Hukum

Kenapa Norma Diperlukan dalam Masyarakat? Ini Penjelasannya

Written by Rifda Arum

Kenapa Norma Diperlukan dalam Masyarakat – Manusia sebagai makhluk sosial tentunya akan butuh melakukan interaksi dengan makhluk lainnya, contohnya seperti berinteraksi dengan teman, keluarga hingga yang lebih luas yaitu berinteraksi dengan masyarakat lain seperti tetangga.

Akan tetapi, setiap individu memiliki karakter, kepribadian serta sifat dan perilaku yang berbeda-beda. Karena hal tersebutlah, maka norma akan dibutuhkan dalam masyarakat. Sehingga, setiap individu dapat menempatkan dirinya dengan baik sesuai dengan norma yang disepakati dan tidak menimbulkan konflik. Namun, apakah hanya karena hal tersebut saja norma dibutuhkan? Simak penjelasannya lebih lanjut ya!

https://www.pexels.com/

Pengertian Norma

Sebelum membahas mengenai alasan mengapa norma diperlukan dalam masyarakat, Grameds perlu mengetahui pengertian norma terlebih dahulu.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), norma didefinisikan sebagai peraturan maupun ketentuan yang mengikat warga sebagai kelompok dalam masyarakat. Di mana norma tersebut berlaku sebagai tatanan, panduan sekaligus pengedali dari tingkah laku yang sesuai serta berterima di masyarakat.

Pengertian menurut Ensiklopedia Britannica tahun 2015, norma atau disebut pula sebagai norma sosial ialah peraturan yang standar mengenai perilaku yang dimiliki secara bersama oleh anggota kelompok sosial.

John J. Macionis yaitu seorang profesor di bidang Sosiologi mendefinisikan norma sebagai segala jenis peraturan serta harapan yang ada di masyarakat dan akan memandu segala bentuk perilaku yang akan dilakukan oleh anggota masyarakat.

Craig Calhoun, sosiologis asal Amerika pun mengemukakan pendapat, bahwa norma ialah suatu pedoman atau peraturan yang menyatakan mengenai bagaimana seseorang seharusnya bertindak dalam suatu situasi di tengah-tengah masyarakat.

Norma didefinisikan oleh E Utrecht sebagai segala himpunan atau kumpulan petunjuk hidup yang dapat digunakan untuk mengatur berbagai macam tata tertib yang ada pada masyarakat serta bangsa. Dimana norma tersebut, harus ditaati oleh setiap individu dan apabila melanggar, maka akan ada konsekuensi dari pihak berwenang dalam masyarakat.

Seorang sosiologis dari Jerman bernama Bellebaum mendefinisikan norma sebagai suatu alat yang dapat digunakan untuk mengatur individu pada suatu lingkungan masyarakat, agar setiap individu mampu bertindak serta berperilaku sesuai dengan keyakinan serta sikap yang berlaku pada lingkungan tempat ia berada.

Soerjono Soekanto pun mendefinisikan norma sebagai suatu perangkat, di mana norma tersebut dibuat dengan tujuan agar hubungan yang ada pada suatu lingkungan masyarakat, mampu berjalan sesuai dengan apa yang telah diharapkan dan diinginkan oleh kelompok masyarakat.

Dari pengertian mengenai norma tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa norma ialah aturan yang telah dibentuk sedemikian rupa sebab ada kebutuhan dari masyarakat akan ketertiban yang sama-sama ingin dicapai dalam kehidupan sehari-hari, apabila seorang individu melanggar norma yang telah disepakati dan berlaku tersebut, maka akan ada hukuman atau konsekuensi yang diberikan oleh pihak berwenang. 

Beli Buku di Gramedia

Kenapa Norma Dibutuhkan dalam Masyarakat? 

Norma atau peraturan merupakan sesuatu hal yang keberadaannya dinilai sangat dibutuhkan dalam berbagai lapisan kehidupan masyarakat. Hal ini dikarenakan, apabila norma tersebut tidak ada, maka setiap individu dapat berbuat sesuka hati dan tidak mempertimbangkan orang lain yang berada di sekitarnya. Sehingga, karena alasan tersebutlah, maka norma dibutuhkan hadir dalam masyarakat. Norma dapat membuat perilaku setiap individu menjadi lebih teratur dan tetap menjalankan hak maupun kewajiban yang dimiliki oleh tiap individu.

Adapula beberapa alasan, kenapa norma dibutuhkan hadir dalam masyarakat. Berikut penjelasannya. 

1. Dapat mewujudkan ketertiban masyarakat

Norma hadir dan diciptakan dalam masyarakat dengan tujuan untuk mewujudkan ketertiban pada masyarakat. Contohnya seperti aksi mencuri, tindakan mencuri merupakan tindakan yang tercela serta tidak ada nilai kebenaran di dalamnya.

Sehingga, ketika ada anggota masyarakat yang ketahuan mencuri maka ia akan mendapatkan sanksi dan konsekuensi atas tindakannya tersebut. Baik itu sanksi sosial seperti dihindari oleh anggota masyarakat lainnya, mendapatkan cemoohan maupun sanksi hukum, seperti diadili sesuai dengan peraturan yang berlaku di masyarakat. Sanksi tersebut adalah wujud dari implementasi dari norma, yang telah dibangun sebelumnya.

Apabila tidak ada norma yang berlaku di masyarakat, maka bisa dibayangkan betapa kacaunya lingkungan masyarakat dan hilangnya rasa tentram serta aman di lingkungan.

2. Norma menjadi pengontrol sosial

Alasan kedua mengapa norma harus ada di dalam masyarakat ialah karena norma dapat menjadi pengontrol sosial, alasan yang kedua ini juga berkaitan dengan alasan pertama. Di mana ketika ada anggota masyarakat yang berbuat semena-mena, salah maka ia akan mendapatkan konsekuensi berupa sanksi yang telah disepakati bersama.

Karena sanksi yang menanti tersebut, maka setiap individu pun akan lebih berhati-hati ketika bertindak. Sebab anggota masyarakat akan takut, apabila perbuatan yang ia lakukan salah ia akan menerima sanksi. Baik itu sanksi hukum maupun sanksi sosial.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Sebagai pengontrol sosial, norma berfungsi seperti pengawas yang tidak terlihat oleh masyarakat dalam sebuah lingkungan. Meskipun tidak terlihat akibat yang akan diterima oleh masyarakat adalah  nyata, sehingga masyarakat pun akan lebih berhati-hati ketika bertindak atau mengambil keputusan.

3. Menciptakan keamanan dalam lingkungan masyarakat

Ketika ketertiban telah berjalan sebagaimana mestinya, serta alat pengontrol sosial yaitu norma berjalan, maka kemudian akan tercipta keamanan dalam masyarakat dengan sendirinya.

Keamanan yang hadir dalam masyarakat, akan menciptakan kehidupan yang tenah serta minim terjadi pelanggaran. Artinya kehidupan dalam masyarakat pun akan lebih minim konflik, meskipun sedikit mustahil jika tindak kriminal akan 100 persen terhenti. Akan tetapi norma berfungsi untuk mengurangi tindak kriminal.

Masyarakat yang ingin hidup dalam lingkungan yang aman pun perlu bekerja keras bersama-sama, untuk mengatasi situasi yang tidak selalu dapat diprediksi dan kehidupan dari setiap anggota masyarakat harus berjalan seperti biasa. Oleh karena itu, maka norma pun harus hadir dalam masyarakat dan ditegakan dengan benar oleh setiap lapisan masyarakat.

4. Sebagai suatu pegangan untuk masyarakat

Masyarakat yang tinggal di suatu lingkungan, umumnya akan kebingungan apabila tidak ada aturan yang jelas dan berlaku atau mengikat anggota masyarakat di lingkungan tersebut. Oleh karena itu, norma dinilai sangat penting hadir dalam masyarakat yang berfungsi sebagai dasar bersosialisasi antara satu individu dengan individu lainnya.

Meskipun peraturan yang ada dalam norma ini tidak baku, akan tetapi apabila disampaikan dengan baik maka masyarakat pun akan paham dengan norma-norma tersebut dengan sendirinya.

Contohnya adalah ketika tidak tercantum peraturan tertulis yang berlaku bagi seorang pecandu narkoba. Pecandu narkoba yang ada dalam masyarakat, umumnya akan dijauhi. Mengenai sanksi sosial tersebut, tentu pemerintah atau pihak-pihak tertentu tidak menuliskan secara formal sanksi sosial yang akan didapatkan oleh seorang pecandu narkoba.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Akan tetapi setiap anggota masyarakat, telah paham mengenai sanksi sosial yang akan didapatkan oleh seorang pecandu narkoba. Sesuai dengan penjelasan tersebut, maka norma pun dapat disebut sebagai suatu pegangan, buku pedoman untuk anggota masyarakat apabila ada perbuatan yang menyimpang, salah atau semena-mena maka akan menimbulkan konsekuensi yang setimpal pula.

Beli Buku di Gramedia

5. Norma dalam masyarakat memudahkan terciptanya keseimbangan

Norma atau peraturan yang ada dalam lingkungan masyarakat, akan menjadi penyeimbang kepentingan antar tiap individu di lingkungan masyarakat. Hal ini dikarenakan setiap lapisan masyarakat, anggota masyarakat memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Contohnya seperti pelajar, ibu rumah tangga, atau buruh ketiga adalah anggota masyarakat yang memiliki kepentingan berbeda.

Meskipun berbeda, dengan adanya norma maka setiap masyarakat yang memiliki kepentingan masing-masing tersebut, haruslah mampu menciptakan keseimbangan antara memenuhi kebutuhannya, kepentingannya serta menjaga keamanan maupun ketentraman dalam hidup di lingkungan sosial.

6. Membuat individu terdorong untuk memenuhi hak dan kewajiban

Norma yang berlaku di masyarakat dapat membuat setiap individu menjadi terdorong untuk memenuhi hak serta kewajibannya dengan penuh tanggung jawab.

Hal ini dikarenakan, setiap anggota masyarakat yang tidak memenuhi hak maupun kewajiban maka akan mendapatkan suatu sanksi. Sanksi tersebut akan membuat merasa takut untuk melakukan kejahatan, sehingga dengan cara apapun ia akan berusaha untuk memenuhi hak dan kewajibannya.

7. Menjaga dan melindungi hak setiap anggota masyarakat

Alasan ketujuh norma harus ada dalam masyarakat berkaitan dengan alasan sebelumnya. Karena norma mendorong anggota masyarakat untuk melaksanakan hak serta kewajiban masing-masing, maka setiap hak yang dimiliki oleh anggota masyarakat pun akan terlindungi dan terjaga.

8. Sebagai pembatas 

Norma berfungsi sebagai pembatas antara apa yang boleh dilakukan serta tidak boleh dilakukan oleh anggota masyarakat. Sehingga, norma harus hadir dalam masyarakat karena ia menjadi pembatas yang tak terlihat.

Di mana, masyarakat akan lebih berhati-hati untuk memutuskan tindakan apa yang akan ia lakukan. Apakah tindakan tersebut memiliki dampak negatif yang merugikan orang lain? Ataukah dampak positif, akankah tindakan tersebut menimbulkan konsekuensi yang baik atau buruk.

Itulah delapan alasan, mengapa norma harus hadir di dalam masyarakat.

Beli Buku di Gramedia

Fungsi Norma

Setelah mengetahui alasan norma harus ada dalam masyarakat, Grameds juga perlu mengetahui apa sih sebenarnya fungsi norma itu?

Norma dalam masyarakat, tentu memiliki beberapa fungsi sehingga ia hadir dan ditaati oleh setiap lapisan masyarakat. Berikut beberapa fungsinya.

  • Sebagai pengatur dari tingkah laku, sikap masyarakat sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku dan disepakati bersama.
  • Mampu membantu mencapai tujuan bersama yang ingin diraih oleh masyarakat, seperti memiliki lingkungan yang aman, tentram, damai serta minim konflik.
  • Menciptakan ketertiban serta keadilan dalam lingkungan masyarakat, sehingga setiap anggota masyarakat yang tinggal dalam lingkungan tersebut akan merasa nyaman dan aman.
  • Norma berfungsi sebagai suatu dasar untuk memberikan sanksi, konsekuensi kepada anggota masyarakat yang melanggar aturan-aturan yang ada dalam norma.
  • Norma hadir sebagai pencegah, agar tidak terjadi benturan kepentingan antara anggota masyarakat satu dengan lainnya.
  • Norma berfungsi sebagai petunjuk, pedoman maupun pegangan yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk menjalani hidup dengan nyaman dan aman di lingkungan tempat tinggalnya.
  • Norma dapat menjadi dorongan bagi anggota masyarakat untuk lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan masyarakat, sesuai dengan nilai-nilai yang telah berlaku.

Ciri-Ciri Norma

Apakah norma memiliki ciri-ciri yang dapat dikenali? Tentu saja, berikut adalah beberapa ciri-ciri norma sosial yang ada pada masyarakat.

  • Norma belaku secara umum serta tidak tertulis.
  • Norma adalah bentuk dari hasil kesepakatan setiap anggota masyarakat.
  • Masyarakat menjadi pendukung bagi norma yang berlaku dan bertugas untuk menaati norma-norma tersebut.
  • Anggota masyarakat yang melanggar norma, maka ia akan mendapat sanksi maupun hukuman yang sesuai. Baik itu sanksi secara sosial maupun hukum.
  • Norma pada masyarakat, akan menyesuaikan dengan perubahan sosial yang terjadi, sehingga dapat dikatakan bahwa norma akan mengalami beberapa perubahan.
  • Norma dibuat secara sadar oleh setiap anggota masyarakat.

Beli Buku di Gramedia

Tingkatan dalam Norma

Berdasarkan tingkatannya, norma dapat dibedakan menjadi lima yaitu sebagai berikut. 

1. Cara atau Usage

Norma cara ialah suatu bentuk dari perbuatan tertentu yang dilakukan oleh individu pada suatu kelompok masyarakat dan perbuatan tersebut, tidak dilakukan secara terus menerus. Contohnya adalah seperti cara makan yang sopan sesuai norma, adalah ketika makan tanpa suara.

2. Kebiasaan atau Folkways

Norma kebiasaan ialah suatu bentuk dari perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan bentuk perbuatan yang sama serta dilakukan oleh seseorang dengan sadar dan memiliki tujuan yang jelas serta dianggap baik dan benar untuk dilakukan.

Contoh dari norma kebiasaan adalah memberi hadiah pada orang yang memiliki prestasi pada suatu kegiatan atau memiliki kedudukan tertentu. Atau memakai pakaian yang bagus dan sopan ketika menghadiri sebuah pesta.

3. Tata kelakuan atau Mores

Jenis norma yang ketiga ialah mores. Norma tata kelakuan ialah sekumpulan pebuatan yang dapat menjadi cerminan dari sifat hidup bagi sekelompok manusia yang dilakukan dengan sadar, dengan tujuan untuk melaksanakan pengawasan pada sekelompok masyarakat pada anggota di dalamnya. Pada norma mores, ada unsur yang memaksa serta unsur melarang perbuatan tertentu.

Fungsi norma mores, ialah sebagai suatu alat yang dapat menyesuaikan perbuatan dari anggota masyarakat sesuai dengan tata kelakuan yang telah diatur dan ditetapkan dengan norma yang berlaku. Contoh dari mores ialah melarang tindakan pemerkosaan, pembunuhan serta menikahi saudara kandung.

4. Adat istiadat atau Custom

Norma custom merupakan suatu kumpulan dari tata perilaku yang memiliki kedudukan paling tinggi. Hal ini dikarenakan norma adat istiadat memiliki sifat yang kekal serta terintegrasi sangat kuat dengan masyarakat yang memiliki adat istiadat tersebut.

Koentjaraningrat bahkan menyebutkan, bahwa adat istiadat merupakan bagian dari kebudayaan yang abstrak atau bagian dari sistem nilai. Pelanggaran yang dilakukan oleh individu berkaitan dengan custom dinilai lebih berat dibandingkan pelanggaran pada norma lainnya.

5. Hukum atau Laws

Jenis norma yang terakhir ialah norma hukum yang dapat mengatur kehidupan sosial masyarakat dan berasal dari kitab UU hukum yang berlaku di Indonesia. Tujuan dari norma hukum, ialah untuk menciptakan kondisi lingkungan di suatu negara menjadi aman, tertib, damai, makmur, sejahtera dan lainnya.

Itulah penjelasan mengenai alasan mengapa norma harus ada dalam masyarakat, disertai pengertian dan jenis-jenisnya.

Beli Buku di Gramedia

Grameds bisa memperdalam pemahaman mengenai norma, atau materi lainnya yang berkaitan dengan Sosiologi dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan beragam buku berkualitas dan original untuk Grameds. Jadi tunggu apa lagi? Segera beli dan miliki bukunya sekarang juga!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Khansa Amira

Baca Juga!

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien