in

Baju Biru Navy Cocok dengan Jilbab Warna Apa? Ini Padu Padannya

Pexels.com

Baju Biru Navy Cocok dengan jilbab Warna Apa – Melihat perempuan mengenakan jilbab bukanlah pemandangan yang luar biasa, setidaknya di negara-negara Islam seperti Arab Saudi, atau negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam seperti Indonesia. Sebagai negara dengan populasi Muslim terbanyak di dunia, umat Muslim di Indonesia jelas sangat beruntung.

Tidak seperti negara lain, pemerintah Indonesia membebaskan rakyatnya untuk memeluk salah satu dari enam agama yang diresmikan oleh pemerintah, dan membebaskan rakyatnya untuk mengikuti ajaran agama masing-masing. Dan hal itu, jelas berlaku juga bagi perempuan Muslim, di mana mereka bebas memakai jilbabnya tanpa takut dianggap aneh apalagi mendapatkan cacian dari orang sekitar.

Membahas soal jilbab, banyak orang di negara Barat menganggap jilbab sebagai batasan bagi seorang perempuan untuk mengekspresikan dirinya. Perempuan tidak bisa lagi memakai pakaian yang sesuai dengan mode karena jilbabnya. Mereka bahkan berpikir, bahwa Islam memenjarakan perempuan dan perempuan melakukannya karena terpaksa.

Padahal kenyataannya justru berbicara hal yang sebaliknya. Islam melindungi perempuan dengan memerintahkan perempuan untuk menutup aurat. Tidak hanya itu, Islam juga memerintahkan perempuan dan laki-laki untuk menundukkan pandangannya.

Berbicara soal berekspresi, menjadi perempuan berjilbab bukan berarti kita harus berhenti tampil modis. Perempuan di Indonesia bisa menjadi contoh, bahwa tampil berjilbab tidak membuat penampilan kita jadi membosankan atau hanya memakai pakaian yang itu-itu saja. Di jalan atau di media sosial, kamu tetap bisa melihat perempuan berjilbab tampil modis dan menarik.

Tentu saja untuk bisa tampil menarik dengan jilbab, kita harus pintar-pintar melakukan mix and match pada pakaian yang ada di lemari. Bukan hanya itu, kita juga harus pintar-pintar memilih pakaian yang bukan hanya sesuai dengan jilbab yang kita kenakan, tetapi juga nyaman untuk dipakai saat beraktifitas seharian.

IMPLIKASI PENGGUNAAN JILBAB
IMPLIKASI PENGGUNAAN JILBAB

6 Tips Memilih Pakaian untuk Perempuan Berjilbab

Baju Biru Navy Cocok dengan jilbab Warna Apa
Pexels.com

Tidak dipungkiri, salah satu kekhawatiran banyak perempuan saat memakai jilbab adalah soal pakaian. Selain tidak bisa sembarangan memakai pakaian yang sedang trend, perempuan berjilbab juga harus pintar memilih pakaian yang nyaman. Nah, supaya kamu tidak bingung, berikut 6 tips memilih pakaian untuk perempuan berjilbab!

1. Hindari memakai pakaian yang panas

Seperti yang kita tahu, berjilbab berarti harus menutup seluruh bagian tubuh yang dianggap sebagai aurat. Dalam Islam sendiri, seluruh tubuh perempuan adalah aurat, kecuali telapak tangan dan wajah. Sebenarnya kalau kamu tinggal di negara Eropa atau Rusia yang beriklim dingin sih, hal ini tidak akan menjadi masalah. Justru jilbab akan membuat kamu menjadi lebih hangat.

Namun, mengenakan pakaian yang serba tertutup akan jadi tantangan tersendiri jika kita tinggal di negara dengan suhu yang tinggi atau negara dengan iklim tropis seperti di Indonesia. Bagaimana tidak, suhu di Indonesia yang rata-rata berada di angka 30 derajat Celcius, membuat kita kepanasan dan mudah berkeringat.

Hal ini tentu jadi terasa sangat tidak nyaman. Untuk mengatasi tantangan satu ini, kita bisa menyiasatinya dengan memilih pakaian yang mudah menyerap keringat dan berbahan flowy atau ringan.

Baju-baju dengan bahan seperti sutra, satin, sifon, dan polyester bisa jadi pilihan kamu. Selain elegan, bahan seperti ini juga nyaman digunakan seharian karena tidak akan membuat kamu kegerahan saat melakukan berbagai aktivitas.

2. Jangan memilih pakaian yang ketat

Memutuskan untuk berjilbab berarti kamu harus mengucapkan selamat tinggal pada pakaian-pakaian ketat dan pendek yang biasa kita gunakan. Karena bagaimanapun, memakai jilbab kan niatnya untuk menutup aurat. Sedangkan pakaian-pakaian ketat milik kamu itu justru akan menunjukkan lekuk tubuh dan aurat kamu.

Selain alasan agama, pakaian ketat juga tidak nyaman digunakan untuk kamu yang berjilbab. Pakaian seperti ini akan membuat kamu tidak leluasa bergerak saat sedang menjalankan aktivitas. Pakaian ketat juga akan membuat kamu merasa sesak dan mengeluarkan lebih banyak keringat.

Tenang aja, kamu tidak harus membuang pakaian pendek atau baju ketat kamu kok! Karena sebenarnya, pakaian seperti ini masih boleh kok digunakan, dengan catatan kamu hanya memakainya di rumah dan hanya terlihat keluarga terdekat saja. Kalau keluar, ya harus ganti dengan pakaian yang tertutup, longgar, lengkap dengan jilbab yang menutupi dada.

3. Pilih warna yang kalem

Sebenarnya, dalam agama Islam sendiri tidak pernah melarang perempuan memakai warna tertentu. Kita bebas kok mau memakai pakaian dengan warna apapun, selama pakaian yang digunakan tidak ketat, tidak pendek, dan menutupi aurat.

Namun ada baiknya kalau kamu menyesuaikan warna pakaian dengan acara yang akan dihadiri. Dalam acara pesta yang dilangsungkan pada malam hari, baju dengan warna sedikit terang dan mencolok mungkin cocok digunakan.

Tapi untuk aktivitas sehari-hari, ada baiknya kalau kita memilih pakaian yang terdiri dari warna-warna yang kalem seperti warna-warna pastel. Selain terlihat bagus, dan lebih mudah dipadukan dengan warna lainnya, warna pastel yang kalem juga tidak terlihat norak dan membuat kamu jadi pusat perhatian banyak orang.

4. Pilih pakaian yang tidak menerawang

Karena hakikatnya memakai jilbab itu untuk menutupi aurat, maka pakaian yang menerawang dan memperlihatkan tubuh kita jelas adalah hal yang sangat dilarang.

Pakaian seperti ini memang tidak bikin kamu gerah, tapi lekuk dan bagian tubuh kamu akan terlihat oleh orang lain. Selain tidak pantas bagi seorang muslim untuk memakai pakaian yang menerawang, pakaian seperti ini juga bikin kamu jadi pusat perhatian banyak orang, terutama kaum lelaki.

Kamu tentu tidak ingin tubuh kamu dilihat banyak orang kan? Jika iya, maka pilih pakaian dengan bahan tertutup dan tidak tipis. Kalaupun kamu memiliki baju tangan panjang yang menerawang, sebaiknya kamu memakai inner atau pakaian dalam untuk menutupi tubuh kamu agar tidak terlihat oleh orang lain.

5. Motif yang simpel

Selain tidak menggunakan warna yang terlalu ngejreng atau mencolok, motif simpel juga disarankan untuk mereka yang memakai pakaian yang berjilbab. Pakaian dengan motif seperti ini akan membuat penampilan kamu tetap menarik tanpa harus terlihat mencolok.

Kalaupun harus memakai pakaian dengan motif yang mencolok, kamu bisa memadukannya dengan rok atau celana yang netral tanpa motif apapun. Dengan begitu, penampilan kamu tidak akan terlihat berlebihan.

6. Sesuaikan dengan aktivitas

Semua pakaian tentu harus disesuaikan dengan aktivitas yang akan kamu jalani. Kalau aktivitas yang akan kamu lakukan seharian ini berada di dalam ruangan dan tidak menuntut kamu untuk banyak bergerak, kamu bisa memakai pakaian seperti dress atau rok.

Sebaliknya, kalau aktivitas yang akan kamu lakukan hari ini menuntut kamu untuk pergi ke banyak tempat dan bergerak kesana-kemari, ada baiknya kalau kamu memilih pakaian yang simpel seperti blouse dan celana panjang yang longgar. Pakaian seperti ini akan memudahkan kamu untuk bergerak dengan lebih leluasa. Oh ya, pilih juga pakaian dengan bahan yang tidak mudah kusut agar kamu tetap terlihat rapi.

7. Sesuaikan pakaian dengan cuaca hari ini

Selain aktivitas, penting banget untuk memilih pakaian yang sesuai dengan cuaca hari ini. Di Indonesia sendiri, hanya ada dua musim yaitu musim hujan dan panas. Saat musim panas tiba, suhu di luar akan jadi lebih tinggi. Jadi pastikan kamu memakai pakaian yang mudah menyerap keringat dan tidak membuat kamu kegerahan.

Sebaliknya, saat musim hujan tiba, pilih pakaian yang bukan hanya tertutup tetapi juga tebal agar tubuh kamu tetap hangat. Untuk kamu yang menggunakan kendaraan umum, pilih juga pakaian yang lebih simpel seperti celana panjang dan sepatu kets agar kamu lebih leluasa bergerak dan berlari untuk menghindari hujan dan genangan air di jalanan.

Jilbab Anggun Muslimah 35+
Jilbab Anggun Muslimah 35+

Baju Biru Navy Cocok dengan Jilbab Warna Apa?

Baju Biru Navy Cocok dengan jilbab Warna Apa
Unsplash.com

Berdasarkan beberapa tips di atas, memilih warna pakaian adalah salah satu yang penting bagi perempuan berjilbab. Untuk aktivitas sehari-hari, kita disarankan untuk memilih pakaian berwarna pastel yang kalem dan jauh dari kesan mencolok. Pakaian berwarna pastel cenderung mudah dipadukan dan juga tidak terlalu mencolok. Meski warna pastel disarankan, namun bukan berarti kita tidak boleh memakai pakaian warna lain. Kamu boleh lho memakai pakaian berwarna gelap, dan selama bisa memadupadankannya dengan baik, pakaian berwarna gelap pun akan terlihat bagus.

Eits, warna gelap tidak selalu hitam kok! Selain warna hitam, kamu juga bisa memilih baju biru navy. Beberapa tahun belakangan, biru navy jadi warna favorit banyak orang. Selain warnanya yang cukup netral, baju biru navy juga cocok untuk dipadukan dengan kerudung warna apa saja. Jadi, baju biru navy cocok dengan jilbab warna apa? Yuk cari tahu sama-sama jawabannya!

1. Abu-abu

Baju Biru Navy Cocok dengan jilbab Warna Apa
Jejak Piknik

Warna abu-abu menjadi warna pertama yang cocok dengan baju biru navy. Warna abu-abu sendiri merupakan campuran antara warna hitam dan putih, dan termasuk dalam warna yang cukup netral. Nah karena abu-abu merupakan warna yang netral, warna satu ini akan cocok dipadukan dengan warna apa saja, termasuk biru navy.

Alasan lain kenapa abu-abu bisa jadi pilihan adalah, karena warnanya cukup aman dan tidak terlalu mencolok. Jika dipadukan dengan baju biru navy, jilbab berwarna abu-abu memang akan terlihat menabrak warna, tapi masih sangat cocok untuk dipakai.

2. Hitam

Baju Biru Navy Cocok dengan jilbab Warna Apa
Shane Hijab

Hayo ngaku, siapa di sini yang suka banget dengan jilbab berwarna hitam? Bisa dibilang, jilbab berwarna hitam adalah warna jilbab andalan banyak orang. Pertama, hitam sama seperti putih, merupakan warna yang sangat netral dan bisa dipadukan dengan baju warna apa saja, termasuk baju biru navy.

Kedua, ada alasan khusus kenapa banyak perempuan Indonesia menyukai jilbab warna hitam adalah, karena warna satu ini cocok dengan warna kulit orang Indonesia. Memakai jilbab warna hitam akan membuat kulit terlihat lebih cerah tanpa harus terlihat pucat.

3. Putih

Baju Biru Navy Cocok dengan jilbab Warna Apa
Jejak Piknik

Warna putih adalah warna netral yang juga cocok untuk dipadukan dengan baju biru navy. Sayangnya, warna jilbab putih memiliki beberapa kekurangan. Pertama, untuk dipadukan dengan baju biru navy, akan lebih baik kalau baju yang kamu pakai memiliki dasar putih dengan motif biru navy atau sebaliknya.

Selain itu, berbeda dengan jilbab warna hitam yang tidak terlihat kotor, jilbab putih akan mudah sekali terlihat kotor. Terakhir, warna jilbab putih cenderung tidak cocok dengan warna kulit orang Indonesia yang kuning langsat hingga sawo matang. Ini karena warna putih akan memberikan kesan kulit jadi terlihat lebih gelap dari yang seharusnya.

4. Hijau Tua

Baju Biru Navy Cocok dengan jilbab Warna Apa
Shane Hijab

Warna hijau adalah warna yang akan terlihat selalu bagus jika dipadukan dengan warna biru. Warna hijau yang bisa kamu pilih juga beragam dan setiap warna memberikan kesannya masing-masing. Mengingat warna biru navy termasuk warna yang gelap, warna ini akan sangat cocok dipadukan dengan warna hijau tua karena akan memberikan kesan simpel.

Selain warna hijau tua, kamu juga bisa menggunakan warna hijau muda untuk jilbab. Warna hijau muda akan memberikan kesan berwarna dan segar pada penampilan kamu. Selain itu, warna hijau juga akan memberikan kesan lebih cerah di wajah.

5. Biru

Baju Biru Navy Cocok dengan jilbab Warna Apa
Jejak Piknik

Selain hijau, warna biru juga cocok banget disandingkan dengan baju biru navy. Banyak orang mungkin berpikir jika baju biru navy dan jilbab warna biru akan terlihat membosankan. Tapi sama seperti warna hijau, warna biru juga terdiri dari beberapa jenis warna.

Ada biru tua, biru muda, biru dongker, dan biru navy. Semua jenis warna biru ini akan tetap terlihat bagus di baju biru navy. Sama seperti warna hijau muda, jilbab biru muda akan memberikan kesan berwarna sedangkan warna biru lain yang lebih gelap akan memberikan kesan simpel.

Biar penampilan terlihat tidak membosankan, kamu bisa memakai jilbab bermotif biru yang akan terlihat sangat cantik jika dipadukan dengan baju biru navy polos.

6. Beige

Baju Biru Navy Cocok dengan jilbab Warna Apa
Jejak Piknik

Warna beige adalah warna-warna coklat muda yang lebih menyerupai warna kulit. Warna beige memang sekilas terlihat tidak serasi jika disandingkan dengan baju biru navy, tapi sebenarnya kedua warna ini sangat bagus kok.

Warna beige memberikan kesan simpel dan minimalis. Warna satu ini juga tidak mencolok dan membuat penampilan kamu jadi terlihat aneh bagi orang lain. Kamu bisa memadukan kemeja biru navy dengan jilbab beige untuk ke kampus atau kerja di kantor.

7. Nude

Baju Biru Navy Cocok dengan jilbab Warna Apa
Kamini

Selain warna beige, jilbab dengan warna-warna nude juga terlihat bagus di baju biru navy. Buat kamu yang belum tahu, apa itu warna nude, warna nude termasuk dalam golongan warna pink muda. Warna satu ini juga masuk dalam golongan warna pastel.

Warna nude akan memberikan kesan cerah, dan manis ke penampilan kamu. Warna ini juga sangat feminim sehingga sangat cocok dipakai oleh perempuan.

Pastel Colour Jilbab
Pastel Colour Jilbab

Kamu yang sering bingung mempertanyakan, “Baju biru navy cocok dengan jilbab warna apa?” sekarang bisa ya menggunakan tujuh warna di atas untuk penampilan sehari-hari. Warna-warna di atas akan memberikan kesan menarik sekaligus simpel pada penampilan kamu.

Meski baju biru navy cenderung cocok dipadukan dengan banyak warna, kamu juga harus ingat bahwa ada beberapa warna jilbab yang harus dihindari baju biru navy agar penampilan tidak terlihat aneh. Warna pertama adalah jilbab berwarna kuning. Warna kuning bukanlah warna yang bagus untuk disandingkan dengan baju biru navy.

Selain terlalu bertabrakan, warna kuning juga termasuk warna yang mencolok.

Warna lain yang harus kamu dihindari selain kuning adalah warna-warna neon. Warna ini sangat tidak bagus untuk penampilan sehari-hari dan akan memberikan kesan berlebihan bagi penampilan.

Demikian ulasan mengenai baju biru navy cocok dengan jilbab warna apa. Buat Grameds yang mau mempelajari semua hal tentang fashion, kamu bisa mengunjungi gramedia.com untuk mendapatkan buku-buku terkait. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu memberikan produk terbaik, agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Marliah



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda