in , ,

Mengenal Pantai Gunung Payung dan 11 Pantai Indah Lain di Indonesia

Sumber: hotels.com

Pantai Gunung Payung – Jika berbicara mengenai ciri khas Indonesia yang paling mencolok dibandingkan dengan negara-negara lain, jawaban dari masyarakat kita mungkin akan serupa dari satu dengan lainnya. Mayoritas bisa jadi akan menjawab bahwa Indonesia terkenal akan kebudayaan dan alamnya.

Anggapan masyarakat terkait hal ini memang benar adanya. Indonesia memang negara yang kaya akan budaya serta alamnya. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia memiliki kebudayaan serta keindahan alam yang beragam, membuat negara ini begitu menarik di mata wisatawan.

Grameds seharusnya sudah mengetahui bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang kerap dikunjungi oleh wisatawan, khususnya wisatawan asing. Mayoritas dari mereka memiliki tujuan yang sama ketika datang untuk menikmati budaya negeri ini dan melihat keindahan alam di Indonesia.

Terdapat banyak sekali kebudayaan yang para wisatawan asing bisa lihat di Indonesia. Serupa dengan kebudayaan, ada banyak juga lokasi-lokasi alam di Indonesia yang bisa wisatawan asing kunjungi untuk menikmati keindahannya. Salah satu objek wisata yang paling wisatawan asing gemar kunjungi di Indonesia adalah pantainya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memiliki puluhan pantai yang amat sangat indah. Tiap daerah memiliki sejumlah pantai dengan keunikan serta keindahan alamnya tersendiri, menarik perhatian banyak wisatawan asing. Di antara pantai-pantai ini, salah satu nama pantai yang menarik perhatian wisatawan asing adalah Pantai Gunung Payung.

Pantai Gunung Payung

pantai gunung payung
Sumber: hotels.com

Pantai Gunung Payung adalah salah satu dari sekian banyak pantai yang terletak di Pulau Bali. Pulau berjuluk Pulau Dewata tersebut memang terkenal akan pantainya yang memikat perhatian wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Sebut saja Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Uluwatu, dan berbagai pantai lainnya di Pulau Bali, kerap menjadi tujuan destinasi wisata bagi wisatawan. Jika dibandingkan dengan beberapa pantai yang disebutkan sebelumnya, Pantai Gunung Payung mungkin masih terdengar asing bagi beberapa pihak.

Lokasi Pantai Gunung Payung berada di sebelah selatan Pulau Bali, tepatnya di daerah Kuta Selatan. Lokasi pantai lain yang paling dekat dengan Pantai Gunung Payung adalah Pantai Timbis di sebelah barat, dan Pantai Sawangan di sebelah timur.

Jarak dari Pantai Timbis menuju Pantai Gunung Payung berkisar 4,3 kilometer, dan memerlukan waktu paling tidak selama 15 menit mengendarai mobil dalam keadaan normal untuk mencapainya. Sementara itu, jika berangkat dari Pantai Sawangan, jaraknya akan bertambah dua kali lipat menjadi 8,7 kilometer, dan perlu waktu selama 25 menit menggunakan mobil jika keadaan lalu lintas normal.

Tadi sudah disebutkan bahwa Pantai Gunung Payung terbilang tidak sepopuler beberapa pantai lain di Pulau Bali. Oleh karena itu, masih belum banyak wisatawan yang mendatangi pantai ini. Namun, justru inilah yang menjadi daya tariknya tersendiri bagi sejumlah wisatawan.

Kondisi Pantai Gunung Payung masih terbilang bersih dan bebas dari sampah, kemungkinan karena belum banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini. Hal ini cukup berbeda dengan sejumlah pantai lain yang lebih populer di Bali, di mana lokasinya kotor dan cukup banyak sampah berserakan.

Keadaan tersebut membuat keindahan dari pantai-pantai ini berkurang. Beruntung, Pantai Gunung Payung belum memiliki kondisi serupa dengan sejumlah pantai lainnya, sehingga wisatawan yang mengunjungi pantai ini dapat semakin mudah untuk melihat keindahan Pantai Gunung Payung.

Masih sedikitnya wisatawan yang datang ke Pantai Gunung Payung juga menandakan bahwa pantai ini sepi dari keramaian dan hiruk-pikuk. Hal ini tentunya amat cocok bagi kalian yang ingin menikmati waktu sunyi di pantai, entah itu sendirian atau bersama orang terdekat.

Layaknya puluhan pantai lain di Indonesia, pemasangan alam dari Pantai Gunung Payung juga tidak bisa dianggap sepele. Karena kesunyian dan lokasinya yang masih bersih, wisatawan dapat dengan mudah menikmati waktu mereka untuk melihat keadaan lingkungan dan alam di pantai ini.

Selain melihat pemandangan di sekitar pantai, wisatawan juga bisa melakukan sejumlah kegiatan lainnya jika berkunjung ke Pantai Gunung Payung. Misalnya, mereka bisa mengunjungi lokasi yang menyediakan fasilitas untuk berolahraga parasut di sekitar pantai.

Selain itu, tidak jauh dari Pantai Gunung Payung, terdapat beberapa pura dan patung-patung peninggalan zaman Bali kuno yang bisa wisatawan kunjungi. Tentunya, kunjungan terhadap objek wisata tersebut bisa dilakukan sembari berkeliling dan melihat keindahan Pantai Gunung Payung.

Meskipun demikian, lokasi Pantai Gunung Payung ini terbilang cukup jauh dari pusat keramaian, sehingga aksesnya agak sulit bagi mereka yang kurang memahami wilayah sekitar pantai. Ini juga bisa menjadi alasan mengapa Pantai Gunung Payung tidak sepopuler pantai-pantai lainnya di Pulau Bali.

Selain itu, Pantai Gunung Payung bukan destinasi wisata yang cocok bagi wisatawan yang mencari keseruan di pantai. Situasi Pantai Gunung Payung dikenal sepi, sunyi, dan tenang, lebih cocok diperuntukkan bagi wisatawan yang memang ingin mencari ketenangan sambil berlibur.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa Pantai Gunung Payung adalah pantai tersembunyi yang cocok untuk wisatawan kunjungi jika mereka ingin merasakan pengalaman berbeda ketika mendatangi pantai di Pulau Bali. Ketenangan pantai, pemandangan indah, serta kebersihannya menjadi nilai tersendiri bagi pantai ini.

Pantai Indah Lainnya di Indonesia

Tentunya, selain Pantai Gunung Payung, masih ada banyak sekali pantai-pantai di Indonesia yang terkenal akan keindahan pemandangannya. Terlalu banyak bahkan, sampai-sampai tidak mungkin membahas seluruh pantai tersebut satu per satu dalam sebuah artikel.

Untuk itu, kali ini kita akan membahas 11 pantai indah di Indonesia di antara puluhan pantai lainnya di negeri ini. Tiap pantai yang akan disebutkan nanti juga mempunyai keunikan dan daya tarik tersendiri dibandingkan dengan berbagai pantai lain di Indonesia.

Grameds bisa anggap penjelasan ini sebagai referensi bagi kalian yang ingin berlibur ke pantai, atau memang suka travelling dan ingin mencari lokasi pantai untuk dikunjungi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, Grameds!

1. Pantai Pasir Panjang

pantai gunung payung
Sumber: Wikipedia

Pertama, kita akan membahas pantai yang terletak di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat ini. Pantai Pasir Panjang adalah salah satu pantai yang paling populer di Pulau Kalimantan, dan kerap dikunjungi wisatawan lokal maupun wisatawan asing karena berbagai macam faktor.

Selain karena pemandangannya yang luar biasa indah, Pantai Pasir Panjang sudah memiliki fasilitas amat lengkap, sehingga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Meskipun begitu, pantai ini juga dianggap belum seramai beberapa pantai populer lain di Indonesia, dan banyak dijadikan alternatif tujuan wisata dari pantai-pantai tersebut.

2. Pantai Tangsi

pantai gunung payung
Sumber: Google

Pantai yang satu ini lebih dikenal dengan nama “Pantai Pasir Pink“. Hal ini mengacu ke pasir di pantai ini yang memang berwarna merah muda. Butiran pasir di Pantai Tangsi memiliki warna merah muda karena bercampur dengan serpihan karang yang kebetulan berwarna merah muda.
Tentunya, keunikan yang dimiliki Pantai Tangsi menjadi daya tarik utama wisatawan untuk mengunjungi pantai ini. Terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), tepatnya di Pulau Lombok, Pantai Tangsi merupakan destinasi yang wajib kalian datangi jika memang suka berlibur ke pantai.

3. Pantai Nusa Dua

pantai gunung payung
Sumber: Detik Travel

Bukan rahasia bahwa Pulau Bali memiliki beberapa pantai terkenal yang kerap menjadi destinasi liburan wisatawan. Salah satu pantai tersebut adalah Pantai Nusa Dua, yang sama seperti Pantai Gunung Payung, juga berlokasikan di daerah selatan Pulau Bali.

Keindahan Pantai Nusa Dua tidak perlu diragukan lagi. Banyak wisatawan mengatakan jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya di Bali, pemandangan di Pantai Nusa Dua adalah yang terbaik. Lingkungannya juga masih terbilang bersih, bahkan ketika pantai ini sudah mulai ramai dikunjungi banyak wisatawan.

4. Pantai Gigi Hiu

pantai gunung payung
Sumber: Flickr

Nama pantai ini mungkin terdengar menyeramkan bagi Grameds yang kurang familiar. Meskipun begitu, jika orang-orang sudah pernah mendengar atau bahkan berkunjung ke Pantai Gigi Hiu, pasti mengatakan kalau pantai ini wajib masuk ke dalam daftar pantai yang harus dikunjungi.

Pantai ini dinamakan Pantai Gigi Hiu karena memiliki formasi karang yang menyerupai gigi hiu. Formasi karang ini indah untuk dilihat, apalagi menjelang senja, sehingga menjadi objek utama bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Jika tertarik dengan Pantai Gigi Hiu, pantai ini terletak di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

5. Pantai Kelingking

pantai gunung payung
Sumber: tripadvisor.co.id

Kembali ke Pulau Bali, satu pantai lagi yang dikenal akan keindahannya oleh wisatawan lokal dan wisatawan asing adalah Pantai Kelingking. Lokasi pantai ini berada di Pulau Nusa Penida, yang terletak di sebelah selatan Pulau Bali, terpisah oleh Selat Badung.

Untuk mengunjungi Pantai Kelingking, seseorang harus terlebih dahulu menaiki kapal selama sekitar 30 menit untuk sampai ke Pulau Nusa Penida. Perjalanan yang cukup panjang ini akan terbayar lunas setelah melihat alam dan pemandangan di Pantai Kelingking.

6. Pantai Jogan

pantai gunung payung
Sumber: tripadvisor.co.id

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang lebih dikenal dengan wisata budayanya, juga memiliki sejumlah pantai dengan pemandangan indahnya. Salah satu dari beberapa pantai tersebut adalah Pantai Jogan, yang berlokasikan di Kabupaten Gunung Kidul, atau sekitar 75 kilometer dari pusat kota.

Ukuran Pantai Jogan terhitung cukup kecil dibandingkan dengan beberapa pantai yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun, pemandangan yang disajikan pantai ini pastinya tidak kalah istimewa. Salah satu hal menarik di Pantai Jogan adalah air terjun yang langsung mengalir ke lautan lepas.

7. Pantai Sawarna

pantai gunung payung
Sumber: Google

Terletak di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Pantai Sawarna adalah salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Serupa dengan Pantai Pasir Panjang, fasilitas di Pantai Sawarna yang terbilang lengkap, adalah salah satu alasan di balik banyaknya pengunjung pantai ini.

Selain melihat-lihat keindahan pantai ini, seseorang dapat melakukan sejumlah aktivitas air di Pantai Sawarna, seperti berenang, surfing, hingga bermain jetski. Pantai Sawarna juga disenangi oleh orang-orang yang kurang menggemari wisata ke pantai, karena di sana juga ada desa untuk dikunjungi sebagai tempat bersantai serta relaksasi.

8. Pantai Kolbano

pantai gunung payung
Sumber: Twitter

Selanjutnya, ada juga Pantai Kolbano yang sempat dianggap wisatawan sebagai lokasi wisata hidden gem. Dulu, Pantai Kolbano masih terbilang sepi, dan kerap menjadi tujuan sejumlah wisatawan yang ingin menikmati waktu mereka di pantai secara tenang tanpa kebisingan.

Satu hal yang membuat Pantai Kolbano unik dibandingkan pantai-pantai lainnya yaitu pantainya diisi oleh kerikil-kerikil berwarna-warni alih-alih dengan pasir. Hal ini semakin menambah keindahan pantai yang terletak di Timor Selatan, Nusa Tenggara Timur. Kini, kepopuleran Pantai Kolbano cukup melesat dan mulai didatangi semakin banyak wisatawan.

9. Pantai Tanjung Aan

pantai gunung payung
Sumber: Wikipedia

Kembali ke Provinsi NTB, Pantai Tanjung Aan menjadi salah satu pantai lain yang cukup populer di kalangan wisatawan. Apalagi, lokasinya terletak tidak jauh dari Pantai Mandalika, yang menjadi sirkuit ajang balap motor MotoGP dan juga Superbike.

Seseorang hanya perlu mengendari motor atau mobil selama 10 menit untuk pergi dari Pantai Tanjung Aan ke Pantai Mandalika. Dengan semakin terkenalnya Pantai Mandalika, Pantai Tanjung Aan bisa menjadi alternatif pantai untuk menghabiskan waktu luang, terlebih jika kalian juga berlibur untuk menonton balap MotoGP atau Superbike.

10. Pantai Saleo

pantai gunung payung
Sumber: tripadvisor.co.id

Pantai yang satu ini berlokasikan di Pulau Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Rasanya provinsi ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, karena menyediakan sejumlah destinasi wisata pantai yang amat sangat indah. Salah satu pantai yang paling populer adalah Pantai Saleo
Pantai Saleo menyuguhkan berbagai macam jenis pemandangan yang tidak akan membuat mata lelah untuk melihatnya. Seseorang mungkin perlu merogoh kocek cukup dalam jika ingin mengunjungi pantai ini. Tetapi, semua akan dibayar lunas oleh keindahan Pantai Saleo.

11. Pantai Ngurtafur

pantai gunung payung
Sumber: Dinas Pariwisata Provinsi Maluku

Pantai terakhir yang akan dibahas dalam artikel ini adalah Pantai Ngurtafur. Layaknya beberapa pantai lain dalam daftar ini, Pantai Ngurtafur masih belum banyak dijamah oleh wisatawan. Oleh karena itu, keindahan alam pantai masih terjaga dengan sangat baik.

Terletak di Kabupaten Maluku Tenggara, hal yang membuat Pantai Ngurtafur begitu berkesan di ingatan para wisatawan adalah pasir timbulnya. Membentang sepanjang 2 kilometer, pasir timbul di Pantai Ngurtafur adalah keindahan alam yang sulit dideskripsikan, dan mendatangi pantai ini secara langsung adalah cara terbaik untuk melihat keindahannya.

Pembahasan tentang pantai Gunung Payung dan 11 pantai indah di Indonesia di atas menutup artikel kali ini. Grameds tadi sudah membaca informasi mengenai pantai-pantai di Indonesia, khususnya informasi terkait Pantai Gunung Payung, Bali. Tidak hanya itu, kalian juga mendapat informasi mengenai beberapa pantai dan keindahan yang ditawarkan.

Semoga saja, kalian bisa mendapatkan informasi bermanfaat dari artikel ini. Khusus bagi Grameds yang senang berkunjung ke pantai atau travelling ke lokasi baru, semoga saja artikel ini bisa menambah referensi kalian untuk berlibur, baik itu sendiri atau bersama orang lain.

Di sini, kami ingin mengingatkan Grameds agar selalu menjaga kebersihan dan keasrian alam Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, alam Indonesia adalah sesuatu yang amat dibanggakan oleh masyarakatnya. Sangat disayangkan jika kita bersikap tidak acuh atau justru malah merusak atau mengotori satu hal yang menjadi kebangaan warga Indonesia.

Sebagai penutup, kami ingin memberi beberapa rekomendasi buku bacaan bagi Grameds bertemakan pantai dan wisata di Indonesia. Buku-buku tersebut adalah buku “Deburan Ombak Pantai Nusantara“, buku “Kepulauan Belitung: Pesona Negeri Seribu Pantai“, dan buku “Birunya Laut Penggoda Wisatawan“.

Deburan Ombak Pantai Nusantara

https://www.gramedia.com/products/deburan-ombak-pantai-nusantara?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/deburan-ombak-pantai-nusantara?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

 

Kepulauan Belitung: Pesona Negeri Seribu Pantai

https://www.gramedia.com/products/kepulauan-belitung-pesona-negeri-seribu-pantai-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/kepulauan-belitung-pesona-negeri-seribu-pantai-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

 

 

Jika Grameds tertarik untuk membeli buku-buku rekomendasi dari Gramedia, #SahabatTanpaBatas, atau ingin membaca artikel lain seputar wisata di Indonesia, kalian bisa langsung kunjungi situs Gramedia.com. Membaca adalah salah satu kegiatan yang akan selalu membawa manfaat bagi kalian, karena Grameds bisa mendapatkan informasi dan ilmu #LebihDenganMembaca.

Penulis: M. Adrianto S.

Written by M. Hardi