Perbedaan Laptop dan Notebook
in

Ini 5 Perbedaan Laptop dan Notebook

Banyak orang yang masih belum paham betul dengan perbedaan laptop dan notebook. Keduanya adalah benda yang serupa tetapi tidak sama. Meskipun memiliki kegunaan yang sama, tetapi terdapat perbedaan laptop dan notebook yang bisa dilihat dengan jelas.

Secara sekilas, laptop dan notebook memang hampir mirip. Cara paling mudah membedakannya adalah dengan melihat ukurannya. Akan tetapi, ada beberapa perbedaan lain dari keduanya.

Apa saja perbedaan laptop dan notebook? Mari kita ulas di bawah ini.

Perbedaan Laptop dan Notebook

Perbedaan laptop dan notebook dapat dilihat melalui tampilannya. Selain itu, ada juga perbedaan pada spesifikasi keduanya. Berat laptop dan notebook juga berbeda. Berikut penjelasannya:

1. Perbedaan ukuran layar

Perbedaan ukuran layarPerbedaan laptop dan notebook pertama yang langsung dapat dilihat adalah mengenai ukuran layarnya. Melihat dari perbedaan uang satu ini, tentu sangat mudah dilakukan. Kamu jadi bisa memahami mana yang laptop, mana yang notebook.

Pada umumnya, ukuran layar laptop paling besar jika dibandingkan dengan notebook. Biasanya, laptop memiliki ukuran layar lebih dari 17 inch. Akan tetapi, saat ini ada banyak laptop dengan ukuran 15 inch.

Selain itu, laptop juga memiliki ketebalan paling besar dibanding dengan notebook. Ukuran layar yang dimiliki notebook juga beragam. Mulai dari 13 inch sampai 18 inch.

2. Spesifikasinya

SpesifikasinyaPerbedaan laptop dan notebook berikutnya adalah terkait spesifikasinya. Sudah jelas bahwa notebook memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan laptop. Notebook memang dirancang sebagai komputer jinjing.

Notebook dirancang untuk lebih praktis ketika dibawa kemana-mana. Oleh karena itu, notebook dibekali dengan spesifikasi yang standar. Contohnya seperti besar RAM yang hanya berkisar dari 1 GB sampai 2 GB. Juga memiliki VGA yang mendasar.

Lain halnya dengan spesifikasi laptop. Bisa dikatakan bahwa laptop memiliki spesifikasi yang tidak terbatas. Banyak bisa kita dapatkan laptop dengan RAM sebesar 4 GB.

BACA JUGA:  15 Tips Memilih Laptop, Ini Yang Perlu Diperhatikan

Di Balik Pena: Curahan Hati Natasha Rizky dalam Buku “Kamu Tidak Istimewa”

Bahkan, banyak juga laptop yang memiliki RAM sebesar 8 GB. Selain itu, laptop juga memiliki prosesor yang mumpuni. Seperti Core i5 dan Intel Core i7.

Dari segi VGA, ada beberapa macam VGA yang berkelas di laptop. Seperti AMD dan NVidia. Perbedaan laptop dan notebook lainnya adalah mengenai keberadaan CD ROM.

Ada beberapa jenis laptop yang memiliki CD ROM. Sedangkan di dalam notebook tidak terdapat CD ROM. Hal itu membuat notebook tidak memiliki fungsi untuk membaca CD, berbeda dengan laptop.

3. Beratnya

BeratnyaApa lagi perbedaan laptop dan notebook? Perbedaan selanjutnya terletak pada beratnya. Tentu saja berat antara laptop dan notebook tidak sama.

Berdasarkan poin sebelumnya perihal ukuran layar dan spesifikasi, membuat laptop lebih unggul dari notebook. Maka pada perbedaan berat, laptop juga lebih unggul.

Notebook memiliki berat yang lebih ringan. Umumnya, berat notebook adalah sekitar 1,5 kg sampai 2 kg. Sedangkan untuk laptop, beratnya mencapai lebih dari 2 kg.

Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman hal itu berbeda. Laptop yang masuk ke dalam kategori sangat canggih memiliki ukuran yang lebih tipis. Hal itu tentu mempengaruhi berat laptop.

Pada akhirnya, berat laptop hampir menyerupai berat notebook. Maka dalam hal praktis, laptop juga bisa dikatakan praktis. Terlebih, laptop juga terbilang lebih efektif.

Tip dan Trik Mempercepat Kinerja Laptop Dan PC
Tip dan Trik Mempercepat Kinerja Laptop Dan PC

tombol beli buku

Buku Tip dan Trik Mempercepat Kinerja laptop dan PC ini membahas berbgai cara untuk meningkatkan kinerja Laptop dan PC anda. Cara yang dibahas tidak hanya mengenai install ulang, tetapi juga berbagai cara lain yang dapat dilakukan tanpa menghapus isi hard disk anda.

Perbedaan Laptop dan Notebook

4. Ketahanan baterai

Ketahanan bateraiPerbedaan laptop dan notebook juga terletak pada ketahanan baterai. Dari segi ketahanan baterai, biasanya notebook lebih unggul dari laptop.

Hal ini karena dipengaruhi oleh beberapa aspek sebelumnya. Contohnya seperti ukuran layar dan spesifikasinya. Ukuran layar yang lebih kecil dan spesifikasi yang biasa saja membuat ketahanan baterai pada notebook lebih lama.

Bahkan ketahanan baterai pada notebook dapat mencapai 10 jam sampai 12 jam pemakaian. Sebaliknya, pertahanan baterai pada laptop hanya bertahan sekitar 6 jam sampai 8 jam saja jika dipakai terus menerus.Hal itu juga karena dipengaruhi oleh ukuran layar dan spesifikasi dari laptop itu sendiri.

5. Harga

HargaPerbedaan laptop dan notebook selanjutnya adalah harganya. Untuk urusan harga, laptop tentu lebih mahal daripada notebook. Hal itu karena laptop memiliki lebih banyak kelebihan.

Oleh karena itu, notebook memiliki harga yang lebih murah. Melalui hal ini, kamu bisa memilih untuk membeli laptop atau notebook sesuai harga yang diinginkan.

Contoh Laptop

contoh laptopBerikut ini adalah beberapa contoh laptop yang beredar di Indonesia. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dell XPS 13
  2. Dell XPS 15
  3. Lenovo Yoga 920
  4. Asus ZenBook UX310UQ Core i7
  5. HP Spectre X360
  6. Apple Macbook Pro MLW82
  7. Dell Inspiron 11-3162 N3050
  8. HP 15-BA004AX
  9. HP Envy Notebook 14-J119TX
  10. Xiaomi Mi Notebook Air

Contoh Notebook

Contoh NotebookBerikut ini adalah beberapa contoh notebook yang beredar di Indonesia. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Elitepad 900 G1 (HP)
  2. Sky 232 (Zyrex)
  3. E202SA-FD111D (Asus)
  4. Mybook 10 (Axioo)
  5. IdeaPad 310S-1GID (Lenovo)
  6. Mybook 10 (Axioo)
  7. Vivobook E12 E203MAH (Asus)
  8. Inspiron 11-3162 (Dell)
  9. Sky 232 Plus (Zyrex)
  10. E202SA-FD112T (Asus)
  11. Mybook 11 Lite (Axioo)
  12. Aspire One 722 (Acer)
  13. Thinkpad T410 (Lenovo)

Itulah penjelasan singkat terkait perbedaan laptop dan notebook. Temukan informasi lainnya di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu menampilkan artikel menarik dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

Menggunakan Laptop Itu Gampang
Menggunakan Laptop Itu Gampang

tombol beli buku

Tidak semua orang memahami cara memilih laptop dengan tepat sebelum membeli, melakukan instalasi aplikasi sendiri, atau cara menggunakan, mengoptimalkan, dan merawat laptop secara efektif. Dengan buku ini, pembaca akan dipandu setahap demi setahap dengan bahasa yang mudah dipahami dan langsung dapat dipraktekkan, bagaimana menggunakan dan mengoptimalkan laptop.

13 Aplikasi Benchmark Untuk PC, Laptop Dan Netbook
13 Aplikasi Benchmark Untuk PC, Laptop Dan Netbook

tombol beli buku

Buku ini akan membahas beberapa hal penting. Tentu akan berikan untuk kamu dalam menggunakan laptop atau notebook. Beberapa pembahasan yang akan dibahas dalam buku ini adalah sebagai berikut: PC Mark, NovaBench, SiSoft Sandra, Autologic BenchTown, WinBench 2000, N-Bench, Audio WinBench, BenchMark, Chameleon Mark, Disk Mark, PC Wizard, HD Speed dan FRAPS.

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

Written by Wida Kurniasih