in

Inspirasi Outfit Kondangan dan Panduan Anti Salah Kostum

Sumber: Kompas.com

Outfit kondangan – Grameds sering merasa bingung ketika memilih outfit kondangan? Tak harus menggunakan rok atau dress, sebenarnya kamu juga dapat tampil anti ribet dan simple dengan menggunakan celana. Sebab outfit kondangan dengan bawahan celana tak kalah cantiknya lho asal kamu paham bagaimana memadu padankannya, apalagi memang tak semua orang merasa nyaman dengan dress atau rok.

Meski begitu, kadang kita memang harus menggunakan dress untuk menyesuaikan tema acara dan mengikuti dress code yang ada. Berikut ini referensi padu padan celana maupun dress sebagai outfit kondangan yang kece untuk kamu terapkan ke undangan acara-acara spesialmu.

Ide Outfit Kondangan yang Kece

1. Kemeja Putih dan High-Waisted

Outfit kondangan

Kemeja putih menjadi salah satu item fashion yang wajib dan sah saja digunakan ke berbagai tema acara, termasuk saat menghadiri acara-acara kondangan. Tak perlu banyak effort, hanya dengan memadukan kulot serta tambahkan aksesoris anting atau kalung berwarna gold akan membuat tampilan terlihat lebih glamor.

2. Lace Blouse dan Wide Leg Pants

Outfit kondangan

Tak hanya kemeja putih, kamu juga dapat memadukan blouse dengan brokat atau bahan lace. Bahan-bahan ini akan dengan sendirinya menyulap penampilanmu menjadi lebih elegan dan formal. Lalu padu padankan dengan palazzo atau wide leg pants untuk tampilan yang lebih classy.

3. Rok lilit dengan Kebaya

Outfit kondangan

Rok lilit menjadi salah satu pilihan pakaian andalan saat pergi ke kondangan. Meski sederhana, rok lilit sendiri memberikan kesan elegan dan anggun saat digunakan. Dibanding harus repot-repot mencari atasan, tak ada salahnya memadukan rok lilit beserta kebaya sebagai outfit kondangan.

Contohnya saja memadukan rok batik lilit beserta kebaya kutu, tambahkan aksesoris anting dan kalung untuk menambahkan sisi elegan. Jika ingin lebih stylish dan modern kamu dapat memadukan rok lilit dengan atasan kebaya brokat dengan model loose yang menawan.

4. Ruffle Dress

Outfit kondangan

Inspirasi outfit kondangan lainnya diantaranya adalah ruffle dress. Dengan model unik, ruffle dress kemudian akan memberikan kesan chic juga elegan saat digunakan ke pesta. Misalnya saja pada dress ruffle bermodel see-through; transparan yang akan membuat tubuh menjadi lebih langsing.

Bahkan, tak ada salahnya menambahkan berbagai detail ruffle asimetris pada dress yang digunakan. Penambahan detail-detail ini kemudian akan mempermanis tampilan kita saat pergi kondangan. Tambahkan strap heels dengan warna senada untuk tampilan yang lebih chic dan gaya ya.

5. Dress Polos

Outfit kondangan

Bosan dengan celana? Jangan remehkan kekuatan dress polos yang dapat kamu gunakan saat kondangan, dress ini sendiri kemudian akan menghadirkan kesan yang lebih classy. Kamu hanya harus memix and match dengan baik agar tampilan dress ini tidak terlihat membosankan.

Contohnya dengan tambahan long earrings yang akan memberikan kesan lebih elegan. Selain itu, kamu juga dapat tampil anggun dengan look yang simpel, menggunakan satin dress polos dengan spaghetti strap.

6. Peplum Blouse dan Celana Formal

Outfit kondangan

Blus bergaya peplum juga dapat menjadi pilihan saat datang ke acara-acara resmi seperti acara pernikahan. Tak hanya membuat tampilan terlihat lebih stylish tapi juga mampu menyamarkan lemak pada area perut. Tak hanya itu blus ini juga akan mampu memberikan ilusi pada pinggang yang lebih ramping, Ladies. Kamu tinggal memadukannya dengan celana formal agar semakin menawan.

7. Silk Blouse dan Belt High Waist Pants

Outfit kondangan

Blus dengan bahan silk akan memberikan kesan simple dan classy. Dengan modelnya yang sederhana akan tetap membuatmu tampil elegan. Padamkan saja dengan blus dengan cutting sederhana, kemudian gunakan belt high waist pants agar memberi kesan stunning dan manis.

8. Setelan Blazer dan Turtleneck Blouse

Outfit kondangan

Blazer tak hanya difungsikan untuk outfit kantor saja, kamu juga dapat menggunakannya saat menghadiri acara-acara resmi seperti kondangan. Agar tidak terlalu formal, kamu juga dapat memadukannya dengan inner blus atau t-shirt polos berkerah tinggi.

9. Jumpsuit

Outfit kondangan

Tak ingin pusing memilih padu-padan antara celana dan atasan untuk datang ke acara-acara resmi? jumpsuit dapat menjadi pilihan. Jumpsuit berbahan lace atau brokat akan membuat tampilan lebih elegan dan cantik. Kamu juga dapat memilih jumpsuit dengan bahan batik untuk tampilan yang lebih formal.

10. Off Shoulder Blouse dan Celana Batik

Outfit kondangan

Kain nusantara seringkali digunakan untuk acara-acara formal dan special, karenanya sah saja jika kamu ingin memakainya di acara-acara resmi seperti acara kondangan. Atasan berkerah off shoulder akan sangat cocok jika dipadukan dengan celana batik. Gunakan high heels, atau padankan saja dengan sneaker untuk tampilan casual namun tetap resmi.

11. Kemeja bermotif dan Black Pants

Outfit kondangan

Kemeja dengan motif 3D juga dapat menjadi pilihan untuk datang ke acara-acara resmi. Kenakan saja kemeja dengan detail motif 3D yang dapat dipadukan dengan black pants berhiaskan ruffle nan unik, kemudian padankan dengan mini bag serta mules shoes senada!

12. White Pants, Pastel Top dan Outer Putih

Outfit kondangan

Tampil lebih stylish dan minimalis, cukup padankan pastel top, white pants, serta outer putih. Warna putih sebagai warna eksklusif dan memberi kesan resmi, sehingga kamu dapat menggunakannya pada berbagai macam acara resmi, baik acara yang sifatnya santai atau lebih formal. Cukup padukan warna ini dengan aksesoris berwarna perak atau emas akan membuatmu tampil lebih elegan dan stylish.

13. Blouse Satin Ungu dan Wide Leg Pants

Outfit kondangan

Anti monoton, pilihlah gaya kondangan tak biasa dengan memilih warna-warna dengan nuansa color block yaitu dengan memadukan atasan twisted blouse satin berwarna ungu dengan wide leg pants berwarna oranye. Tabrak warna yang fresh dan membuat penampilanmu sangat kece.

14. Spaghetti Tank Top Satin dan Long Scuba Pants Pink Pastel

Outfit kondangan

Spaghetti tank top satin juga dapat menjadi pilihan outfit kondangan lho. Cukup padukan saja dengan long scuba pants pink pastel serta high heels yang akan menjadikan tampilan sederhana namun tetap resmi, jangan lupa padukan juga dengan long earrings serta clutch yang akan membuat tampilan lebih chic ya.

15. Blus Polkadot, Simple Black Pants, dan Handbag Senada

Outfit kondangan

Ingin menghadirkan tampilan yang lebih vintage? Kamu bisa memadukan blus polkadot dengan simple black pants serta handbag dengan warna senada. Tampilan ini selain tetap resmi untuk digunakan ke acara-acara kondangan, juga akan membuatmu tampil sangat modis.

16. Outfit Senada

Outfit kondangan

Mengenakan outfit dengan warna senada tak akan membuatmu terlihat membosankan asal mengetahui cara padu pandannya, bahkan akan membuat penampilanmu terlihat classy. Contohnya pada brokat, celana, dan pump heel floral ini.

Panduan Agar Tidak Salah Kostum saat Kondangan

Outfit kondangan
Sumber: Kompas.com

Banyak dari kita memikirkan jauh hari soal busana apa yang sebaiknya dikenakan saat datang ke suatu acara pernikahan Meskipun ada juga yang lebih santai dan memilih pakaian seadanya ketika berangkat ke acara resmi ini.

Sebenarnya, penampilan yang kita pilih untuk datang ke acara pernikahan orang lain, termasuk pakaian yang digunakan, merupakan cara kita menghargai si pemilik acara. Karenanya pastikan agar tidak salah kostum dan membuat suasana acara menjadi tidak menyenangkan. Berikut ini beberapa kiatnya agar tidak salah kostum saat menghadiri acara-acara resmi:

1. Jangan Menyalahi Dress Code

Ada banyak calon pengantin yang sengaja menyertakan dress code untuk para tamu undangannya. Hargai permintaan ini kemudian sesuaikanlah dengan pakaian yang akan kamu gunakan. Pahami juga pakaian apa yang sebaiknya digunakan dan sebaiknya tidak digunakan ke acara tersebut. Jika kamu tidak memahami temanya, tanyakan langsung kepada kenalan atau bridesmaid untuk penjelasan lebih lanjutnya.

2. Pahami Color Wheel

Belajarlah lebih banyak tentang roda warna atau color wheel yang akan banyak membantumu dalam memahami bahwa mengkoordinasikan warna pakaian dapat membuat tampilanmu jauh lebih menarik. Misalnya saja pada warna biru, kuning dan merah akan baik jika dipadukan dengan warna-warna netral seperti hitam, putih, atau warna lain dengan kombinasi hitam putih (seperti abu-abu).

Warna coklat juga terkadang digambarkan sebagai warna netral yang cocok dikombinasikan dengan warna color wheel lainnya. Pakaian dengan warna coklat paling baik dipasangkan dengan pakaian oranye atau merah-oranye. Aturan warna penting lain yang perlu kamu ketahui adalah dengan menggunakan warna komplementer. Terdapat pakaian dengan warna yang berlawanan dengan ujung color wheel namun tetap akan terlihat sangat bagus saat dikombinasikan.

3. Jangan Berlebihan dan Mencolok

Pakaian bermotif atau printed sebagai paduan dari satu atau lebih warna dan banyak motif. Karenanya jangan berlebihan untuk menambahkan warna lainnya. Biarkan saja pakaian dengan motif atau print tersebut menjadi poin yang mencuri perhatian, tanpa harus memadupadankannya lagi dengan warna-warna dominan yang akan membuatnya tampak sangat berlebihan.

Apalagi etika dasar ketika berbusana ke acara pernikahan adalah jangan mengungguli pengantin, karenanya hindari penggunaan pakaian yang terlalu ramai dan mencolok yang akan membuatmu menjadi pusat perhatian.

4. Hindari Gaun Berwarna Putih

Pengantin wanita umumnya mengenakan gaun atau kebaya putih di hari-hari istimewanya, karenanya jangan rusak kebahagian dengan menggunakan gaun heboh berwarna senada. Hindari pakaian berwarna putih kecuali undangan secara khusus meminta tamunya menggunakan warna-warna tersebut.

5. Sesuaikan dengan Warna Kulit

Jika memiliki warna kulit kuning, dan pucat. Pilihlah warna dari sisi palet yang lebih dingin atau cold. Misalnya saja abu-abu, biru laut, serta berbagai nuansa hijau, merah anggur, aqua, zamrud, dan lain-lain. Sementara itu, jika memiliki warna kulit yang lebih gelap, Pilihlah penggunaan warna coklat, koral, emas, amber, kelabu tua, madu, dan lainnya yang lebih cerah atau lebih hangat.

6. Gunakan Sepatu yang Nyaman

Hindari menggunakan sepatu yang tidak nyaman saat menghadiri pesta pernikahan dengan apapun temanya. Selalu Sesuaikan sepatu yang digunakan dengan lokasi acara serta format pernikahan tersebut. Jangan bersikap konyol misalnya dengan menggunakan sepatu stiletto untuk pernikahan outdoor. Hal ini akan membuat penampilan kita terlihat aneh dan kaki terasa sakit sepanjang acara.

Rekomendasi Buku Terkait Outfit Kondangan

1. Teknik Cepat Membuat Busana Aneka Gaya Gaun Pesta

https://www.gramedia.com/products/teknik-cepat-membuat-busana-aneka-gaya-gaun-pesta?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/teknik-cepat-membuat-busana-aneka-gaya-gaun-pesta?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Teknik Cepat Membuat Busana: Aneka Gaya Gaun Pesta Seri Teknik Cepat Membuat Busana (TCMB) dibuat dan diuji selama bertahun-tahun sehingga menjadi sebuah sistem pembuatan busana yang cepat, praktis, dengan hasil akhir yang nyaman dikenakan.

Setiap buku dalam seri ini memuat pola dasar dan pecah pola, serta pengembangan model, yang memungkinkan pemula maupun terampil bisa menerapkan isinya dengan mudah. Buku TCMB Aneka Gaun Pesta ini memuat berbagai gaun pesta, panjang maupun pendek.

Model-model yang disajikan cukup simpel, namun tetap apik dan bisa dikembangkan sesuai kebutuhan pembaca. Selain pola dasar gaun, buku ini memuat teknik pembuatan gaun pesta serta tips praktis dalam pengukuran, pecah pola, memotong bahan, hingga jadi. Metoda yang cukup lengkap ini akan memudahkan siapa pun dalam membuat gaun pesta yang cantik.

2. Teknik Cepat Membuat Busana: Aneka Blus & Tunik Dengan Aksen

Buku TCMB Aneka Blus dan Tunik dengan Aksen Kerut ini memuat berbagai pola blus dengan aksen kerut sebagai pemanis. Model-model yang disajikan cukup simpel, namun tetap apik dan bisa dikembangkan sesuai kebutuhan pembaca. Selain pola dasar blus, buku ini memuat teknik pembuatan blus beraksen kerut serta tips praktis dalam pengukuran, pecah pola, memotong bahan, hingga jadi. Metoda yang cukup lengkap ini akan memudahkan siapa pun dalam membuat blus model kerut.

https://www.gramedia.com/products/teknik-cepat-membuat-busana-aneka-blus-tunik-dengan-aksen?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/teknik-cepat-membuat-busana-aneka-blus-tunik-dengan-aksen?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

3. Teknik Cepat Membuat Busana Aneka Blus Model Color Blocking

https://www.gramedia.com/products/teknik-cepat-membuat-busana-aneka-blus-model-color-blocking?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/teknik-cepat-membuat-busana-aneka-blus-model-color-blocking?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku TCMB Aneka Blus dengan Color Blocking ini memuat berbagai pola blus dengan kombinasi bahan berbeda sebagai aksen pemanis. Model-model yang disajikan cukup simpel, namun tetap apik dan mudah dikembangkan sesuai kebutuhan pembaca.

Selain pola, buku ini memuat teknik pembuatan blus dengan padu padan bahan sampai jadi. Mulai dari pola dasar, pecah pola sesuai model, penempatan bahan kombinasi, hingga teknik menjahit yang lengkap dan praktis. Metoda yang cukup lengkap ini akan memudahkan siapa pun dalam membuat blus hingga tuntas.

Itulah beberapa inspirasi outfit kondangan yang bisa kamu coba untuk datang ke undangan spesial. Grameds juga bisa mendapatkan buku-buku terkait berbusana yang tepat untuk kondangan di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia memberikan produk terbaik agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi