in

Review Ipad Pro Gen 5: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangannya

Review Ipad Pro 5: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangannya- Pada zaman yang serba cepat seperti sekarang teknologi berkembang dengan sangat pesat dan menjadi alat penunjang kebutuhan manusia dalam membantu aktivitas kesehariannya. Fungsi teknologi utamanya gadget pada zaman sekarang juga lebih variatif dari beberapa dekade sebelumnya yang hanya bisa untuk panggilan suara dan mengirim pesan. Namun, pada era 4.0 seperti sekarang ini penggunaan gadget juga bisa digunakan untuk mengakses informasi di internet, video call, foto dengan kualitas kamera yang tinggi dll.

Oleh karena itu, beberapa perusahaan teknologi berlomba-lomba untuk menciptakan gadget keluaran terbaru dengan spesifikasi tinggi dan harga terjangkau. Persaingan spesifikasi, tampilan, serta harga yang terjangkau masih menjadi pokok utama dalam industri teknologi yang semakin gencar setiap tahunnya. Setiap perusahaan bisa setiap tahun meluncurkan produk baru mereka untuk dipasarkan. Untuk itu perlu sekali sebagai konsumen kita cermat dalam memilih produk agar tidak salah pilih dan menyesal di kemudian hari.

Tidak terkecuali untuk produk gadget yang menjadi penunjang aktivitas sehari-hari untuk bertukar kabar dan sebagai alat hiburan. Dari sekian banyak persaingan produk gadget tersebut pastinya dicari produk paling nyaman dan tahan lama digunakan untuk aktivitas sehari-hari yang memerlukan spesifikasi gadget yang canggih munculah produk dari brand Apple. Produk gadget mereka bernama Ipad Pro Gen 5 menjadi salah satu produk andalan mereka yang dapat kita beli. Namun sebelum membeli produk tersebut kita juga harus mampu mengetahui bagaimana spesifikasi serta keunggulan dan kelebihan dari gadget tersebut dan tidak lupa melihat harganya untuk menyesuaikan dengan budget yang kita punya.

Untuk itu pada pembahasan kali ini mari kita lihat bagaimana review mengenai produk gadget Ipad Pro Gen 5 tersebut agar kita tidak salah dalam membeli.

Selanjutnya pembahasan mengenai review produk tersebut dapat disimak di bawah ini!

Apa itu Ipad Pro Gen 5?

Pertengahan Juni 2021, iPad Pro Gen 5 telah rilis resmi di Indonesia. Varian termurahnya dijual dengan harga 13 jutaan. Masih berminat membelinya? Untuk itu, sebaiknya kamu perlu untuk mengetahui spesifikasi, harga terkini, kelebihan dan kekurangan iPad Pro Gen 5.

Ipad Pro Gen 5 adalah salah satu seri laptop terbaru yang dikeluarkan oleh raksasa perusahaan teknologi Apple, yang juga dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat modern. Selain desainnya yang terkesan simpel dan elegan, Ipad Pro ini juga digandrungi para pekerja kreatif berkat kualitasnya yang semakin canggih.

Dibandingkan generasi sebelumnya, tablet ini memiliki beberapa peningkatan. Spesifikasi iPad memang tak perlu lagi diragukan. Selain memberikan prestige tinggi, iPad juga memberikan pengalaman yang berbeda dibanding tablet lainnya. Ipad juga tersedia dari berbagai varian yakni Ipad Pro dan Ipad Air.

Namun pada pembahasan kali ini kita akan fokus pada satu produk terbaru dari Apple yaitu Ipad Pro Gen 5.

iPad Pro dilengkapi dengan chip Apple M1 yang bertenaga untuk performa tingkat selanjutnya dan kekuatan baterai sepanjang hari. Layar Liquid Retina XDR 12,9 inci yang menghanyutkan untuk melihat dan mengedit foto serta video. Model Cellular memungkinkan Anda tetap terhubung saat tidak ada Wi-Fi. Dan kamera depan dengan Center Stage memudahkan Anda melakukan panggilan video. iPad Pro memiliki kamera pro dan LiDAR Scanner untuk foto dan video memukau, serta AR yang menghanyutkan. Thunderbolt untuk terhubung dengan aksesori berperforma tinggi. Dan Anda bisa menambahkan Apple Pencil untuk menulis catatan, menggambar, serta menandai dokumen, dan Magic Keyboard untuk trackpad dan pengalaman mengetik yang responsif.

Spesifikasi Ipad Pro Gen 5

Secara umum, iPad Pro Gen 5 memiliki dua opsi tampilan. Ada yang 11 inci, ada  yang 12,9 inci. Oleh karena itu, kali ini kami akan telah merangkum perbedaan keduanya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Perusahaan Apple menawarkan dua opsi tampilan. Yakni iPad Pro Gen 5 11 inci dan 12,9 inci.  IPad Pro 11 inci menggunakan tipe layar Liquid Retina. Layar ini dilengkapi dengan lampu latar LED, sehingga mampu menampilkan kecerahan hingga 600 nits. Grafik yang ditampilkan memiliki resolusi 2388 x 1668 piksel.

Karena ukuran layar yang berbeda, versi iPad ini juga memiliki ukuran  yang berbeda. Dimensi iPad Pro 11 inci adalah 247,6 x 178,5 x 5,9 mm. Beratnya 466 gram (Wi-Fi) dan 468 gram (Wifi dan seluler).

Kedua versi dari Ipad Pro tersebut memiliki dua pilihan warna: Silver dan Space Grey. Bahan casing adalah aluminium. Baik bagian backdoor maupun body casenya. Finishing frosted membuatnya tampak elegan untuk pria maupun wanita.

Tablet Apple ini menggunakan sistem operasi iPadOS 14.5.1 yang dapat diperbarui ke iPad OS 16. Performanya didukung oleh chipset Apple M1. Performanya 50% lebih baik dari generasi sebelumnya. CPU octa-core yang digunakan memiliki 8 core. Menurut data, kecepatannya mencapai 3,2 GHz. Sama dengan GPU 8-core. Mesin saraf 16-core membantu membuatnya lebih cepat dan lancar dalam berbagai operasi.

Salah satu fitur hebat iPad Pro Gen 5 adalah bagian kamera. Kamera belakang memiliki tiga kamera berbeda. Kamera utama 12 megapiksel, kamera ultra lebar 10 megapiksel yang bisa zoom hingga 5x, dan kamera kedalaman ToF LiDAR. Ketiganya hadir dengan empat  flash dual tone.

Kamera depan menggunakan kamera ultra wide dengan resolusi 12 MP. Ada banyak fitur  seperti mode potret dengan efek bokeh tingkat lanjut. Ia juga memiliki mode Smart HDR 3 sehingga gambar tetap jernih dan detail.

Untuk kualitas perekaman video, kamera belakang dapat merekam hingga kualitas  4K pada 60 frame per detik. Sedangkan kamera depannya mampu merekam hingga 1080p 60fps. Keduanya sudah mendukung gyro EIS, sehingga layar lebih stabil.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada data berikut ini:

  • Rilis: Mei, 2021
  • Chip Apple M1 untuk performa tingkat selanjutnya
  • Layar Liquid Retina XDR 12,9 inci cemerlang dengan ProMotion, True Tone, dan warna luas P3
  • Sistem kamera TrueDepth memiliki kamera depan Ultra Wide dengan Center Stage
  • Kamera Wide 12 MP, kamera Ultra Wide 10 MP, dan LiDAR Scanner untuk AR yang imersif
  • Tetap terhubung dengan Wi-Fi 6 ultra cepat dan LTE
  • Selangkah lebih maju dengan kekuatan baterai sepanjang hari
  • Port Thunderbolt untuk terhubung ke penyimpanan eksternal cepat, layar, dan dock
  • Face ID untuk autentikasi aman
  • Audio empat speaker dan lima mikrofon kualitas studio
  • Dukungan untuk Apple Pencil (generasi ke-2), Magic Keyboard, dan Smart Keyboard Folio(4)
  • iPadOS begitu andal, intuitif, dan dirancang khusus untuk iPad
  • Lebih dari satu juta aplikasi di App Store khusus untuk iPad

Harga Ipad Pro Gen 5

Harga Ipad Pro Gen 5 di Indonesia. Memantau langsung dari iBox dan Digimap, Harga iPad Pro Gen 5 bervariasi. Tergantung kapasitas RAM dan lebar layarnya. Berikut detail harganya berdasarkan situs iBox Indonesia.

  • Ipad Pro Gen 5 (Wi-fi) 11 Inch 128GB – 2TB – Rp. 13.599.000- Rp. 33.299.000
  • Ipad Pro Gen 5 (Wi-fi) 12,9 Inch 128GB – 2TB- Rp. 18.199.000- Rp. 37.399.000
  • Ipad Pro Gen 5 (Wi-fi+ Cellular) 11 Inch 128GB – 2TB – Rp. 16.199.000- Rp. 35.299.000
  • Ipad Pro Gen 5 (Wi-fi+ Cellular) 12,9 Inch 128GB – 2TB- Rp. 20.199.000- Rp. 40.399.000

Selain  pembayaran tunai, Ipad Pro Gen 5 dapat dibeli melalui iBox atau Digimap melalui berbagai mitra bank.

Itulah rincian harga dari Ipad Pro Gen 5 11 inci dan Ipad Pro Gen 5 12,9 inci sesuai dengan kapasitas RAM dan layarnya.

Kelebihan Ipad Pro Gen 5

Apple tidak pernah main-main dengan desain produknya. Semua bagian dipertimbangkan secara rinci untuk mencapai keunggulan yang disebut kualitas. Beberapa poin di bawah ini  menjelaskan seberapa bagus Apple iPad Pro Gen 5 (2021).

1. Desain elegan

Tablet Apple memiliki desain yang serupa dari tahun ke tahun. Bukan berarti Apple malas dan tidak ingin menghabiskan uang untuk penelitian untuk menemukan model baru. Namun, desain yang dipasang di Apple iPad Pro Gen 5) masih populer di kalangan masyarakat.

Tablet Apple secara alami menarik orang karena desainnya yang minimalis dan elegan. Pabrikan lain bahkan mengikuti Apple dalam mendesain produk yang  minimalis dan elegan. Apple tidak pernah bermain-main dengan pilihan material bodi untuk menciptakan kesan elegan.

IPad Pro Gen 5 ini masih menggunakan material logam aluminium di seluruh rangka dan bodinya. Melihat bingkainya, ada dua speaker di bagian bawah di sebelah port USB C. Nah, USB C  juga mendukung  Thunderbolt 3 dan USB

Terdapat dua buah speaker dan sebuah tombol di bagian atas. Di sisi kanan terdapat tombol volume, slot untuk mengisi daya Apple Pencil (bersifat magnetik) dan slot untuk kartu nano-SIM. Jika melihat bagian depannya, terdapat layar dengan bezel yang minimalis. Bagian atas bingkai diisi dengan kamera depan dan beberapa sensor.

Layar dilindungi oleh kaca tempered dan dikelilingi oleh oleophobic atau lapisan anti minyak. Berkat bahan ini, Anda tidak perlu khawatir  layar  tablet tidak sengaja bersentuhan dengan pena saat Anda memasukkannya ke dalam tas. Anda  tidak perlu sering-sering membersihkan layar karena lapisan oleophobic membuat layar lebih sulit kotor.

2. Layar Ciamik

Ukuran layar 12,9 inci dan resolusi 2048 x 2732 piksel (265 ppi) tidak berubah dibandingkan generasi sebelumnya. Namun, Apple telah merancang teknologi panel layar baru untuk iPad Pro Gen 5  (2021). Apple menyebutnya LCD mini-LED Liquid Retina XDR.

Panel ini bukan LCD IPS biasa yang menurut Apple membuatnya terlihat keren. Namun, panel ini benar-benar berbeda karena memiliki 10 ribu lampu LED mini yang melewatinya. Apple mengklaim bahwa lampu LED mini ini 120 kali lebih kecil dari lampu LED iPad Pro lama.

Ini memungkinkan 10.000 mini-LED untuk dikemas ke dalam panel 6.4 mm yang sangat tipis. Jadi apa gunanya banyak mini-LED? Penggunaan pertama adalah untuk meningkatkan kecerahan layar. Berkat desain ini, kecerahan khas layar iPad Pro Gen 5 (2021) telah meningkat menjadi 1000 nits.

Saat tablet digunakan untuk memutar video HDR, kecerahan maksimum dapat mencapai hingga 1600 nits. Kemudian ada kegunaan lain untuk memasang 10.000 lampu LED mini untuk meningkatkan jangkauan dinamis layar. Nah, rentang dinamis ini terkait dengan kontras warna.

Panel IPS LCD konvensional masih tertinggal dalam hal rentang dinamis karena kontrasnya tidak seluwes panel keluarga OLED. Hal ini karena setiap piksel layar OLED mewakili satu lampu yang bisa memancarkan cahaya dan warna secara sekaligus.

3. High Quality Camera

IPad Pro Gen 5 (2021) dilengkapi dengan tiga lensa untuk kamera belakang. Ketiga lensa tersebut terdiri dari lensa utama 12 MP, f/1.8; 10 MP, lensa sudut ultra lebar f/2.4 dan lensa sensor kedalaman LiDAR ToF 3D. Ketiganya hadir dengan empat flash dual tone.

Resolusi maksimum kamera belakang adalah 4K dengan kecepatan bingkai variabel; 24, 25, 30 dan 60fps. Ini juga dilengkapi dengan stabilisasi gambar elektronik (gyro-EIS), yang mengurangi ketidakakuratan getaran.

IPad Pro Gen 5 (2021) memiliki pengaturan kamera belakang yang sama dengan generasi sebelumnya. Namun, resolusi kamera depan telah meningkat. Awalnya hanya 7 MP dengan aperture f/2.2, sekarang menjadi 12MP, f/2.4 dan juga dilengkapi dengan Gyro-EIS. Kamera depan ini dapat merekam video hingga resolusi 1080p pada 60 frame per detik.

4. Performa Hebat

IPad Pro Gen 5 (2021) adalah perangkat Apple berikutnya yang mengandalkan SoC Apple M1 setelah iMac, Macbook, dan Mac mini. SoC milik Apple sendiri  memiliki identitas chipset  berbasis ARM. Ini berisi 8 inti CPU  (4  inti klaster cepat dan 4 inti klaster efisien) dan 16 inti mesin saraf. Ada juga 8 core GPU terintegrasi.

SoC, dengan total  16 juta transistor terpasang, juga dirancang oleh Apple untuk menyertakan mekanisme memori terpadu. Singkatnya, mekanisme ini memungkinkan GPU mengakses memori RAM untuk meningkatkan kinerja.

Di sisi lain Apple belum menentukan kecepatan setiap cluster CPU SoC yang dibangun menggunakan proses manufaktur 5nm. Mereka hanya menyebutkan bahwa M1 memiliki frekuensi puncak 3.2GHz. Namun, beberapa penguji mengakui bahwa M1 sangat kuat saat terhubung ke komputer Apple.

Kekurangan Ipad Pro Gen 5

1. Warna yang itu-itu saja

Apple tidak pernah menawarkan banyak pilihan warna sejak memiliki jajaran tablet pada 2010. Namun, ketika merilis iPad Pro generasi pertama dan kedua (2015 dan 2017), pilihan warna emas muncul. Mungkin emas adalah pilihan warna yang menarik dan menyegarkan bagi pecinta produk Apple.

Dengan kedatangan versi iPad Pro 12.9 (2018) saja, Apple memutuskan untuk kembali ke dasar dengan dua pilihan warna: perak dan abu-abu angkasa. Ini akan berlanjut dengan iPad Pro 12.9 (2021).

Tampaknya Apple tetap teguh mengusung desain minimalis. Termasuk meminimalkan pilihan warna yang tersedia. Apakah itu hal yang baik atau tidak terserah Anda.

2. Tidak ada fitur multi guna

Dieter Bohn menyesalkan iPad Pro Gen 5 (2021) tidak memiliki fungsi multi guna. Dia juga mengira bahwa tablet ini dirancang oleh Apple untuk digunakan oleh satu orang saja. Tidak seperti perangkat keluarga dengan beberapa profil per pengguna.

Bohn menemukan iPad Pro Gen 5 (2021) sangat cocok untuk kemampuan multi-pengguna. Karena perangkat ini menggunakan SoC yang sama dengan Macbook dan iMac.

3. Keterbatasan iPadOS

Apple memutuskan untuk beralih ke iPadOS setelah rilis iPad Pro 12.9 (2019). Dulu, iPad selalu menggunakan iOS yang sama dengan iPhone. Keputusan ini diambil karena fitur yang membedakan iPad iOS dari iPhone iOS semakin meningkat.

Inilah yang membuat interaksi antara pengguna iPad dan iPhone begitu berbeda. Cara menggunakan fitur picture-in-picture (kemampuan untuk menampilkan lebih dari satu aplikasi yang sedang berjalan) dan fitur drag and drop. Saat digunakan sebagai keyboard eksternal, tablet ini lebih mirip Macbook dan Mac OS-nya.

Tetapi iPadOS memiliki banyak keterbatasan yang memaksa orang yang akrab dengan iOS untuk beradaptasi. Batasan, seperti menampilkan tidak lebih dari dua aplikasi. iPadOS juga tidak mengizinkan tablet ini disambungkan ke lebih dari satu layar eksternal.

Sekian pembahasan mengenai review produk dari Apple yaitu Ipad Pro Gen 5 yang memuat tentang spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangannya. Walaupun produk Apple dikatakan sebagai produk yang sempurna namun sebagai pengguna pastinya memiliki keluhan tersendiri yang menjadikan produk Apple juga perlu melakukan inovasi untuk produk mereka.

Penulis: Pandu Akram

Artikel terkait:

12 Dampak Negatif Akibat Penggunaan Gadget Berlebihan Berikut ini!

14 Bahaya Gadget Bagi Kesehatan Tubuh Anda, Simak Disini!

Cara Memeriksa MacBook Second Sebelum Membeli Laptop Bekas

Yuk, Intip Peluang Bisnis Jual Beli Laptop Bekas dan Tips Memulainya!

Ini 5 Perbedaan Laptop dan Notebook



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Pandu