kenyataannya, kreatif itu sendiri memiliki arti yang sangat luas, sehingga tak bisa ditujukan pada seorang seniman atau seorang sastrawan saja. Secara sederhana, kreatif merupakan suatu kemampuan untuk membuat suatu hal.

Bahkan, kreatif sudah dimiliki oleh setiap orang, sehingga ketika melihat dua orang menggambar rumah tidak akan selalu sama. Hal ini dikarenakan kreatif yang dimiliki oleh setiap orang berbeda-beda. Selain itu, hal yang perlu digarisbawahi dari kemampuan kreatif adalah kemampuan kreatif bisa dikembangkan sesuai dengan keinginan diri sendiri. Jadi, kemampuan kreatif bisa diperoleh secara otodidak atau diasah dengan mengikuti beberapa kursus.

Pada dasarnya, pengertian kreatif ini bisa berbeda-beda dan biasanya disesuaikan dengan suatu bidang yang dikerjakan. Akan tetapi, umumnya kreatif berarti suatu kemampuan atau keahlian yang sudah dimiliki oleh seseorang atau kelompok yang di mana mereka bisa menemukan berbagai macam inovasi dan bisa menyelesaikan masalah dengan cara yang baru.

Maka dari itu, seseorang yang kemampuan kreatifnya sudah diasah dengan baik, ketika ada masalah pasti akan cepat menemukan solusi dari permasalahan tersebut, sehingga masalah bisa diselesaikan dengan baik dan cepat.

Sedangkan, kemampuan kreatif yang berkaitan dengan inovasi bisa dilihat pada seseorang atau kelompok yang selalu menemukan hal-hal baru yang lebih fresh dan disenangi oleh banyak orang. Oleh karenanya, kemampuan kreatif sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis untuk menciptakan produk-produk baru serta dibutuhkan juga dalam dunia kreatif, baik itu di media televisi atau di media sosial.

Kata “kreatif” sebenarnya berasal dari bahasa Inggris, yaitu To Create. To Create merupakan singkatan dari kata combine, reverse, eliminate, alternative, twist, elaborate. Combine adalah menggabungkan atau penggabungan dari sesuatu hal dengan hal-hal lainnya. Reverse berarti membalik, yang dimaksud dengan membalik adalah membalik beberapa bagian.

Eliminate yang berarti menghilangkan yang dimaksud menghilangkan adalah menghilangkan beberapa bagian. Alternative yang berarti kemungkinan, yang dimaksud kemungkinan adalah mencari cara lain agar berhasil mencapai tujuan. Twist yang berarti memutar atau bisa dibilang sebagai memutarkan suatu hal dengan ikatan. Elaborate yang berarti memerinci atau menambah suatu hal.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kreatif adalah memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan untuk menciptakan. Dari pengertian KBBI ini bisa dibilang kalau kreatif itu merupakan suatu kemampuan untuk membuat sesuatu yang baru. Oleh sebab itu, bagi sebagian orang mengatakan bahwa kreatif adalah suatu kemampuan untuk menemukan inovasi. Jadi, mulailah dari sekarang untuk mengasah kemampuan kreatif yang ada di dalam diri kamu.

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mengungkapkan pengertian dari kreatif, di antaranya:

Kuper

Kuper mengatakan bahwa kreatif adalah sebuah konsep atau metode yang sifatnya majemuk dan multidimensional, sehingga sulit diartikan secara operasional. Ia juga mengatakan bahwa wujud dari kreatif, seperti tindakan manusia,  yang di mana dengan kemampuan kreatif, maka bisa menciptakan produk-produk kreatif.

Sternberg

Sternberg mengungkapkan bahwa kreatif adalah seseorang yang mampu berpikir dengan sintetis yang jika diartikan bahwa seseorang bisa melihat setiap hubungan yang ada, tetapi orang lain tidak dapat melihatnya, memiliki kemampuan untuk menganalisa setiap ide yang muncul, dapat mengevaluasi nilai atau kualitas karya yang telah dibuat, dapat menerjemahkan setiap teori serta hal-hal yang sifatnya abstrak menjadi ide-ide kreatif, sehingga seseorang bisa membuat orang lain yakin tentang ide-ide yang telah disampaikan.

Supriadi

Menurut Supriadi, kreatif adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang yang digunakan untuk menciptakan suatu hal yang baru, baik itu berupa gagasan atau karya yang cenderung berbeda dengan karya-karya yang sudah ada. Kreativitas adalah suatu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang menandakan terjadinya eskalasi dalam kemampuan berpikir yang ditandai dengan suksesi, diskontinuitas, diferensiasi, dan integrasi antara tahap perkembangan.

Shadiq

Shadiq mengungkapkan bahwa kreatif adalah suatu cara untuk memunculkan sebuah konsep yang baru demi suatu kemajuan. Ia juga mengatakan bahwa ketika ide-ide kreatif muncul di dalam angan-angan, sebaiknya segera dipikirkan untuk diubah menjadi ide-ide kreatif yang bisa diwujudkan.

Semiawan

Menurut Semiawan, kreatif adalah sebuah kemampuan yang dipakai untuk memberikan setiap gagasan baru serta diterapkan untuk menyelesaikan suatu masalah yang sedang dihadapi.

Utami Munandar

Menurut Utami Munandar, kreatif adalah suatu kemampuan untuk menciptakan sebuah kombinasi baru yang berdasarkan informasi, data, dan unsur-unsur yang ada.

Clark Moustakis

Clark Moustakis menyatakan bahwa kreatif adalah sebuah pengalam dalam mengaktualisasikan dan mengekspresikan suatu identitas individu dalam bentuk yang terpadu antara hubungan diri sendiri, orang lain, dan alam.

Bentuk Kreatif

Pengertian kreatif

pixabay

Kreatif itu sendiri memiliki beberapa bentuk, yaitu:

1. Ide

Ide adalah suatu pemikiran kreatif yang bersifat unik serta belum pernah terpikirkan sebelumnya. Selain itu, ide juga bisa dikatakan sebagai sebuah pemikiran yang di mana bisa menghasilkan solusi yang bisa digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi.

2. Produk

Produk adalah sebuah pemikiran kreatif yang dapat menghasilkan suatu produk yang bisa digunakan untuk konsumen serta produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Dalam hal ini, produk bisa berupa barang atau jasa.

3. Gagasan

Gagasan adalah suatu ide kreatif yang muncul untuk mengatasi masalah. Gagasan ini bisa disampaikan kepada orang lain melalui tulisan atau secara langsung. Gagasan yang disampaikan melalui tulisan, seperti publikasi, buku, dan sebagainya.

Ciri-Ciri Orang Kreatif

Nah, supaya kamu mudah mengetahui seseorang, apakah memiliki kemampuan kreatif atau tidak, maka perlu mengenali ciri-ciri kreatif. Berikut ini ciri-ciri orang kreatif, yaitu:

1. Suka Dengan Hal-Hal Baru atau Tantangan

Apabila kamu melihat seseorang yang sangat suka dengan hal-hal baru dan tantangan, berarti orang tersebut memiliki kemampuan kreatif atau jangan-jangan kamu sangat suka dengan tantangan? Dengan adanya tantangan, seseorang yang memiliki kemampuan kreatif akan sangat senang karena bisa meningkatkan rasa semangat di dalam dirinya.

2. Mudah Merasa Bosan

Bagi seseorang yang mampu berpikir kreatif, biasanya cenderung mudah merasa bosan karena ia sangat menyukai hal-hal baru yang ada di sekitarnya. Oleh sebab itu, orang kreatif akan selalu menemukan ide-ide kreatif yang lebih fresh dan bisa mewujudkannya menjadi sebuah produk barang atau jasa.

3. Sangat Senang Berimajinasi

Seseorang yang sangat suka berimajinasi memiliki kecenderungan kalau dirinya memiliki kemampuan kreatif yang baik. Hal ini dikarenakan dengan berimajinasi dapat mengasah pemikiran kreatif, bahkan pemikiran kreatif itu bisa sampai diwujudkan. Biasanya otak kanan seseorang yang sering berimajinasi lebih dominan daripada otak kirinya. Oleh sebab itu, seseorang yang senang berimajinasi juga sering dikenal sebagai pemimpi yang bisa mewujudkan imajinasinya menjadi nyata.

4. Perilakunya Cepat Berubah

Seseorang yang mampu berpikir kreatif, perilakunya cepat sekali berubah atau bisa dibilang perubahan perilaku tersebut disebabkan karena mood-nya juga berubah. Maka dari itu, kepribadian seorang yang kreatif akan susah untuk ditebak. Selain itu, orang kreatif memiliki rasa empati yang cukup tinggi.

5. Mudah Beradaptasi

Seseorang yang mampu berpikir dengan kreatif akan sangat cepat beradaptasi terutama dalam menciptakan ide atau gagasan guna menciptakan hal-hal yang baru. Selain itu, kemampuan beradaptasi ini bisa digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan cepat dan tepat.

Cara Mengembangkan Kreatif

pixabay

Rasanya seperti ada yang kurang kalau ketika membahas pengertian kreatif, tetapi tidak membahas cara mengembangkan kreatif. Berikut ini cara-cara atau langkah-langkah untuk mengembangkan kemampuan kreatif.

1. Mengamati Suatu Hal-Hal Di Sekitar

Mengamati berbagai macam hal yang ada di sekitar kamu dengan menggunakan semua alat indera yang kamu miliki. Pengamatan yang dilakukan dengan alat indera secara maksimal akan melatih diri kamu dalam mengasah ingatan. Ingatan yang diasah akan meningkatkan kemampuan kreatif, sehingga ide-ide kreatif akan selalu muncul.

Dalam hal ini, hal-hal yang diamati bisa apa saja, mulai dari hal-hal yang kamu sukai hingga hal-hal yang baru. Semakin banyak melakukan pengamatan dengan alat indera, maka alat indera kamu akan semakin terlatih yang di mana akan memengaruhi ide-ide kreatif yang akan diwujudkan.

2. Sering Berimajinasi

Sudah menjadi hal umum bagi setiap orang kalau berimajinasi merupakan suatu hal yang bisa mengasah kemampuan berpikir. Kemampuan berpikir yang semakin terasah akan memunculkan ide-ide kreatif yang lebih banyak. bahkan pentingnya imajinasi pernah diungkapkan oleh Albert Einstein, “imajinasi lebih penting daripada pengetahuan”.

Pada dasarnya, imajinasi ini bisa didapatkan dari mana saja dan kapan saja tergantung setiap individu. Namun, umumnya imajinasi bisa muncul ketika seseorang sedang berkhayal, merenung, dan mencari cara untuk memperbaiki suatu hal atau karya. Jadi, jangan pernah berhenti untuk berimajinasi.

3. Selalu Menggunakan Pola Pikir yang Out of The Box

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya kalau kreatif itu merupakan sumber dari terciptanya inovasi. Oleh sebab itu, supaya kemampuan kreatif berkembang, maka kamu perlu menggunakan pola pikir yang berbeda dalam menghadapi masalah dan dalam menciptakan suatu produk atau karya.

Pola pikir yang out of the box sebenarnya bisa diasah, sehingga balik lagi kepada setiap individu, apakah ingin mengasah pola pikir yang berbeda pada umumnya atau tetap menggunakan pola pikir yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang.

4. Selalu Berusaha Melakukan Suatu Hal yang Baru

Langkah untuk mengembangkan kreatif selanjutnya adalah selalu berusaha melakukan suatu hal yang baru. Pada dasarnya tidak harus selalu hal yang baru, bisa juga hal-hal yang jarang dilakukan oleh orang lain. Dengan melakukan hal ini, kamu akan terbiasa untuk menemukan ide-ide kreatif yang bisa diwujudkan, baik itu untuk diri sendiri atau untuk kebutuhan industri atau perusahaan.

5. Menambah Wawasan

Dalam mengembangkan kemampuan kreatif, menambah wawasan sangatlah penting karena semakin banyak wawasan yang kamu miliki, maka akan semakin mudah untuk menemukan ide-ide kreatif dan semakin mudah juga untuk mewujudkannya. Pada umumnya, menambah wawasan diperoleh dengan cara membaca buku. Namun, seiring berkembangnya waktu, menambah wawasan bisa dilakukan melalui artikel online, media sosial, pameran, pergi ke luar negeri, dan sebagainya.

6. Disiplin

Semua langkah untuk megembangkan kemampuan kreatif, jika tidak diikuti dengan perilaku disiplin akan sia-sia. Hal ini dikarenakan dengan perilaku disiplin akan membuat kamu terbiasa melakukan suatu hal dengan tertib. Selain itu, perilaku disiplin ini bisa menciptakan ide-ide kreatif yang baru, sehingga kamu tidak akan khawatir kehabisan ide-ide kreatif. Perilaku disiplin, sebaiknya sudah dilakukan sejak kecil agar ketika dewasa sudah terbiasa menerapkan perilaku disiplin.

7. Selalu Berusaha Untuk Mencatat

Langkah terakhir yang perlu dilakukan untuk mengembangkan kemampuan kreatif adalah selalu berusaha untuk mencatat. Hal ini sebaiknya dilakukan ketika sedang mewujudkan ide-ide kreatif. Selain itu, mencatat juga bermanfaat untuk mengevaluasi apa saja kekurangan dari ide-ide kreatif yang diwujudkan. Kegiatan mencatat ini bisa dilakukan di buku, handphone, dan sebagainya.

Contoh Kreatif

Pada dasarnya, contoh dari perilaku kreatif sangat banyak. Di bawah ini akan diberikan beberapa contoh dari tindakan kreatif, yaitu:

1. Mengubah barang-barang yang sudah tidak terpakai (bekas) menjadi barang-barang yang bisa digunakan. Misalnya, mengubah botol plastik menjadi pot.

2. Menciptakan produk-produk baru yang baru atau jarang sekali digunakan oleh banyak orang. Misalnya, membangun usaha sendiri.

3. Membuat skenario film, baik itu film untuk di televisi, bioskop atau media streaming.

4. Mengubah sampah menjadi pupuk organik.

Kesimpulan

Kreatif adalah sebuah kemampuan yang sudah dimiliki oleh setiap orang untuk menciptakan hal-hal atau produk-produk baru serta digunakan juga untuk mencari solusi dari suatu permasalahan yang sedang terjadi. Meskipun kemampuan kreatif sudah ada sejak kecil, tetapi tidak semua orang ingin untuk mengasah kemampuan itu. Maka dari itu, supaya kemampuan kreatif tidak pernah habis, maka seseorang harus berkeinginan kuat untuk mengasah kemampuan tersebut.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Sumber: Dari berbagai macam sumber



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien