Sosiologi

Norma Kebiasaan dan Contoh Norma Kebiasaan

Norma kebiasaan
Written by Nandy

Norma Kebiasaan dan Contoh Norma Kebiasaan – Dalam upaya untuk mewujudkan kenyamanan dan keteraturan hidup yang kita jalani saat ini, masyarakat umumnya membuat kesepakatan mengenai hal yang boleh dilakukan dan hal yang tidak boleh dilakukan. Nah, hal yang disepakati itu biasa kita sebut dengan norma.

Sebenarnya pembelajaran secara formal tentang norma sudah mulai didapatkan ketika duduk di bangku SD, dan ketika kalian hidup bermasyarakat secara non-formal. Kali ini akan diulas kembali dan memahami lebih dalam tentang norma.

Seperti yang diketahui, terdapat macam-macam norma yang ada di masyarakat yang dikelompokkan didasarkan pada tingkatan sanksinya, daya ikat dan sumbernya. Dari bermacam-macam norma, akan dibahas mengenai norma kebiasaan yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari kita.

Artikel kali ini akan membahas mengenai pengertian, ciri-ciri, contoh, fungsi, manfaat serta tujuan dari adanya norma kebiasaan. Mari kita mulai dengan memahami pengertian norma kebiasaan terlebih dahulu.

Pengertian Norma 

Norma kebiasaanOh iya, sebelum memahami pengertian norma kebiasaan, alangkah baiknya memahami dulu pengertian norma secara harfiah.

Menurut Hadi Wiyono Isworo sebagai salah satu ahli di Indonesia, mengungkapkan bahwa norma merupakan peraturan atau petunjuk hidup yang berguna dalam memberikan panduan dalam bertindak yang boleh dilakukan, dihindari atau bahkan dilarang dalam suatu masyarakat.

Selain pengertian tersebut, norma juga dapat diartikan sebagai ketentuan yang mengatur tentang tata kelakuan manusia dalam menjadi anggota di masyarakat. Terbentuknya norma di masyarakat didasarkan nilai yang dianut oleh masyarakat.

Norma yang ada sangat berkaitan dengan nilai, hal ini karena norma merupakan bentuk nyata dari nilai yang masih berbentuk abstrak. Seperti yang sudah dijelaskan, karena norma merupakan kesepakatan bersama yang ada di masyarakat, maka apabila ada orang yang melanggar norma, mereka akan terkena sanksi atau hukuman tertentu. Tingkatan sanksi yang didapatkan oleh pelanggar norma, berat atau tidaknya tergantung dari jenis norma yang dilanggar.

 

Pengertian Norma Kebiasaan

Norma kebiasaan

Nah, setelah memahami pengertian norma, saatnya masuk ke dalam pembahasan mengenai salah satu macam norma, yaitu norma kebiasaan. Norma kebiasaan ini termasuk dari jenis norma berdasarkan daya ikatnya.

Berdasarkan kemampuan  mengikat anggota masyarakat, norma sosial dapat dikelompokkan dalam beberapa macam, yaitu norma cara (usage), norma kebiasaan (folkways), norma tata susila (mores), norma adat istiadat (customs). Secara lazim norma kebiasaan (folkways) diartikan sebagai norma atau kaidah yang berasal dari tradisi atau adat kebiasaan turun temurun dari suatu masyarakat. Kebiasaan yang dilakukan dimaknai sebagai tindakan berulang, karena pada dasarnya hal itu dilakukan karena memiliki tujuan yang baik.

Kalau menyadur dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), norma kebiasaan terdiri dari kata “norma” dan “kebiasaan”. Norma dalam KBBI diartikan sebagai hal yang mengikat suatu warga kelompok dalam masyarakat dalam bentuk aturan atau ketentuan.

Sedangkan, kebiasaan di dalam KBBI dijabarkan sebagai pola yang dilakukan berulang kali atas suatu bentuk tanggapan mengenai situasi tertentu yang dilakukan oleh individu untuk hal yang selalu sama.

Untuk pengertian gabungannya, disimpulkan bahwa

gramedia obf

norma kebiasaan  adalah aturan mengikat yang terbentuk dari suatu perilaku yang dilakukan terus-menerus dan telah ada dan disetujui di suatu warga kelompok masyarakat.

Mungkin karena terlalu panjang pengertian yang telah penulis jabarkan di atas, ingat dua kata kunci ini, untuk memahami pengertian norma kebiasaan, yaitu aturan dan perilaku yang berulang.

Dalam pelaksanaan norma kebiasaan sangat berdampak dalam kehidupan sehari-hari, apalagi di era degradasi moral saat ini. Dampak yang diakibatkan jelas dampak yang baik, kalau kita menjalankan norma kebiasaan. Misalnya nih, kita melakukan suatu tindakan yang termasuk dalam norma kebiasaan, sebut saja, kebiasaan menghormati dan mendahulukan orang yang lebih tua, tindakan tersebut mengakibatkan kita akan disukai banyak orang, dihormati kembali, bahkan disayang banyak orang dan dicap sebagai anak baik serta bermoral. Jelas hal seperti itu sangat diharapkan bagi semua orang (termasuk penulis), melaksanakan norma yang berlaku sekaligus dapat dampak yang baik bagi diri sendiri.

Apabila kita tidak menjalankan norma kebiasaan ini sebagaimana mestinya, alih-alih mendapatkan dampak baik, justru kita akan mendapatkan dampak buruk, seperti kecaman dari berbagai pihak yang ada di dalam masyarakat dan yang terpenting kita akan mendapatkan sanksi atau hukuman yang berlaku.

Dampak ini sangat buruk ya, maka kita harus menghindarinya dengan cara menjalankan norma yang berlaku. Hal ini jelas sekali, bahwa bagi anggota masyarakat tidak melaksanakan norma kebiasaan ini maka dia akan memperoleh sanksi atau hukuman.

Sanksinya berupa mendapatkan kritikan, cemoohan, bahkan bisa dikucilkan atau diasingkan dari lingkungan masyarakat. Bayangin kalau kita diasingkan atau dikucilkan dari lingkungan masyarakat, sungguh mengerikan ya sobat.

Ciri-Ciri Norma Kebiasaan

Norma kebiasaanUntuk lebih mengilhami norma kebiasaan ini, harus dipahami juga mengenai ciri-ciri norma kebiasaan, agar tidak salah dalam membedakannya dengan norma-norma lain yang berlaku. Ciri-ciri norma kebiasaan tersebut antara lain;

  • Pertama, tindakan dilakukan secara terus-menerus atau berulang-ulang. Gamblang sekali untuk ciri yang pertama ini, namanya juga norma kebiasaan yang sesuai artinya maka hal ini dilakukan secara berulang-ulang dan dengan sadar menjadi kebiasaan yang disepakati oleh lingkungan di masyarakat.

 

  • Kedua, bersifat adat istiadat, hal ini biasanya sesuai dengan nilai yang telah disepakati di masyarakat. Norma terbentuk sebagai wujud nyata dari nilai-nilai yang telah dianut oleh masyarakat, nilai ini biasanya bersifat kedaerahan atau sesuai dengan adat istiadat yang berlaku. Dalam hal ini, norma juga merupakan konsensus di masyarakat dan biasanya sifatnya sesuai dengan nilai-nilai adat masyarakat yang menyepakatinya.

 

  • Ketiga, tindakan dilakukan dalam keadaan sadar dan memiliki tujuan yang baik. Norma kebiasaan umumnya merupakan kaidah yang mengatur cara berperilaku orang di suatu masyarakat. Orang yang menganut norma ini, jelas dengan sadar melakukannya karena mengingat efek samping dari tidak melaksanakan norma ini.  Selain, untuk menjauhkannya dari sanksi ataupun hukuman sebagai manifestasi dari tujuan baik norma kebiasaan, ada pula tujuan baiknya yaitu membuat tatanan kehidupan lebih teratur, tentram, dan damai.

 

  • Keempat, seperti halnya norma-norma lain, norma kebiasaan ini sifatnya mengikat, walau tidak tertuang di undang-undang. Berkaitan dengan cirinya yang bersifat mengikat, hal itu dikarenakan adanya sanksi sosial yang siap menunggu apabila kita melanggarnya. Selain ada sanksi sosial yang telah menunggu, norma yang ditaati itu karena sudah adanya kesepakatan di antara anggota kelompok masyarakat.  Untuk diterima di masyarakat, maka kalian harus menjalankan norma yang ada. Pengharapan atas penerimaan di lingkungan masyarakat ini yang membuat anggota masyarakat rela menjalankan norma yang ada.

 

  • Kelima, bersifat wajib ditaati dan apabila melanggar akan dikenakan sanksi atau hukuman yang sesuai. Sebenarnya ciri norma kebiasaan yang kelima ini berkorelasi secara langsung dengan ciri yang keempat. Apabila kalian melanggar norma, maka konsekuensi dari hal tersebut kalian mendapatkan sanksi atau hukuman sosial.  Kalian pasti pernah dengar istilah “sanksi sosial lebih kejam dari sanksi hukum”, istilah itu ada benarnya, atau bisa dikatakan benar sekali. Bahkan saat ini, sanksi sosial bisa kamu dapatkan atas perilaku burukmu via offline maupun online. Sungguh menyeramkan!. Jadi, suka atau tidak suka kita dituntut untuk menjalankan norma-norma yang telah berlaku di masyarakat.

 

Contoh Norma Kebiasaan

Norma kebiasaanMemahami norma kebiasaan, bisa jadi menimbulkan pemikiran mengenai apa saja contoh norma kebiasaan. Hal-hal yang sering kita lakukan dan berupa norma kebiasaan antara lain;

  1. mandi teratur tiap hari,
  2. menghormati orang lain,
  3. menyapa orang lain,
  4. berkata sopan dan santun terhadap orang lain,
  5. menggosok gigi tiap hari agar nafas senantiasa segar,
  6. menyayangi binatang dan menjaga kelestarian alam.

Melihat contoh yang penulis tuliskan diatas, sangatlah sederhana bukan perilaku-perilaku yang termasuk dalam norma kebiasaan? Jadi, jangan lupa diterapkan ya.

Baca juga : Sejarah Pembentukan Bumi Zaman Praaksara

 Fungsi Norma Kebiasaan

Norma kebiasaanKembali ke pembahasan utama mengenai norma kebiasaan. Setelah mengerti arti norma kebiasaan, mengerti ciri-cirinya, dan memahami contohnya dalam kehidupan sehari-hari, agaknya sudah mampu membuat kita memahami esensi dari adanya norma kebiasaan. Untuk memahami lebih dalam lagi mengenai norma kebiasaan, sebagaimana norma-norma yang lain, sebenarnya, norma kebiasaan juga memiliki fungsi. Fungsi tersebut antara lain;

  • Pertama, norma kebiasaan memiliki fungsi untuk mengatur perilaku manusia di dalam lingkungan masyarakat dalam berinteraksi antara satu manusia dengan yang lainnya sesuai dengan norma yang telah berlaku. 

 

  • Kedua, norma kebiasaan juga menjadi dasar dalam pemberian hukuman atau sanksi terhadap anggota masyarakat yang melakukan perilaku menyimpang atau tidak patuh terhadap hal yang sudah disepakati di dalam masyarakat.

 

  • Ketiga, norma kebiasaan mampu menjadikan lingkungan masyarakat yang tertib dan teratur.

 

Manfaat Norma Kebiasaan di Masyarakat

Norma kebiasaanSelain memiliki fungsi, norma kebiasaan juga memiliki manfaat bagi masyarakat itu sendiri. Manfaat tersebut antara lain;

  • Pertama, manfaat norma kebiasaan adalah mewujudkan ketertiban, kerukunan, kedamaian dan keteraturan di dalam masyarakat.

 

gramedia obf
  • Kedua, adanya norma kebiasaan ini, membuat anggota masyarakat membatasi dan mengendalikan perilakunya sesuai norma agar mereka tidak menyimpang dan dikenakan sanksi atau hukuman yang berlaku sebagaimana mestinya.

 

  • Ketiga, norma kebiasaan ini memiliki manfaat untuk meminimalisir adanya perselisihan di dalam masyarakat. Hal ini dikarenakan perbuatan yang mereka perbuat berbatas dengan yang sudah dibatasi oleh norma kebiasaan.

 

  • Keempat, atau manfaat yang terakhir dari norma kebiasaan adalah untuk membantu dalam melindungi kepentingan dan hak orang lain.

 

Tujuan Adanya Norma Kebiasaan

Norma kebiasaanMembahas soal fungsi dan manfaat, tidak akan lengkap apabila tidak membahas mengenai tujuan dari norma itu sendiri, dan secara khusus di sini adalah tujuan norma kebiasaan.

Norma pada dasarnya memiliki tujuan yang baik bagi tiap-tiap anggota yang menjalankannya, begitu pula dengan tujuan dari norma kebiasaan. Tujuan itu adalah agar norma kebiasaan ini menjadi dasar, pedoman, arahan, panduan dalam menjalankan kehidupan sehari-hari bagi anggota masyarakat, khususnya dalam mereka berinteraksi dengan anggota masyarakat lain, hal seperti ini akan meminimalisir konflik yang terjadi antar anggota masyarakat dan munculnya ketentraman hidup.

Tujuan adanya norma kebiasaan ini berkorelasi dengan manfaat norma kebiasaan untuk menciptakan masyarakat yang teratur dan juga tentram, hal ini juga dalam hal mengatur tingkah laku anggota masyarakat dan memberi arahan dalam membedakan mana hal yang benar, begitu pula sebaliknya.

 

Esensi Norma Kebiasaan

Norma kebiasaan

Norma kebiasaan, seperti norma-norma yang lain yang berlaku di masyarakat, merupakan hal penting sebagai acuan hidup kita untuk berperilaku. Pada dasarnya manusia hidup berkelompok dan dalam hal ini kelompok yang dimaksud adalah masyarakat.

Di dalam masyarakat manusia perlu yang namanya penyesuaian dan adaptasi dengan manusia yang lain. Proses ini akan menimbulkan dua kemungkinan akhir, diterima atau ditolak dalam suatu masyarakat tersebut.

Norma sebagai bentuk konkret dari nilai yang dianut oleh masyarakat, menjadi salah satu alat untuk membuat apakah manusia tersebut diterima atau tidak di dalam suatu masyarakat, termasuk ke dalamnya adalah norma kebiasaan. Menjalankan norma kebiasaan yang nilai-nilainya telah disepakati bersama oleh masyarakat, akan membuka dengan lebar jalan menuju penerimaan diri di lingkungan tersebut.

Untuk menjalankan norma kebiasaan, maka harus dipahami juga mengenai pengertian, ciri-ciri, contoh, fungsi, manfaat, dan tujuan dari norma itu sendiri.

Esensi dari norma kebiasaan bukan hanya sekedar menerapkannya. Esensinya lebih dalam daripada itu, memahami, lalu menerapkan, lalu mengerti akibat dari segala perbuatannya baik yang sejalan maupun yang berbenturan, bahkan menyimpang dari norma yang berlaku.

Memahaminya membuat kita lebih sadar akan kewajiban yang memang seharusnya kita lakukan sedari awal, bahkan tanpa perlu memikirkan sanksi atau hukuman yang akan kita terima atas tindakan itu.

Adanya norma kebiasaan ini merupakan cerminan dari adanya nilai yang telah dianut oleh masyarakat. Untuk mengetahui bagaimana sikap anggota masyarakat di suatu lingkungan, akan lebih baik kalau kita memahami tentang corak nilai yang diyakini oleh masyarakat setempat. Pemahaman tentang norma kebiasaan yang dulu telah didapatkan dan sekarang telah kembali dibahas, diharapkan mampu membuat kalian memahami lebih dalam tentang norma kebiasaan dan berdampak pada menjalankan norma kebiasaan ini dengan lebih baik.



Oleh karena itu pembahasan mendalam ini sangat baik untuk dipahami agar lebih memahami akan esensi bahkan eksistensi kehadiran norma kebiasaan yang berlaku di masyarakat. Hal ini dilakukan agar terciptanya lingkungan masyarakat yang lebih tenang, teratur, dan damai, dengan anggota masyarakatnya yang mampu membatasi segala perilaku ataupun perkataannya sesuai dengan norma kebiasaan yang ada.

Buku Terkait Dengan Norma Kebiasaan

Good Habits, Bad Habits: Cara Membentuk Kebiasaan Baik untuk Menghasilkan Perubahan Positif

Norma Kebiasaan dan Contoh Norma Kebiasaan 1

Norma Kebiasaan dan Contoh Norma Kebiasaan 2

Kebiasaan Baruku : Hidup Berdampingan Dengan Covid 19

Sudah tahu kan tentang virus Covid 19? Sejak munculnya virus itu, kehidupan kita harus berubah. Kita memasuki masa `new normal` atau kenormalan baru. Sambil menunggu vaksin, apa yang harus kita lakukan? Jangan khawatir dengan perubahan. Selama itu baik, ayo kita lakukan. Aku pun melakukannya. Yuk, bersama-sama kita hidup dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang lebih baik!

Norma Kebiasaan dan Contoh Norma Kebiasaan 2

Sudah tahu kan tentang virus Covid 19? Sejak munculnya virus itu, kehidupan kita harus berubah. Kita memasuki masa `new normal` atau kenormalan baru. Sambil menunggu vaksin, apa yang harus kita lakukan? Jangan khawatir dengan perubahan. Selama itu baik, ayo kita lakukan. Aku pun melakukannya. Yuk, bersama-sama kita hidup dengan kebiasaan-kebiasaan baru yang lebih baik!

The Magic Of Habit: Meniru Kebiasaan Tokoh-Tokoh Sukses Duni

Buku ini mengungkap kebiasaan unik dan ajaib dari tokoh-tokoh sukses dunia yang diklaim dapat mendorong produktifitas. Tokoh-tokoh sukses yang dibahas antara lain warrant buffett, steve jobs, jeff bezoss dan lain-lain. Dengan membaca buku ini, kita dapat memilah dan memilih kebiasaan mana yang bisa kita tiru untuk menjadi pendorong kreativitas kitasehingga kita mampu menjadi pribadi yang produktif. Selain itu, buku ini juga memotivasi anda agar menjadi pribadi yang lebih baik sehingga mudah dalam meraih kesuksesan dan kebahagiaan.

Norma Kebiasaan dan Contoh Norma Kebiasaan 2

Buku ini mengungkap kebiasaan unik dan ajaib dari tokoh-tokoh sukses dunia yang diklaim dapat mendorong produktifitas. Tokoh-tokoh sukses yang dibahas antara lain warrant buffett, steve jobs, jeff bezoss dan lain-lain. Dengan membaca buku ini, kita dapat memilah dan memilih kebiasaan mana yang bisa kita tiru untuk menjadi pendorong kreativitas kitasehingga kita mampu menjadi pribadi yang produktif. Selain itu, buku ini juga memotivasi anda agar menjadi pribadi yang lebih baik sehingga mudah dalam meraih kesuksesan dan kebahagiaan.

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Leave a Comment