Agama Islam

Hukum dan Keutamaan Salat Berjamaah

keutamaan salat
Written by Ricky

Hukum dan keutamaan salat berjamaah – Beribadah merupakan hal yang wajib bagi seseorang yang menganut agama. Dalam Islam, salat menjadi ibadah yang wajib dikerjakan oleh umatnya. Salat wajib dalam Islam terdapat pada 5 waktu yaitu, Isya, Subuh, Zuhur, Ashar, dan Magrib.  Salat juga dapat dilakukan secara sendiri dan berjamaah, namun juga memilik nilai pahala yang berbeda, yaitu salat berjamaah akan mendapatkan pahala yang lebih banyak daripada melaksanakan salat sendiri.

Sebelum mengetahui beberapa keutamaan salat berjamaah, yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah apa saja perintah salat berjamaah dalam Al-Quran dan Sunah Nabi. Dalam hal ini, ada dua pandangan ulama tentang hukum salat berjamaah. Menurut Jumhur ulama adalah sunah muakad, sedangkan menurut Imam Ahmad Bin Hanbal salat berjamaah itu wajib.

Perlu dicatat bahwa Nabi selalu melakukan salat berjamaah dan tidak pernah meninggalkannya. Rasulullah juga memberikan peringatan keras tentang kewajiban salat berjamaah sebagaimana dijelaskan dalam kisah Imam Bukhari Muslim, yaitu.

“Demi jiwaku yang berada dalam kekuasaan-Nya, sungguh aku bertekad menyuruh mengumpulkan kayu bakar, kemudian aku suruh seorang adzan untuk sholat dan seseorang untuk mengimami manusia, kemudian aku pergi kepada orang-orang yang tidak ikut sholat, kemudian aku bakar rumah mereka”

Selain itu, dalam hadis riwayat Imam Ahmad, Rasulullah bersabda,

“Tidak sempurna salat seseorang yang bertetangga dengan masjid kecuali dengan berjamaah. Dalam suatu riwayat, kecuali di masjid.”

Perintah salat berjamaah ini telah tercantum dalam surat At-Taubah ayat 18 yang mengatakan bahwa, “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian serta tetap mendirikan salat, menunaikan zakat, dan tidak takut selain kepada Allah.”

Dalam hal ini Gramedia akan membahas mengenai hukum dan keutamaan salat berjamaah. Untuk tahu lebih lanjut, mari simak ulasan di bawah ini!

Buku ini mengupas tuntas tentang salat sampai akar-akarnya. Seperti penjabaran pengertian salat secara jelas dan mudah dipahami.   Pembahasan mengenai keutamaan salat dan salat berjamaah lengkap dengan dalil-dalil sahih.   Tata cara salat secara detail dan terperinci (plus ilustrasi gerakan salat)  yang dilengkapi dengan panduan gerakan salat satu per satu beserta bacaannya.

Hukum Salat Berjamaah

Penting bagi kita untuk mengetahui apa hukumnya salat berjamaah. Ada beberapa aturan dalam menyelenggarakan salat berjamaah yang harus kalian perhatikan. Salat berjamaah ini bisa menjadi fardhu ain, fardhu kifayah, sunah, bahkan haram. Berikut penjelasannya mengenai hukum salat berjamaah.

1. Hukum Fardhu Ain

Secara khusus, hukum tersebut menyatakan bahwa salat Jumat harus dilakukan secara berjamaah, khusus untuk laki-laki. Oleh karena itu, jika tidak dilakukan secara berjamaah, maka salat tidak akan sah.

2. Hukum Fardhu Kifayah

Fardhu kifayah merupakan kewajiban kolektif, yaitu ketika ada masyarakat yang melakukan salat berjamaah maka kewajiban masyarakat lainnya berkurang. Begitu juga sebaliknya, jika tidak ada seorang pun yang mengerjakan salat secara berjamaah maka seluruh masyarakat akan mendapat dosa.

3. Hukum Sunah

Salat bisa saja memiliki hukum sunah yang dilakukan secara berjamaah seperti, salat Idul Fitri, Idul Adha, Istiwa dan lain-lain.

4. Hukum Makruh

Salat berjamaah bisa juga mendapatkan hukum makruh jika salat dilaksanakan dengan imam yang fasik.

5. Hukum Mubah

Salat berjamaah mungkin mendapatkan hukum mubah, yaitu tentang salat yang tidak diwajibkan untuk salat secara berjamaah. Seperti salat duha dan salat rawatib atau sebelum dan sesudah salat.

6. Hukum Khilaful Ula

Khilaful Ula yaitu ketika ada perbedaan niat antara imam dan jamaah. Misalnya, imam berniat untuk menunaikan salat biasa bukan qadha, tetapi jamaah berikutnya berniat untuk salat qadha, atau sebaliknya.

7. Hukum Haram

Salat berjamaah haram dilakukan bila berada pada atas tanah hasil rampasan, atau diperoleh berdasarkan cara yang tidak halal sebagai akibatnya salat yang dilaksanakan dapat menjadi tidak sah.

Keutamaan Salat Berjamaah

Salat berjamaah tentu memiliki keutamaan di dalamnya. Berikut adalah keutamaan dalam salat berjamaah.

Buku ini adalah panduan lengkap tentang cara-cara salat. tidak hanya salat, tapi juga wudu dan hal hal yang berkaitan dengan salat. Selain itu, di tambahkan pula doa-doa yang dibaca sebelum dan setelah salah .kelebihan buku ini tidak hanya dalam praktis yang dibuat ringkas, tapi juga teori atau penjabaran yang langsung pada pokok pembahasan.

1. Mendapatkan Pahala Berlipat

Keutamaan yang pertama tentunya kita akan menerima pahala yang berlipat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa salat jamaah sanggup menaruh kita pahala yang banyak. Bahkan, hanya melakukan salatnya saja, kita telah diberikan pahala sebesar 27 kali lipat. Belum lagi waktu kita melakukan amalan-amalan lain waktu akan salat berjamaah ini.

Terlebih untuk saat-saat tertentu. Seperti contohnya, salat subuh apabila dilakukan berjamaah maka pahalanya akan hingga sampai 119 pahala. Di mana hal tersebut telah tercantum pada hadis yang berkata, “Seseorang yang melaksanakan salat subuh berjamaah, maka orang itu akan mendapatkan pahala 119 kali dibandingkan dengan salat sendiri.” (H.R Muslim).

Selain salat subuh, salat isya jika dilakukan secara berjamaah juga akan mendapatkan pahala yang lebih banyak, yaitu 59 kali lipat. Hal ini juga telah dijelaskan dalam hadis yang mengatakan bahwa, “Seseorang yang melaksanakan salat isya berjamaah, maka dia akan dapat pahala 59 kali lipat.” (H.R Muslim).

Tentunya tidak hanya itu, ketika kita sakit dan tidak bisa salat berjamaah di masjid dan akhirnya melakukannya di rumah, pahala yang kita dapatkan sama dengan pahala kita salat secara berjamaah di masjid.

2. Terhindar Dari Kemunafikan

Kemunafikan adalah salah satu sifat yang tidak disukai, bahkan dibenci oleh Allah Swt. Pada dasarnya kemunafikan ini adalah sifat yang diciptakan dengan sengaja atau ketika seseorang mengaku telah mengikuti semua ajaran Islam tetapi ia sebenarnya menolak dalam hati. Kemunafikan ini adalah sifat tercela karena ia hanya berpura-pura beribadah.

Salah satu keutamaan salat berjamaah adalah dapat mencegah kemunafikan. Pasalnya, ketika seseorang rajin salat di masjid, mencerminkan bahwa ia tidak merasa terbebani saat akan salat. Seseorang dikatakan munafik jika salat berjamaah ini tidak disebutkan dalam hadis berikut.

“Aku telah melihat bahwa orang yang meninggalkan salat jamaah, hanyalah orang-orang yang munafik. Di mana ia adalah munafik tulen. Karena bahayanya meninggalkan salat jamaah sedemikian adanya, ada seseorang yang sampai didatangkan dengan berpegangan pada dua orang sampai ia bisa masuk dalam saf”. (HR Muslim).

Selain hadis tersebut, masih banyak hadis lain yang menjelaskan bahwa salah satu sikap orang munafik adalah tidak salat berjamaah. Untuk itu, umat Islam, khususnya laki-laki, harus selalu salat berjamaah. Tentu saja, lebih banyak keuntungan dan kebijaksanaan yang bisa diperoleh, terutama untuk menghindari kemunafikan ini dengan hikmah berlipat.

3. Mendapat Doa dari Malaikat

Siapa yang tidak ingin para malaikat mendoakan kita? Pasalnya, doa malaikat ini sering kali dikabulkan oleh Allah Swt. Ternyata, saat salat secara berjamaah, kalian akan cenderung menerima doa dari malaikat. Apalagi saat berada di saf paling depan saat salat berjamaah. Hal ini dijelaskan dalam hadis yang mengatakan bahwa, “Sesungguhnya para Malaikat memberikan selawat kepada orang-orang yang berada di saf pertama.” (HR. Ibnu Hibban).

Setelah keluar hadis tersebut, kemudian para sahabat pun bertanya kembali. “Apakah juga kepada orang-orang yang berada di saf kedua wahai Rasulullah?” lalu, Rasul pun menjawab, “Juga kepada orang-orang di saf kedua.” (Hasan: HR. Ahmad).

4. Mendapat Lindungan Pada Hari Kiamat

Jika seorang selalu tekun dalam salat berjamaah, khususnya di masjid, maka dia sudah termasuk golongan dan akan dilindungi di hari kiamat nanti. Tentu saja, ini sangat nyaman dan akan membantu ketika hari penghakiman tiba. Hal ini juga dijelaskan dalam hadis.

“Ada tujuh golongan yang dinaungi kelak di hari kiamat, salah satunya adalah orang yang hatinya terpaut dengan masjid. Seorang pemuda yang hatinya terikat dengan masjid, orang-orang itulah yang akan mendapat perlindungan Allah saat hari Kiamat kelak.” (HR. Al Bukhari).

5. Diampuni Dosa-dosanya

Kita tahu pasti bahwa kita penuh dengan dosa dan kesalahan. Namun terkadang kita malah terbiasa menambah dosa dan tidak menambah perbuatan yang bisa menghapusnya. Sebenarnya ada banyak cara dan amalan sederhana yang bisa dilakukan untuk menghapus segala dosa yang ada. Salah satunya berkaitan dengan keutamaan salat berjamaah. Dengan demikian, kita dapat dihapuskan dari dosa-dosa kita.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis riwayat dari Utsman bin Affan yang berkata bahwasanya pernah mendengar Rasulullah bersabda bahwa, “Barang siapa berwudu untuk melaksanakan salat, lalu dia menyempurnakan wudunya, kemudian dia berjalan untuk menunaikan salat wajib yaitu dia melaksanakan salat bersama manusia atau secara berjamaah atau melaksanakan salat di masjid, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.” (HR. Muslim).

Tentunya hal ini memperlihatkan bahwa Allah sudah benar-benar baik dan memberikan kesempatan bagi para hambanya. Allah melakukan hal ini untuk meringankan dosa hambanya dengan menebusnya dengan amalan-amalan lain. Dengan hal ini, seharusnya kalian memanfaatkannya dengan baik untuk menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

6. Terhindar dari Siksa Kubur

Dalam Tanbih al Ghafilin yang merupakan perkataan menurut Abu al Lais as Samarkandi memperlihatkan terdapat beberapa keistimewaan dan keutamaan menurut melakukan salat secara berjamaah. Beberapa keistimewaan itu antara lain menjadi berikut.

  •  Allah akan memudahkan dirinya buat menghadapi segala urusan hidupnya dan menghilangkan seluruh beban kehidupannya;
  •  Allah akan senantiasa mengangkat atau meringankan siksa kubur;
  •  Seseorang yang rajin salat berjamaah akan dimudahkan saat melewati shirat al Mustaqim dengan menggunakan alat sangat gampang misalnya halilintar;
  • Allah akan memasukkan orang tadi ke dalam surga tanpa hisab;

Meskipun begitu, seluruh keistimewaan ini wajib diikuti juga menggunakan bagaimana salat tadi didirikan. Apakah khusuk dan ikhlas? Atau hanya sekadar menunaikan kewajiban tanpa mendalami salatnya.

Apabila salat mampu dilakukan menggunakan sebaik mungkin semata-mata buat mengharap rida Allah, bukan tidak mungkin bahwa balasan tadi akan dihasilkan menggunakan sangat gampang sesuai dengan ketentuan Allah.

7. Mendapatkan Hikmah

Ada banyak keutamaan yang menyertai keutamaan dalam salat berjamaah. Tidak hanya pahala dan berbagai balasan yang berlimpah, tetapi ada begitu banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Tentu saja ketika kita salat berjamaah, banyak pelajaran yang didapat dari syiar Islam, ukhuwah, tanda persahabatan hingga toleransi.

Dari Zain bin Tsabit, bahwasanya Rasulullah Saw., bersabda. “Sebaik-baiknya salat adalah salat (kalian) di rumah kalian, kecuali salat fardu”. Sabda Rosul ini menjelaskan bahwasanya selain salat fardu, maka lebih baik dikerjakan di rumah. Namun, khusus untuk salat fardu lebih afdal jika dilakukan di masjid secara berjamaah.

Seperti yang sudah disebutkan, salat berjamaah di masjid bisa membawa banyak hikmah. Hikmah yag akan didapatkan adalah sebagai berikut.

  • Salat berjamaah di masjid dapat digunakan sebagai media umat Islam dan media dakwah bagi masyarakat luas dan masyarakat. Dengan cara ini, kita dapat lebih mendidik satu sama lain tentang Islam dan semua orang di sekitar kita akan lebih memahaminya.
  • Kebanyakan dari kita sering terobsesi dengan hal-hal duniawi. Seperti pekerjaan misalnya yang sering kali membuat masyarakat kurang berbaur bahkan kurang mengenal satu sama lain. Hikmah melakukan salat berjamaah tentunya untuk menjalin tali silaturahmi atau ukhuwah yang baik dengan tetangga. Dengan begitu, urusan kita pun bisa semakin dipermudah karena hubungan baik ini bersama orang lain.
  • Shalat berjamaah pun bisa membuat kita lebih menghargai perbedaan. Seperti yang kita tahu, meskipun dari kita sama-sama umat Islam, kadang kala tata cara atau gerakan salatnya ada perbedaan. Bahkan bisa saja perbedaan lain berdasarkan kelas, etnis, dan sebagainya. Namun ketika keduanya dijadikan menjadi satu untuk salat jamaah, semuanya tampak terlihat hanya sedikit perbedaan.

Mendirikan salat berjamaah memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Bukan hanya pahala yang kita terima banyak, tapi kita juga menerima dosa-dosa yang bisa dengan mudah dihapus dengan ketentuan Allah.

Grameds, demikianlah artikel mengenai hukum dan keutamaan dari shalat berjamaah. Tentu seseorang yang memiliki kepercayaan dalam agama Islam telah meyakini bahwa salat yang dilakukan secara berjamaah lebih baik daripada salat sendiri-sendiri. Tentunya jika kalian melakukannya akan mendapatkan keutamaan-keutamaan seperti yang telah disebutkan di atas.

Jika kalian ingin belajar lebih dalam lagi mengenai ibadah salat ataupun hukum-hukum Islam lainnya, kalian bisa membaca dan membeli buku yang tersedia di Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas telah menyediakan berbagai buku berkualitas yang bisa kalian dapatkan. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

Salat, doa dan zikir adalah kekuatan orang mukmin dalam menghadapi berbagai persoalan hidupnya. Buku ini memuat panduan lengkap salat, dari mulai wudu sampai zikir dan doa, serta seputar fikih wanita, dikemas secara ringan dan praktis sehingga mudah dibaca dan dipraktikkan.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien