in

Baju Hijau Cocok Dengan Hijab Warna Apa? Ini Rekomendasinya

Warna hijau merupakan salah satu warna primer yang memiliki pigmentasi warna yang terang. Warna hijau kerap kali dianggap sebagai warna yang melambangkan lingkungan dan alam sekitar, karena tumbuhan hidup didominasi oleh warna hijau. Oleh karena itu, warna hijau kerap kali diasosiasikan dengan kesuburan dan kesejukan. Warna hijau dianggap sebagai warna yang memberikan ketenangan.

Penelitian menunjukkan bahwa warna hijau dapat memberikan dampak positif pada kesehatan fisik, pemikiran, dan hubungan. Hal ini disebabkan oleh warna hijau yang dapat memberikan dampak kepada psikologis seseorang, yakni untuk menenangkan dan meredakan rasa stress. Selain itu, warna hijau juga dipercaya dapat membuat seseorang lebih termotivasi, mendorong kreativitas, dan memberikan rasa optimis.

Ketika kita melihat warna hijau, kelenjar hipofisis yang ada dalam tubuh kita akan distimulasi. Kelenjar hipofisis ini kemudian akan membuat otot-otot menjadi lebih rileks, karena pembuluh darah akan melebar. Hasilnya, pergerakan kontraksi otot juga akan menjadi lebih halus. Warna hijau juga mampu meningkatkan kadar histamin dalam darah meningkat. Peningkatan kadar histamin ini mampu membuat penurunan gejala alergi.

Berdasarkan berbagai pemaknaan akan warna hijau di atas, seseorang yang menyukai warna hijau dipercaya memiliki sejumlah sifat dan karakteristik, seperti cinta terhadap lingkungan sekitar atau alam, merupakan orang yang murah hati, sederhana, penuh kasih sayang, mampu menjaga ketenangan dalam situasi yang sulit, suka belajar, tingkat kepeduliannya tinggi, memiliki standar moral yang tinggi, dan jujur. Namun, selain sifat dan karakteristik baik, penyuka warna hijau juga memiliki kecenderungan untuk bersifat iri hati, tidak ingin kalah, dan kecenderungan untuk bergosip.

Warna hijau yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, ternyata memiliki sejumlah makna yang menarik ya, Grameds. Selain warnanya cantik, warna hijau juga dapat memberikan berbagai dampak yang baik bagi diri secara fisik dan mental. Apakah kalian tertarik untuk lebih banyak menggunakan warna hijau? Misalnya, seperti menggunakan baju berwarna hijau. Namun, oleh karena warna hijau merupakan warna yang pigmentasinya cukup terang, mungkin di antara anda ada yang kebingungan untuk mengombinasikan warna ini dengan warna lainnya.

Terutama bagi para wanita yang berhijab, bukan hanya perlu menentukan warna bawahan saja, tetapi harus juga memikirkan warna hijab yang cocok dengan warna hijau. Kini, kalian tidak perlu khawatir lagi, Grameds! Artikel ini akan memberikan rekomendasi padu padan pakaian berwarna hijau dan hijab yang serasi.

Rekomendasi Baju Hijau Cocok Dengan Hijab Warna Apa Saja

1. Coklat

Sumber gambar: Pinterest

Salah satu warna hijab yang bisa anda pilih ketika memakai pakaian berwarna hijau adalah warna coklat. Warna coklat sendiri bisa memberikan kesan yang kalem dan adem, maka dari itu pasti cocok jika dipadukan dengan warna hijau yang juga bersifat menenangkan. Perpaduan warna hijau dan coklat ini juga dapat memberikan kesan bahwa anda “cewek bumi” yang memiliki kepribadian lembut, tenang, dan anggun. Bisa anda lihat sendiri pada foto di atas, paduan dress berwarna hijau dengan hijab berwarna coklat sangat serasi ya.

2. Cream atau Beige

Sumber gambar: Pinterest

Warna hijab lainnya yang bisa anda pilih untuk dipadukan dengan pakaian warna hijau adalah warna cream atau beige. Warna cream atau beige sendiri merupakan warna turunan dari warna coklat, hanya saja memiliki pigmentasi yang lebih rendah. Pigmentasi warna yang rendah ini menjadikan warna cream atau beige menjadi salah satu warna yang masuk ke dalam kategori warna netral. Maka dari itu, hijab berwarna cream atau beige dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dikombinasikan bersama pakaian berwarna hijau, atau pakaian warna lainnya.

3. Biru

Sumber gambar: Pinterest

Seperti yang bisa anda lihat sendiri pada gambar di atas, warna yang satu ini akan memberikan anda penampilan yang lebih segar dan memberikan kesan berani. Warna biru sendiri menjadi warna yang shade-nya tidak berbeda jauh dengan hijau, karena warna hijau sendiri merupakan perpaduan dari warna biru dan warna kuning. Maka dari itu, meskipun kedua warna ini adalah warna primer yang pigmentasinya terang, kedua warna ini cocok jika dikombinasikan.

4. Hijau

Sumber gambar: Pinterest

Warna hijab selanjutnya yang aman untuk kamu pilih menemani pakaian warna hijau adalah warna hijau yang shade-nya sama atau berbeda. Pilihan warna yang sama ini adalah warna yang sangat aman, karena warna yang serumpun pasti akan cocok dikombinasikan. Jika anda menggunakan pakaian berwarna hijau yang bercorak seperti pada gambar di atas, anda bisa mencoba menggunakan hijab berwarna hijau yang warnanya sama dengan warna dasar pakaian anda. Namun, jika anda menggunakan pakaian berwarna hijau tanpa motif, anda bisa mencoba menggunakan hijab berwarna hijau yang shade-nya sedikit berbeda, supaya memberikan kesan yang baru.

5. Putih

Sumber gambar: Pinterest

Warna selanjutnya yang bisa anda pilih untuk dikombinasikan dengan warna hijau adalah warna putih. Pastinya anda juga sudah mengetahui bahwa warna putih adalah warna yang paling netral, bersama dengan warna hitam. Maka dari itu, warna putih bisa dikombinasikan dengan warna apa pun, baik itu warna terang atau warna gelap. Hijab berwarna putih juga menjadi salah satu warna hijab yang anda wajib miliki. Jadi, jika anda sedang tidak ingin memikirkan kombinasi warna, anda bisa langsung menggunakan hijab berwarna putih saja.

Nah, itu dia Grameds beberapa rekomendasi padu padan pakaian berwarna hijau dan hijab yang warnanya serasi. Sebenarnya, warna hijau, bahkan seluruh warna bisa dikombinasikan dengan warna apa pun. Namun, kita kerap kali khawatir akan kombinasi warna tersebut akan matching atau tidak. Supaya anda tidak bingung lagi untuk mengombinasikan warna, terutama jika sedang menentukan warna pakaian, anda bisa mengikuti konsep kombinasi warna. Di bawah ini telah dirangkum 5 konsep kombinasi warna yang dapat menjadi panduan bagi anda.

5 Konsep Kombinasi Warna

1. Kombinasi Warna Monokromatik

Sumber gambar: Blog Utara Studio

Kombinasi warna monokromatik ini merupakan padu padan warna yang paling umum digunakan, yakni menggunakan warna yang satu kelompok dengan warna yang ingin digunakan. Monokromatik ini tidak sama artinya dengan monokrom yang berarti hitam dan putih. Kombinasi warna monokromatik merupakan padu padan satu warna dengan warna yang menjadi turunannya. Konsep kombinasi monokromatik mirip dengan konsep gradasi warna, tetapi kombinasi monokromatik hanya menggunakan satu warna tersebut, yakni mulai dari shade warna yang lebih muda sampai warna yang lebih tua.

Pada intinya, kombinasi warna monokromatik adalah perpaduan sejumlah warna yang sumbernya dari satu warna, tetapi nilai dan intensitas warna tersebut berbeda. Sebagai contoh, warna dasar coklat yang intensitas warnanya semakin lama semakin berkurang bisa menjadi warna khaki, beige, juga cream. Warna-warna itu berasal dari satu warna yang intensitasnya berbeda. Maka dari itu, anda dapat menemukan warna-warna tersebut bisa dikombinasikan dan menghasilkan paduan yang matching dan selaras.

2. Kombinasi Warna Analog

Sumber gambar: SeekPNG.com

Kombinasi warna analog merupakan kombinasi yang menggunakan tiga warna yang bersebelahan dengan warna yang digunakan dalam roda warna. Sebagai contoh, dalam roda warna di atas, kita dapat melihat bahwa di sebelah kiri warna coklat ada warna coklat yang lebih muda, dan di sebelah kanan warna coklat terdapat warna merah bata. Ini berarti, anda dapat mengombinasikan warna coklat dengan warna coklat yang lebih muda, dan atau warna merah bata. Kombinasi warna analog ini dapat menghasilkan perpaduan warna yang seimbang dan harmonis.

3. Kombinasi Warna Komplementer atau Berseberangan

Sumber gambar: Pinterest

Berbeda dengan dua kombinasi warna yang telah dijelaskan di atas, kombinasi warna komplementer menggunakan dua warna yang tidak memiliki persamaan shade. Kombinasi warna komplementer merupakan kombinasi suatu warna dengan warna lain yang letaknya ada di seberangan warna tersebut dalam roda warna. Warna yang berada di posisi yang saling berseberangan berarti warna tersebut bersifat saling melengkapi atau komplementer. Anda dapat menentukan warna yang saling berseberangan tersebut dengan cara menarik garis lurus dari warna yang anda pilih.

Sebagai contoh, anda bisa melihat pada roda warna di atas bahwa warna merah berseberangan dengan warna hijau. Contoh lain, jika anda menarik garis lurus dari warna kuning, maka anda bisa menemukan warna tersebut berseberangan dengan warna ungu. Warna-warna ini saling melengkapi atau bersifat komplementer. Paduan warna komplementer ini sangat bisa anda gunakan untuk menentukan warna pakaian anda. Biasanya, untuk memadukan warna dengan kombinasi komplementer cukup dibutuhkan keberanian, karena akan menghasilkan warna color blocking atau padu padan yang penuh warna.

4. Kombinasi Warna Tetradik

Sumber gambar: Pinterest

Sesuai dengan namanya, kombinasi warna tetradik merupakan kombinasi yang memanfaatkan empat warna. Konsep kombinasi warna tetradik ini konsepnya sama seperti kombinasi warna komplementer, di mana kombinasi warna ini akan melibatkan warna yang saling berseberangan. Perbedaannya hanya pada jumlah warna yang dimanfaatkan, yaitu empat warna, sehingga membentuk seperti persegi.

Kombinasi warna tetradik juga bisa disebut sebagai kombinasi warna tanda “+” (plus), dengan menarik garis secara diagonal di dalam roda warna. Sebagai contoh, pada gambar roda warna di atas anda bisa melihat bahwa warna hijau, warna oranye, warna biru, dan warna merah saling berseberangan, dan keempat warna tersebut membentuk sebuah persegi. Keempat warna ini dapat anda kombinasikan menjadi padu padan warna yang cocok. Sama seperti kombinasi warna komplementer, untuk mengombinasikan warna tetradik ini biasanya dibutuhkan keberanian, karena paduan warna ini lebih warna-warni lagi.

5. Kombinasi Warna Triadik

Sumber gambar: Pinterest

Kombinasi warna yang satu ini hampir serupa dengan konsep kombinasi warna tetradik, hanya saja kombinasi warna yang satu ini menggunakan tiga warna. Kombinasi warna triadik biasa disebut juga sebagai kombinasi warna huruf T dalam roda warna. Kombinasi warna triadik ditentukan dengan menarik garis membentuk segitiga atau huruf T dalam roda warna. Sebagai contoh, pada gambar di atas anda dapat melihat bahwa segitiga dalam roda warna sudutnya berada pada warna kuning, biru, dan merah. Ini berarti warna kuning, biru, dan merah akan cocok jika dikombinasikan. Sebagai contoh lain, warna hijau, oranye, dan ungu juga akan membentuk segitiga atau huruf T. Ini menandakan ketiga warna tersebut cocok jika anda padu padankan.

Bagaimana Grameds, konsep kombinasi warna ternyata mudah untuk dipahami kan? Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda yang sedang bingung untuk mix & match pakaian berwarna hijau, juga pakaian berwarna lainnya. Jika anda ingin mencari informasi terkait gaya berpakaian dengan hijab, atau informasi yang terkait dengan fashion, anda bisa mendapatkan informasi tersebut dari buku-buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi yang terbaik dan terlengkap bagi anda yang ingin belajar.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriel